makan yg benar

Selama ini kita didoktrin ,bahwa makan harus tiga kali sehari. biasanya terdiri dari makan pagi,makan siang dan makan malam. tapi apakah benar makan cukup hanya 3 kali sehari dalam islam?

“Tidak ada bejana yang diisi oleh manusia yang lebih buruk dari perutnya, cukuplah baginya memakan beberapa suapan sekedar dapat menegakkan tulang punggungnya (memberikan tenaga), maka jika tidak mau, maka ia dapat memenuhi perutnya dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga lagi untuk bernafasnya.” (HR. Ahad, Ibnu Majah)

setau saya islam tidak pernah membatasi makan hanya 3 kali,tapi yang dibatasi adalah keadaan saat kita makan,yaitu kita tidak boleh terlalu kenyang. karena terlalu kenyang itu sumber penyakit,dan juga penyebab hati kita jadi kurang peka terhadap penderitaan orang lain,juga bisa menyebabkan syahwat kita meningkat sehingga kita bisa lupa diri,karena salah satu pintu masuknya setan adalah melalui lambung .

Dalam satu riwayat disebutkan bahwa Iblis pernah menampakkan diri di hadapan Nabi Yahya bin Zakariyya a.s. Beliau melihat pada syetan beberapa belenggu dan gantungan pemberat untuk segala sesuatu seraya bertanya, “Wahai iblis belenggu dan pemberat apa ini? Syetan menjawab: “Ini adalah syahwat yang aku gunakan untuk menggoda anak cucu Adam”Yahya bertanya: “Apa hubungannya pemberat ini dengan manusia ?Syetan menjawab: “Bila kamu kenyang maka aku beri pemberat sehingga engkau enggan untuk sholat dan dzikir” Yahya bertanya lagi: “Apa lainnya?” Jawabnya, “Tidak ada!” Kemudian Nabi Yahya berkata: “Demi Allah aku tidak akan mengenyangkan perutku dengan makanan selamanya” Iblis berkata, “Demi Allah saya tidak akan memberi nasehat pada orang muslim selamanya”

makanya islam tidak mengajarkan makan berpesta pora alias berlebih2an,bahkan cenderung harus hemat sebagaimana rasul mengajarkan kita untuk selalu berhemat dalam hal apapun sehingga tidak ada yg mubazir. saat kita lapar makanlah,tapi berhentilah sebelum kenyang. usahakan pula untuk berpuasa minimal senin kamis,karena ada nikmat saat berbuka bagi orang yg mau puasa.

dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam“Orang yang berbuka puasa mempunyai dua kebahagiaan yang bisa ia rasakan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Makanan dua orang itu cukup untuk tiga orang dan makanan tiga orang cukup untuk empat orang. (Shahih Muslim No.3835)


24 Komentar

  1. Heheheheh………..sayangnya saya udah mulai enggan lagi berpuasa senin-kamis, padahal sudah mulai dekat dengan puasa. Insya Allah akan di usahakan mulai puasa senin-kamis, deh. Terima kasih atas pencerahannya.

    semoga niat puasanya dimudahkan Allah,amin🙂

  2. ALLAH SWT memang gak suka kalo hamba-NYA makan makanan secara berlebih-lebihan.

    … Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya ALLAH tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (QS. Al-A’raaf [7]: 31)

    Pola makan yang terbaik adalah yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. yaitu dengan tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.

    Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan apabila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan). (Muttafaq Alaih)

    Pola makan yang diajarkan oleh Rasulullah saw. selain untuk menjaga kesehatan juga untuk mengekang dan mengontrol hawa nafsu, seperti yang sudah dijelaskan pada kisah Nabi Yahya as. di atas.

    ah mas duddy, kalau nambahin selalu bikin tambah sempurna tulisan saya. makasih mas,itu salah satu hadist yg saya cari ,untung ada kamu mas,sekali lagi makasih ya😛

  3. yang penting makan ketika lapar dan berhenti makan sebelum kenyang

    hihi

    jangan lupa puasa hel😀

    • tepat sekali, prof😉

      • satu lagi, dilarang mencela makanan

        Hadis riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia berkata:
        Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam. tidak pernah mencela makanan sama sekali. Apabila beliau menyukai maka beliau memakannya dan kalau tidak menyukai maka beliau tidak memakannya (tanpa mencela). (Shahih Muslim No.3844)

        makasih atas tambahannya mas usup,ini tadinya mau saya masukin juga,tapi takut kepanjangan tulisannya hehe😀

  4. katanya sih puasa bikin sehat. . .

    kata siapa? yg jelas banyak pahalanya😀

  5. makan jangan terlalu kenyang, secukupnya . makanan seimbang lebih baik.yuuk makan siang.bareng2 lebih enak neeh
    apalagi ditraktir mas,uenaknya poll:mrgreen:

