Wudhu di kamar mandi

Ada kalanya salah seorang dari kita bercanda kelewatan ,sehingga bisa jadi telah kafir dari agama kita karena kata2 kita ,tanpa kita sadari. karena itu sering2lah mengucap kembali kalimat syahadat,terutama setelah kita berwudhu.

mulai sekarang,setelah selesai mengambil wudhu,jangan lupa ya buat mengucapkan dua kalimat syahadat,barangkali kita ada yg sempat kafir karena mengucapkan sesuatu antara waktu kita wudhu dan sholat terakhir kita,sehingga dengan kita mengucapkan kalimat syahadat insya Allah sholat kita diterima dengan baik sebagai seorang muslim

Seorang yang selesai berwudhu dengan baik lalu mengucapkan dua kalimat syahadat, maka akan terbuka baginya pintu-pintu surga yang delapan dan dia dapat memasuki pintu yang mana saja dia kehendaki. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Jangan lupa pula sebelum masuk kamar mandi, ucapkanlah doa :

Allaahumma Innii A’udzu Bika Minal Khubutsi wal Khabaaitsi

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan.

karena setan itu senang berada di tempat lembab seperti di kamar mandi,jadiΒ  kita minta perlindungan Allah saat masuk kamar mandi.

dan terakhir jangan lupa kalau keluar kamar mandi mengucap doa :

Ghufraanaka

Artinya: Aku mohon ampunan-Mu, Ya Allah.

Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, apabila sudah keluar dari kamar kecil beliau membaca: Ghufraanaka.” (HR. Ahmad, al-Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh al-Albani dalam al-Irwa, no. 52)

Iklan

28 Komentar

  1. Kirain dirimu bakal ngebahas boleh/tidaknya wudhu di kamar mandi. Mengingat kebanyakan kamar mandi gabung sama toilet juga. πŸ™‚
    Tapi dari yang kubaca sih nggak ada larangan πŸ˜€
    Wallahua’lam…

    hehe,emang betul gak ada larangan. sebenernya mau bikin tulisan tentang wudhu dan kamar mandi,tapi kok keknya kedikitan gitu ya,jadi digabung deh kin πŸ˜‰

    • Iya, jadi boleh gak ya wudhu di kamar mandi? Asalkan ada air mengalir kan?

      boleh kok sop,cuma mau ngingetin syahadatnya aja,terus adab2nya masuk kamar mandi πŸ˜›

      • Dalam sebuah kesempatan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz pernah ditanya dengan pertanyaan sebagai berkut :

        Apakah hukumnya orang berwuduk di dalam kamar mandi, apakah wudhuknya sah??

        Jawab Syaikh : tidak mengapa berwuduk di dalam kamar mandi, jika diperlukan, dan mambaca basmalah di awal wudhuknya. Karena membaca basmalah adalah wajib meurut sebagian ahli ilmu, dan sunat muakat (ditegaskan) menuruk kebanyakan ulama. maka orang tadi membaca basmalah disebabkan keperluan, hukum makruhpun hilang. Karena hukum makruh bisa hilang saat ditemukan keperluan untuk membaca basmalah. Dan manusia diperintahkan untuk membaca basmalah di awal wudhuknya, maka orang tadi membaca basmalah dan lalu menyempurnakan wadhuknya.
        Adapun tasyahud (doa setelah wadhuk) maka dibaca setelah keluar dari kamar mandi (WC). Maka kalau orang tadi telah selesai dari wadhuknya, lalu keluar dan membaca tasyahud (doa setelah wudhuk) di luar kamar mandi. Adapun kamar mandi hanya diperuntukkan untuk wudhuk, bukan untuk baung air kecil dan buang air besar, maka ii tidak mengapa ia membaca doa wudhuk di tempat itu, sebab tempat itu bukanlah tempat untuk buang hajat (BAK dan BAB).

        Syeikh bin bazz β€œmajmu’ fatawa wa maqolaat β€œ jilid 11.

        Wa Alloohu A’lam

        makasih atas tambahannya mas usup πŸ˜€

      • sama-sama, ini sedikit ada tambahan lagi….

