iqro

iqro artinya baca ,buat yg gak tau (non muslim mungkin gak tau artinya:D )

saya sendiri  sampai hari ini sebenernya belum tamat iqro,tapi udah mulai langsung masuk quran karena biar lebih cepet hehehe,setelah 12 tahun memeluk agama islam,baru sekarang ini bisa membaca rangkaian huruf arab yg nampak seperti tulisan alien selama ini buat saya (rada mirip kasusnya sama huruf cina yg saya juga masih belum ngerti sampai sekarang hihihi,walaupun saya masih ada darah cina dari ayah saya *noyor kepala sendiri)

5 tahun lalu pernah sih belajar iqro,tapi baru belajar sebentar udah kepotong bulan puasa eh… terus gak lanjut lagi setelah selesai ramadhan (emang dasar gak niat nih dulu hihihi)

sekarang dengan semangat baru saya berusaha buat bener2 ngelancarin membaca kitab yg suci ini,malu dong sama adik2 dan anaknya teman yg udah mulai belajar ngaji,masak kalah sama mereka??:D (memang benar kalo malu punya kemampuan yg dashyat buat membangun motivasi orang ya??:D )

tapi tunggu dulu ,sebelum anda menjudge saya gak pernah ngutak ngatik alquran sebagai seorang muslim,justru saya termasuk rajin mengutak ngatik alquran ,yg tentu saja masih dalam bahasa latinnya.  kalau bahasa latin saya sudah bisa dibilang khatam,karena saya sudah baca semua satu persatu ayat alquran,jadi kalau memang ada yg menyebut satu ayat tertentu, insya Allah saya masih bisa ingat , itu pernah saya baca atau tidak di alquran.

menurut saya,selama ini yg lebih penting adalah mengerti alquran itu isinya apa dulu (membaca quran dengan cara iqro pun tentu penting juga ya,bukan berarti jadi gak penting,tapi ini masalah prioritas sajah tentunya), karena (sekali lagi menurut saya lho ya;p) bagaimana kita mau mengamalkan dan mempraktekkan kalo alquran cuma jadi sebuah mantra aja,yg dibaca cepat2 dan gak punya ikatan dengan jiwa yg membacanya?

Seperti misalnya kalo buat mengusir hantu,katanya pakai ayat kursi. lah kalo setannya juga hafal ayat kursi,gimana dong? jadi menurut saya dalam hal ini yg penting adalah tauhidnya ,cukup dengan surat terpendek atau al fatehah pun menurut saya cukup ,apabila kita membacanya dengan keyakinan dan tauhid,bahkan dalam tingkat ekstrimnya mungkin cukup dengan bismillah saja yg kita perlu ucapkan mungkin.

Gak ada yg salah dengan teman2 yg belajar iqro duluan dan udah khatam (selesai),walaupun belum mengerti isi alquran (apalagi mengamalkan ya?) ,seperti juga saya gak salah tentunya dengan belajar isinya dulu ketimbang cara bacanya. semuanya baik,semuanya boleh,yg penting berusaha dekat dengan alquran deh,ketimbang sama sekali gak mempelajarinya??

satu lagi yg penting ,iqro ini artinya membaca,bukan cuma alquran secara khususnya,tapi juga secara luas berarti semua ilmu harus dibaca dan dicari,dan ini merupakan perintah pertama dalam alquran ,bahkan sebelum perintah sholat itu turun lho

Jadi marilah kita mencari ilmu dengan banyak membaca…

ayo dong,kita maen bola lagi banyak membaca biar makin pintar:D

Sesungguhnya ilmu adalah sinar yang diletakkan oleh Allah di dalam hati, sedangkan maksiat memadamkan sinar tersebut”

57 Komentar

  1. hebat dot..
    semangat yah. kalo aku cuma khatam doang baca arabnya tapi blm pernah tuh khatam baca maknanya.. aku yakin, walaupun baca latinnya, pahalanya juga besar.. lebih ‘ngresep’ gitu maknanya..
    daripda aku yg cuma arabnya aja…

    sekali lagi semangat belajar ngaji yaaa..🙂

    • makasih na,semuanya baik kok,baca aja dapat pahala walaupun gak ngerti artinya sesuai janji Allah kan??

      yuk sama2 belajar ilmu agama lagi ,kita perdalam agar jadi cahaya untuk hati kita:D

