Mengenal Tuhan

Sebelum kita membahas tentang berbagai agama mari sejenak kita mengenal sosok Tuhan,Tuhan yang kita bahas ini seharusnya sama,karena Dia yang menciptakan saya pasti juga adalah Dia yang menciptakan anda,tidaklah mungkin pencipta kita berbeda,meski keyakinan tentang siapa yang menciptakan kita tidaklah harus sama.

Tuhan itu apa sih?

Penjelasan berikut saya ambil dari Wikipedia :

Tuhan adalah zat yang memiliki kekuasaan, kemampuan untuk mengubah, mengatur dan menguasai atas (segala) sesuatu yang lain

Manusia memiliki kemampuan terbatas, kesadaran dan pengakuan akan keterbatasannya menjadikan keyakinan bahwa ada sesuatu yang luar biasa di luar dirinya. Sesuatu yang luar biasa itu tentu berasal dari sumber yang luar biasa juga. Dan sumber yang luar biasa itu ada bermacam-macam sesuai dengan bahasa manusianya sendiri. Misal TuhanDewaGodSyang-tiKami-Sama dan lain-lain atau hanya menyebut sifat-Nya saja seperti Yang Maha Kuasa, Ingkang Murbeng Dumadi, De Weldadige, dan lain-lain.

Keyakinan ini membawa manusia untuk mencari kedekatan diri kepada Tuhan dengan cara menghambakan diri, yaitu:

  • menerima segala kepastian yang menimpa diri dan sekitarnya dan yakin berasal dari Tuhan, dan
  • menaati segenap ketetapan, aturan, hukum dll yang diyakini berasal dari Tuhan.

Dengan demikian, agama adalah penghambaan manusia kepada Tuhannya. Dalam pengertian agama terdapat 3 unsur, ialah manusia, penghambaan dan Tuhan. Maka suatu paham atau ajaran yang mengandung ketiga unsur pokok pengertian tersebut dapat disebut agama.

Kalau definisi saya pribadi Tuhan itu adalah tempatnya mahluk (ciptaanNya) bergantung ,karena mahluk itu lemah dan butuh suatu bantuan diluar dirinya untuk dapat tetap bertahan hidup.  Kata mahluk sendiri berarti sesuatu yang diciptakan,karena itu semua mahluk adalah hasil ciptaan Sang Maha Pencipta.  Misalnya saja bayi,bayi selalu butuh orangtua untuk membesarkannya,karena tidak mungkin bayi dapat mengurus dirinya sendiri ketika baru lahir,jadi manusia sudah butuh orang lain (orang tua) untuk mengurus dirinya sejak dari lahir. Betapa lemahnya manusia ,dia tidak akan mampu bertahan tanpa bantuan sesuatu di luar dirinya.

Nah sekarang bagaimana dengan manusia yang pertama ada? Tentu butuh orang lain untuk mengurusnya bukan? Lalu siapa yg mengurus manusia pertama tadi?  Pertanyaan ini  hampir sama esensinya dengan menjawab mana lebih dulu antara ayam dan telur?

Dari berbagai literatur dan kitab suci agama samawi (Yahudi,Nasrani dan Islam), tentang manusia pertama yang diciptakan ,kita akan dapati ada kesamaan informasi bahwa Tuhan menciptakan Adam lalu Hawa (bahasa inggris : Adam and Eve) ,kemudian dari mereka berdua lahir keturunan anak manusia. Sampai disini tidak ada pertentangan diantara agama samawi.

Selanjutnya jika bicara mengenai Tuhan,terkadang ada orang yang suka mempertuhankan sesuatu,misalnya mempertuhankan ‘uang’ dengan mengatakan “saya tidak bisa hidup tanpa uang”. Padahal kalau kita mau lebih kritis kita harusnya bertanya ,benarkah pernyataan tersebut? Dulu manusia bisa hidup tanpa uang,ya dulu sekali manusia memakai cara barter sebelum mengenal alat tukar yang namanya uang.  Jadi kalimat “Saya tidak bisa hidup tanpa uang” sudah jelas sekali salah,karena manusia pasti bisa hidup tanpa uang.

Ada pula orang yang sering mempertuhankan hal lain,misalnya rokok ,dengan mengatakan “saya tidak bisa hidup tanpa rokok” ,ah kalau ini sih sudah jelas ngawur,rasanya saya belum pernah mendengar ada manusia yang merokok sejak bayi,karena kebanyakan orang mulai merokok di usia SMP- SMA ketika mulai mengenal pergaulan yang kurang baik dan melihat lingkungan sekitar yang mempengaruhi.

Banyak lagi hal lain yang kadang suka ditempatkan seakan tuhan dengan menggantungkan hidup matinya pada hal tersebut. Maka berdasarkan definisi ketergantungan ini kita bisa sebut Tuhan ada banyak,karena ternyata ada Tuhan Uang,Tuhan Rokok ,Tuhan Jabatan (mereka yang untuk mendapatkan suatu jabatan tertentu berani menggunakan segala cara yang kotor dan tidak sesuai perintah agamanya) ,belum lagi ada Tuhan-Tuhan lain seperti Tuhan agama Hindu yaitu dewa Wisnu,Siva dan Brahma, serta Tuhan agama Budha yaitu Sidharta Gautama,serta Tuhan agama kristen yaitu Tuhan Yesus,Tuhannya agama Islam yaitu Allah ,dan masih banyak lagi Tuhan-Tuhan lainnya. Tuhan itu banyak sebanyak agama yang ada di dunia ini,bahkan lebih karena manusia suka mempertuhankan sesuatu yang bahkan tidak pantas dijadikan Tuhan.

Tuhan versi manusia memang banyak,tapi Tuhan yang asli tentu saja hanya satu. Lalu yang manakah Tuhan yang satu itu? Apakah Dia memberikan kita petunjuk untuk mengenalNya ataukah Dia hanya cuek saja seperti ada dan tiada, lalu dimanakah Dia berada? Kalau Tuhan itu ada mengapa banyak persoalan di dunia ini yang tidak kunjung selesai?

Bahkan untuk hal sesederhana seperti dimana Tuhan berada saja manusia berbantah-bantahan satu sama lainnya. Kebanyakan manusia menyebut Tuhanku yang maha tinggi berada di atas langit. Lalu dimanakah ‘atas’ itu? Sebab apa yang diatas bagi sebagian penduduk bumi adalah bawah bagi sebagian penduduk bumi yang lain,jelas aja karena bumi ini kan bulat! Jadi mana yang atas dan mana yang bawah? Jika anda semakin bingung maka itu bagus,berarti anda sedang berpikir,dan jika anda berpikir maka anda akan mencari,dan jika anda mencari mudah-mudahan anda menemukannya

Sebut saja Allah,umat muslim biasa menyebutnya demikian, apakah Tuhannya umat muslim ini mampu mengangkat sebuah gunung? Ah jangankan gunung,yang lebih besar pun pasti  Dia sanggup. Bagaimana dengan mengangkat mobil? Pasti sanggup juga. Lalu bagaimana mengangkat layar komputer yang sedang anda baca ini? apakah DIA sanggup?  Tapi mengapa ketika saya melemparkan layar ini dan berkata agar Tuhan menangkapnya layar ini malah jatuh? Jadi dimana Tuhan yang katanya kuat dan serba bisa itu?

Maaf jika bab ini saya tutup dengan berbagai pertanyaan,jika anda penasaran ikuti terus tulisan ini selanjutnya

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s