wanita muslim dan auratnya

*Mohon maaf jika tulisan kali ini ada yg tersinggung dengan kata2 dan bahasa yang akan saya sampaikan,saya menulis ini untuk menyadarkan kalian yg belum menutup diri dengan baik,jika kalian hanya tersinggung karena tulisan ini ,maka tulisan ini telah gagal pada hakekatnya,karena belum dapat menyentuh hati kalian yg terdalam ,dan hanya mengusik ego diri kalian saja,dan untuk itu saya yg harus minta maaf karena pasti itu adalah karena cara saya yg kurang sempurna di mata anda*

Mengapa seorang wanita harus menutup sekujur tubuhnya dan hanya menyisakan telapak tangan dan wajahnya saja?  demikian karena Allah menetapkan bahwa selain itu adalah aurat wanita.

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. [QS 24:31]

kenapa harus ditutup? tentu karena tidak boleh dilihat kan? kalau wanita dengan wanita boleh kan melihat?

sementara kalau laki2?

ya jelas gak boleh dong😉

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. (QS 24 : 30 )

berarti kalau saya sebagai lelaki melihat wanita gak menutup dirinya dengan benar alias belum berjilbab ,berarti  saya juga berdosa karena telah melihat sesuatu yg pada dasarnya tidak boleh saya lihat dong? betul❓

wanita berdosa karena telah  membiarkan dirinya ,yg telah tahu tentang auratnya sendiri ,untuk dipandang mata para lelaki. sementara saya dan para lelaki lainnya juga telah berdosa karena membuat mata kami melihat sesuatu yg diharamkan bagi kami oleh Allah.

Lalu bagaimana dalam hidup sehari2? kita lihat saat ini di TV setiap hari rok2 mini dan paha seksi  bertebaran,kita lihat di majalah2 juga belahan dada dimana2 ,di papan iklan di jalan2 para wanitapun tak segan2 menunjukkan keindahan dirinya.

Less is more ,itu kata kebanyakan dari mereka. tak hanya itu ,bahkan para suami atau pacarnya bangga bila wanita mereka disebut seksi oleh para pria lainnyaBangga bila para lelaki lain ‘menelanjangi’ para wanitanya.  itukah kebanggaan? seperti itukah kebanggaan buat kita para lelaki? kemana pria sejati yg melindungi wanitanya? kemana pria yg cemburu jika miliknya ‘dinikmati’ oleh mata2 yg tak berhak?

Lalu bagaimana pula anak2 kita kelak akan mengerti ,bahwa aurat wanita itu adalah seluruh tubuhnya, kecuali kedua telapak tangan dan wajahnya saja? sementara dia setiap hari ‘disuguhi’ tontonan2  bahwa semua orang ‘baik2’ saja tentang hal2 seperti ini? buktinya di TV setiap hari dilihatnya banyak yg tidak menutup aurat,di jalan2 juga setiap hari  dilihatnya, ditetangga kiri dan kanannya sebelah rumah,di mal dan disekolah semuanya juga sama.

Bukankah sebagian besar wanita  di jaman ini memang membuka dirinya? berapa persen wanita muslim di seluruh dunia? lalu berapa persen dari jumlah itu yg memakai jilbab?

Masya Allah,mungkin lebih baik jika seorang pria terlahir buta di jaman ini,karena kelak matanya tidak akan bersaksi melawannya karena telah melihat yg Allah haramkan untuk dirinya. Tak sadarkah kamu sekalian wahai wanita setiap tidak menutup aurat kalian selalu dalam keadaan berdosa,bahkan kalian membuat kami para lelaki celaka dengan sikapmu itu.

Pada hari ini, Kami kunci mulut-mulut mereka, dan yang akan berbicara adalah tangan-tangan mereka, dan yang akan bersaksi adalah kaki-kaki mereka terhadap apa yang mereka kerjakan (dulu di dunia).

