Bank Capai Antri

Kali ini saya mau mengkritisi bank BCA ,sebagai salah satu bank terbesar di tanah air,dengan jaringan atm yg begitu banyak dan jumlah customer yg besar,BCA termasuk salah satu pilihan utama untuk berbisnis,karena setiap jual beli biasanya saya memakai bank ini untuk transfer.

ATM BCA seringkali ngantri dimana2 ,meski sudah banyak disediakan jaringan ATMnya (kadang satu tempat lebih dari 1 ATM) ,terutama ATM2 ini ramai banget di akhir2 bulan dimana mungkin karena banyak yg baru gajian. hal ini sebenarnya wajar,karena memang itu adalah konsekuensi logis dari sebuah bank yg ramai.

Meski seringnya mengantri untuk mengambil uang kita sendiri ,bahkan kadang untuk menyetorkan uang ke bank saja juga harus antri panjang, alhasil BCA sering diakronimkan Bank Capai Antri oleh pihak2 yg kurang bertanggung jawab😛

Kalau untuk mengambil uang ,buat saya masih rada wajar ngantri,tapi masak kita mau nyetor juga harus ngantri sih? di bank lain kayaknya paling jarang deh pemandangan begini ,apa karena gak sebanyak BCA ya jumlah pelanggannya?

Belum lama ini saya terkesan banget sama pelayanan salah satu bank nasional kita,tapi gak semua cabangnya kayak begini sih (sayang sekali) , jadi kita awal datang disuruh ambil nomor (kayak ke customer service provider telekomunikasi) ,terus kita duduk sambil menunggu dipanggil nomor antriannya. sungguh nyaman dan gak capai,meski menunggu sekitar 10 menit tapi jadi gak terasa lamanya karena duduk.

jujur kalau bukan karena bisnis,rasanya rekening BCA saya mau saya tutup aja sih. mudah2an saja orang BCA atau bank2 lain juga segera mengikuti sistem bank yg pakai nomor antrian ini ya,bukankah customer adalah raja? apa sih artinya bisnis tanpa konsumen? kan konsumen yg punya uang,kenapa gak diperlakukan dengan baik ya? malah disuruh berdiri kayak ngantri mau dibagiin sembako gratis gitu👿

apakah bank sekelas BCA gak belajar soal customer service? saya rasa tidak. buktinya di depan,setelah kita masuk,seluruh  satpamnya selalu menegur ramah dan mempersilahkan kita masuk. selain itu tellernya pun selalu menyapa kita dengan senyum dan keramahannya sebelum melayani kita.

BTW ,emang gimana sih kalau mau dapat pelayanan istimewanya BCA? bisa ,tapi harus pakai layanan VIP customernya, namanya BCA Prioritas,ada minimal setorannya,terus saldo rata2nya pun juga beda ,yg jelas pasti harus lebih besar  (biasanya ini buat pebisnis). Kalau layanan BCA Prioritas jelas gak pakai antri,serta bebas ambil minuman dingin gratis semau kita di tempat yg telah disediakan,dan bisa dapat fasilitas lain seperti misalnya airport lounge.

maaf saya menulis ini gak ada kasus apa2 kok sama BCA,layanan perbankannya masih cukup baik selama ini,tapi khusus antriannya saja yg saya soroti,itupun karena kini saya telah mendapatkan pembanding yg jauh lebih baik menyikapi antrian yg panjang ini

semoga BCA yang ini gak pakai antri juga😀

Gimana pengalaman teman2 sekalian dengan bank yg satu ini? silahkan berbagi…

24 Komentar

  1. saya tahu mas nama bank yang dimaksud😆

    • iya itu banknya BNI yg saya maksud😛

  2. udah pindah ke lain bank, baru masuk pintunya aja otak udah kasih sinyal cape deeh…he…he..

