Emas

Sesuai janji saya,saya akan menulis tentang emas.

investasi bidang emas memang sedang booming belakangan ini,terlihat dengan banyaknya outlet gadai emas di sekitar jalan2 ibukota.

Mengapa emas? Emas rata2 pertahun dapat mencapai kenaikan 30 – 40% ,minimalnya adalah 25%. sedangkan properti sebagai investasi yang begitu favorit dan membutuhkan dana besar saja per tahun hanya bisa memberikan kenaikan nilai sekitar 15 -20%.

Sebenarnya harga emas atau properti yang naik itu adalah ilusi menurut saya. kalau saya melihatnya lain,saya melihat emas adalah satu2nya yang stabil di dunia ini,secara nilai materi. tetapi karena mata uang kita yang lemah,akibat depresiasi,emas terilusi harganya naik. demikian juga dengan properti,tetapi emaslah yang tidak berubah,properti kalau dibandingkan emas masih tetap turun.

Kalau uang sendiri kenapa sih bisa turun nilainya? itu kan sesuai saja dengan hukum ekonomi ,yaitu jika Penawaran lebih besar dari Permintaan (Supply > Demand) ,maka harga akan cenderung turun,demikian juga sebaliknya. Nah salah pemerintah sendiri yang terus menerus mencetak uang,tanpa membackup dengan komoditas nyata untuk sejumlah kertas tersebut. dulu untuk mencetak uang diwajibkan untuk menyimpan sejumlah emas (Perjanjian Bretton wood 1944) ,namun sejak perang vietnam,amerika membatalkan perjanjian tersebut secara sepihak (Nixon Shock  1971),dan akhirnya negara lain pun mencetak uang tanpa adanya jaminan emas.hal  inilah sebenarnya sumber dari segala krisis ekonomi dunia. (sumbernya bisa dibaca dari sini dan sini)

 

gambar boleh pinjam dari geraidinar.com

Harga emas sebenarnya tidaklah naik atau turun,itu bisa kita buktikan dari cerita hadist rasul berikut : Ali bin Abdullah menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, Syahib bin Gharqadah menceritakan kepada kami, ia berkata : saya mendengar penduduk bercerita tentang ’Urwah, bahwa Nabi SAW memberikan uang 1 Dinar kepadanya agar dibelikan seekor kambing untuk beliau; lalu dengan uang tersebut ia membeli dua ekor kambing, kemudian ia jual satu ekor dengan harga 1 Dinar. Ia pulang membawa 1 Dinar dan satu ekor kambing. Nabi SAW mendoakannya dengan keberkatan dalam jual belinya. Seandainya ‘Urwah membeli debupun, ia pasti beruntung” (H.R.Bukhari)

karena itu lebih baik untuk keamanan nilai kita kita tempatkan pada emas,ketimbang pada yang lainnya. grafik emas 10 tahun terakhir cenderung menanjak harganya jika kita bandingkan dengan rupiah,namun sebenarnya juga cenderung flat jika kita bandingkan dengan komoditas seperti minyak bumi dan juga hewan ternak seperti kambing.

yuk rame2 beli emas…🙂

8 Komentar

  1. Memang emas itu stabil nilainya. Alat tukar jaman rasulullah dulu ‘kan juga emas dan perak.🙂

    • bukannya emang sampe sekarang Arab masih menggunakan Dinar (emas) dan Dirham (Perak)? Makanya nilai tukar mereka yg paling stabil di dunia

      • namanya aja dinar dan dirham des,tapi sudah bukan emas dan perak seperti dulu, mata uangnya stabil karena negaranya punya cadangan devisa besar,yaitu si emas hitam alias minyak🙂

  2. pengen banget investasi emas. tapi ngga ada uangnya mas.
    yup, emas jauh tidak beresiko bila dibandingkan dengan saham.

  3. Di Sumatra Barat, masih ada beberapa transaksi yang menggunakan emas. Dan hitungan emas mereka juga sedikit unik dengan emas di daerah-daerah lain, yang menurut sebagian pakar itu setara dengan Dinar di zaman Rasulullah…

    Ada salah satu pesantren di Padang Panjang yang dari dulu hingga sekarang menggunakan emas sebagai bayarannya (SPP). Dari dulu besaran SPP santrinya adalah 1 emas (2,5 gram), dan sampai sekarang juga tetap segitu. Sehingga mereka bisa mengatakan bahwa mereka tidak pernah menaikkan SPP siswa-siswanya, hanya nilai tukarnya saja yang mengalami perubahan..🙂

    Didot…apa kabar? Lama kita tidak silatulblog ya…
    Sehat kan Dot?

    Selamat Idul Fitri ya..
    Mohon maaf atas segala kesalahan
    Semoga Allah meridhai setiap amal ibadah kita🙂

  4. Posting loe mencerahkan saya Dot, trims.
    Selamat Idul Fitri 1432 H, maaf lahir dan batin.

  5. nice info🙂

    kunjungan dan komentar balik ya gan

    salam perkenalan dari

    http://diketik.wordpress.com

    sekalian tukaran link ya…

    semoga semuanya sahabat blogger semakin eksis dan berjaya.

  6. kalo gitu mau maharnya emas aja deh. *eh* :))
    halo apa kabar?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s