        Adakah disyariatkan do’a saat berwudhu’?

        Alhamdulillah, tidak ada hadits yang shahih dari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam yang menetapkan doa saat mencuci atau membasuh anggota-angota wudhu’. Sementara doa-doa yang disebutkan dalam masalah ini adalah bid’ah tidak ada asalnya. Doa yang dikenal ialah membaca basmalah (Bismillah) di awalnya dan mengucapkan kalimat syahadatain setelah selesai serta mengucapkan:

        “Allohummaj ‘alni minat tawwabiin waj’alni minal mutathohhiriin.”

        “Ya Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan menyucikan diri.”
        Diucapkan setelah mengucapkan syahadatain.
        Fatawa Lajnah Daimah V/205

        wa allahu a’lam

        ya betul,mas usup rajin mencari dalil2nya ya πŸ˜‰
        oh ya mas,saya juga baru aja mencari dalil2 yg membatalkan wudhu kita ,dan juga bolehkah kita mengingat Allah di kamar mandi,misalnya saat buang hajat… insya Allah jadi topik pembahasan berikutnya πŸ˜›

  2. bener banget ya… syahadat kita mesti sering2 di-refresh πŸ™‚
    Siapa tau kita nggak nyadar telah berbuat syirik dll…

    sip kin ,kadang kita gak sadar πŸ˜‰

  3. Wah ini dia hal yang terkadang orang pikir sepele tapi sebenarnya sangat penting. Syukran sudah diingatkan. πŸ™‚

    Jazakallah khair… πŸ™‚

    makasih kembali mas tio udah mau mampir πŸ˜‰

  4. senantiasa menjaga wudhu adalah perbuatan yang sangat dianjurkan, agar amal perbuatan kita pun terjaga

    betul pak,itu sulit,seperti bilal yg selalu menjaga wudhu ya πŸ˜›

  5. Kirain tentang gimana hukumnya wudhlu di kamar mandi,

    hehe,itu sih udah ada yg bahas,saya cuma mau ngingetin yg simpel2 aja πŸ˜€

  6. Tuh mas Didot, komen diatas banyak yang nanyain pendapatnya soal wudhu dikamar mandi πŸ™‚ Saya ikutan nunggu pendapatnya mas Didot deh..

    Btw, soal membaca syahadat sesering mungkin, saya merasa tercerahkan dengan tulisan kamu. Makasih Bro..

    heheh,nanti biar dibahas tersendiri aja deh,alhamdulillah kalau berguna mengingatkan kembali pentingnya syahadat πŸ˜€

  7. thanks telah diingatkan kembali..alhamdulillah sampai saat ini masih menggunakan cara itu..

    alhamdulillah mas sapta πŸ˜€

  8. nasihat yang berguna nih
    OK. Saya laksanakan deh;D

    alhamdulillah πŸ™‚

  9. Saya kali ini nggak pingin komentar apa2 mas, pingin ngucapin “asalamualaikum” saja, sebagai ucapan dan sapaan saya kembali karena bisa silaturahmi di blog yang sangat “smart” dan berisi ini

    kalau gitu walaikumsalam juga untukmu dika,semoga kamu sehat selalu ya,saya juga lagi sibuk jadi belum sempat silaturahmi hehehe πŸ˜€

  10. Terima kasih telah memberikan informasi yang bermanfaat. Terutama bagi saya sendiri yang pengetahuan agamanya masih dangkal. Saya jadi tahu nih bahwa kita harus sering2 membaca 2 kalimat syahadat diantara waktu wudhu dan sholat

    alhamdulillah mas ifan,senang bisa berbagi denganmu πŸ˜›

  11. Makasih Infonya.. semoga Allah Merahmati dan ridha.. Amin ^_^

    insya Allah mas,amin πŸ™‚

  12. Semakin sedikit mas pembahasannya, sibuk yah? halah Ade, komen gak nyambung πŸ™‚

    hehe,mau tau aja deh si ade πŸ˜€

  13. Almarhumah nenek saya yg mengajarkan harus membaca syahadat setelah berwudhu, alhamdulillah masih terus istiqomah sampe sekarang..

