sudut pandang

Kuda atau Kodok?

vas atau dua orang berhadapan?


gara2 banyak kasus poligami,akhirnya di milis pun jadi marak ngomongin soal itu. mulai dari artis,sampai pejabat yang diomongin.

yg menarik buat saya adalah ada yg nulis begini :

” 1 istri = 7 x pusing ”

” jadi 4 istri tinggal kaliin aja pusingnya”

wah ternyata pusing katanya kalo punya istri lebih dari 1.

trus ada yg nimpalin begini :

“1 istri = 7 x kenikmatan ”

“jadi 4 istri tinggal dikaliin aja nikmatnya”

ehm ini pendapat benar juga…

nah,menurut saya semua pendapat tadi adalah benar adanya. tergantung situasi dan kondisi dari yg menjalaninya. kalo seumpamanya punya istri yg nyebelin ya mungkin jadi pusing terus,tapiiii… kalo dapet istri yg cantik dan baik ya juga nikmat tentunya.

dan mestinya kita bisa mengerti bahwasanya hidup ini adalah masalah sudut pandang saja, dan sudut pandang itu banyak dipengaruhi wawasan dan pengetahuan si empunya pendapat.

kalo dalam kasus istri tadi ya kita tinggal cari aja istri yg bener,jangan cari yg bikin pusing dong, ya gak?

by the way saya sendiri berusaha untuk tidak berpoligami,karena saya merasa gak akan bisa adil,dan saya juga gak mau kalo seandainya saya jadi wanita kemudian di poligami. tapi seandainya ada pihak yg merasa sanggup silahkan saja,asalkan jagalah jangan sampai ada pihak yg disakiti hatinya.

kembali ke masalah sudut pandang lagi nih, semua itu sebenarnya relatif banget,karena Allah telah memberikan kita anugerah terbesar ,yaitu perasaan ,makanya segalanya itu jadi relatif (kayak teorinya om albert einstein)

kalo saya ambil dari sebuah film ,penjelasan relatif itu ada yg bilang begini :

” kalo megang kompor panas 1 menit rasanya akan seperti 1 jam, tapi jika megang body cewek yg seksi maka kita pegang 1 jam rasanya cuma kayak 1 menit”

yah samalah kayak saya misalnya mau jemput wanita yg cantik di ujung berung sana (baca : jauh banget ) misalnya, makanya rasanya deket2 aja,apalagi kalo udah berduaan sama dianya. kebalikannya kalo kita nganter wanita lain yg kita kurang suka ,ke daerah yg sama maka pasti akan berasanya jauh banget tuh. betul gak?😀

Dan perasaan inilah yg bikin dunia kita jadi indah atau jelek,hari jadi baik atau buruk,semuanya tergantung perasaan,atau disebut mood.

ada pepatah :

” bagi hati yg terluka semuanya terlihat buruk,dan bagi hati yg jatuh cinta semuanya terasa menyenangkan”

apa aja yg dilakukan orang yg kita sebel,pasti selalu salah di mata kita. sebaliknya kalo kita suka orang itu,apapun jadi bagus2 aja, ya gak?

terakhir soal sudut pandang ,jika saya berada diatas dan anda ada di bawah,maka jalan yg sama akan berbeda artinya,buat anda itu jadi tanjakan,sementara buat saya itu jadi turunan. keduanya sama tapi juga berbeda karena kita berbeda tempat berdirinya dan cara melihat yg berbeda pula jadinya.

orang naik kuda atau orang tua?

Dan jika kita berdua berhadapan dan menunjuk ke arah kanan maka akan ada dua ‘kanan’ yg tercipta dan berlawanan arah. jika kita berlima membuat lingkaran,maka akan ada 5 arah ‘kanan’ demikian jika 10 dan seterusnya akan tercipta ‘kanan’ sebanyak itu pula.

liat kan kita bisa ngomongin sesuatu yg sama tapi tampak begitu berbeda sekaligus?? inilah sudut pandang

Jika anda bisa mempunyai dua sudut pandang ,maka anda sudah dapat dikategorikan orang yang bijak,semakin banyak semakin bijak jadinya

*ini tulisan lama saya yg direvisi kembali

38 Komentar

  1. setuju sekali, biasanya sudut pandang yg bisa membuat kita jadi mengerti dan memaklumi, maupun menerima sudut pandang yang lain, adalah karena orang tsb bijak dlm menyikapinya.
    kebijakan seperti itu tentu saja tdk didapat begitu saja, paling tdk ada pengalaman yg mengajarkan didalamnya.
    Semoga kita mampu dan mau bersikap bijak dlmm emadang segkla sesuatunya sesuai dgn yang diajarkan dalam Al-Qur’an dan sunnah Rasullullah saw,amin
    salam

    • insya Allah bunda,dimana ada kemauan untuk mengerti dari hati insya Allah dikabulkan untuk sungguh2 mengerti orang lain:D

