khamar

Jack Daniel , Jim beam ,dan Johnnie walker…

ketiga jenis minuman ini kok ada kesamaan ya? kenapa harus J semua huruf depannya?? ada yg tau kenapa nama mereka depannya J semua??😀

Btw saya baru tau,kalo beberapa artis kita ternyata menyertakan salah satu minuman ini dalam riders yg harus disediakan panitia acara atau Event organizer (EO) lho,hehehe,rock n roll banget ya kayaknya?? di panggung bisa gak sadar kali tuh nanti pas maen atau nyanyi agak2 gimana gitu;p

Membahas tentang Khamar ini ,saya kebetulan mau membahas soal khamar yg kalo secara arti adalah segala sesuatu zat yg bersifat memabukkan. jadi bukan terbatas kepada alkohol aja,segala zat adiktif dan memabukkan juga dikategorikan ke dalam jenis khamar  ini tentunya.

Disini saya sekalian mau share suatu cerita,sebuah cerita yg saya sebenarnya udah sering denger dari sejak dulu,dan mungkin temen2 juga udah pernah denger,yaitu tentang seseorang yg minum minuman yg memabukkan, kemudian memperkosa seseorang dan akhirnya membunuh juga,tapi saya selama ini tidak pernah sadar kalau sebenernya cerita itu adalah cerita tentang malaikat harut dan marut. yg isi ceritanya begini kurang lebih (maaf bagi yg udah pernah dengar ,sekedar merefresh aja lagi ):

diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ibnu Umar : Ia menuturkan,aku mendengar Rasulullah bersabda , “Ketika Allah menurunkan Adam ke bumi,malaikat berkata, ‘Ya Rabb,akankah Engkau menjadikan di bumi ini mahluk yang menciptakan  kerusakan dan menumpahkan darah,padahal kami selalu bertasbih memuja-MU dan mensucikan-MU.” Allah berkata , “Sungguh Aku Maha Mengetahui apa yang tidak kalian ketahui.”

Mereka berkata,” Ya Rabb ,kami lebih taat dari anak cucu Adam.”

Allah berkata,” Silahkan berikan kepadaKU dua malaikat untuk Aku turunkan ke bumi dan kita lihat bagaimana keduanya akan berbuat ,(dalam salah satu riwayat disebutkan “Pilihlah dua malaikat terbaik diantara kalian’).”

Mereka berkata,” Ya Rabb, (keduanya adalah) Harut dan Marut.”

Lalu Allah menurunkan keduanya ke bumi. Tampak di hadapan kedua malaikat tersebut dihadirkan wanita penggoda yang sangat cantik mendatangi keduanya,lalu kedua malaikat tersebut meminta dirinya dan wanita itu menjawab,” Sungguh aku tidak akan pernah mau hingga engkau mengucapkan  kata-kata yang menyekutukan Allah.” Keduanya berkata, “Demi Allah ,aku tidak akan pernah menyekutukanNYA sampai kapan pun.”

Iapun meninggalkan kedua malaikat tersebut kemudian kembali lagi dengan membawa seorang anak kecil. Kedua malaikat tersebut pun kembali meminta dirinya,sehingga ia berkata,”Sungguh aku tidak akan mau melakukannya hingga kalian membunuh anak kecil ini.” Keduanya berkata,”Demi Allah,kami tidak akan pernah membunuhnya.”

Wanita tersebut pun pergi  lalu kembali lagi dengan membawa secangkir khamar. Dan kedua malaikat tersebut kembali meminta dirinya,lalu ia berkata,” Sungguh aku tidak akan pernah mau kecuali jika kalian meminum khamar ini.”

Keduanya pun meminum khamar dan setelah itu mereka mabuk. Lalu setelah mabuk,menyetubuhi wanita tersebut dan setelah itu mereka membunuh anak kecil tadi. Pada saat keduanya sadar wanita tersebut berkata,”Demi Allah kalian tidak meninggalkan apa yang kalian tolak dariku kecuali kalian melakukan semuanya pada saat kalian berdua mabuk.”

nah teman2 sekalian ,cerita ini  menggambarkan betapa bahayanya minuman dan segala zat yang memabukkan itu bagi kita ,alangkah baiknya jika kita menghindarinya selalu demi menjaga iman kita.