Apakah kita akan menggunakan anugerah2 dari Allah ini untuk hidup di jalannya? ataukah kita akan menjadi penantangNYA yang nyata dengan tegas2 berani melawan perintahNYA? bukankah sudah jelas ayat2 Allah tentang aurat wanita? ataukah kamu belum benar2 beriman kepada alquran ini dan isinya? apakah berat menjalankan ketentuan Allah yg telah memberimu kehidupan dan banyak kenikmatan?

“Dan tidakkah patut bagi laki-laki yang mu’min dan tidak (pula) bagi perempuan yang mu’minah, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata.” (QS  33 : 36).

wahai wanita ,kalianlah perhiasan dunia yg terbaik,jagalah kesucian diri kalian,bagaimana kami akan menghargai engkau wahai wanita,sedangkan engkau tidak menghargai dirimu sendiri?

“Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah”. (HR. Muslim)

78 Komentar

  1. Sebagai wanita memang selayak menutup auratnya dengan baik.
    Saat ini sudah banyak pakaian untuk kaum wanita yang bisa menutup aurat dengan baik dan pastinya tetap terlihat cantik.

    • betul banyak yg sudah mampu berjilbab dengan baik dan malah tetap terlihat cantik,salah satu yg saya suka adalah inneke koesherawati🙂

      • idihhhhk

  2. Walah kok malah ditelan akismet ?

    • udah dikeluarin kok😛

  3. begitulah sebenarnya yang harus dilakukan.tapi ironisnya sebagian kecil ada yang memanfaatkan penggunaan kerudung itu hanya sekedar pelengkap saja padahal sifat dan kelakuannya kurang sepadan dengan pemakaian kerudung yang dikenakan. (maaf)

    salam adem ayem

    • mari kita ambil positifnya aja di,setidaknya mereka berusaha kan? daripada gak pake jilbab sama sekali dan kelakuan juga tetep minus??😛

  4. Posting yang indah&menyentuh mas. Hmmm, aku cuman kurang sreg dengan “mungkin lebih baik jika seorang pria terlahir buta di jaman ini”. Penghuni neraka banyak mana hayo?🙂. Jadi menurutku siapapun yang bisa istiqomah, jaga aurat, jaga pandangan, insyaallah dapat ganjaran di jaman yang gak jelas ini kan?🙂
    Semoga berkah Allah selalu tercurah untukmu mas, karena telah menjaga&mengingatkan kami muslimah..

  5. Sulit memang hidup di dunia yang dikelilingi oleh segala bentuk keglamouran hidup. Ingin istiqomah saja, tapi dihantam oleh badai disana-sini. Kadang kegoyahan itu timbul dengan hebatnya dan rasanya untuk keluar dari jerat itu berat sekali.

    • kembalikan ke Allah,semua jadi ringan,karena dimata Allah tidak ada yg terlalu besar atau kecil🙂

  6. yang membuat risi adalah para remaja yg katanya berbaju muslim, namun mereka mengenakan celana panjang yg ketat, blus yg – kalau mereka berpegangan pd bus- maka terlihat pinggang dan perutnya, memakai kerudung(jilbab).
    jadi, mana yg ditutup? kok masih tampak jelas lekuk tubuh dan aurat mereka?
    terlebih lagi, bagi sebagian orang, pakaian muslim ,hanya menjadi trend, dipakai ketika dibutuhkan saja, tdk setiap hari.
    bunda pernah baca satu hadist yang mengatakan : ” akan datang diakahir masa nanti, umatku yang perempuan berpakaian, tetapi seperti bertelanjang”
    apakah itu berarti sekarang? wallahualam.
    terimakasih utk tulisan yg bermanfaat ini Mas Didot.
    salam

    maaf kalau komen bunda terlalu panjang danhanyaberisi keluhan saja😳

    • bunda,kita hanya bisa berdoa utk yg seperti itu,mungkin hidayah mereka baru sampai segitu,itupun lebih baik daripada tidak sama sekali kan?

      mari kita lihat hanya yg positif dari segala sesuatu

      akhir jaman? memang tanda2 kiamat sudah dekat kok,mari bersiap2,mau cepat atau lambat,kiamat itu pasti,dengan didahului kiamat kecil,alias kematian kita😐

  7. Allah..semoga banyak yg baca nih artikel….
    dan hidayahMu kau tebarkan..

    amin..amin ya Rabb..

