Perikebinatangan

Tulisan ini dimulai dengan 3 hadist  tentang binatang :

  • diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. : Rasulullah Saw pernah bersabda, “suatu ketika seorang lelaki yang melakukan perjalanan sangat kehausan. ia turun ke sebuah sumur, lalu minum air dari situ. pada saat ia keluar dari tempat itu, ia melihat seekor anjing menjilati lumpur karena rasa haus yang menyengat. laki-laki itu berkata, ‘ (anjing) ini sengsara karena persoalan yang sama denganku’. lalu ia (turun kembali ke dalam sumur), mengisi sepatunya dengan air, menggigitnya dengan giginya, dan memanjat dinding sumur, kemudian memberinya minum dengan air itu. Allah berterima kasih atas perbuatan (baiknya) dan memaafkannya”.

Para sahabat bertanya, wahai Rasulullah, apakah kita akan mendapat pahala jika menolong hewan? Beliau bersabda, “Kebaikkan kepada setiap yang punya hati (makhluk hidup) ada pahalanya” .

  • Abdullah bin Umar r.a meriwayatkan bahwa Rasullah SAW bersabda: “Seorang wanita disiksa karena ia mengurung seekor kucing hingga mati dan wanita itu pun masuk neraka; wanita tersebut tidak memberi kucing itu makan dan minum saat dia mengurungnya dan tidak membiarkannya untuk memakan buruannya.”
  • “Sesungguhnya Allah mewajibkan (kamu) untuk berbuat baik atas segala sesuatu, apabila kamu hendak membunuh, maka lakukan pembunuhan itu dengan baik dan apabila kamu hendak menyembelih, maka lakukan penyembelihan itu dengan baik. Dan hendaknya salah seorang di antara kalian menajamkan alat pemotongnya dan menjadikan sembelihanya itu  merasa nyaman”

Ternyata Allah bisa memasukkan seseorang ke dalam surga karena kebaikannya kepada mahluk hidup lainnya ya? demikian pula Allah bisa memasukkan seseorang ke dalam neraka hanya karena perbuatan buruknya pada mahluk hidup yang lainnya juga.

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS 3 : 191)

setiap ciptaan Allah tidak ada yg sia2 ,jadi semuanya tentu saja punya perannya masing2. sehingga kita tidak boleh meremehkan ciptaan Allah meski sekecil apapun,karena kita dan mereka pada hakekatnya sedang menjalankan takdirnya masing2

Allahualam

15 Komentar

  1. Mungkin kah saya dapet pertamax,,,😛

    iya ternyata anda pertamax disini😀

  2. Hal yg kecil aja bsa bawa qta pergi dri ranah neraka ya…trs gmana dong dgn semut yg sering aku semprotin smp semaput?

    kalau gak menyiksa gapapa,yg penting kalau memang harus dimatiin ya dimatiin,tapi jangan disiksa😛

  3. Wah, jujur saja, aku masih suka bersikap masa bodoh dengan binatang2 disekitarku. Soalnya kadang tingkah mereka sering menjengkelkan. Tapi nggak sampai kaya wanita pada tulisan diatas lho. Ini juga aku nggak tega kalau melakukan hal semacam itu

    iya,gapapa kalau belum bisa menyayangi mereka,tapi jangan disiksa aja ya mas hehehe😀

  4. Benar sekali, semua punya peranannya masing2. .

    demikian pula si semut dan kecoak sekalipun,termasuk kotorannya juga ,gak ada yg sia2 diciptakan Allah😉

  5. Dalam kehidupan sehari-hari pun, jika kita menunjukkan kasih sayang pada binatang, maka binatang tsb akan merasakannya dan menunjukkan kasih sayangnya pada kita

    nah ini saya setuju banget bu enny,berhubung saya juga penyayang binatang hehehe😛

  6. Semua makhluk di dunia ini saling bergantung satu sama lain, bila salah satu hilang maka kehidupan di dunia ini akan pincang atau tidak stabil.

    setuju mas ,Allah telah menciptakan keseimbangan di alam ini dengan begitu hebatnya🙂

