Tegas dan bijaksana

Sering saya melihat satu golongan tertentu merasa lebih benar,sehingga mengkafirkan golongan lain yg tidak sepaham,ataupun berbeda cara2nya dengan golongannya tersebut.

Sebaiknya kita jangan mudah mengkafirkan sesama muslim,karena bila salah,tuduhan kafir tersebut akan berbalik kepada diri kita sendiri,sebagaimana tersirat dalam hadist berikut :

“Diriwayatkan daripada Abdullah bin Umar r.a katanya: Sesungguhnya Nabi s.a.w bersabda: Apabila seseorang mengkafirkan saudaranya, maka ucapan mengkafirkan itu akan kembali kepada salah seorang di antara keduanya yaitu yang berkata atau yang dituduh” (HR Bukhari, Muslim, Tirmizi, Abu Daud)

setau saya seorang islam yg baik haruslah bisa bersikap Tegas dan Bijaksana.

kalau hanya tegas nanti hanya melihat kepingan sepotong2 dan merasa paling benar sendiri. seperti kisah tiga orang buta yg megang gajah,masing2 merasa paling benar sendiri dengan apa yg dipegangnya,padahal yg satu megang kakinya,satu megang belalainya ,satu lagi megang kupingnya. kurang lebih sikap para manusia yg merasa paling benar sendiri itu seperti orang2 buta itulah,padahal kebenaran ada banyak versi,seperti juga hadist ada berbagai ribuan,mungkin yg ini pakai yg itu,dan yg itu pakai yg ini,jadi masing2 benar dengan caranya dan pikirannya masing2.

demikian pula kalau hanya bersikap bijak tapi gak tegas ,nanti jadi terlalu permisif pada akhirnya,sehingga perlu gabungan antara keduanya. makanya kita butuh muslimin2 yg bijak,dan juga tegas,memahami perspektif secara keseluruhan dan secara luas tentang segala problematika hidup,serta berani mengemukakan pendapatnya untuk kepentingan islam secara luas.

semoga Allah memberikan petunjuk kepada kita semua demi bangkitnya islam di negeri kita ini,dengan memberikan pemimpin2 yg tegas dan juga bijaksana🙂

13 Komentar

  1. gambar adalah gambar pedang dan pohon korma. gambar ini adalah gambar bendera sebuah negara. karena pedang dianggap sebagai lambang ketegasan dan pohon korma dianggap sebagai lambang kebijaksanaan. postingan ini juga terinspirasi dari penjelasan seseorang tentang arti dari gambar tersebut.

  2. Yuph, benar sekali.XD semOga pemimpin kita diberi kedua hal di atas. Agar negara kita jadi damai dan sejahtera.

  3. betul banget mas….kita membutuhkan pemimpin yang tegas…..jangan plin-plan…..

  4. Kepemimpinan yang sekarang ini plin-plan tidak ada ketegasan dalam memimpin. Ketika akan mengeluarkan peraturan yang sangat baik untuk masyarakat, namun ketika berhadapan dengan saingan politik, peraturan itu jadi tarik ulur karena takut akan di rongrong kekuasaannya.

  5. Tegas tidak berarti kaku atau keras, namun memberikan aturan main yang jelas, sehingga mudah diikuti dan transparan dalam pelaksanaannya

  6. Kalo soal ketegasan, saya terinspirasi sosok keras umar bin khattab yang hijrah ke islam kemudian dijuluki “singa padang pasir”…dan kalo soal bijaksana, saya terinpirasi rosullulah yang menjadi teladan utama bagi siapapun yang hatinya merasa mencintai Allah🙂

  7. hmmm,,,

    menuduh kafir memang tdk boleh
    tetapi memvonis kafir diperbolehkan asal bs dipertangungjawabkan saja
    dan dilakukan dengan sesuai jalur nya..

    mengkafirkaan bukanlah hal baru dlm umat ini
    dan dalil hadis di atas bukan mjd dasar larangan memvonis kafir
    krn vonis dan menuduh sangat berbeda…

  8. yang jelas, kebenaran hanya milik Allah.
    sebagai manusia, kita adalah tempat kekhilafan.

    tul nggak dot?

  9. semua golongan pasti diajarkan hal yang baik. semua kembali ke diri kita sendiri bagaimana melaksanakan ajaran itu. CMIIW

  10. semua golongan pasti diajarkan hal yang baik. semua kembali ke diri kita sendiri bagaimana melaksanakan ajaran itu.

  11. Ya, dalam Islam, ukhuwah itu penting adanya

    Maaf saya baru ngeblog lagi nih hehe.
    Salam persohiblogan🙂

  12. semoga pemimpin kita nantinya ada yang benar2 tegas dan bijaksana.
    karena ketegasan juga bukan berarti kasar dan kaku, namun luwes dlm kasih sayang
    salam

  13. “Selamat Iedul Fitri 1431 H. Mohon ma’af lahir batin. Taqabalallah minna wa minkum”.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s