The Speed Of Light

Saya yakin semua sudah pada tahu kecepatan cahaya. tapi biarlah saya tulis lagi untuk merefresh memori kita. kecepatan cahaya adalah 300.000 km/ detik,sangat jauh berbeda dengan kecepatan suara yang ‘hanya’ 344  m/detik atau sama dengan 1238 km/jam. ini yg menjelaskan kenapa kilat selalu mendahului geledek,karena kecepatan cahaya jauh melebihi kecepatan suara.

Guru meditasi saya ,yang juga adalah guru yoga saya pernah menjelaskan,bahwa ketika menjadi roh kecepatan gerak kita sama dengan kecepatan gerak cahaya. kecepatan ini sama dengan kecepatan gerak  malaikat dan mahluk halus lainnya (yah percaya gak percaya sih😯 ). Dan masih menurut guru saya tersebut ,ketika kita berada di jakarta dan membayangkan menara eiffel di paris ,yang jaraknya 11.574 km ,maka ketika kita bermeditasi dan kita bergerak dengan tubuh halus kita,kita akan sampai di sana gak sampai 1 detik,karena kecepatan gerak kita lebih dari 20 kali lipatnya jarak antara jakarta dan paris.

Alpha centauri,sebuah bintang yang paling dekat dengan tata surya kita (bimasakti/milkyway),berjarak 4,2 – 4,4 tahun cahaya.  ini berarti cahaya membutuhkan waktu perjalanan 4,4 tahun untuk sampai kesana. kalau dihitung berarti 300.000 km x 4,4 (tahun) x 365 (hari) x 24 (jam) x 60 (menit) x 60 (detik) = 41.627.520.000.000 km.

Galaksi terjauh saat ini yang diketahui berjarak 13 Milyar tahun cahaya dari bumi,itu berarti butuh waktu 13 milyar tahun untuk sampai kesana sekalipun dengan kecepatan cahaya (apalagi pake sepeda ya??😛 ). dan bisa jadi ketika kita sampai kesana galaksi itu sudah tidak ada,karena yang kita lihat adalah sesuatu yg ada 13 Milyar tahun yang lalu ,belum lagi kesananya butuh waktu selama itu lagi (duh kapan nyampainya tuh❓ )

ada yang mengatakan bahwa kalau kita melihat galaksi2 yg jauhnya jutaan tahun cahaya itu dengan teleskop,sebenarnya kita telah memiliki mesin waktu melihat masa lalu,karena apa yg kita lihat itu,sesungguhnya terjadi jutaan tahun yang lalu.

lalu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah apakah alam semesta ini berbatas? alam semesta ini menurut para ilmuwan tidak berbatas,karena terus mengembang seiring berjalannya waktu,dan mungkin hanya akan berhenti saat Allah menetapkan sebagai kiamat,dimana katanya langit akan digulung.

(QS 21 : 104) (Yaitu) pada hari Kami gulung langit sebagai menggulung lembaran – lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai panciptaan pertama begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati; sesungguhnya Kamilah yang akan melaksanakannya.

Sungguh alam semesta ini begitu ajaib,demikian besar keagungan Allah dan ciptaanNYA

manusia saat ini baru bisa berjalan dengan pesawat tercepat dengan kecepatan 20.000 mil per jam ,itupun dengan roket pesawat ulang alik.  itu juga sudah beberapa kali lipatnya kecepatan suara lho,lumayan lah kencangnya dibanding naik kereta api Jakarta surabaya hehehe😀

jadi siapa yg mau travelling at the speed of light? sementara ini kayaknya baru bisa travelling at the speed of sound dulu ya (kok jadi teringat lagunya Coldplay ya??😛 )

16 Komentar

  1. Kayaknya sampai hari ini belum ada manusia yang berhasil menciptakan kendaraan yang melebihi kecepatan cahaya…😀

  2. Travelling at the speed of light sudah banyak di lakukan oleh para Wali Songo.

  3. ijinkan menyimak dulu Gan
    kli ini butuh waktu dulu

  4. klo melihat film koboy yang berjudul lucky luck yang disebut sebagai orang yang paling cepat menembak, bahkan lebih cepat dari bayangannya sendiri!