  2. “Sesungguhnya ilmu adalah sinar yang diletakkan oleh Allah di dalam hati, sedangkan maksiat memadamkan sinar tersebut”

    Bener sekali mas…dan itu kita peroleh salah satunya dengan banyak membaca (tadarus)…
    Jadi kapan kita belajar iqro bareng ? saya juga belum khatam, soalnya waktu kecil saya belajarnya belum ada metode iqro…🙂
    Salut dengan ghirahnya mas didot…

    • hehe… kita setiap sabtu di al azhar jam 1 sampai jam 5 ada dua sesi kok,sesi satu bahas fikih,sesi dua melancarkan quran. ditunggu nih sekalian kita kopdar dapat ilmu juga:D

  3. Wah, smgt ya! Saya udah iqro, tp Quran blm khatam.XP ehehe. .

    • gapapa mas,yg penting diniatkan untuk mengkhatamkan dan juga usaha lebih baik dari hari kemarin.

      ayo baca quran:D

  4. Wah jadi ingat dulu pas masih kecil belajar iqro tiap sore menjelang maghrib hihi. AlQuran saya juga belum khatam nih hiks hiks. Tapi baca terjemahan AlQuran juga menyenangkan loh, jadi tahu kisah Nabi Daud yang 11 bintang itu, kenapa orang-orang diluar Islam itu (tidak semua tapi) kaya dan banyak anak dan masih banyak lagi hehe.

    Semangat! Saya juga nggak pandai baca AlQuran, masih banyak, banyak, banyaaaak harus latihan juga.

    • iya ,alquran emang seperti buku cerita yg mengingatkan kita untuk belajar dari kesalahan orang dahulu dan tidak mengulanginya,kemudian peringatan untuk kita agar kita tidak menjadi orang yg menyesal di kemudian hari:D

      ayo kita belajar lagi yuk;p

  5. iaa, bnr2…
    coz lbh dianjurkan mmbaca al-qur’an dgn mengetahui mkna yg t’kndung d dlm x, biar lbh bs khusyu’ bca x… n bs nempel d hati jd mudah buat ngamalin perintah2 yg da d dlm Al-qur’an

    • dua2nya juga bagus sih,yg penting mau belajar itu aja udah bagus kok:D

  6. iya ya, cuman khatam bacanya gak paham maknanya…hmmm ayo sekolahhhh eh ayo membaca makna…:D

  7. iya wahyu yang turun pertama kali ajah menyerukan membaca hehe

    ayo budayakan membaca lho gak nymbung yaw


    Berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih
    salam blogger😀

    • nyambung lah mas,kan judulnya membaca alias iqro:D

  8. Ayooo Semangat Gan, Didot pasti Bisa!!! Skr Rafi jg lg ngejar tamat setiap ba’da magrib sebisa mungkin baca n dicicil

    • wah seru2 ,kita berlomba2 dalam kebaikan,hahaha…

      semangat raf!!:D * tereak ala benteng takeshi

  9. khatam = dalam bahasa palembang mantap😀

    • wah kalau gitu kalau bisa nyelesain quran (khatam) berarti mantap dong ya?hihihi:D

  10. Salam silaturahim.
    Kita memang harus senantiasa meningkatkan kwalitas iman kita.

    • setuju banget,karena iman itu naik turun sifatnya dinamis sekali,jadi harus dijaga selalu biar tinggi terus:D

  11. yang terpenting itu mas…
    “Gak ada kata terLambat untuk beLajar”.

    saya maLah jd maLu pada diri sendiri, yg sejak Lahir musLim, tapi bLum khatam quran.
    kLu iqro sech udah…😉

    • betul banget,mari kita mulai perbaiki segala yg kurang dari diri kita,agar kita tidak jadi orang yg merugi kelak.

      nah kalo udah bisa baca,wajib tuh buat mencoba khatam quran. gak usah banyak,istiqomah aja,setiap hari 5 ayat insya Allah lebih baik daripada hanya sesekali tapi banyak ayat:D

  12. semoga diberi hidayah ma Allah, dan bisa lancar baca Al-Qurannya Amiinn

    • amin amin,makasih atas doanya untuk kita semua mas ario:D

  13. Aku suka baca tafsir-nya, Dot. Setiap baca satu ayat, biasanya langsung ngebaca artinya. Pernah meluangkan waktu untuk membaca tafsir-nya aja. Al-Qur’an adalah buku cerita yang sangat lengkap. Semuanya ada…

