Kotoran Hati

Hati jika diibaratkan seperti rumah kaca,maka kotoran2 yg menempel di kaca adalah maksiat yg membuat sinar Ilahi tidak bisa masuk ke dalamnya .

adapun kotoran2 hati  antara lain adalah  sbb :

  • 1. Banyak makan.

Perut yang selalu kenyang akan mematikan sensitifitas rasa kita, kita jadi penuh syahwat,tidak peka. bahkan dalam hadits disebutkan bahwa setan masuk lewat lambung,yang mana ini jelas berasal dari perut yg terlalu kenyang. karena itu pesan yg sering kita dengar adalah : makanlah sebelum lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang.  adapun  pesan lainnya dalam hadits adalah untuk mengisi sepertiga dengan makanan,sepertiga dengan minuman dan sepertiga lagi dengan udara.

“Tidak ada bejana yang diisi oleh manusia yang lebih buruk dari perutnya, cukuplah baginya memakan beberapa suapan sekedar dapat menegakkan tulang punggungnya (memberikan tenaga), maka jika tidak mau, maka ia dapat memenuhi perutnya dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga lagi untuk bernafasnya.” (HR. Ahad, Ibnu Majah)

  • 2. Banyak tertawa

Banyak tertawa jelas tidak baik untuk hati kita,hati yg bersih adalah hati yg basah oleh karena zikir mengingat Allah dan kematian. apakah ada diantara kita yg akan banyak tertawa jika mengingat kematian?

“Janganlah kamu banyak tertawa, karena banyak tertawa itu mematikan hati” HR. Turmizi.

Dari Ibnu Umar , Rasulullah  Bersabda: “Jangan banyak berbicara selain dari mengingat (dzikir) kepada Alloh. Sebab banyak bicara selain dari menyebut nama Alloh (dzikrulloh) mengeraskan hati. Dan sesungguhnya orang yang jauh dari Alloh Ta’ala ialah orang yang berhati keras.” (HR Tirmidzi)

Allah swt berfirman, “Maka hendaklah mereka sedikit tertawa dan banyak menangis sebagai pembalasan dari apa yang selalu mereka kerjakan.” (QS. At-Taubah:82).

pernah dikisahkan rasul menegur sekelompok pemuda yg tertawa dijalan, Dalam salah satu haditsnya Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya kamu mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kamu akan sedikit tertawa, ….” (HR.Abu Dzar ra).

  • 3. Banyak memandang.

hati adalah tempat keinginan ,dan masuknya keinginan2 adalah setelah melihat barang2 dan apapun yg menarik hati kita,termasuk juga syahwat. maka jangan terlalu banyak memandang,apalagi melihat sesuatu,tundukkanlah pandanganmu.

Pandangan itu adalah panah beracun di antara panah iblis, siapa yang meninggalkannya karena takut kepadaKu maka akan Aku gantikan dengan keimanan, yang ia dapatkan manisnya di dalam hatinya (HR ath-Thabrani dan al-Hakim)

Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya.’ yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. (An-Nuur:30).

”Hai Ali! Jangan sampai pandangan yang satu mengikuti pandangan lainnya. Kamu hanya boleh pada pandangan pertama, adapun yang berikutnya tidak boleh”. (HR Ahmad, Abu Daud dan Turmidzi).

”Dua mata itu bisa berzina, dan zinanya ialah melihat.” (HR Al-Bukhari)

Firman Allah dalam surat An-Nur : 31 “Katakanlah kepada wanita yang beriman : “Hendaklah mereka menahan pandangannya”

Rasulullah bersabda: “Semua mata kelak akan menangis dihari kiamat, kecuali mata yang ditundukkan dari pandangan yang haram, mata yang terjaga ketika jihad fi sabilillah dan mata yang darinya menetes air mata sekalipun sebesar kepala lalat karena takut kepada Allah.” (Hadits marfu’ diriwayatkan oleh Ibnu Abi Dunya dari Abu Hurairah ra.)

  • 4. Banyak bicara.

Allah memberikan manusia dua telinga dan satu alasan tentu saja dengan sebuah pelajaran penting disana,bahwa kita harus lebih banyak mendengar ketimbang banyak berbicara.  seperti kita ketahui bersama : diam itu adalah emas,namun juga bukan diam  saja saat tahu kebenaran dan saat harus membagi ilmu sesuai kebutuhan,karena diam adalah emas ,namun berkata benar juga adalah berlian. jadikanlah diammu sebagai emas dan kata2mu sebagai berlian.

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya seorang hamba berbicara dengan satu kalimat yg dibenci oleh Allah yg dia tdk merenungi maka dia terjatuh dlm neraka Jahannam.” (Al Hadist)

“Biasakanlah berkata benar, karena benar itu menuntun kepada kebaikan dan kebaikan itu menuntun ke surga. Hendaklah seseorang itu selalu berkata benar dan berusaha supaya tetap benar, sehingga dicatat di sisi Allah sebagai orang as-siddiq (amat benar) (HR. Bukhari Muslim)

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia berkata baik atau diam; barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia menghormati tetangganya; barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya” (HR. Bukhari Muslim)

“Barang siapa banyak bicara, niscaya banyak kesalahannya; barang siapa banyak kesalahannya, niscaya akan banyak dosanya; dan barang siapa banyak dosanya, maka neraka menjadi lebih utama baginya” (HR. Abu Nu’aim)

  • 5. Banyak bergaul.

tidak semua pergaulan membawa kepada kebaikan,meskipun menyenangkan punya teman banyak. banyak dari pergaulan merusak hati,karena pemikiran2 yg salah.