  8. Suara Wanita aja udah aurat…🙂
    Hidup dijaman sekarang memang Lebih dahsyat Ujiannya….
    Tapi Pilihan untuk menjaga pandangan hati juga bagus, dan mensucikan hati dgn banyak berdzikir, karena sulit Mata Kita yang Normal ini, melepaskan diri dari pandangan “mata”, dimanapun kita akan berinteraksi, sementara Mata itu jendela hati Kita, jadi kalau mata tak mungkin menunduk terus, maka tundukkanlah pandangan hati kita, jangan sisakan ruang untuk setan menghembuskan Nafsu Syahwat ke dalam diri laki-laki kita. Banyak Mata Menunduk, tapi hati melotot:mrgreen: , Dan Tulisan ini juga Tidak gagal mas kalau belum mampu Menyentuh hati, karena pada hakekatnya, Allah MAha membolak-balikkan hati, Taufik dan Hidayah hanya Allah yang Melakukannya, kita hanya menyampaikan dan saling mengingatkan…
    Komennya kok malah Pesan Buat Para Lelaki nih kayanya… hehehe🙂

    • betul mas,kita hanya cermin buat mantulin cahaya aja,sesama sapu kotor dilarang mendahului kan??:mrgreen:

  9. Saya sependapat dengan Mas Andi de..bahwa pada zaman sekarang jilbab hanya sebagai pelengkap diri saja..sedangkan tingkah-lakunya tidak sesuai dengan jilbab yang dipakainya..!!!

  10. Saya pingin ngutip kalimat yang diblognya bunda :”semua muslim ingin mencari kebahagiaan sejati,yaitu ingin mencari Allah dalam hatinya…”
    Menutup hati pada kemaksitan dan kekufuran, adalah langkah awal, dan menutup aurat secara lahir dan batun ada satu langkah menuju proses menuju kebahagiaan yang sejati itu,”menemukan cinta Allah dalam diri kita masing2 ”🙂

    • betul dik,langkah awal ,semampu masing2 dulu🙂

      like this ah😛

  11. saya sedang belajar untuk menyempurnakan perintah ini bang…

  12. menyedihkan memang kehidupan sekarang,
    pada hal yg tertutup itu jauh lebih mahal…dan terjaga kan???
    alasan gaul dan takut terlihat tdk cantik mengalahkan keinginan menjaga kehormatan,
    padahal dgn berjilbab, muslimah jauh lebih ‘anggun’ bak bidadari, halah..:mrgreen:

    wallahu’alam, semoga Allah memberi kemudahan…🙂

    *bwt jilbaber,,, tetap Istiqomah!!

    • betul sekali fren, dengan berjilbab terlihat lebih anggun dan orangpun akan tahu dengan pakaian seperti itu jelas-jelas dia orang muslim🙂
      meskipun begitu, hati dan pikiranpun harus berjilbab juga agar menjadi muslimah yang sempurna😀

      • setuju dengan kedua pendapat kalian bang jali dan ryan😛

  13. Ilmu saya mengenai syariat sih masih sangat lemot, terimakasih atas pencerahannya.

    Setau saya menunup aurat itu wajib bagi tiap pria dan wanita muslim. Dan saya sangat tenang ketika berada dekat dengan cewe yang menutup aurat dengan baik

    salam

  14. Hmm… semoga para wanita lebih memahami hal ini. Karena Islam bukannya ingin mengekang, melainkan ingin menjaga wanita.
    Semoga para feminis juga terbuka pemikiran mereka betapa termuliakannya wanita dalam Islam🙂

