Membungkus keburukan dengan kebaikan

Kita sering lihat para koruptor berlomba2 bersedekah dan berzakat.

ada juga perusahaan yg mengirimkan karyawannya naik haji dan umroh,tapi pimpinannya lagi mendekam di penjara karena kasus korupsi.

mungkinkah keburukan di bungkus dengan kebaikan?

apakah sah membangun masjid dengan uang hasil korupsi?

kata ustad saya dulu,itu bagaikan berwudhu dengan air kencing,jadi sama aja bohong katanya.

“Bertaqwalah kepada Allah di mana saja engkau berada dan ikutilah perbuatan buruk itu dengan perbuatan baik, maka kebaikan itu dapat menghapuskan keburukan tadi dan pergaulilah para manusia dengan budi pekerti yang bagus.”

kita semua tahu kan tentang kisah Robin Hood,cerita seorang perampok yg membagi2kan hasil  rampasannnya ke orang2 miskin itu.

apakah Robin Hood orang baik? atau orang jahat?

bukankah melakukan kebaikan itu harus pula dengan cara yg baik?

“Barangsiapa mengumpulkan uang dari jalan yang haram kemudian dia sedekahkan harta itu, samasekali dia tidak akan beroleh pahala, bahkan dosanya akan menimpa dia ” (Riwayat Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Hakim)

sama dengan cerita tentang perusahaan rokok yg mensponsori acara olahraga,bukankah rokok itu tidak baik untuk kesehatan?

apakah ini bukannya usaha membungkus keburukan dengan kebaikan?

“Tidak seorang pun yang bekerja untuk mendapatkan kekayaan dengan jalan haram kemudian ia sedekahkan, bahwa sedekahnya itu akan diterima; dan kalau dia infaqkan tidak juga mendapat barakah; dan tidak pula ia tinggalkan di belakang punggungnya (sesudah ia meninggal), melainkan dia itu sebagai perbekalan ke neraka. Sesungguhnya Allah tidak akan menghapuskan kejahatan dengan kejahatan, tetapi kejahatan dapat dihapus dengan kebaikan. Kejelekan tidaklah dapat menghapuskan kejelekan.” (Riwayat Ahmad dan lain-lain)

24 Komentar

  1. Like this bang..;-)
    “sesungguhnya Allah tidak akan menghapus kejahatan dengan kejahatan”

    *bang Didot apakbr? Maaf uda lama sekali saya tdk berkunjung..

    Danke ^_

    kabarnya baik ,saya juga udah jarang BW lagi sekarang,balesin komen disini aja kalau lagi sempet😛

    yg penting nulis nulis nulis….🙂

  2. bener banget mas didot…
    Kapan mereka sadarnya ya?

    wah,saya gak bisa jawab kapannya,tapi mudah2an tulisan ini menyadarkan sebagian orang. kalau udah banyak yg sadar baru nanti ada perubahan tuh pastinya🙂

  3. di jaman yang serba cepat, kadang lakonan serba edan juga cocok…
    sangking menutup keburukan, polesan tampilan atas nama support dan mendukung serta embel2 itu menjadi lumrah bagi pandangan publik atau masyarakat.

    perlunya sebuah pendewasaan masyarakat dalam melihat sesuatu yang baik dan buruk.🙂

    nice post didot😀

    soalnya jaman sekarang yg penting uang,mau bikin event kalau gak ada dana kan gak jalan? jadi akhirnya siapapun sponsornya disambut juga😛

  4. Hal itu sudah terkmaktub dalam kitab Alqur’an bahwa banyak manusia berbarengan melakukan kebaikan dan keburukan.
    Tinggal Allah yang menentukan semua itu, apakah mereka mendapatkan hasil dari yang mereka lakukan selama ini.