Wallahualam bishowab

49 Komentar

  1. pertamax !!

    • sekarang komen yg seseungguhnya.. hihihi

      hm… kalo cerita malaikat yg turun ke bumi itu aku blm pernah denger tuh. baru …

      ttg khamar, memang kalo diliat sepintas ‘ringan’ ya.. bahkan ada juga temenku berprinsip asal gak sampe mabuk aja..

      padahal kan dari segi manfaat dan mudharatnya pasti byk mudharatnya.

      kalo buat aku, kenapa gak minum, takut sholatnya gak keitung selama 40 hari… sholat seperti biasa aja belum tentu baik kualitasnya.. apalgi pake gak keitung, duh dosanya bakal semakin numpuk dong….

      • sifat khamar itu kan memabukkan,walaupun sifat itu bisa diatasi (karena udah sering mabuk jadi gak gampang mabuk alias dosis tinggi ) bukan berarti jadi hilang sifat haramnya.

        udah dikasih tau Allah kalo dosa,dan dosa itu pasti secara hikmah mengandung sesuatu yg buruk untuk si manusianya sendiri,gak mungkin Allah melarang tanpa hikmah,karena DIA maha bijaksana.

        kalau masalah minum terus sholatnya gak diterima 40 hari ,aku sih jujur kurang stuju sama pendapat itu,masalah diterima atau gak itu urusan Allah,selama kita ikhlas insya Allah diterima. belum tentu juga yg sholatnya gak pernah minum diterima juga kan?? Allah yg maha tahu. kalo menurutku walaupun abis minum tetep lebih baik sholat,walaupun istilahnya STMJ (Sholat Terus Maksiat Jalan) ,karena sholat ibarat jiwa kita mandi setiap kali sholat,jadi pelan2 tentu akan lebih bersih insya Allah. adapun mungkin pendapat yg mengatakan 40 hari gak diterima itu untuk menggambarkan betapa besar dosa minum Khamar ini,dan sebaiknya dihindari agar terhindar dari dosa yg lebih besar lagi ,wallahualam🙂

      • ooo gitu ya Dot.. soalnya pengetahuan soal 40 hari itu kayaknya udah ketanem sejak dulu..
        tapi seperti kata didot juga.. kita dalam mempelajari agama gak boleh katanya-katanya doang.. harus tau dasarnya🙂
        thx tambahan ilmunya ya…

    • hahaha… besok ane pertamax duluan deh ya,mantra pertamaxnya sukses gan,ini ane sambit ingus ijo2 alias cendol dah😀

  2. soal khamar ane belum pernah mas
    ngerokok aja alhamdulillah sampe sekarang belum pernah🙂

    • wow hebat kamu,lempeng bener… saya aja banyak belok2nya dulu😀
      semoga istiqomah ya mas dalam jalannya,insya Allah🙂

  3. masih kecil bang.. kagak boleh minum-minummm :p
    *trus klo emang uda besar boleh gitu?*

    • hahaha… mau besar kecil mah sama aja,tetep berlaku larangannya.

      sekalipun seseorang karena udah biasa minum jadi gak mabuk,bukan berarti jadi hilang larangannya kan??:D

  4. Aku belum pernah dengar cerita tentang Khamar ini, Dot. Thanks for sharing.

    Anyway,
    Aku nggak suka minum.. Dan nggak ngerti kenapa orang suka minum. Alkohol sepahit itu, mana nikmatnya? Aku tahu rasanya karena pernah orange juice-ku dicampur alkohol sama temen, dan aku langsung ngamuk banget…

    • sama dong la,saya juga gak suka alkohol,pernah coba dan gak suka,tapi kalo dulu dugem karena temen2 yg maksa kadang2 hahaha…

      udah lah gak usah aja sekarang,gak ada gunanya juga ,mahal juga ,dan pahit lagi rasanya,mending minum frappucinno hehehehe😀