    • antriannya keliatan dari jauh ya??:mrgreen:

  3. sori, apa gue yg kelewat, atau lo emang ga nulis nama Bank Nasional yg dimaksud ya? Apa sih Dot? kalo emang bagus sekalian aja dipromosi’in biar banyak yg tau ..

    kalo sama BCA, hummm, ga gitu banyak pengalaman spesial, standar2 aja. yg jelas, gue suka BCA krn minimum nominal transfernya 10 ribu, jadi kalo mo online shopping (action figure, ehm…) yg harganya ga nyampe gocap, ga masalah. Kalo Mandiri kan minimal gocap tuh, rada ribet juga.

    Tapi yg paling nyebelin tuh yaa… knp sih Mandiri sama BCA ‘musuhan’? ga bisa transfer antar mereka berdua? saingan kali ya…

    • emang gak disebut des, banknya BNI,tapi gak semua BNI juga begitu,hanya beberapa cabang aja. iya BCA minimal transfernya 10 ribu dan itu sangat membantu buat bisnis. mandiri harus minimal 50 ribu,jadi dulu sempet transfer2an balik karena kurang dari 50 ribu hahaha…

      dan memang benar BCA dan mandiri nampak seperti musuhan,soalnya gak bisa saling transfer…

      padahal dua2nya jaringannya paling luas dibanding yg lain,mungkin itu sebabnya rata2 orang bisnis pasti punya keduanya ya des??

  4. Aku sudah beralih ke syariah🙂
    Dulu pernah sih punya rekening di bank itu dan memang cape antrinya😀
    Trus, beberapa hari yang lalu aku dititipi sodara yang minta tolong duitnya di tabungkan ke bank itu, kok aku dimintai KTP juga ya..? Padahal cuma nabung loh, bukan ngambil…

    • selain bca ada juga yg dimintai ktp kalau nyetor,aneh juga sih menurutku…

      mungkin takut ada money laundring kali kin😛

      • Kalau menyetor mestinya nggak diminta KTP…
        Baru kalau mau ambil
        Tapi kalau setoran lebih dari Rp.100 juta, mesti ditanya asal usul uang, KTP dan mengisi form…ini terkait dengan peraturan Know Your Customer, agar tak ada money laundering

        betul bu enny,kalau diatas 100 juta sih harus dipertanyakan,tapi kalau cuma setor 200 ribu aja masak mesti ribet? hehe😛

      • Begini ya saya sbg teller BCA mw ksih tw. Emg kbnykan nasbah ngeluh atas antrian. Tp itu smw sudah berdasarkn riset dr para petinggi operasional BCA. Bahwa dgn antri berdiri (tanpa nomor antrian + duduk), akan lebih byk nasabah terlayani dlm 1 hari itu,krn ktka 1 nsbah selesai, dgn CEPAT nsabah berikutnya masuk lgsg dilayani. Bandingkn dgn no antrian + duduk, stlah 1 nsbah selesai, maka teller masih hruz memanggil no antrian. Belum lg klo nsbahY duduk jauh dan ga konsen ke no antrianY sendiri yg mbikin teller memanggil berkali-kali.
        Mengenai KTP kl setor, itu krn ktentuan Bank Indonesia mengenai Money Laundering yg berarti berlaku utk semua Bank NAsional.

  5. ehm,,,, emang banyak kok yang bilang BCA ITU Bank Cape Antrinya:mrgreen:
    belum lagi temen indah yang di Solo sering bgt update status twit kalo pas dia lg antri di BCA… hihihihi…statusnya marah2 mulu…:mrgreen:

    hemm,, selain antrinya lama, kata temen idnah itu, BCA juga sering tutup telernya.misal ada 6 teller,eh,,yang dibuka cuma 2… yang 4 tutup entah kenapa..
    nah loh?
    gimana ga panjang dan cape tuh antrinya?:mrgreen:

    udah,..pake Bank Nasional yang mas didot maksud ajah..:mrgreen: indah juga pake itu kok… ga cape..😀

    • saya berharap bukan cuma bank ini yg meningkatkan kualitasnya,tapi bank2 lain juga yg ngantrinya panjang🙂

    • itu mungkin sedang istrahat mkan siang bergantian. Atau sedang Cuti atau Sakit atau ke Toilet. Teller juga manusia donk…

  6. ..
    Kalo ngantri kan bisa lirak-lirik Dot..
    Ha..ha..ha..
    ..

