Keseimbangan

Apa jadinya jika terlalu banyak singa di hutan? kemungkinan populasi rusa (asumsi disini bahwa singa adalah predator alamiah rusa) akan menurun , hal ini akan menyebabkan singa kesulitan mencari makan dan menyebabkan persaingan diantara para singa semakin sulit, Lalu secara berangsur2 maka populasi singa akan menurun juga sampai titik keseimbangan antara keduanya terjadi.

Demikianlah hidup,segala apapun dalam hidup ini akan selalu menemukan sendiri keseimbangannya,karena semuanya ada penyeimbangnya,karena Allah menciptakan sesuatu berpasang2an.

ada yang pernah beralasan kalau rokok dilarang,maka pabrik rokok bisa tutup dan karyawannya pada menganggur semua,selain itu banyak usaha yg berkaitan dengan rokok akan gulung tikar juga,tapi kalau menurut teori keseimbangan diatas, kalau seandainya pabrik rokok ditutup ,maka pekerja2nya juga PASTI akan dapat pekerjaan lain lagi ,dan tentu ada usaha lain yang akan maju dan juga turun besertanya.

dulu juga ada jamannya pager,kemudian setelah telepon cellular mulai maju dan wartel berjamuran ,bisnis pager meninggal dengan sendirinya. lambat laun seiring pertumbuhannya yg semakin murah,wartel pun banyak yg gulung tikar juga. apa kita mau bilang HP gak adil terhadap Pager?

nah kini yg maju pesat malah bisnis pulsa,disetiap tikungan ada yg jualan, dan juga imbasnya dari pesatnya pengguna telekomunikasi,pedagang handphone juga jadi banyak dimana2,terus ada tren bisnis baru di bidang ini yang anti dibajak,yaitu bisnis RBT alias Ring Back Tone.

semua ada keseimbangannya,bisnis RBT memang menguntungkan karena tidak bisa dibajak,tapi coba kita lihat CD bajakan dan DVD bajakan? sampai2 perusahaan sekelas Aquarius tutup cabangnya karena minimnya pembelian CD asli belakangan ini. lalu kemana duitnya? tanyakan kepada para pembajak2 di Glodok sana darimana mereka mendapat barang2nya?  disitulah uang yg dulu dinikmati oleh perusahaan2 rekaman berada kini. selain tentu saja setoran untuk para aparat yg juga ‘membekingi’ bisnis jenis ini  (ini kan bisnis ilegal lho sebenarnya)

eh trus gimana dong status hukum kita sebagai pemakai dan pembeli CD bajakan? status hukumnya kita hanya pemakai,bukan pengedar jadi gak salah2 banget😛

lah trus kalau secara hukum fikih? namanya barang bajakan kan merugikan pihak tertentu,selama kita mendukung kerugian itu kita juga salah sebenarnya. sama aja jadi penadah barang haram kan?

lho kok jadi panjang lebar kesini?🙄

kembali ke topik keseimbangan, intinya kalau satu pintu ditutup,maka pasti ada pintu lain yg dibuka,semuanya nanti akan mencari titik keseimbangannya masing2.

di saat keadaan menjadi kritis maka kondisi tertentu akan berlaku sebagai penyeimbangnya.

jadi gak usah takut lah,apabila Allah menutup satu pintu rejeki,pasti juga akan langsung memberikan rejeki di tempat lain.

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan ” (QS 94 : 5 -6 )

ada beberapa yang menafsirkan ayat diatas dengan  ‘sesudah kesulitan ada kemudahan’. sebenarnya lebih tepat kalau’ bersama‘ ,karena tafsirannya ‘ma’ lebih cocok artinya ‘bersama’ seperti terdapat dalam  “InnalLaha ma’a shobirin”  (sesungguhnya Allah bersama orang yang sabar )

di saat Allah memberi kita ujian kesulitan,disaat itu pula kita diberi jalan keluarnya,bukan setelahnya tapi bersamanya ,itulah keseimbangannya,karena segalanya punya pasangannya🙂

22 Komentar

  1. pertamax nih? Alhamdulillah🙂 hehehe.

    alhamdulillah dapet pertamaxnya gak kehabisan🙂

    di saat Allah memberi kita ujian kesulitan,disaat itu pula kita diberi jalan keluarnya,bukan setelahnya tapi bersamanya ,itulah keseimbangannya,karena segalanya punya pasangannya🙂

    Subhanallah

    percaya kan??😛

  2. Wah benar juga mas. ,
    kejadian2 yang ada disekitar kita. ,
    semoga ada penanganan yang serius dr pihak pemerintahan.

    Salam saya,

    pemerintah akan bertindak juga,sebagai penyeimbang,kalau tidak pemerintahnya yang akan ditumbangkan🙂

  3. hehhe, jangan beli yang bajakan, xixi pasti ada muncul kalimat, ogah ah rugi..!!

    hahaha,kalau lebih gak mau rugi lagi download aja bundo,gratis kok,banyak dimana2 ,ini aku lagi sambil download film juga🙂

    memang harus bersama, bareng-bareng. Himbauan Didot ini juga salah satu bentuk kebersamaan.

    iya bundo,kalau gak sama2 gak terasa gerakannya😛

  4. gue suka bangetttt ama postingan ini!! seribu juta jempol untuk isi postingan ini… *lemparin Didot pake jempol2 siapa tau*
    makasih des😳

    alhamdulillah, kalo orang dikasih otak & dimanfaatin utk mikir, maka hasilnya ya kaya’ elo gini Dot. Tapi sayang kebanyakan orang senengnya cuma jadiin otak sebagai pajangan, makanya sering kelintas pertanyaan2 yg bikin geregetan, semacem itu tadi… “Kalo pabrik rokok ditutup gimana dg nasib jutaan karyawannya?? Kalian sungguh gak berperikemanusiaan!!”

