Kewajiban Sholat

Kita semua tahu,awalnya perintah sholat itu turun sehari 50 kali,namun Rasulullah meminta keringanan sehingga hanya tinggal 5 sebagaimana sekarang kita diperintahkan sholat wajib.

bisa dibayangkan,kalau sholat 50 kali sehari,berarti 24 jam dibagi 50 adalah sekitar 25 menit sekali kita sholat. kalau dikurangi waktu tiap sholat 5 menit,berarti waktu istirahat kita hanyalah 20 menit dari sholat ke sholat wajib berikutnya.

Kalaupun memang seluruh hidup kita untuk ibadah,memang demikianlah tujuan kita diciptakan Allah,seluruh hidup kita memang seharusnya adalah untuk ibadah. dan itulah nikmatnya jadi orang mukmin,karena ibadah itu bukan hanya sholat,kerja bisa jadi ibadah,bersilaturahmi juga ibadah,mencari ilmu bermanfaat juga ibadah.

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (QS 51 : 56)

Sejujurnya kalaupun kita diperintahkan untuk sholat 50 kali sehari,saya yakin pasti akan dimudahkan Allah untuk melakukannya. sebagaimana saat ini perintah sholat 5 waktu pun masih banyak yg belum melakukan,tapi ada juga mereka2  yg sangat sibuk luar biasa dan masih bisa sholat 5 waktu ,yg mana akhirnya menurut saya semua kembali ke niatnya masing2. kalau ada kemauan pasti bisa biar sesibuk apapun juga.  sebab sholat itu ada qashar ,dan juga ada jamak kalau kita bepergian. kalaupun sakit kita bisa sambil tiduran,dan kalau gak ada air kita bisa tayamum, sungguh amat dimudahkan segalanya.

saya sendiri dulu awalnya rajin sholat di awal2 memeluk islam,terus ada juga masa saya sempat jauh dari sholat,dimana sholat hanya sholat jumat saja,kurang lebih beberapa tahun saya seperti itu,saya sempat kehilangan semangat sholat,dan memang sekali kita malas,biasanya sulit untuk memulai lagi. alhamdulillah kini saya selalu berusaha menjaga yang 5 waktu, dan saya renungi memang demikianlah perjalanan iman seseorang,iman pasti naik turun,karena disitulah letak dinamika kehidupan.

oke,kembali  ke kewajiban sholat,perlu diketahui,kalaupun anda bermaksiat,anda wajib tetap sholat.

saya mau menjelaskan sedikit soal ini, sebelumnya baca dulu hadist2 dibawah ini :

Dari Ibnu Umar ra. berkata, “Siapa yang meminum khamar meski tidak sampai mabuk, tidak diterima shalatnya selagi masih ada tersisa di mulutnya atau tenggorokannya. Apabila dia mati maka dia mati dalam keadaan kafir. Bila sampai mabuk, maka tidak diterima shalatnya 40 malam. Dan bila dia mati maka matinya kafir.(HR An-Nasai)

Dari Abdullah bin Amr berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang minum khamar lalu mabuk, tidak diterima shalatnya 40 hari. Bila dia mati masuk neraka. Bila dia taubat, maka Allah akan mengampuninya. Namun bila kembali minum khamar dan mabuk, tidak diterima shalatnya 40 hari. Bila mati masuk neraka. Bila dia kembali minum, maka hak Allah untuk memberinya minum dari Radghatul Khabal di hari kiamat.” Para shahabat bertanya,”Ya Rasulallah, apakah Radaghatul khabal?” Beliau menjawab,”Perasan penduduk neraka.” (HR.Ibnu Majah)

Siapa yang minum khamar maka pukullah.” (Hadits Mutawatir)

“Rasulullah SAW mencambuk peminum khamar sebanyak 40 kali. Abu bakar juga 40 kali. Sedangkan Utsman 80 kali. Kesemuanya adalah sunnah. Tapi yang ini (80 kali) lebih aku sukai.” (HR. Muslim).

kesemua hadist diatas menunjukkan betapa besar kerugian dari minum khamar,secara dunia pantas untuk dipukul dan dicambuk, kemudian pahala sholatnya juga tidak diterima oleh Allah selama 40 hari (tapi tidak menghilangkan kewajiban sholatnya). ah saya jadi bingung,kenapa di kafe2 orang minum cuek aja ya gak ada yg takut dicambuk??😯

Jadi meskipun anda habis minum khamar,sholat tetaplah wajib untuk dilaksanakan,sebagaimana perintah2 dalam alquran dan hadist

“Dan dirikanlah olehmu shalat, karena sesungguhnya shalat itu dapat mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar” (Al Ankabut : 45)

ingat bahwa sholat itu tiang agama, jadi harus selalu ditegakkan ,apapun keadaannya.