  6. Seperti prnduduk Okinawa (jepang) yang mengisi perutnya dan berhenti sebelum kenyang… penduduk di sana yang tua tetep sehat, yang muda pikirannya kuat ga ngantukan.. hehehe mereka yang bukan muslim aja menjalankan apa Yang Allah perintahkan… Subhanallah..

    betul tuh dari etos kerja juga begitu,mereka mirip koloni semut ya??😛

  7. Yang penting juga adalah mensyukuri setiap apa yang kita makan. Jangan suka mengeluh apabila makanan yang tersaji tidak sesuai selera. Ini juga berlaku bagi diriku

    betul mas ifan,seperti hadist yg ditambahkan mas usup😀

  8. ..
    Masalahnya kalo kekenyangan jadi ngantuk, dan ujungnya males ibadah..😀
    ..

    yah seperti yg dikatakan di hadist itu dong ta berarti,berarti si iblis gak bohong tuh😛

  9. Emaang sudah terbiasa makan 3x, sejak kecil begitU, hoho

    nah itu dia,saya juga dulu mikirnya begitu,itu doktrin namanya😉

  10. Yup…berhentilah makan sebelum kenyang….
    Dan biasanya kalau kekenyangan rasanya memang kurang nyaman, serta membuat kantuk datang lebih cepat

    betul bu enny,apalagi kalau abis makan nasi bogana😉

  11. Sy beda lagi. Saya makan setiap ingin, maka gendut. Tapi kalau pas gak nafsu ya seharian bisa gak makan.
    wah enak sekali ya bisa begitu,saya nih susah ndutnya pak😀

  12. makanlah sekedarnya saja..

    setuju fit😛

  13. Hiks… aku sering kali merasa sayang pada makanan, dari pada mubazir mending kumakan deh🙂

    doyan makan ya? hehe

    sama dong:mrgreen:

  14. Gulai kikil makin sdkt sj porsinya di rmpadang sbelah skrg, kalau aku sj ngerasa gimana orang2 yg makin gak mampu dijerat harga gas&listrik&bahan2 yg naik😦, ya memperbanyak puasa jd pengingat keberadaan mereka juga ya mas

    ya mau gimana lagi,naikin harga gak mungkin,jadi porsinya dikecilin deh wi… yuk puasa lagi😀

  15. Benar, makan saat lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.🙂

    setujuh😀

  16. Oh iya mas, sedikit nambahin.. Sebelum kita makan dg benar perlu diperhatikan juga cara kita memperoleh makanan yg kita makan tersebut, apakah dg cara yg halal dg cara yg haram..

    itu lebih perlu diperhatikan lagi tentunya mas duddy😀

  17. Berhenti makan sebelum kenyang, pesan Buya yang selalu saya ingat. Semua yang berlebihan memang tidak baik.

    betul de,emang kamu kenal sama almarhum buya hamka??😀

  18. Iya, Oyen gak akan makan banyak2, biar pandanya gak tambah gembull…Oyen komennya sama dengan nyang udah Oyen tulis di blognya Bunda Ly, nyang ngebahas makan juga…
    hehe,betul yen,biar gak tambah susah jalannya nanti😛

    sekali-kali Oyen gak usah komeng panjang2, takut nyang mbaca bosen, takut dikira banyak ilmu, takut dikira ngerti segala macem, takut dikira sudah sempurna amalnya😦
    gak pernah mikir oyen kayak begitu kok,mungkin orang lain ya?? justru kangen sama komennya oyen😀

    Apa kabar Pak? Semoga semakin dicintai Allah..amin🙂
    alhamdulillah yen,masih diberi kesempatan bertoba sama Allah,semoga Allah juga makin mencintai oyen ya,amin ,makasih doanya yen🙂

  19. ya ampuuun anak itu!!!??? makan semangka sebesar itu???
    sori komengnya ga nyambung, abiz gambarnya mengundang perhatian sih, jadi sayang kalo ga dikomeng😀
    hehehehee😛

  20. berarti resto all you can eat sebenernya kurang bagus ya, dot… soalnya memacu orang tuk makan sebanyak2nya kalo ga mw rugi udah bayar hehehe…😛

    hahaha,sesekali boleh sih (apalagi kalau mimi mau traktir di hanamasa:mrgreen: ,saya janji makannya sebelum kenyang berenti deh😛 ) ,tapi sebenernya terlalu banyak makan memang gak bagus,kalau perut kenyang,iblis gampang masuk😯

  21. dulu terbiasa 3 kali sekarang sekali dua kali aja…😛

    lagi diet ya mai??😛

  22. hai dot..
    tapi emang, sering ada godaan tuh kalo ada makanan enak

    anyway, berhenti makan sebelum kenyang pun juga bisa kok dijelaskan secara medis. coba baca di sini :

    http://annafardiana.com/2010/01/kekenyangan-no-way/

    tapi kayaknya didot pernah baca deh..🙂

    hehe,betul na makan kebanyakan sumber penyakit😀


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s