  15. Terima kasih mas telah sangat memperhatikan wanita ^_^

    tuliasan yg sangat Indah…

    • makasih dek lia,memang wanita itu indah kok🙂

  16. alhamdulillah saya di perkenankan oleh Allah untuk berjilbab.
    karena hidayah datangnya dari Nya.

    bayak yang berpendapat, lebih baik yang dipakaikan jilbab adalah hati.
    buat saya, berjilbab fisik membuat kita menjaga perbuatan…

    walopun saya belum sepenuhnya mampu menjaga perbuatan.

    tulisan yang bagus dot.🙂

    • na ,saya setuju dgn pendapat kamu , hakekat dan syareat bukan suatu hal yg terpisah,tapi adalah satu kesatuan.
      kenapa harus dikotak2kan ya?

      hati yg berjilbab tanpa fisik yg berjilbab tidak sempurna,demikian sebaliknya.

      karena hakekat tanpa syareat itu palsu,dan syareat tanpa hakekat itu lemah🙂

      memang bisa sholat gak wudhu? atau gak pake baju? meski hatinya bersih? betul gak na??

      atau karena hati udah bersih jadi gak usah sholat? hihihi

      hebat kali mau ngalahin rasul yg udah dijamin surga dan masih sholat sampai kakinya bengkak2😛

      tetap istiqomah berjilbab ya anna sayang,meski kelakuan belum sempurna,insya Allah terbawa sendiri kesana,dengan berjilbab akan lebih menjaga daripada tidak sama sekali🙂

  17. Terima kasih atas sharingnya

    dan aku sebagai wanita yg non muslim pun aku rasa sebaiknya memperhatikan juga tata cara berpakaian ku🙂

    aku ga tersinggung kok * karna terkadang jika acara santai aku memakai celana pendek

    Malah aku tersentuh, karna jarang ada lelaki yg peduli dengan hal2 seperti ini .

    yg terpenting lagi , menurut saya bukan hanya pakaian saja pokok utamanya , tetapi hati serta tingkah laku seorang wanita “pun” juga sangat mempengaruhi penampilan seseorang🙂

    • makasih mbak atas pengertiannya🙂

  18. wah. mengerikan..
    Bismillah..
    semoga bisa menjaga hawa nafsu.. amin..

    nice share kang mas.. ^_^..

  19. setuju2… memang itu yang diajarkan islam, tidak kurang dan tidak lebih, tidak dimodif2 dan tidak dicari2 enaknya saja. semua harus dijalani dengan ikhlas.

  20. semoga kita terlindungi dari syetan syetan yang selalu membuat kita melihat apa yang tidak boleh dilihat.
    semoga juga iman kita dikuatkan iman oleh Allah swt

  21. terima kasih atas pencerahannya mas didot, aku memang seorang muslim tapi aku belum memakai jilbab…. insyaallah akan ku pakai …… sekali lagi terima kasih atas pencerahannya…

    • semoga kamu tercerahkan lebih jauh lagi oleh rahmat dan kasih sayang Allah🙂

  22. ….😦 Haru hati….
    Saat membaca kalimat demi kalimat…, mengingat kondisi di sekitar kita saat ini.

    Terima kasih telah membagi pengumuman yang sangat berharga..
    sangat bermanfaat, 🙂

    Salam,,

    • terimakasih kembali🙂

  23. Assalamualaikum… Tulisannya bagus… semoga dengan adanya artikel ini buat para wanita lebih menyadari bahwasannya wanita itu lebih cantik dan lebih anggun kalau berjilbab.. bahkan gaulnya lebih syar’i… salam ukhuwah…🙂

    • insya Allah ,syukron jazakallah khoiron🙂

  24. pernah mendengar cerita seorang kawan ketika pertama dia berjilbab. Memang dia belum mendalami Islam secara dalam, tapi diawalinya dengan berjilbab justru supaya dia menjaga Islam karna dia bertanggungjawab atas ‘identitas’ yang dia kenakan.