      • Oh ya gan, pingin ngasih masukan..Themenya terlalu berat, lapan2 kalo bisa di ganti ama theme yang lebih ringan dan runable ya…..🙂

      • bener gan,theme yg tadi berat banget ,saya aja susah bukanya,langsung ganti theme lagi ah😀

  2. sudut pandang itu lah yang kadang bisa menghancurkan diri kita sendiri… segala sesuatunya itu harus bisa dilihat daru dua sisi…🙂

    btw kalo poligami.. gimanapun ceritanya saya tetap nggak setuju😀
    (nihhh sudut pandang yg didukung oleh ego seorang wanita…wekekekekkeke ) pissssssssssss

    • hahaha.. soal poligami , gak semua wanita gak mau dipoligami lho😀

      yah kalo kamu gak suka ‘baunya jengkol’ bukan berarti kamu mengharamkan ‘jengkol’ kan?? *ngambil dari film KCB

  3. Always try to look from both side of the stories, supaya kita terhindar from jumping for conclusion🙂

  4. Perbedaan sudut pandang itu jelas karena proses berpikir kita yang tidak sama….

    • ya betul dan itu juga terbentuk karena latar belakang yg berbeda2:D

  5. berbeda pendapat itu baik kok😀 Dan dianjurkan malah punya sudut pandang yg berbeda beda..

    • iya gapapa,asal tujuannya baik,bukan sekedar memenangkan ego masing2:D

      kalo beda pendapat itu malah memperkaya,bukan mempersempit suatu diskusi kok,jadi baik buruknya tergantung cara melihatnya juga,hehehe

  6. pastinya semua orang memiliki sudut pandang yg berbeda, tergantung gimana cara menyikapi aja.

    • ya,makanya kita harus sabar dan bijaksana,jangan2 kita juga sama aja kalo diposisi orang lain? tul gak??:D

  7. perbedaan emang menarik….😀

  8. setuju sama kamu kenapa untuk ga poligami..

    tiap orang bisa beda sudut pandang..
    diri sendiri aja bisa ngelihat dari beberapa sudut.
    tapi semoga kita bisa lebih banyak ngelihat dari sudut yang lebih baik..🙂

    • hahaha… tapi jangan melarang poligami ya dit😀

      karena itu hak dan urusan rumah tangga orang lain🙂

  9. sudut pandang sangat erat kaitannya dengan keluasan wawasan dan kelapangan hati. seseorang yang terbatas pengetahuannya, akan terbatas juga pandangannya.

    setiap kali menutup shalat, kita mengedarkan pandangan ke sudut kanan dan kiri secara maksimal. hal itu menunjukkan bahwa untuk dapat menyebar damai (salam) di muka bumi ini, maka kita perlu mengedarkan pandangan ke setiap sudut, sehingga memperoleh penglihatan yang luas dan membuat hidup kita menjadi semakin nikmat serta bermanfaat…

    melihat hanya dengan satu sudut pandang, akan membuat kita semakin arogan…🙂

    • betul uda,kita harus saling memahami,jangan mau menang sendiri dengan keegoisan kita.

      insya Allah uda udah mengerti maksud tulisan ini,terimakasih udah dilengkapi😀

  10. Alhamdulillah saya masih bisa memandang sisi yang lainnya, berarti masih masuk kategori bijak ya:mrgreen:

    • insya Allah,orang bijak jarang berdebat apalagi bertengkar ,karena lebih banyak mengerti daripada dimengerti😀

  11. wah baru ditinggal beberapa hari aja udah ketinggalan theme baru nih…

    dalam menyikapi sesuatu, kita memang tidak boleh hanya melihat dari satu sisi aja. cobalah melihat dari kacamata orang lain. karena kalo hanya dari sisi kita aja, tentunya akan tidak adil bagi orang lain.

    dan dengan melihat dari sisi orang lain pula, positifnya adalah saling memahami perbedaan, dan jika ada masalah bisa diselesaikan dengan kepala dingin.

    btw, gambar yg kuda ato kodok itu.. aku blm nemu kodoknya.. hehe.. mpe lamaaaa aku liat nya blm ketemu juga .. hehe

    • eh udah ketemu ding.. hehe🙂

      • pinter!!😀

    • hahaha… kodoknya lagi ngumpet di balik kuda na😀

      yang jelas orang bijak jarang berdebat apalagi bertengkar na ,karena lebih banyak mengerti daripada dimengerti.

      perbedaan adalah anugerah dari Allah,jadi wajib kita syukuri perbedaan yg ada😀

    • hahaha… kodoknya lagi ngumpet di balik kuda na😀

      yang jelas orang bijak jarang berdebat apalagi bertengkar na ,karena lebih banyak mengerti daripada dimengerti.

      perbedaan adalah anugerah dari Allah,jadi wajib kita syukuri perbedaan yg ada:D

  12. Iya, setuju. Harus lebih banyak memperkaya diri dengan ilmu dan pengetahuan biar sudut pandangnya juga jadi luas hoho.