  5. Bukan cuma khamar deh gan yang memabukkan, wanita juga kadang bisa lebih memabuk kan dari khamar…🙂

    • hahaha bisa aja kamu,tapi emang bener juga ya? kalo dalam kisah diatas kan si cewek itu ya yg biangnya menggoda ??😀

      • tersungging mode.on😦

  6. Yuks sama-sama menjaga tubuh dan ruhani kita dari hal-hal yang haram….

    • insya Allah mbak ,aku berlindung kepada Allah dari iblis ,dan dari kemurkaanNYA kelak saat tidak ada satu penolong pun di hari akhir nanti. amin amin amin🙂

  7. Topi miring gak masuk mas? *wedehh, sotoy mode* heheh
    Iya loh, seperti mbak Anna bilang, temen2 aku juga gitu pemahamannya, padahal seharusnya kalo sudah menyangkut pemicu dosa besar, harus jauh2, sejauh2nya dijauhi.

    • hahaha… tau juga istilah topi miring ya??

      khamar termasuk dosa yg membahayakan karena dapat membawa kepada dosa yg jauh lebih besar,makanya harus dihindari😀

  8. siiip…ada kesalahan dikit kang di sini :
    “Pada saat keduanya sadar wanita tersebut berkata,”Demi Allah kalian tidak meninggalkan apa yang kalian tolak dariku kecuali kalian melakuan semaunya pada saat kalian berdua mabuk.” tuh kata ‘semaunya’ harusnya ‘semuanya’ kan hehehe…gud2…

    salam sayank….

    • terimakasih atas koreksinya mbak riyanti yg manis,udah dibetulin ya🙂

  9. aku baru tau cerita ini.. makasi..
    aduh ga usah deh mabuk2..
    banyakan hal jeleknya..

    • betul banget dit,gak usah mabuk ,lebih baik kita mabuk zikir aja deh😀

  10. Nice Post Didot, Bkn munafik, tp kebetulan dari dulu ane kagak doyan nyang begito2an gan, mending duitnya pake buat jalan2.

    Btw ane boleh saran dikit gak Gan? Kek nya Themes ente lbh nyaman kalo punya latar cerah/tdk Hitam or gelap. Tp ini cm Saraaaan doang lho gan, jangan tersinggung ye gan.

    Keep Posting with your smile Gan !!🙂

    • betul lebih baik duitnya buat hal lain yg lebih berguna seperti beli buku😀

      themenya?? wah lagi seneng sama yg ini,kata bunda lebih enak ngebacanya jadi terang karena kontras sama belakangnya. nanti kalo dapat theme yg lebih bagus baru saya ganti deh gan,hehehe
      nais impoh dulu aja nih :thumbup:

  11. emang alkohol itu godaan yang lebih berbahaya karena bs jd pemicu untuk dosa2 selanjutnya, lagian heran kl ada yg bilang alkohol itu enak pdhl cium baunya aja udah eneg

    • betul,dari dulu aku coba juga gak suka,udah pahit,haram ,mahal lagi !!😀

  12. belakangan ini dikalangan orang2 yg merasa dirinya kalangan atas dan elite malah sedang ngetrend dgn yg namanya minum wine dgn alasan trend dan kesehatan.
    yang menurut pandangan bunda,maaf, mereka sebenarnya hanya ingin disebut modern, takut ketinggalan zaman dan agar diterima lingkungan.
    alangkah sedihnya melihat gejala seperti ini.
    sesungguhnya kita diciptakan utk berfikir krn itulah kita diberikan akal oleh Allah swt melebihi makhluk ciptaanNYA yg lain.
    Semoga diantara merek yg gemar minum khamar ada yg membaca tulisan yg sangat bermanfaat ini.
    maaf Mas Didot komennya kepanjangan he he
    salam

    • betul banget tuh bunda,gak usah ikut2 tren lah,yg penting kita wajib banyak2 mengikuti perintah Allah dan menjauhi laranganNYA,yg lebih utama kan akherat ya bunda??

      gapapa kok komen panjang ,aku malah seneng😀

  13. trus kenapa huruf J smua?😀

    umm, ada yang bilang slama ga memabukkan itu gapapa di minum.. mnurutmu gmn?