    Teruskan Bang dengan tulisan2mu.

    Salam.

  25. ini yang harus selalu diingat oleh para wanita..dan bagi kita lelaki harus bisa menjaga pandangan mata. tapi memang cukup sulit untuk menjaga pandangan mata di jaman sekarang..

  26. assalamualaikum mas didot.😀😀

    aku datang lagi kesini silahturahmi..:mrgreen:

    syukur alhamdulillah dalam lingkup keluarga dan disekitar orang terdekatku wanitannya semua berjilbab.
    hmm.. dgn berjilbab, pada dasarnya dapat mencegah bahaya kemaksiatan zinah (baik zinah mata maupun hati). 3 hal yang menjadi racun dunia apabila tidak diantisipasi oleh kaum lelaki, 1. harta. 2. jabatan (amanah). 3. wanita (yg tidak berada dijalan yg benar).
    itulah bahaya, bahkan ada opini yg pernah saya baca klo wanita bisa meruntuhkan sebuah negara dikarenakan godaanya yg begitu dahsyat terhapad kaum lelaki, contohnya banyak terjadi dinegara koita, banyak pejabat yang termakan kemolekan tubuh wanita dengan berselingkuh (zinah). naudzubillah.

    kadang saya jg mengalaminnya, ketika mata ini tak terkontrol, setan akan masuk kedalam hati dan menyesatkan manusia ke kemaksiatan, salah satu faktor ya melihat kemolekan tubuh wanita.
    sesungguhnya wanita wajib untuk menutup auratnya, apabila tidak, dia tidak akan mencium wanginnya surga.

    “Ada dua golongan penghuni neraka yang aku belum pernah melihatnya: Laki-laki yang tangan mereka menggenggam cambuk yang mrip ekor sapi untk memukuli orang lain dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang dan berlenggak lenggok. Kepalanya bergoyang-goyang bak punuk onta. Mereka itu tidak masuk surga dan tidak pula mencium baunya. Padahal sesungguhnya bau surga itu bisa tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim)..

    • lagian dengan berjilbab, wanita lebih sejuk dipandang mata, bukan menurunkan derajad apalagi martabad wanita. wanita yg berjilbab dapat membuat hati lelaki jadi nyaman dan tentram, tp yg utama wanita lebih sejuk dan indah dipandang jika berjilbab. karena terlihat feminim dan lembut.. (pendapat pribadi dari hati yg paling dalam):mrgreen:

    • makasih sapta atas tambahannya,insya Allah bermanfaat pula bagi yg lainnya🙂

  27. keren tulisannya didot…
    makasih begitu jelas pemaparannya….

    • terimakasih kembali sil😛

  28. Assalamualaikum.. kunjungan pertama.. ^^
    postingan yang mencerahkan mas,, semoga menyentuh hati setiap muslimah… agar menyegerakan kewajiban yang satu ini..

    • walaikum salam ,terimakasih atas kunjungannya🙂

  29. makasi udah ngingetin mas..

    salam kenal..

    • thanks ,salam kenal juga🙂

  30. Sahabatku, kau telah tulus menyampaikan ini.
    Maka, aku lebih memilih dia yang telah menutup auratnya dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab🙂

    • makasih sahabatku achoey🙂

  31. Berdasarkan pengalaman saya sampai saat ini. .Wanita berjilbab yg saya temui,mereka tidak bisa menjaga diri. ,ura’an,dan. .Saya prihatin sekali karena pergaulan mereka dg lelaki terlewat batas.Ya. .Tidak semua wanita berjilbab seperti itu.Sedangkan wanita tak berjilbab yg pernah saya temui,mereka sopan,kata2 lembut,dan bisa menjaga HARGA DIRI dan batas pergaulan dg lawan jenis.