    padahal udah jelas yang baik dan buruk,kalau dicampur ya gak bisa lah🙂

  5. “Barangsiapa mengumpulkan uang dari jalan yang haram kemudian dia sedekahkan harta itu, samasekali dia tidak akan beroleh pahala, bahkan dosanya akan menimpa dia ” (Riwayat Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Hakim

    pelajaran baru buat saya mas🙂

    alhamdulillah,semua dari Allah🙂

  6. Assalamu’alaikum,

    Alhamdulillah bisa kembali ke sini dan membaca tulisan segar di sini. Tulisannya menarik, karena hal semacam ini sudah semakin marak di sebagian masyarakat kita. Mereka tampaknya meyakini apabila melakukan kebaikan dapat mencuci uang haramnya itu. Padahal perbuatan yang baik harus dengan niat yang benar dan cara yang benar pula.

    Terima kasih Mas.
    Selamat Idul Fitri. Taqabalallahu minna wa minkum.
    Maaf lahir batin.

    Wassalamu’alaikum.

    alhamdulillah bapak masih mau berkunjung kesini🙂

    met idul fitri juga ya pak ,salam untuk keluarga😛

  7. wooohh setuju sekaliii….!!

    dulu gue juga pernah tulis tentang fatwa rokok, dan juga menyinggung soal sponsor yg dilakukan oleh perusahaan2 rokok.

    Gemes banget sama orang2 yg berpikir dangkal, menganggap perusahaan2 rokok itu sdh sebegitu berjasa sama masyarakat krn udah sponsorin program2 olahraga lah, pendidikan lah, apa laahh….. duh, mbok ya kalo mikir tuh dg scope yg lebih luas gitu lhooo…!!

    ah itu alasan aja dari para perokok ya kan des? hehe

    btw katanya rusia sekarang lagi menggenjot pemasukan cukai rokoknya,jadi penduduknya diharapkan merokok…

    gak tau deh bener atau gak nih beritanya😯

  8. bisa jadi mas, untuk menarik simpati lagi😀

    iya betul,kalau gak begitu gak bakalan bisa menarik perhatian orang,apalagi kalau perusahaan rokok kan dilarang beriklan produknya sendiri di TV😛

  9. belum lama terasa
    untaian-untaian dari batok kepala ini
    tertulis dibelantara dunia maya, melalui sarana yang bernama, blog
    tak butuh waktu lama, ‘tuk memikat para penikmat
    bahagianya hati ini, tiada terkira…
    .
    .
    aku pun sama
    kususuri untaian dari blogmu, sahabat!
    banyak terasa, hikmah yang dapat kupetik
    jika pun tiada, kadang tawa menjadi kesan atas untaian-untaianmu
    .
    .
    tak akan pernah ada kata sesal yang akan terucap
    aku senang sekali berjumpa dengamu…meski hanya, lewat kata-kata….
    tak pernah cukup keberanian untuk berkata jujur siapa aku sebenarnya…
    cukuplah kau tahu….
    bahwa dibalik pemegang de Go Blog
    ada seseorang yang memujamu…
    .
    tentunya, karena
    I am only a human

    Pasti pernah menorehkan komentar yang tiada berkenan,
    maka, dengan momentum menjelang hari raya iedul  fitri 1431 H kali ini
    aku haturkan permohonan maaf,
    sudikiranya dirimu mengulurkan maaf lahir dan batin😀

    ________________________________________________
    niat baik jika tidak sesuai dengan syariat jatuhnya ya tidak benar…. semoga kita dijauhkan dari kebiasaan berucap “kan yang penting niatnya baik” wa allahu a’lam

    betul banget mas usup,mohon maaf lahir dan batin juga ya🙂

  10. kebaikan ya kebaikan, keburukan ya keburukan… itulah mengapa ALLAH yang paling berhak menilai amalan kita… niat dan maupun cara nya

    kalo masih ada yg membungkus keburukan dengan kebaikan, ada yang salah dengan pemahamannya…dan itulah fungsi amar makruf nahy munkar… baik level individu, jamaah maupun negara…

    “selamat idul fitri Pak, taqabalallahu minna wa minkum, taqabbal ya kariim, maaf lahir dan batin…”🙂

    makasih bu oyen atas tambahannya,maaf lahir dan batin juga,selamat berlebaran di kampung jengkol🙂

  11. manusia memang masih sering mencampur kebaikan dgnk eburukan, padahal sudah jelas mana yg baik dan mana yg buruk.
    Semoga Allah swt melindungi kita dr perbuatan keji dan munkar, amin.

    Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1431 H.
    minal aidin wal faizin
    mohon maaf lahir dan bathin
    salam

    mohon maaf lahir dan batin juga bunda ly🙂

  12. Kenyataan memang sangat membuat hati kita miris y mas, seakan kabur dalam membedakan mana yang benar2 baik dan mana yang berpura2 baik, ya semoga Allah menjadi penunjuk hati kita dalam membedakan segala yang baik dan sebaliknya

    amin dik,insya Allah🙂

  13. Dari Tabanan aku meminta dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata serta tulisan yang kurang berkenan semua itu karena kekhilafan saya sebagai manusia yang masih jauh dari sempurna.
    Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    maaf lahir batin juga mas dari jakarta🙂

  14. Pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan SELAMAT IDUL FITRI 1431 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Semoga amal ibadah puasa yang kita laksanakan selama 1 bulan diterima Allah SWT. Juga mohon dimaafkan apabila selama ini ada komentar-komentar saya yang saya utarakan di blog kerabat tidak berkenan di hati kerabat. Semata-mata karena ketidaktahuan dan ketidakpekaan saya. Semoga persahabatan dan silaturahmi ini selalu berkekalan🙂

    insya Allah komennya mas ifan memperkaya blog ini,terimakasih atas kunjungan rutinnya kesini,saya juga mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya dan tulisan2 saya🙂

  15. Dot, sori brp kali ke sini kirain didot blm update, ternyata tulisan baru ditaruh di bawah ya. Maaf lahir batin.

    waduh,ternyata….😛

    gapapa deh mbak monda,mumpung suasana lebaran saya maafkan😉

  16. Sekedar berkunjung dan ingin mengucapkan minal aidin wal faidzin…
    semoga kita dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang fitrah dan meraih kemenangan…Amin

    Mohon maaf Lahir dan Bathin

    terimakasih atas kunjungannya,mohon maaf lahir dan batin juga:)

  17. tapi gambarnya kok bulutangkis ya mas? mohon maaf lahir batin ya…

    justru itu mbah,liat gak bulutangkis sponsornya siapa tuh dibelakang??😛

    mohon maaf lahir dan batin juga ya🙂

  18. yap benar, banyak sekali sesuatu yang dzohirnya buruk tapi sengaja dibungkus-bungkusi dengan kebaikan. semoga kita tetap bisa membedakan sesuatu yang nyatanya buruk meski dibungkus-bungkusi

  19. Nggak hanya olahraga dan konser musik Mas yang dibantu, brand rokok terkenal dengan beasiswanya yg ke luar negeri buat S2 dan S3. Juga tempat ibadah dari CSR-nya.

    Maafin semua salah saya ya Mas. Met Idul Fitri.

  20. lha kalau dibantahnya pakai hadis
    yg isinya bhw kebaikan menghapus keburukan gmn om??

    hehehehehe

  21. Yang jadi pertanyaan kenapa acara-2 atau event olahraga itu sponsornya selalu perusahaan rokok yah?

    Btw, Mas Didot.. mohon maaf lahir dan bathin atas segala salah dan khilaf saya selama ini yah, mohon dimaafkan jika ada kata-2 atau sikap saya selama di dunia maya yg kurang berkenan di hati Mas Didot..🙂

  22. Mas Didot, mohon maaf lahir batin ya.. maafkan atas segala kekhilalafan yang dhika perbuat… Salam buat Sari.. ^^

  23. semoga mereka dibukakan pintu hatinya…amien..

  24. kenapa picturenya yang ini mas?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s