“Shalat adalah tiang agama, barang siapa yang mengerjakannya berarti ia menegakkan agama, dan barang siapa meninggalkannya berarti ia meruntuhkan agama” (HR. Bayhaqi)

Lagipula  sholat itu dapat mengurangi dosa2 kita yang amat banyak itu lho😛

“Perbanyaklah sujud kepada Alloh. Sesungguhnya bila sujud sekali saja Alloh akan mengangkatmu satu derajat dan menghapus satu dosamu.” (HR.Muslim)

“Sedekat-dekat hamba kepada Tuhannya ialah dikala hamba itu bersujud (didalam Shalat). Maka banyak-banyaklah berdo’a didalam sujud itu”

“Yang pertama-tama diperhitungkan terhadap seorang hamba di hari kiamat dari amal perbuatannya adalah tentang sholatnya. Apabila shalatnya baik, maka dia beruntung dan sukses. Apabila shalatnya buruk, maka ia kecewa dan merugi.” (HR. An-nasa’i, At-turmudzi)

hanya saja ,mungkin setelah kita minum barangkali sholat kita tidak mendapat pahala,tapi hanya sekedar menggugurkan kewajibannya saja.  pahalanya mungkin tidak ada (jadinya sholat kita seperti netral ,gak dosa dan gak berpahala,yaitu  dalam kondisi setelah kita minum khamar, sesuai penjelasan hadist2 diatas) ,tapi malah akan menambah dosa kita ,seandainya kita tinggalkan kewajiban sholat kita tersebut.

demikian yang saya pahami,Allahualam ,semoga Allah memberi petunjuk🙂

27 Komentar

  1. Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.
    Mohon maaf bila ada salah-salah kata dalam postingan dan komentar saya selama ini.

    sama2 ya mas,saya juga mohon maaf atas segala kekurangan saya selama ini🙂

  2. Dari semua ibadah, shalat yang paling saya cintai🙂

    kalau saya ibadah yg paling saya suka baca quran de,soalnya satu huruf pahalanya 10 kali lipat hehehe😀

    • saya juga sama seperti Ka Ade..

      sholat adalah penyembuh luka saya, sholat adalah bukti rasa butuh dan penghambaan saya kepada-Nya..

      *alhamdulilah, dulu ketemu sama blognya Ka Ade.. jadi bisa mencintai sholat🙂 *

      wah ,saya juga senang bisa ketemu blognya ade ,sama dong kita dhik😀

    • Iya mas.. bener, membaca Al-Qur’an itu pahalanya banyak banget (kalo dilihat dari sisi pahalanya).. saya udah pernah posting di sini… http://dheryudi.wordpress.com/2009/06/16/meraih-6000-kebaikan-setiap-hari/

  3. didot…
    assalamualaikum…

    walaikum salam na

    wah lama banget nggak maen sini didot.. apa kabar?
    minal aidzin wal faidzin.. mohon maaf lahir batin yaa..

    kabar baik,minal aidin wal faizin ,mohon maaf lahir dan batin juga🙂

    soal ibadah sholat..
    saya sendiri masih terus belajar untuk lebih baik lagi Dot.. sering hanya raganya saja yang sholat, tapi pikiran entah kemana…😦

    ah ,sama saja,kadang pikiran memang begitu na,rasul juga pernah lupa dalam sholatnya kok😛

    semoga amal ibadah kita selama Ramadhan kemaren diterima Allah.. amin. dan tentunya ibadah kita semakin berkualitas.. amin….

    amin🙂

  4. gue masih suka ngulur2 waktu sholat😥

    tapi gak ninggalin 5 waktu kan des? diperbaiki aja biar lebih sip🙂

    trms diingetin Dot. Smga makin ga lalai & gampangin amalan yg satu ini.

    sama2 ya des,semoga sukses dunia akhirat🙂

  5. Jika seseorang ingin sholatnya sempurna maka ia harus memenuhi 12 belas perkara, 6 hal sebelum masuk sholat dan 6 hal sesudahnya… http://dheryudi.wordpress.com/2009/08/11/kesempurnaan-sholat/