    Di sinilah saya prihatin dg wanita berjilbab jaman sekarang.Bukan jamannya yg salah,tapi orangnya.

    Dari sini saya tidak bisa langsung menilai kalau wanita berjilbab it memang benar2 sholihah. .

    Tapi saya setuju kok.Semoga mereka yg pakai jilbab dg niat yg salah,segera mendapat hidayahNYA. .Amin

  32. bicara mode pun sebenarnya tak pernah ketinggalan jaman

  33. Selamat siang didot..!

    segala perintah Allah hanyalah demi kebaikan kita sendiri
    demikian juga perintah berhijab, bukanlah agar para wanita terlihat tidak cantik
    karena Allah sesungguhnya mencintai keindahan.

    coba deh lihat rombongan perempuan turki yang pake jubah besar melambai itu, Indah lahir batin menurut bundo.

  34. Iya, hidup di generasi ini (mungkin juga generasi terdahulu) sungguh sulit, banyak sekali godaannya.😦 Tapi, ga boleh menyerah dan pasrah hanya karena ini.🙂
    Saya juga heran, dengan wanita yang merasa bangga akan tubuhnya, yang mempertontonkan aurat yang tak semestinya diperlihatkan di depan umum. Sadarkah kita semua bahwa fisik ini tak akan bertahan lama? Seiring bertambanya umur, bentuk tubuh pun akan berubah. Makanya, kecantikan fisik ada batasannya. Namun, kecantikan hati tak ada batasnya.
    Bahaya, bisa2 nanti orang mencintai pasangannya hanya karena tubuhnya saja, bukan dari hati.😦

  35. berdebu : semoga yg belum berjilbab(tapi kelakuannya baik) jadi berjilbab ,dan yg sudah berjilbab memperbaiki lagi sikapnya🙂
    pak narno : jilbab juga modern kok pak sekarang ini kan ya??😀
    bundo : ah tepat sekali,mana pernah Allah tidak menginginkan sesuatu yg baik buat kita?? Allah lebih sayang daripada kedua orang tua kita kepada kita ,tul kan bundo??
    asop : gak ada yg menyerah kok sop,tapi sesungguhnya itu adalah sindiran bagi mereka yg telah diberikan nikmat penglihatan namun menggunakannya untuk hal2 yg tidak semestinya ,dan itu termasuk saya dulu tentunya😐

  36. Bismillahirrahmanirrohiiim.
    Berjilbab/menutup aurat sebetulnya mudah dimulai tetapi yang sulit adalah istiqomah/ kesinambungan dalam memakainya. Ketika sudah tumbuh minat dan niat yang baik maka bersegeralah. Hidayah bukanlah ditunggu tetapi dicari. Semoga semakin banyak yang memberanikan diri mengambil keputusan terbaik.Amiiin

    • betul segala sesuatu perlu dijemput,baik itu hidayah,rejeki ,jodoh🙂

  37. dijadikan dunia ini perhiasan yang indah, dan sebaik2 perhiasan dunia adalah wanita yang shalihah… ^^

    • ini komennya like this quote saya terakhir itu ya??😛

  38. semoga para muslimah semakin sadar utk menutup auratnya yaa Dot… dengan baik dan benar tentunya, jgn asal tutp ajah tapi masih melahirkan rasa yang gimanaaaa gtu di hati kaum adam😉

    • insya Allah rose ,kalaupun belum yg penting usahanya dulu deh,kan Allah gak perlu hasil,tapi niat dan usaha kita??😛