    Anyway, makasih sharing ilmunya mas πŸ™‚

    alhamdulillah ,neneknya mas duddy hebat ,mengajarkan sesuatu yg masih diamalkan sampai saat ini,pahalanya mengalir terus ke beliau tuh mas πŸ˜‰

  14. Lho koq gak ada bahasan tentang wudhu dikamar mandinya ?

    haha,maksudnya baca syahadat setelah wudhu dan adab masuk keluar kamar mandi,jangan terkecoh oleh judulnya mas πŸ˜›

  15. ..
    Tp baiknya kalo wudhu di kamar mandi pake’ sendal, kalo cekeran takutnya lantai gak suci..
    ..

    kalau gak suci itu dosa orang yg jorok itu,kita gak kena dosa karena gak tau,kalau mau aman disiram aja dulu gapapa kok ta πŸ˜‰
    Thanks ilmunya sob.. πŸ˜‰

    thanks juga,saya senang bisa berbagi πŸ˜›
    ..

  16. postingan sejenis ^^
    cek juga disini

    postingan kamu lebih lengkap mas,saya mah cuma kulitnya aja…
    udah mampir kok ke tekapenya πŸ˜›

    ==
    Yuk..Perbaiki Wudhu Kita

  17. Manusia memang mudah lupa….jadi tak ada salahnya kita mengulang kalimat Syahadat setiap kali

    betul bu,bukan cuma mudah,tapi gudangnya lupa hehehe πŸ˜‰

  18. Dot …
    once again …
    ini simple sebetulnya …
    tetapi jujur … I never think about it …
    bahwa bisa saja kita … karena perbuatan / ucapan kita yang tidak kita sadari menjadi kafir … diantara waktu sholat yang satu dengan setelahnya …
    sehingga membaca kalimat syahadat saat wudlu menjadi suatu keharusan …

    Salam saya Dot …

    betul om,yg simple2 kadang kita lupakan πŸ™‚

  19. betul sekali mas, sebenarnya banyak sekali perbuatan atau perkataan yang bisa membuat keislaman kita jadi tidak sempurna, disemngaja atau tidak, yang jelas kita harus berhati-hati dalam bersikap, berbuat dan berkata. and, yes! ucapkanlah selalu dua kalimat syahadat

    ya benar,sering2 mengucapkan lebih baik biar semakin merasuk ke hati πŸ™‚

  20. Untuk berwudhu, tidak ada syarat kesucian tempat. Yang ada adalah syarat kesucian air. Beda dengan shalat, kesucian tempat sangat dipentingkan. Maka, sepengetahuan saya, berwudhu di kamar mandi tidaklah menjadi persoalan. Yang terpenting, airnya pasti kesuciannya… πŸ™‚

    betul uda,ini cuma gabungin dua judul aja kok,gak ada kaitannya sebenernya πŸ˜€

  21. terimakasih Mas Didot telah mengingatkan.
    indahnya ngeblog salah satunya seperti ini, disaat ada sahabat yg mau mengingatkan kita.
    salam

    ya bunda lily,sama2 ya ,saya juga sering diingatkan bunda kok πŸ˜‰

  22. Alhamdulillah udah terbiasa baca doa masuk kamar mandi dan doa seteleah selesai wudhu

    hihi

    bagus,tinggal tambahin syahadatnya hel πŸ˜›

  23. wah, pengingatan yg mencerahkan..

    Kafir tanpa sadar,,,
    πŸ˜€

    Na’udzubillah hi min dzalik

    iya mas,sering2 aja nyebut,toh berpahala juga πŸ˜›

  24. baiklah dot…
    terimakasih udah ngingetin..

    selama ini baca syahadat abis wudhu hanya tau karena itu bagian dari doa.
    tapi baru tau, itu sebagai penyelamat kita dari perbuatan yang membuat kita kafir di antara waktu sholat.

    nice info πŸ™‚

    iya na,sebenernya sih lebih sering diucapkan lebih baik hehe πŸ˜€

  25. terimakasih yg telah mau untuk berbagi ilmu….kpada sesama….sego berfanfaat dan mendpat rido allah amin.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s