    • setuju banget… makin luas karena ilmunya makin banyak😀

  13. mmph.. bener2. tergantung orang mandangnya dari sudut yg mana. biasanya si tergantung sifat orang itu juga..

    • tergantung latar belakang dan pengetahuan orang itu,kalo sifat biasanya itu hasil dari bentukan latar belakang dan kondisi yg bersangkutan itu. mungkin kalo sifat lebih cocok ke ngeliat dengan negatif atau positif ya?? wallahualam

  14. Ada apa gerangan, koq lagi2 alasan dasarnya di atas namakan karena “poligami”…apakah sang empunya blog, udah pingin ganti haluan, nerusin jejaknya AA Gym….hmmmmm, hanya Allah yang tau…. 🙂

    • hahaha… bisa aja itu,gak ada yg tau masa depan kita,kecuali Allah yg maha tahu😀

      • wis, Oyen kasih doa ae lah…🙂

  15. kweren euy postingannyah ^^ setujuuuu dengan >> semua itu sebenarnya relatif banget,karena Allah telah memberikan kita anugerah terbesar ,yaitu perasaan ,makanya segalanya itu jadi relatif (kayak teorinya om albert einstein) << hehe🙂

  16. sudut pandang bagi seorang muslim, baik buruk, terpuji tercela adalah berdasarkan syariatNya….

    jika lukisan bugil menurut pelukisnya adalah seni, tidak menurut Allah !!!
    jika homo/lesbi/waria menurut HAM adalah boleh, tidak menurut Allah !!!
    jika tubuh mulus, putih, langsing, tinggi adalah cantik menurut manusia, belum tentu menurut Allah….

    maka sebaik-baik sudut pandang adalah ketika Allah yang menilainya, maka tak ada satupun yang perlu diragukan dari hukum Allah…sami’na wa atho’na …

    • tajam euy komentarnya… mantap banget yen😀

  17. apa yang terpikirkan ketika mendengar kata cantik? mungkin sebagian besar mengaitkannya dengan perempuan. semua perempuan memang terlahir cantik. hanya saja, definisi tentang cantik itu sendiri berbeda-beda tiap orang. tergantung dari cara pandangnya, tergantung dari sisi mana dia melihat.

    mungkin akan ada orang yang mendefinisikan cantik bila seorang perempuan itu berkulit putih, berbadan langsing, berhidung mancung, rambut hitam panjang berkilau. tapi, apa cantik itu hanya milik mereka seja? tentu saja TIDAK!

    cantik itu menerima apa yang telah diberikan-Nya, dengan segala lebih dan kurangnya. jangan sampai tergoda dengan pasar, jangan cepat terbuai oleh iklan-iklan produk kecantikan yang dimodelkan oleh sosok perempuan -yang mereka definisikan- supercantik. jangan mau dijadikan komoditas untuk meraup keuntungan. mungkin karena kita telah terbiasa melihat layar kaca berukuran 17 – 29 inch yang seringkali memamerkan perempuan-perempuan berkulit putih, berbadan indah, berhidung mancung, berparas menawan, sehingga mindset kita tentang cantik pun terbentuk dengan sendirinya. padahal mereka sedang memperdaya kita agar menerima dengan mentah definisi cantik menurut mereka, tujuannya apa? ya agar barang dagangan mereka laku. agar perempuan-perempuan yang terlahir tidak putih berlomba-lomba memakai produk pemutih. agar perempuan-perempuan yang terlahir kurang langsing berlomba-lomba memakai produk pelangsing. jika kita terlahir kurang putih dan kurang langsing, apakah salah? tentu saja TIDAK!

    jadilah diri sendiri, bersyukur dengan apa yang telah diberikan Tuhan. Dia menciptakan kita dengan sebaik-baiknya. sadar ngga, kekurangan itu justru adalah ‘pelindung’ untuk pemiliknya. ketika perempuan-perempuan supercantik selalu digoda dan menjadi sasaran ‘permainan’ lelaki atau bahkan dijadikan sebagai sebuah komoditi pasar, bersyukurlah menjadi wanita yang tidak se-supercantik mereka, karena masih diberikan kelenggangan, diberika perlindungan oleh-Nya.

    jika kamu ngerasa cantik akan membawa bahagia, jawabannya ngga selalu. dengan tidak terlalu cantik pun kita masih bisa tetap bahagia. karena kebahagiaan bisa datang dari mana saja. justru malah cantik bisa membawa luka. saya mengingat sebuah tulisan, “Cantik itu banyak didamba perempuan. tapi, cantik juga bisa membawa luka. luka bagi orang yang memiliki wajah cantik itu. juga orang-orang di dekat si cantik itu.”

    maka, jadilah diri kamu apa adanya, selalu bersyukur! itu akan membuatmu bertambah cantik. “you’re beautiful no matter who you are”


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s