    apa mungkin sebuah kecepatan bisa melebihi bayangan?…

    slam kenal yach,
    ditunggu kunjungan baliknya,
    terima kasih

  5. dot, udah baca buku “Terpesona di Sidratul Muntaha” blom? Di situ juga jelasin tentang meta-fisika dengan gaya bahasa yg mudah dicerna. Menjelaskan kejadian Isra’ Mi’raj dari sisi sains, yaitu kecepatan cahaya tadi.

    dan gue suka banget kalimat lo yg ini:
    ada yang mengatakan bahwa kalau kita melihat galaksi2 yg jauhnya jutaan tahun cahaya itu dengan teleskop,sebenarnya kita telah memiliki mesin waktu melihat masa lalu,karena apa yg kita lihat itu,sesungguhnya terjadi jutaan tahun yang lalu.

    hiii merinding bacanya.

    Btw, AlQuran satu2nya yg udah nulis tentang teori Big Bang (ledakan raksasa) tentang gimana alam raya ini bermula, jauh sebelum sains mengenal teori itu. Ledakan itu masih terus berefek hingga saat ini, terbukti dg alam raya yg terus mengembang.

    Dan ya gue sependapat, dunia ini akan kiamat saat efek ledakan itu selesai, lalu alam raya kembali mengerut, dan seluruh isinya campur aduk, persis seperti kondisi kiamat yg ditulis Al Quran, dimana tidak ada 1 bencana alam pun yg mampu menyamai dahsyatnya kondisi saat itu.

    Tapi kapannya? Wallahu a’lam.

  6. ” jadi siapa yg mau travelling at the speed of light?”

    Saya mauuuu!! *acung tangan*
    biar bisa cepat sampai ke Mekkah >o<

  7. saia mauuu
    tp lari aja ngos2an😀

  8. Selain dari kecepatan cahaya, saya justeru tertarik dengan kenyataan bahwa alam semesta ini tak terbatas. Sungguh ini merupakan hal yang menunjukkan kekuasaan Allah SWT. Tapi mengapa masih ada saja manusia yang sombong dengan dirinya, mereka (org2 barat) bahkan berani /meramal/menentukan hari kiamat. Lalu ada lagi berita yg paling heboh, seorang wanita Italia (kaloo gak salah) mengklaim matahari sebagai miliknya.

    Btw, artikelnya menarik sekali Mas
    Salam kangen

  9. cahaya di atas cahaya…
    duluu masih kecil saya suka membayangkan…alam ini sebesar apa sih…??/ternyata setelah belajar lebih banyak bahwa alam itu tak bisa kita bayangkan kebesarannya…tak terhingga dan tak tergapai…
    batas dimana kita tak sampai lagi dapat berpikir keberadaan alam membuat kita menjadi kerdil, kecil…membuat kita menyadari pasti ada sesuatu yang Maha Besar yaitu Allah yang menjadikan ini semua…

  10. […] blognya, kalau nggak salah Mas Halim. , emang bener kale! Ok. Segala puji bagi ALLAH, setiap saya membaca buku kisah-kisah para […]

  11. wah serem

  12. keren mas, makasih y atas informasinya..

  13. *unjuk tangan

    Alam semesta yang begitu luas…sungguh menarik untuk dijelajahi…
    Bumi yang sebegini luas saja…begitu menantang untuk ditelusuri… ^_^
    semoga kita senantiasa menyadari betapa kecilnya kita dimata Sang Pencipta..

  14. satu kalimat

    subhanallah wal hamdulillah wa Allahu AKbar

  15. kalau saja kita bisa berlari seperti kecepatan cahaya, maka bunda ingin lari mengejar Baitullah di Mekkah🙂
    salam

    saya juga mau kesana,biar gratis gak usah bayar ONH ya bunda??😀

  16. subhanallah, alam semesta emang luas ya,


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s