    • selama gak memabukkan? tapi kalo ada alkoholnya mah jangan atuh nda. karena bukan esensi mabuk atau gaknya,tapi haram atau tidaknya. biar sedikit alkoholnya ya tetep aja haram😀

  14. Dot, aku baru denger cerita ini lo🙂 thx ya udah sharing sama kita. Mengenai Khamar, dulu sih sering pesen tequila atau long island….duuuulluuuuuuu. Sekarang, bajigur aja gimana Dot ? Atau sekoteng dehhh sekotenggg..aku bayarin! Hihi

    • hahaha… ayo kita makan sekoteng atau es cendol aja deh yes… di kantor kamu ya yes??😀

  15. Tuh kan, minuman beralkohol itu bener2 berbahaya, ga ada manfaatnya!

    • betul sop,udah gak ada manfaatnya,haram ,mahal lagi ya?!😀

  16. iya ngapain juga minum kaya gitu, mendingan minum susu hehehee. lagian ga baik untuk kesehatan kok, ya kan?😀

    • betul ,apalagi minum susu pake fanta atau pakai teh,enak deh😀

  17. kondisi mabuk bisa membuat akal sehat kita hilang, kesalahan fatal bisa terjadi saat mabuk akibat khamar, selain merugikan juga membahayakan orang lain naudzubillahimin dzalik

    • betul mah,makanya jauhi deh hal2 seperti ini *nasehat berlaku juga buat diri sendiri😀

  18. Hmm awal kerusakan ahlak bermula dari khamar mangkanya dilarang ya kang.. salam

    • betul banget mas indra, dari yg kita anggap tidak berbahaya dapat menjadi sangat berbahaya😀

  19. hehhe judulna pake bahasa arab kah itu😀
    alhamdulillah saya tidak pernah menyentuh minuman begituan mentok2 coca cola ajah dechh enag gila hahahahha

    • iya betul mas bahasa arab bukan bahasa china😀

      coca cola enak mas,tapi saya lebih suka lagi fanta susu atau thai ice tea😀

  20. Wew.. serrem juga nie… nice post mas🙂

    • makanya jauhi khamar ya😀

  21. Ya setuju, segala sesuatu yang memabukkan itu biasanya merusak… mabuk khamar, mabuk online, mabuk cinta haha. Jangan sampai akal dan hati tidak sinkron.

    • hahaha… kalo mabuk laut tinggal minum antimo,kalo mau mabuk yg lain saya kurang tau tuh hihihi😀

  22. Allah maha tahu yang terbaik bagi hambaNya, yakinlah semua yang dilarang adalah bersifat merusak bagi manusia…dan akal, adalah potensi terbaik yang diberikan Allah untuk manusia, jika akal rusak, dia tak lagi bisa membedakan halal dan haram, dan sudah pasti, kehinaan yang akan di dapatkan, di dunia dan di akhirat…naudzubillah tsumma naudzubillah…

    semoga Allah senantiasa menjaga diri kita, akal kita, hati kita, jiwa kita, lisan kita dan iman kita..Amin

    • amin yen,makanya kita bersahabat supaya saling mengingatkan dan menasehati satu sama lain ,insya Allah kita terjaga selalu dengan ukhuwah dalam kebaikan ini😀

  23. ya itulah kenapa Allah mengharamkan MIRAS, hal itu dapat membawa manusia kedalam segala macam kemaksiatan setelah mengkonsumsi karm (miras). Islam memandang khamr (miras) sebagai ummul khabaa-its (sumber segala perbuatan keji ) dan miftahu kulli syarrin (kunci segala kemaksiatan). apabila akal sudah tertutup oleh pengaruh khamr (miras), dipastikan seseorang bertindak di luar kontrol yang berujung pada segala macam kemaksiatan lainnya.
    dosannya pun berlipat apabila setelah minum miras dan melakukan dosa2 lainnya kakibat dari efek miras itu, oleh sebab itulah Allah menjadikan Miras (karm) sebagai dosa yang besar..🙂

    semoga kita bisa membentengi diri kita dari segala macam kemaksiatan yg dibenci Allah.. amin..😀

    Wallahualam bishowab


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s