Berbanding tak berbatas

Jika saya bertanya kepada anda,apabila anda mempunyai bisnis yg menghasilkan keuntungan bersih senilai 100jt/bulan ,apakah itu termasuk keuntungan yang besar atau tidak? Biasanya kebanyakan orang akan menjawab besar,karena tentu masih sedikit orang yg punya gaji sampai 100jt/bulan atau lebih. Kebanyakan orang tertipu dgn angka keuntungan yg besar,padahal sebenarnya utk menghitung besar kecilnya keuntungan tersebut haruslah dibandingkan dgn modalnya agar kita dapat menilainya besar atau kecil. Jika modalnya 1 triliun atau lebih,tentu laba bersih 100jt/bulan menjadi kecil,dan jika modalnya hanya 1 miliar atau dibawahnya,tentu 100jt/bulan bernilai cukup besar,karena hanya dalam tempo kurang dari setahun bisnis tersebut telah balik modal,atau berarti jika dihitung prosentase ROI (return on investment) maka bernilai lebih besar dari 100%/tahun. Sedangkan bunga bank deposito hanyalah berkisar dibawah 10%/tahun,berarti bernilai lebih dari 10kali lipatnya apa yg ditawarkan bank.

Maka jika kita renungkan pantaslah jika Allah berfirman dalam alqur’an bahwa hidup di dunia itu singkat,karena perbandingan 1 hari di akhirat adalah 1000 tahun di bumi,dan kita semua sudah tahu kelak surga-neraka itu keberadaannya abadi alias kekal. Maka dalam ilmu perbandingan,berapapun yg dibandingkan menjadi relatif amat sangat kecil,karena dibandingkannya dgn suatu bilangan yg tak berbatas.

قُلْ مَتَاعُ الدُّنْيَا قَلِيلٌ وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ لِمَنِ اتَّقَ
Artinya: “Katakanlah: ‘Kesenangan di dunia ini hanya sedikit dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa” (QS 4 : 77)

Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu. (QS. 32:5)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Allah! Perbandingan dunia dengan akhirat adalah seperti seseorang dari kalian yang memasukkan satu jarinya ke laut,hendaknya dia melihat,seperti apa jari itu kembali (HR Muslim)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s