Hikmah Allah ghaib

Jika seorang hamba dipaksa untuk taat,maka tidak ada pahala untuknya, demikian pula jika manusia tersebut dipaksa bermaksiat,maka tidak ada dosa baginya.

manusia amat kecil di hadapan Allah yang maha besar

Konsep dosa dan pahala ada karena ada kebebasan memilih baik dan buruk tanpa paksaan apapun.

Allah sendiri tidak pernah memaksa kita untuk patuh,meskipun Allah maha memaksa. Semua pilihan ada di manusia itu sendiri,tapi setiap pilihan itu ada takdirnya masing2.

Tidak ada paksaan untuk  agama ; sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. (QS 2 :256)

Mungkin inilah alasan kenapa Allah itu sifatnya ghaib (tidak tampak secara lahiriah) ,kalau Allah gak ghaib mungkin kita udah takut duluan liat sosok Allah yang maha besar.

Jangankan lihat sosok Allah yang maha besar,kita kadang diperas preman berbadan besar aja suka takut kan? hayooo ngaku:mrgreen:

btw kalau menurut KH.Ahmad Rifa’i dalam kitab Syarikh Al Iman ,ada 5 alasan logis kenapa Allah tak terlihat di dunia ini kata beliau :

  • Pertama : Dunia tempat musuh Allah, dan merupakan surga bagi orang kafir “ Ad Dunya Sijnul Mukminin wa jannatul kaafirin “ ( dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir ). Jadi tidak layak bagi Allah untuk di ru’yat di surga orang kafir .
  • kedua : Allah hendak membuat maslahah, sebab apabila orang kafir juga dapat melihat Allah, maka bathallah kelebihan dan keutamaan bagi orang mukmin. Dan apabila yang diberi kesempatan ru’yah hanyalah orang mukmin saja, maka orang kafir akan berkata,” seandaianya aku juga dapat melihat Allah, pastilah aku akan beribadah dengan sebaik-baiknya.” akan tetapi, seandainya orang kafir dan orang mukmin sama-sama dapat rukyah kepada Allah di dunia, maka hilanglah perbedaan antara mukmin dengan kafir serta lenyaplah keluhuran orang mukmin.
  • Ketiga : Dunia adalah tempat yang hina, sedangkan rukyah kepada Allah itu sangat mulia.
  • Keempat : Dunia adalah tempat bekerja. Seandainya Allah menampakkan DzatNya di dunia, pastilah manusia tidak akan mau bekerja, sebab mereka terkesima kepada Allah sehingga mereka sehari-harinya hanya memandang Allah tanpa makan dan minum.
  • Kelima : Rahmat Allah yang luar biasa kepada Manusia, sebab apabila Allah menampakkan DzatNya di dunia, maka manusia tidak akan kuat untuk melihatnya. Ingat kasus Nabi Musa AS ?. Ketika beliau mengutarakan niatnya untuk melihat Allah, maka Allah berfirman,” Wahai musa engkau tidak akan kuat melihatKu, maka lihatlah kamu gunung itu, aku akan menampakkan DzatKu kepadanya.” Dan ketika Musa As melihat gunung itu runtuh, pingsan lah Nabi Musa As

4 Komentar

  1. hikmah Allah ghoib bagi saya itu, jadi semakin bikin penasaran….:mrgreen:

  2. Apakah sosoknya Allah yang maha besar ataukah kuasaNYA, tapi kuasaNYA itu sdh pasti yah, tapi sosoknya misteri alias ghaib, tapi seorang yang beriman pasti merindukan kelak di hari akhir dapat melihat wajah Rabbnya dan Rasulullah Muhammad SAW.

  3. hikmah Allah swt ghoib , malah mampu utk mempertebal keimanan seseorang ya Mas Didot
    salam

  4. wah, semakin dilogika semakin malah kabur menurutku

    kunci keyakinan pd hal yg ghoib ya keyakinan semata2 klo aku sih
    Al Baqarah 1-5 mewakili

    Pahala pun ghoib.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s