Fenomena beragama

Dalam keseharian,saya sering menemukan fenomena,seperti misalnya ada teman pria yg  hanya sholat setiap jumat saja.

dalam bulan ramadan pun ,puasa ikut puasa,sahur juga sahur,tapi sholatnya tetap cuma sholat jumat aja🙄

pertanyaannya adalah : kalau sholat 5 waktu itu kan wajib? terus puasa juga wajib? jadi kedudukannya sama kan? nah kalau puasa tapi gak sholat gimana ya? apa gak termasuk yg dikatakan puasa cuma dapat lapar dan haus?

Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroniy)

kalau mau diambil positifnya sih ,masih mending dia mau puasa daripada gak sama sekali.

ah ,tapi sebenarnya bukan urusan saya juga kok soal pahala dan masuk surga atau masuk neraka,saya kan bukan hakimnya yg menentukan itu,wong saya  juga dihakimi oleh Allah kok. belum tentu saya sendiri masuk surga ,meski udah puasa full dan sholat wajib udah dilaksanakan semua. belum tentu Allah menerima juga puasa dan sholat2 saya itu…

ah kalau begitu paling baik berdoa aja deh,dan memberi contoh😉

semoga cahaya Allah masuk  ke hati mereka2 ini,agar lebih mantap lagi beribadahnya🙂

15 Komentar

  1. melaksanakan satu kewajiban dan meninggalkan yang lain
    menunjukkan belum adanya totalitas dalam berislam
    semoga diberi hidayah
    thanks pencerahannya Kang.. salam sukses…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  2. bisa aja tu pertanyaannya..
    Walaupun sama sama wajib tapi beda amalannya..
    Heheh
    salam..

  3. Yang paling afdol memang mengerjakan paket2 tsb. Sholat dan juga puasa. Tapi, tergantung pribadi masing2. Kalau hidayah belum ada, dengan cara apapun kita memaksanya, maka hatinya tidak akan terbuka. Kita doakan saja semoga kedepannya orang2 seperti itu kembali kepada jalan Allah SWT. Pernyataan ini juga berlaku untuk diriku sendiri lho karena tak ada manusia yang sempurna. Pasti ada saja kesalahan yang diperbuat baik sengaja atau tidak sengaja.

  4. Ternyata semakin hari, ilmu kamu semakin mantap y mas, melalui proses pembelajaran yang cukup panjang ada suatu hikmah dari ketaan yang selama ini kamu jalani🙂

  5. sikap-sikap semacam ini memang sangat banyak kita temui di masyarakat, Dot…

    satu lagi contoh:
    zakat adalah untuk mensucikan harta yang kita peroleh. maka, para koruptor berlomba-lomba untuk mengeluarkan zakat. mereka beranggapan, dengan begitu harta yang diperoleh melalui korupsi akan menjadi suci. tentu saja pemikiran ini salah. sebab, sebuah kebaikan itu harus dikerjakan dengan baik dan diperoleh dari jalan yang baik pula.

    semoga kita terhindar dari sikap-sikap semacam ini, dan dapat menjalankan segala kewajiban keagamaan kita dengan sabar dan ikhlas…🙂

    • Ironis juga tuh, menjalankan kewajiban secara curang. Tapi kalau begini misalnya: Penjaga malam yg setia, setelah di sahurr lalu tidur sampai buka puasa baru bangun, makan dan jaga lagi.Utk kewajiban yg satu ini bisa disebut curang juga?

      Salam Damai!

  6. menurut Kutu sih karena pengaruh lingkungan mas … karena semua pada puasa, jadi y dia ikut puasa, nahh karena banyak orang yang gak shalat, dia juga ikutan gak shalat dehh, hehe. mungkin karena iman belum merasuk ke dalam hati T-T

  7. […] Pak Nur, Pak Atma, Pak Ridwan, Yos, dan teman-teman di forum LI (nyang pernah ngikutin sejak awal), Pak Didot dan Mbak Anna (maaf, sempat janjian kopdar tapi akhirnya belum bisa ketemu jujja), Mas Duddy […]

  8. Ini fenomena yang cukup bikin prihatin mas..emang lebih baik berdoa dan memberi contoh yang baik-baik..karena hanya Alloh yang mampu memberi petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki, dan hanya Dia yang lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk..

  9. ironis ya?
    gue malah punya teman yang puasa iya, solat lima waktu iya (tapi bulan ramadhan aja sih), tapi buka puasanya sama minuman beralkohol

  10. urusan mencap seseorang berdosa/berpahala, masuk surga/neraka, memang bukan part kita sebagai sesama mahluk.

    Tapi urusan saling mengingatkan sesama manusia (amar ma’ruf nahi munkar), itu kewajiban dari Allah. Bukan karena merasa sudah suci, tapi kita diciptakan bersisian memang untuk saling peduli…. peduli tidak sama dengan menghakimi ^^

  11. Tapi FPI keterlaluan,
    Mengingatkannya menghakimi,
    Pake puti-puthlagi biar tampak suci.

    Salam Damai!

  12. Saya sendiri ada temen yg bilang “udah pernah”, waktu ditanyain kenapa gak puasa.

    Memang hanya bisa mengingatkan, sisanya urusan manusianya dan Allah.🙂

  13. kpn2 nambahin fenomena beragama ah😀

    msh banyak sepertinya
    dan ide menarik

  14. fenomena????!!!!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s