Muhammad Idola terbaik

Ketika masih beragama katholik dulu,saya yakin sedari kecil bahwa Yesus itu bukan Tuhan.Kenapa? salah satunya karena di injil dia berdoa : Eloi, Eloi, lama sabakhtani? (Allah, Allah, mengapa Engkau meninggalkan Aku?)

Kini setelah memeluk islam,saya takut mengidolakan manusia seperti umat kristiani mengidolakan Yesus (krn dianggap Tuhan) ,Maka kemudian awal2 saya masuk islam saya tidak berani pula mengidolakan nabi muhammad takut terjebak kepada pengkultusan berlebih sebagaimana pada agama sebelumnya

Keyakinan saya bahwa yesus (isa) tidak pernah mengatakan bahwa dirinya Tuhan,sebagaimana terekam dalam quran (QS  5: 17,75,116,117) Tapi karena banyak melakukan keajaiban akhirnya dikultuskan berlebih.Puncaknya dalam konsili nicea tahun 325 (+/- 300 tahun setelah berita kematiannya) diputuskan bahwa Isa/Yesus adalah anak Tuhan.

Kata ustadz saya kalo Tuhan punya anak dia pasti belagu,wong anak jendral aja banyak yg songong😀 .Namun seiring saya mempelajari agama islam lebih jauh, sulit rasanya untuk tidak jatuh cinta kepada sosok rasul. Bagaimana tidak? Ketinggian akhlaknya dan kesempurnaan pribadinya begitu menginspirasi jutaan manusia.

Kalau ajaran yg dibawa olehnya itu tidak baik,bagaimana bisa terus berkembang pesat sepeninggalnya ,Bahkan saat ini jumlah pemeluk agama islam mencapai  lebih kurang  20% dari penduduk dunia,Sulit untuk tidak jatuh cinta kepada pribadi yang begitu mempesona jiwa,pribadi yang selalu mengutamakan umatnya.

Pribadi yg memilih hidup sederhana meski beliau adalah seorang raja dan penguasa dunia kala itu.Beliau hampir tidak pernah menolak permintaan siapapun yg meminta kepadanya,penuh kasih pd sesama,Digelari al amin,yaitu yg terpercaya. Jangan disamakan al amin yg di indonesia ya😀

Beliau sukses dari berbagai sudut pandang ilmu baik agama ataupun sekular ,Baik dari sisi ajaran penyebaran agama yg beliau emban, maupun dalam hal kepemimpinan,rumah tangga,kekayaan  maupun berdagang.Dunia barat pun mengakui sebagai tokoh nomor satu berpengaruh dalam sejarah dunia,mengalahkan tokoh 2 besar lainnya. Membaca sejarah perjalanan hidupnya pun malah semakin menambah cinta kepadanya dan keyakinan thd islam.

Awal2 memeluk islam ,saya menolak shalawat untuk beliau,Jika terpaksa dalam sholat itu karena sebuah syariat bukan keikhlasan hati. Sebagai tokoh sejarah ,beliau lebih pantas kita idolakan ketimbang berbagai idola yg ada pd saat ini,Dari artis2 yg gak bermoral yg tidak pantas ditiru,sampai kepada superhero yg  hanyalah sosok yg fiktif.

Dulu saya bingung kenapa wajah beliau tidak pernah ditampakkan dalam gambar ataupun film ,Bahkan salah seorang saudara saya yg non muslim bercanda bahwa rasul spt babi mukanya makanya babi dilarang dalam islam.Saya tidak tersinggung kala itu,saya terdiam.Saya tidak terlalu perduli  nabi muhammad dihina,Pikiran saya kala itu hanyalah bagaimana mencintai Allah saja bukan yg lainnya.

Maafkan saya ya rasul,saya belum paham kala itu. Saya baru mengerti kini,mengapa kita perlu sholawat kepada beliau ,Kitalah yg perlu sholawat kpd rasul,bukan rasul yg perlu sholawat kita,beliau kan sudah dijamin surga oleh Allah.

Sebagaimana kita yg sholat karena menyembah Allah,bukan karena Allah yg butuhkan,tapi kita yg butuh,Dengan seringnya kita sholawat,seharusnya pula secara otomatis rasul lah yang akan jadi idola kita bukan  yg lain.Coba kita sering ngomongin orang,pasti karena sedikit banyak ada rasa kita suka kepadanya,kalau gak ngapain juga ngomongin dia?  Coba tanya kepada yg jarang sholawat,pasti idolanya bukan Nabi Muhammad SAW .

Siapa yg pantas kita idolai selain rasul? Sulit bagi manusia biasa mengindera atau mengidolakan Allah,karena Allah itu diluar nalar dan indera manusia,hanya bisa kita pahami dari firman2NYA saja. Karena itulah kita perlu Muhammad sebagai sosok yg membumi yg bisa kita tiru perilakunya,Dan mungkin itu juga sebabnya beliau tidak mau wajahnya digambar,beliau ingin kita meniru akhlaknya,bukan fisiknya belaka.

Kita gak perlu keren penampilan,selama akhlak kita baik meniru rasul itu keren di mata Allah,Bukankah itu yg penting? Atau masih penting buat kita dinilai mahluk? Bukankah amal diterima jika ikhlas? Bukankah ikhlas itu berbuat hanya karena Allah.

Mulai sekarang,ajarkan pd anak kita,keluarga kita,teman kita utk sholawat karena sholawat itu penting buat kita sendiri,Kitalah yg perlu menjadikan rasul tuntunan hidup kita,bukankah beliau disebut ‘alquran berjalan’?

Bahkan Allah dan para malaikat pun bershalawat kepada beliau sebagaimana tercantum dalam Quran Surat 33 : 56

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Orang yg kikir adlh org yg apabila aku disebutkan di hadapanya maka ia tidak mengucapkan shalawat kepadaku (HR Tirmidzi) .

Allahumma sholli ‘alaa Muhammad wa aalihi washohbihi wassalim ,ya Rasul kami rindu padamu.

Rasul pernah bersabda Sesungguhnya engkau bersama orang yang engkau cintai.

Kumpulkanlah kami kelak bersamamu ya Rasul,bersama yang  lainnya yg engkau cintai ,amin

1 Komentar

  1. Subhanallah,tidak terasa air mata menitik membacanya,sesak dada tiada tertahankan. Rindu kami pada mu ya..Rasul…
    Allahumma shalli ‘ Ala Muhammad wa Ala aali Muhammadl


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s