    iya des,itu kan pemikiran mereka yg dikaitkan dengan ego dan nafsu merokoknya😛

    “BERSAMA KESULITAN ADA KEMUDAHAN”…. betapa kasih sayangnya Allah thdp mahlukNya🙂

    yap😀

  5. hm… bener banget.
    suatu kebenaran yang kadang tidak kita sadari ..

    bener deh.. setelah ngeblog ini banyak manfaat yang saya dapat.
    informasi dan pelajaran berharga dari Didot maupun temen2 blogger yang lain.
    alhamdulillah…

    saya juga na,alhamdulillah banyak dapat manfaat dan banyak dapat teman baru😛

  6. anaalsia yg bagus

    bener juga ya

    filosofi RODA PEDATI juga cocok kali ya???

    roda pedati kayak gimana tuh mas filosofinya??🙄

    • ya ketika seseorang di atas, ada yang mesti di bawah

      sementara ketika seseorang di bawah ada yg terangkat ke atas

      keseimbangan

  7. Hmm…
    *merenung*
    Spertinya aku menunggu bahasan kamu tentang masalah yang melebar diatas🙂
    (maklum, aku sering beli dvd drama korea, hehe…)

    hahaha, ya udah nanti dibikin satu topik sendiri deh kin😉

  8. Dot, mohon maaf lahir batin ya…
    (baru sempat nyicil BW habis mudik😀 )

    gapapa kin,aku juga rada sulit BW,jarang2 bisa BW lagi,maaf kalau jarang berkunjung ya ,mohon maaf lahir batin juga😛

  9. Alhamdulillah, dgn ngeblog banyak sekali manfaat yg bunda dapatkan, terlebih di blognya Mas Didot,yg selalu gak bosan2 mengajak pd kebaikan dan berbagi ilmu yg bermanfaat.
    Bunda bersyukur bisa menjadi temanmu ,Mas Didot 🙂
    salam

    sama2 bunda,bunda juga blognya sangat bermanfaat,banyak pesan2 religi disana,mengajak kepada kebaikan ,udah gitu tiap hari bisa di update selalu,saya salut dengan bunda🙂

  10. Dunia ini selalu beubah, dan kita harus mengikuti perubahan itu agar tidak diubah dari ada menjadi tidak ada. Namun perubahan yang kita lakukan hendaknya selalu ke arah yang lebihy baik, yang positif

  11. Imam Syafi’i ketika mendaki sebuah bukit tersenyum-senyum. Ketika ditanya, beliau mengatakan bahwa setelah ini jalan akan menurun, jadi gak perlu mengeluh akan tanjakan.

    Tapi, ketika jalan sudah menurun, beliau justru terlihat tegang dan nyaris tanpa senyum. Ketika ditanya akan hal itu, beliau mengatakan bahwa setelah kemudahan penurunan ini, akan ada jalan menanjak yang butuh tenaga ekstra..

    Kisah itu menunjukkan kepada kita bahwa ketika ada kesusahan tidak perlulah berkeluh kesah, karena sudah pasti akan ada kemudahan yang mengiringinya. Tapi, sebaliknya, ketika memperoleh kemudahan, janganlah pongah dan lupa diri, mawas diri adalah sikap yang paling tepat, karena bisa jadi setelah kemudahan itu, akan datang sebuah kesusahan…🙂

    Dot, selamat idul fitri ya, mohon maaf lahir dan batin..

    • like this bgt…

  12. selamat pagi.

    semuanya emang harus seimbang, itu Sunnatullah.
    kemudahan berbarengan dengan kesulitan.

    cewek gak akan pernah dibilang cantik kalo gak ada yang lebih jelek kan (diperbandingkan)😉 eheheee

    terima kasih dan mohon maaf😮

  13. Keseimbangan adalah hukum yang berlaku di alam, hukum yang berasal dari Tuhan. Keseimbangan tidak saja dalam hidup spiritual, tetapi juga dalam alam semesta dan lingkungan kita. Sayangnya manusia sendiri yang seringkali merusak keseimbangan itu …

  14. seimbang itu sama dengan hukum sebab akibat gak mas?

  15. Ternyata konsep balancing itu sudah di terapkan Allah, sebelum manusia menyadari apa itu suatu kemutlakan hidup dan mati, dosa dan pahala, dunia dan akhirat, bahagia sedih….yah, kembali lagi dunk mas, ke masalah yang paling subtansi kalo life memang bener2 neverending lesoon…bukan begitu mas didot

  16. hehe kalao itu mah susah..lha apa-apa dah dibajak..apalagi cuma lagu..di internet juga banyak g usah beli CD atau kaset..dah g jaman😀

  17. wah senangnya saya bisa berkunjung ke blog ini.. Banyak tulisan yang inspiratif & menyadarkan.. hiii

    -salam kenal ya mas, linknya boleh saya taruh di blog saya ya..🙂

  18. ADIL… he he he blogmu membuat para pembaca selalu mikir…

  19. hmmm salah yaa gunakan download gratis di internet

  20. jadi inget lagunya Natalie Imbruglia yang judulnya Lukas, di situ ada liriknya yang begini: “for a million hearts that open, another million break.”


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s