“Perumpamaan teman yang soleh dan teman yang buruk adalah ibarat penjual minyak wangi dan peniup tungku. Penjual minyak wangi bisa memberimu tanpa kita harus membeli, atau (paling tidak) engkau akan mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan peniup tungku bisa membakar pakaianmu atau engkau akan mencium bau busuk darinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar(jujur).” (QS. At Taubah: 119).

Ali bin Abi Thalib ra berkata, “Hati-hatilah kalian dalam memilih teman, sesungguhnya teman adalah bekal di dunia dan akhirat.”

  • 5. Banyak tidur

tidur juga sama seperti makan, haruslah dibatasi,karena terlalu memanjakan nafsu pada dasarnya mematikan kekuatan jiwa,saat fisik dilemahkan maka jiwa akan lebih dominan. efeknya kita jadi kuat bangun malam buat sholat tahajud.

Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam, Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar. (adz-Dzaariyaat:17-18)

Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan (As-Sajdah:16)

”Barangsiapa banyak makan, banyak minum, banyak tidur, niscaya banyak pula ruginya”


18 Komentar

  1. wih, ternyata banyak bergaul juga bisa bikin penyakit hati ya, maksudnya kalo kita ga bisa mem-filternya kali ya

    betul sen,bergaul kan gak semuanya baik,yg disuruh itu berkumpul (bergaul) bersama orang sholeh😉

  2. membaca ini, aku sambil merenung dan berfikir ternyata kita masih jauh dari idealnya seorang muslim aku tertunduk dan berdoa semoga kita mampu bergerak untuk ke jalan Ilahi dan membaca inipun menambah semangat , semoga

    sama2 mas,inipun sebagai pengingat diri sendiri. saya juga terkadang lupa kalau gak diingatkan🙂

  3. La kok semua sering aku lakukan?XO ada saran?T.T

    dimulai dari yg paling mudah dan ringan untuk ditinggalkan,baru bertahap sedikit demi sedikit ditambah. yg penting niat dulu dan usaha kemudian. gak ada manusia yg sempurna,saya sendiri kelemahannya terutama di tidur dan tertawa🙄

  4. Banyak bergaul juga??
    Pergaulannya harus dipilah pilah juga mungkin yaa
    Yang bermanfaat, dekat dengan penjual minyak wangi terkena bau harumnya🙂

    tentu dong,bergaul jangan asal aja,harus jelas tujuannya,dan kalau bisa bergaul dengan orang sholeh🙂

    • @Fara: mulane Far, gaul ki karo aku

      ckakakaka

  5. Didot, ini penting buat ngingetin Bundo lagi.
    dah banyak yg bundo langgar.😦

    sama2 bundo,ini juga belum sempurna semuanya dilakukan kok,kita usaha bareng2 yuk🙂

  6. Waaaaaaaaaaaaaaaaaaah…..Banyak hal ternyata yang bisa buat hati menjadi Kotor…Huhft…sayang gak ad Fakumcleaner buat bersihin

    Nice blog
    Salam kenal mas😆

  7. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik

  8. yang paling kronis subtansinya adalah banyak dosa dan penyakitan kan mas, ah saya miris membayangkan hati saya yang masih kotor meskipun telah dibersihkan lima kali sehari

  9. Memang seharusnya setiap orang punya kontrol diri supaya segala sesuatu tidak berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan adalah teman setan.. hiii..

  10. Saya…. masih suka banyak memandang…😥

  11. banyak makan ini yang mesti lebih dikontrol buat gue Dot, hehehe. Biar nantinya nggak jadi ‘hidup buat makan’…. tapi yg lebih baik adalah ‘makan untuk skdar mempertahankan hidup’ saja🙂

  12. wah… indah ternyata masih banyak kotoran hatinya.. masih banyak makan walupon kadang ga makan sama sekali..banyak tidur walopun lebih sering insomnia…. banyak bicarawalaopun kadang juga banyak diem….. banyak tertawa…walopin juga banyak menangis…banyak bergaul… dan bergaulnya belum pinter milih2… huhuhu..

    astaghfirullah.. indah..indah.. kasian bgt si indah ini banyak kotoran hatinya..,
    mudah2an setelah membaca tulisan ini indah bisa lebih banyak memperbaiki diri..amien..

  13. ternyata hal-jal yang biasa kita lakukan sehari-hari bisa mendatangkan kotoran hati. musti hati-hati nih

  14. hm…
    kok semuanya ada di saya ya..?
    kebanyakan ngomong terutama😦

    makasih dot udah ingetin kita semua

  15. namun bagiku, kotyoran Hati yg paing berat adalah SYIRIK

    na’udzubilllah min dzalik

  16. lho kok, semuanya ada di bunda hiks…..hiks……😦
    terimakasih banyak Mas Didot sudah diingatkan lagi
    salam

  17. innalillahi..😥
    hati saya??
    heu, makasih. Good posting!🙂
    well, nyari sapu, trus alat pel, mau bersih2 hati dulu..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s