    • betul banget la,buku cerita yg paling sempurna ,karena bukan buatan manusia:D

  14. Alhamdulilladari kecil banget aku udah belajar iqro, jadi bisa namatin Al’qur’an.

    • wah enak ya dari kecil udah lancar,ayo diteruskan menambah belajar tafsirnya juga dong,biar tambah sip lagi:D

  15. Hihihi….
    Kalo setan nya ngerti ayat kursi?….
    Emang betul sih…setan sekarang mah emang canggih canggih….
    Selamat belajar yaaa

    Salam kenal🙂

    • hahaha… betul ,setan juga makin canggih dong,gak mau kalah juga sama manusia,dari dulu juga begitu kan,gak mau kalah sama adam waktu masih di surga:D

      salam kembali:)

  16. Kecenderungan umat muslim biasanya memahami sesuatu secara tekstual saja. kadang saya sendiri pun melakukan hal itu, kurang peka terhadap semua wahnyu’nya Allah..

    Betul, iqro’ yang dimaksud di ayat tersebut bukan sekedar membaca tulisan. Tetapi membaca alam semesta dan segala ciptaan-Nya, termasuk juga diri kita sendiri. Bukankah semua di alam semesta ini adalah ‘kitab’ karangan Allah SWT?

    Demikian pula dalam ‘membaca’ kitab Allah yang teramat luas ini. Kita harus fahami topik dan gagasannya, tujuannya, sistematikanya, maksud sang pengarang, dan sebagainya

    Like this..Good post

    • setuju juga sama pendapatmu dik,ilmu itu termasuk membaca tanda2 alam seperti nabi ibrahim gitu kan maksudnya?

      dengan belajar tentang alam semesta pun seharusnya seseorang semakin kagum dengan kemahabesaran Allah pastinya (jika dia percaya pada Allah sebagai Tuhan tentunya)

  17. Rasulullah bersabda :
    “Barangsiapa menempuh jalan utk menuntut ilmu mk Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Dan tidaklah berkumpul suatu kaum di salah satu dari rumah-rumah Allah mereka membaca Kitabullah dan saling mengajarkan di antara mereka kecuali akan turun kepada mereka ketenangan diliputi oleh rahmah dikelilingi oleh para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka kepada siapa saja yg ada di sisi-Nya”.

    “Sebaik-baik kalian adl orang yg mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya.”

    Para malaikat ingin menghiasi mereka yang giat menuntut ilmu dan mengusap mereka dengan sayap-sayapnya. Setiap yang basah dan yang kering bertasbih bagi mereka dan memohon ampun bagi mereka, bahkan ikan-ikan dilaut dan binatang-binatang, hewan-hewan buas dan ternak-ternak didaratan serta bintang-bintang dilangit. Karena Ilmu menghidupkan hati dan menerangi pandangan yang gelap serta menguatkan yang lemah. Dengan Ilmu hamba mencapai kedudukan orang-orang yang salih.

    Semangat Pak !!! Tak ada kata terlambat untuk menuntut ilmu, semoga segalanya di mudahkan dan menjadi amalan yang akan memudahkan bapak menghadapNya…amiin

    blog Oyen sudah sehat..he..he

    • makasih oyen,memang jika kita ingin dunia dengan ilmu,jika ingin akherat juga dengan ilmu,makanya ilmu wajib kita cari dan gali terus:)

      makasih ya atas doa dan dukungannya,blognya emang udah sehat,tadi saya udah mampir kok:D

  18. Subhanalloh, saya baru tahu kalau bung hadidot ini seorang muallaf. Memang rejeki itu gak akan ke mana. Semoga hidayah Alloh selalu tercurah kepada anda hingga ajal menjemput. Amin.

    Mengenai Al Qur’an. Setiap umat muslim harus wajib bisa membaca Al Qur’an. Jika dia tidak bisa membaca Al Qur’an hingga akhir hayatnya, maka dia telah berdosa. Oleh karena itu jika tidak mau berdosa, kita harus bisa membaca Al Qur’an. Caranya? ya belajar.
    Sekalipun kita sudah tua. Karena ilmu itu harus dicari hingga kita ke liang lahat.
    Mengenai kandungan Al Qur’an. Membaca terjemahannya pun sebenarnya belum cukup, kita harus belajar tafsir Al Qur’an.
    Kita menempuh pendidikan formal 20 tahun saja mampu, masak belajar Al Qur’an dan bahasa Arab kita tidak mampu?
    Semoga Alloh memudahkan kita semua dalam mempelajari Al Qur’an.
    Amin.

