Mereset diri ke fitrah

Jika otak manusia diibaratkan sebuah hardware ,layaknya komputer ataupun handphone ,maka otak manusia ini , sama seperti komputer ,dapat diisi berbagai macam software atau program dan isinya pun bisa bermacam2.

Jika kita sering menyetel musik tertentu lama kelamaan musik itu jadi bagian dari kita. kita jadi hafal dan juga ngefans sama pencipta  ataupun penyanyi lagu itu. bahkan kita akan mengikuti apa yg lagu tersebut arahkan,meski hanya sebuah lirik,tapi di alam bawah sadar kita,hal itu menjadi sebuah keyakinan kalau diucapkan berulang2 (yg belajar hipnosis pasti tau persis apa yg saya maksud)

jika kita menonton acara atau film,kita sedikit banyak akan meniru apa yg di film tersebut. kita bisa jadi ngefans sama tokoh dan pemain di film tersebut. seks bebas,pakaian2 yg minim, merokok dan narkoba,gaya hidup materialisme, semuanya jadi keseharian kita ,karena itulah yg sering dipertontonkan kepada kita.

memang demikianlah cara kerja otak kita,cenderung meniru apa yg masuk melalui indera2nya.

coba  sekarang kita lihat sejenak kepada handphone dan komputer anda…

apa yg ada di dalamnya mencerminkan diri anda serta kesukaan anda.

ada yg di dalamnya isinya alquran,ada yg isinya lagu2 murottal.

namun ada juga yg isinya video porno,gambar porno dan juga lagu2 pop.

semua kembali ke selera pemiliknya.

kalau handphone atau komputer,sudah terlalu banyak program ataupun isinya,maka untuk meresetnya ada tombol reset atau bisa kita install ulang kembali sistemnya,maka dia akan kembali bersih ke awalnya ,seperti saat kita membelinya untuk pertama kali.

nah kalau manusia? emangnya ada tombol resetnya? apakah manusia bisa diinstal kembali kalau sudah error?

jawabannya : BISA.

tapi gimana?

nah kalau manusia sudah kebanyakan program,sudah terlalu banyak isi,cukup satu caranya, kembalikan ke alquran dan hadist.

Kembali ke alquran berarti kembali ke fitrah,kembali ke asal,sebagaimana Allah telah menciptakan manusia dalam keadaan yg fitrah,maka untuk menjaga kefitrahan tersebut Allah juga membekali dengan pedomannya,yaitu alquran.

(Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (QS 3 : 138)

nah kalau kita seringnya baca dan dengar alquran dan hadist , tentu aja kita bakalan ngefansnya sama Allah dan rasulNYA. Rasul ini gak sama lho dengan manusia2 biasa lainnya, beliau adalah manusia yg dipilih dan dibimbing langsung oleh Allah untuk menjadi contoh,bagaimana bentuk pengamalan alquran di atas muka bumi ini.

yuk kita reset kembali perilaku kita sekarang juga ke fitrah kita😉

12 Komentar

  1. Bismillah…

    selama ini udah makin jarang banget baca2 Qur’an lagi. Mudah2an start di bulan Ramadhan ini bisa istiqomah terus membaca surat panduan hidup sekaligus surat cinta dari Allah itu.

    Meski ngga banyak tapi minimal tiap hari harus continue, biar ‘terbrainwash’ sama ayat2 suci🙂

    yup,tambahin murottal juga des,buat anakmu itu,biar terbiasa denger ayat alquran di mobil ataupun dirumah🙂

  2. Kalo dhika menyebut Ramadhan sebagai proses Detoksifikasi.. Proses pengeluaran “racun-racun” dalam jiwa kita. Prosesnya pasti lama, dan pasti tidak mengenakkan, (namanya juga ngeluarin racun😉 hehe). Tapi, hasil akhirnya, Insya Allah bila rajin melakukan “detoksifikasi” ini, jiwa kita bisa terbebas dari penyakit-penyakit hati…
    (Insya Allah..).

    wah racun ya? bisa juga sih dhik😛

    Btw, mudik gak nih mas Didot ?🙂

    aku gak mudik dhik,kan asli jakarta😉

    • Sebenarnya manfaat puasa (Ramadhan) gak hanya untuk proses detoksifikasi jiwa tapi juga detoksifikasi tubuh. Dengan melakukan puasa berarti kita membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksi dan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

      Wallahu a’lam..

  3. kan itu tujuan ada bulan ramadhan, biar kembali ke fitrah… ya asal bulan ramadhannya dimanfaatkan dengan baik:mrgreen:

    tentu aja,sekalian memanfaatkan momen chi😛

  4. Iya inih, semenjak ada di Jakarta jadi sering diisi aplikasi yang aneh2😐

    Baiklah, mari kita reset!

    mari😛 terimakasih atas kunjungannya ya😉

  5. Qur’an dan Hadits ibarat manual book si handphone itu sendiri. Dimana semua troubleshoots ada solusinya.🙂

    yah tapi si handphone jangan ditambahkan program2 yg gak bener aja ya,atau file2 bokep hehehehe😀

  6. *tiba2 ngecek hape* alhamdulillah isinya baik2 saja😀
    *ngecek ke hati* masih karatan😦

    alhamdulillah hapenya aman,kalau soal hati kayaknya jarang yg bersih gak berkarat ya kin,saya juga begitu🙄

  7. saatnya dibulan penuh berkah ini kita mereset hati dan jiwa kita..🙂

    yuukk😀

  8. Dalam mereset aplikasi yang terkena virus-virus dosa jangan hanya menunggu bulan ramadhan, tapi setiap hari yakni dengan sholat serat zikir yang berkekalan.

  9. Boleh juga tuh analoginya.
    Komputer itu ciptaan manusia.
    Ya,proyeksikan manusia ada pd ciptaannya

    Salam Damai!

  10. bulan ramadhan ini, kesempatan kita utk me reset diri kita agar lebih baik lagi dlm beribadah , agar utk 11 bulan lainnya, kita bisa lebihbaik lagi ibadahnya dibanding sewaktu ramadhan ya Mas Didot…….🙂
    salam

  11. yuuuuuuuuuuuuuuuuuukkk
    😀


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s