  7. kalo gitu, kecoak takdirnya apa ya Dot?:mrgreen:

    kecoak takdirnya jadi makanan semut kalau udah mati chi😛 ,atau barangkali jadi santapan insect2 lain yg lebih besar.

    kalau dirumah sini takdirnya ditepok pake sendal terus dibalik jadi makanan semut2😉

    yg pasti kecoak pun gak sia2 diciptakan Allah,termasuk juga kotoran kecoak tersebut tentunya😀

  8. Tak ada sesuatupun yang teralpakan dalam alqur’an, alias alqur’an merupakan satu-satunya undang-undang yang sangat sumul (komprehensif) hal itu diperkuat lagi dengan hadits rosululloh saw, yang kesemuanya terangkum dalam bingkai islam, sehingga tercapailah apa yang di maksud oleh Alloh swt sebagai ungkapan “Rohmatan lil ‘alamin” dimana islam menghendaki keseimbangan dan kemaslahatan hidup, islam mengajarkan aturan-aturan dan adab-adab yang mesti di aplikasikan oleh setiap insan yang beriman, islam mengatur bagaimana seorang manusia menjalin hubungan dengan robnya, antara manusia dengan sesama manusia, dan bagaimana manusia juga harus menjaga sekaligus menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitarnya yang menjadi tempat hidupnya, tak terkecuali islam juga mengajarkan bagaimana orang beriman berlaku baik terhadap makhluk Alloh di muka bumi ini yaitu binatang, karena sebagai binatang ia pun memiliki hak untuk di perhatikan sebagaimana mestinya. Dan itu semua merupakan perintah rob semesta alam.

    betul mas usup,semua saling terkait,jadi harus saling menjaga🙂

  9. Alhamdulillah, tulisan ini diposting….Dot, kalau nggak salah ada juga kisah pelacur yang ingin tobat dan menolong seekor anjing di gurun pasir ya….

    betul mbak mel,dan akhirnya dia masuk surga ,hanya karena ketulusannya menolong seekor anjing ,maka Allah ridho kepada kebaikannya

  10. jadi ingat beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan seekor kucing yang sudah sekarat, saya memberinya makanan tapi hanya dicicipi sedikit, keesokan harinya saya menemukannya sudah tak bernyawa, saya sedih…

    miris juga dengarnya,tapi insya Allah kebaikan mas abu sudah dihitung oleh Allah🙂

  11. bicara ttg binatang, jadi ingat kucing kesayangan kami sekeluarga, yang sudah pergi selamanya krn sakit flu😦
    saat kita menunjukkan perhatian dan kasih sayang pd mereka, merekapun akan seperti itu pd kita.
    salam

    betul bunda,binatang pun tau rasa kasih sayang😉

  12. Huks,jd ingat 11ekor kucing peliharaan yg nempel beud sama aku..tp Allah lbh sayang mereka..jd titipan Nya diambil lagi..
    Berasa bgt c [menurutku]ekspresi sayang n terimakasihx para binatang klo qt berperikebinatangan ama mereka..apalagi kalau sampai didoakan ama mereka^^

    wah banyak juga ya kucingnya sampai 11?😛

  13. he’em…
    tapi gimana ya kak maiank bukannya ngeremehin tapi maiank segen aja ama uler n cicak, jadi nggak papa donk kalo liat langsung lari😛

    gapapa kok,asal uler sama cicaknya juga gak lari ngeliat kamu juga😀

  14. menjadi seorang muslim adl berusaha menjadi rahmat baghi seluruh alam
    tdk hanya buat manusia saja.

    Namun, jgn smpai dengan bintanag kita memiliki rasa iba, kasih sayang, sementara terhadap manusia justru kita bermusuhan bukan krn alasan yg dibenarkan…

    kalau saya punya pendapat,kalau sama binatang aja bisa sayang,apalagi sama manusia dong??😛

  15. ehm… kalo saya dot.. bukannya nggak berperikebinatangan.. tapi saya itu penakut sama binatang lho dot…

    kalo ada kucing suka meong2 di depan rumah karena laper.. saya minta suami yang kasih makan…

    sebenernya kamu sayang na,tapi karena takut gak berani ngasih makan langsung ya? hihi😀

    mungkin trauma pernah dicakar apa digigit??🙄


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s