  39. tulisan yang mengena, dot…
    mimi merasa menyesal mengapa tidak dari dulu mengerti masalah hijab ini,
    sehingga mimi baru mengenakannya setahun lebih beberapa bulan terakhir ini…

    tapi alhamdulillah, Allah masih sayang sama mimi, masih memberi mimi kesempatan untuk menutup aurat mimi… namun mimi tetap merasakan penyesalan dan merasakan berdosa sekali pada Allah karena tidak mengerti permaslahan hijab ini (dulu mimi disekolahkan di sekolah katolik pas smp n sma, n sempat 1 tahun kuliah di kampus katolik)

    syukur alhamdulillah mimi panjatkan pada Allah, atas segala petunjuk-Nya… semoga Allah senantiasa memberi hidayah bagi para wanita, baik yang sudah muslim maupun yang belum muslim…
    **di antaranya adalah dua orang sahabatku… aku mendoakan kalian agar kalian dan keluarga kalian mendapatkan pencerahan, mendapatkan hidayah dari Allah SWT untuk memeluk agama Islam, agama yang paling mulia ini… semoga kalian dapat menjadi saudaraku sesama muslim… Aminnn…

    **maaf ya, dot, jadi curcol🙂

    • saya malah dari TK ,SD ,SMP sampai kuliah semuanya di sekolah katholik mi…

      tapi ya beruntunglah dirimu bisa mempertahankan keislaman kamu,dan malah bisa dari tidak kerudung jadi pakai kerudung🙂

      kalau saya boleh menasehati,saya juga sempat bertanya hal2 seperti,kenapa hidayah Tuhan itu tidak lebih dulu datangnya? namun yg jelas,Tuhan pasti punya alasan terbaik untuk itu,kita yg perlu mentafakuri dengan sabar dan muhasabah😀

  40. Salam Takzim
    lho kok saya ga tau ada postingan ini yah, ehhh saya yang terlambat berkunjung nih kang didot, tentang penutup aurat, harus ada tempat khusus kang untuk mengkajinya, Tulisan sudah cukup banyak tetapi semakin banyak pula yang ga mau pakai jilbab, karena pengetahuannya tentang jilbab masih belum cukup kang
    Salam Takzim Batavusqu

    • ya kang isro,saya hanya menyampaikan tidak memaksa,semua kembali ke orangnya masing2,karena agama adalah nasehat,jadi tidak memaksa🙂

  41. […] This post was mentioned on Twitter by Nadira Bin Smith. Nadira Bin Smith said: Marii dibaca🙂 , smg bermanfaat >> https://hadidot.wordpress.com/2010/04/28/wanita-muslim-dan-auratnya/ […]

  42. Asslmkm. .itu smua trgantung pd wnta itu sndri. .krn yg plg utma adlah niat hati dan drogan org trdkat nya emm jd bkn mslah bnyk sdkitnya kain atou jlbab.tp ksdaran hati yg plg utma. .ada jg org sdah dtu2p pntu hati sgga tk dpat msuk lg hal2 positf

  43. Pakaianmu adalah kepribadianmu. Auratmu adalah kehormatanmu. Kepribadian menjadi tolak ukur penghormatan manusia terhadap seseorang.

  44. dgn tulisan ini moga wanita-wanita trmsuk sy sndiri untk menjemput hidayahNya untuk memperbaiki diri dan snantiasa mgningat Allah dlm setiap saat.

  45. alhamdulillah mas didot, sebelum saya baca tulisanmu, insyaalloh saya sudah menutup aurat,:)
    memang terasa berbeda sekali sebelum mengenakan hijab serta menutup aurat dan setelah mengenakan hijab,
    justru saya merasa lebih bebas dengan menutup aurat,

  46. saya alhamdulillah sudah konsisten berjilbab , namun saya masih belum bisa memenuhi kriteria berjilbab diatas . seperti saya masoh sering pakai celana jeans .apa saya masih dianggap tidak menutup aurat??

    • Semuanya berproses,jika masih membentuk aurat (ketat misalnya) maka belum sempurna tutup auratnya. Semoga Allah memudahkan proses anda menuju hijab syar’i


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s