    • iya lirak lirik takut ada perampok bersenjata mau ngambil duit kita:mrgreen:

  7. kalo nyetor uang-nya ga banyak2 banget, mending ke mesin setor tunai deh, ga usah ke teller. Lebih ga ngantri. Kecuali yg di setor banyak. Tapi kalo yang di setor banyak kan berarti bisa doooong jadi nasabah prioritas😆

    mau bayar-bayar? kan ada m-banking ada i-banking. Ga ribets. Bukti pembayaran tersimpan aman. Kecuali hp-nya ilang.. hihihii:mrgreen:

    • itu juga udah sering pake chi,tapi kan orang yg mau nyetor kasian,sementara bank ini bisa maju karena konsumennya kan??

      memang ada M banking,i-banking,tapi harusnya antrian juga diperbaiki,thats my opinion aja,sayang sekali banknya udah canggih tapi layanan paling dasar kurang diperhatikan,gitu aja sih😛

  8. Sebuah risiko jika sebuah perusahaan mempunyai pelanggan yang begitu banyak. Mengapa ini terjadi karena kemungkinan perusahaan tsb mempunyai fasilitas yang lebih baik dibanding perusahaan lainnya…risikonya kita juga harus antri jika ingin berhubungan atau ada keperluan dengan perusahaan tsb.

    iya bu enny,kalau udah rame memang resikonya ngantri ,tapi mudah2an tetap tidak lupa meningkatkan kualitas layanannya sebaik mungkin🙂

  9. inilah salah satunya kenapa akhirnya bunda menutup rekening di BCA.
    jangankan mengambil, mau nyetor saja kok ngantrinya minta ampun dan berdiri pulak berjam2😦
    berbeda sekali dgn BNI , yg lebih ramah pd nasabah.
    kita gak capek berdiri berjam2 krn disediakan kursi dan nomer yg dipanggil, ruangan nya juga sejuk dan nyaman.
    jadi, kayaknya pengalaman kita gak beda jauh ya Mas Didot terhadap Bank Capek Antri ini ….. 🙂
    salam

    woh ,sama persis pengalamannya dengan saya,tapi kalau saya gak sampai ditutup bunda,cuma mengungkapkan unek2 aja disini🙂

  10. BCA = Bank Cukup Antri
    hehehehe

  11. ada lagi
    Bank Capek Antrinya…😀

  12. udah pake BII serasa BCA Prioritas

  13. mulai hari ini semua tabungan saya di BCA saya pindah ke BN* Syar*ah gara2 males ngantri di BCA

  14. ehm baru baca-baca komentar2nya.
    sebelumnya sy udh prnh tnya knp BCA ngga pake no antrian aja ya sprt bank bank yg lain?
    temen2 kan tau sndiri nasabahnya BCA segambreng, rasanya kurang efektif kalo antrian teller pke kursi yg duduk.
    bisa2 1 hall area teller itu kursi semua, misal, disediakan 20kursi untuk antrian teller, sedangkan temen2 kan tau sndiri yang antri di teller bisa lebih dari 20 orang, trs klu disdiakan kursi hnya 20 sisanya mw nunggu dimana ? tetep brdiri kan ?
    nah daripada bnyak komplain yg timbul gara2 kurangnya kursi yg disediakan utk antrian, mending semua disamaratakan berdiri.
    untuk yang lansia biasanya dicabang-cabang trtentu disediakan teller untuk lansia agar mereka tdk perlu ikut antrian pjg.
    klu setoran utk org yg dtg jika tdk memiliki rekening BCA memang hrs pke KTP krn itu trbentur krn UU APU-PPT yg memang seharusnya semua bank megikuti perturannya.
    temen2 bisa baca PBI No.3/10/PBI/2001 tgl 18 juni 2001 ttg penerapan prinsip mengenal nasabah dan UU no.15/2002 ttg Tindak Pidana Pencucian Uang yg sebagaimana tlh direvisi dgn UU NO.25/2003


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s