    • terimakasih atas doanya mas dimas,insya Allah tafsirnya pun saya berusaha perdalam lagi,selain hadist dan tentunya juga fikih,semuanya saya usahakan sedikit demi sedikit.

  19. ah, tulisan anda menyindir saia, krn saia tak setiap hari membaca Quran

    • maaf mbak nda,saya gak bermaksud demikian kok,sumpah cuma sharing aja:D

      tapi jika memang tersindir semoga jadi hal yg positif dengan mulai rajin2 buka quran lagi:D

  20. Iqra, emang msalah satu metode yg baik agar cepet bisa baca Qur’an & baca tulisan2 arab, kalo dulu sy belajar Qur’an ga pake metode Iqra.

    but, membaca emang sangat buanyak & bejibun manfaatnya,😀

    • mas dede,sekarang ada metode baru2 lagi selain iqro,antara lain al barqi ,tapi buat yg udah dewasa iqro agak lama ya menurut saya,karena pelan banget.

      tapi semua cara belajar tentunya ada kelebihan dan kekurangannya masing2.

      yg penting teruse belajar tentunya:D

  21. Wah, bagus, ayo berjuang terus belajar ngaji, Mas! ^_^
    Sempatkan diri terus untuk melatih bacaan Al-Qur’an dan melancarkannya, dan niscaya pahala yang Mas terima bakal besar banget gak terkira…🙂

    • makasih atas supportnya,insya Allah kalau pahala udah ada masing2 ,setiap kebaikan gak akan disia2kan Allah pastinya.

      terimkasih ya mas asop:D

  22. Dot …
    Tanpa bermaksud untuk Apple Polish …
    Tetapi saya harus berkata bahwa saya Salut dengan Didot …
    Semangatmu … (tanpa kamu sadari) menginspirasi saya …
    Sekaligus “menyolek” saya …

    Mengenai Terjemahan ?
    Saya setuju dengan Didot … kita “WAJIB” tau artinya …
    Agar lebih bisa memaknai setiap bacaan yang ada …

    Iqro’

    Salam saya Dot

    • iya om,saya juga gak ngerti apple polish itu apa kok,hehehe.. maklum wong ndesooooo:D

      • Aaarrrrggghhh …
        Badung bener ini anak …
        Hawong aku udah telanjur serius jeh …

      • ojo serius2 lah om:D

  23. Saya juga dulu waktu belajar iqro loncat sana sini setelah tau baca hurufnya, saya langsung baca Al-Qur’an walau nggak ngerti bahasa Arab.😀😆

    • banyak hukum yg mesti dipelajari lagi di alquran,makanya mending langsung lompat quran aja ya??hehe

  24. aku juga akhir2 ini mulai baca juga terjemahannya setiap lg baca al-qur’an.. semoga bisa dapat ilmunya..

    • iya,wajib ditingkatkan terus dit,biar hati kita makin dekat dengan perintah2NYA:)

  25. Apa kabar nya Dot? Dah lama nih gak mampir…hehee…..Sehat gan??

    • alhamdulillah,iya nih lagi rada sibuk,tapi diusahain mampir kok:D

  26. bunda masih belum bisa mengamalkan apa2 yg tertuang dlm Al-Qur’an yg lengkap ini,” membaca” bahasa dan ayat2 Allah swt pun, masih’ tergagap’ dan’ tersungkur’.
    terimakasih banyak Mas Didot telah mengingatkan.
    Semoga Allah swt selalu meridhai apa2 yg kita usahakan,amin.
    salam.

    • tidak apa2 bunda,yg penting mau berusaha dekat dengan Allah,membaca firmanNYA kan hanya salah satu bentuk aja,masih banyak jalan yg lainnya kok:D

  27. Sama mas sama saya, baru mencoba untuk membaca & terus membaca.
    Karena keluarga saya tidak seutuhnya muslim.
    maknnya nich smpe sekarang belum bisa2
    Ternyata saya pikir saya sendiiri, ternyata masih ada teman/saudara yang seperti saya
    Ayoooo. mas kita terus berusaha dan beriktiar

  28. narasinya bagus juga buat motivasi

  29. obat hati baca kuran dan artinya…….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s