    Untuk melaksanakan ibadah sholat pun kita harus mengenakan pakaian yang pantas, bukan sembarang pakaian… http://dheryudi.wordpress.com/2010/08/24/pakaian-yang-baik-untuk-sholat/

    Manfaat sholat bukan hanya untuk jiwa tetapi juga untuk kesehatan fisik alias raga… http://dheryudi.wordpress.com/2009/08/21/manfaat-sholat-bagi-kesehatan/

    makasih mas duddy,ternyata udah pernah ngulas lengkap toh?😛

    • tambahan yang menarik dari seorang laki-laki biasa…😀

  6. Menurut Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah, seorang hamba mempunyai dua tempat pemberhentian di hadapan ALLAH Azza Wa Jalla. Tempat pemberhentian pertama adalah ketika dia sholat di hadapan-NYA, dan tempat pemberhentian kedua adalah ketika dia berdiri di hadapan-NYA di Hari Kiamat kelak. Siapa yang menunaikan hak tempat pemberhentian yang pertama, maka dia akan diringankan pada tempat pemberhentian yang kedua. Dan siapa yang meremehkan tempat pemberhentian pertama ini dan tidak menunaikan haknya, maka ALLAH Azza Wa Jalla akan mempersulitnya di tempat pemberhentian yang kedua.

    sip,terimakasih atas tambahannya mas🙂

  7. Sholat tiangnya agama..itupun bagi yang ngaku beragama..jadi kebablasan, belum dzuhur..

    jangan ngaku2 dong,tapi memang beneran beragama hehehe😛

    ayo kita sholat dulu🙂

  8. mantap penjelasnnya mas

    makasih mas🙂

  9. met lebaran y kang
    maafkan bleu
    salam hangat dari blue

    met lebaran juga blue,mohon maaf lahir batin🙂

  10. sholatlah sebelum kamu disholati… dan semoga kita tak hanya mendirikan sholat, tapi mampu menegakkan sholat dalam seluruh aspek kehidupan kita…Amin…

    amin🙂

    Apa kabar Pak? Ditunggu ya kalo mo travelling ke jogja😀

    gak oyen aja yg ke jakarta lagi??😀

  11. dlm kesempatan ini bunda dan keluarga ingin mengucapkan :
    Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1431 H.
    minal aidin wal faizin
    maaf lahir dan bathin .

    Semoga sholat kita mampu membuat hidup kita lebih baik lagi ya Mas Didot.
    salam

    amin,makasih ya bunda😀

  12. sholat adalah kewajiban setiap muslim yang masih hidup
    harus selalu dilakukan dalam kondisi apapun
    akan lebih baik lagi jika dilakukan secara berjamaah

    berjamaah jauh lebih berpahala,apalagi kalau ke masjid,jalannya aja kesana udah dapat pahala banyak dari setiap langkah kita🙂

  13. satu lagi mas..shalat bikin hati yang lagi galau n sedih menjadi lebih tenang…

  14. Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1431 H.
    minal aidin wal faizin
    maaf lahir dan bathin .

    shoalt kewajiban yang tak bisa ditawar-tawar dan sholat akan dihisab pertama kali kelak.
    salam hangat dari Surabaya

  15. meski telat kuucapkan selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin
    NB: mohon dkirimkan alamat surat yang mudah dijangkau oleh pos

  16. Tak terbayang jika saat itu kewajibannya 50 kali ya….
    Dan menjaga agar sholat lima waktu tidak bolong-bolong mesti benar-benar kuat iman, apalagi jika sering bepergiaan, dan sering waktunya lewat….apalagi bagi perempuan, kadang sulit mencari tempat sholat yang pas.
    Bagaimanapun, jika kita sholat lima waktu secara benar, hati ini terasa begitu tenang….

  17. Mohon maaf lahir bahtin yah mas…
    baru sempet blowalking lagi neh

  18. nice share mas didot…
    ^____________^

    sholat yuk sebelum kita disholati…🙂

  19. masalahnya ga ada yang MENCAMBUK bang…

    hahahahaha

  20. Subhanallah…. Mencoba sholat 5 waktu.

  21. dan tepat waktu….

  22. Sholat merupakan salah satu tiang agama yang wajib dan harus didirikan. Salut dengan perjalanan iman mas Hadidot yang diberikan banyak ilham🙂

    terimakasih mas lucky ,terimakasih karena sudah mau mampir dan memberi komentarnya 🙂

  23. sekali kita malas mendirikan sholat maka selanjutnya penyakit malas itu akan semakin banyak dan parah. harus dikuatkan niatnya biar ibadahnya ngak henti


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s