kesetaraan pahala wanita dan pria dalam islam

Ketika begitu banyak hadist yg mengungkapkan keutamaan sholat berjamaah di masjid,berjihad di jalan Allah,dan hal2 lainnya untuk para pria,maka para wanita bingung,bagaimana bisa mengejar pahala yg disediakan bagi para pria ini? hadist2 itu antara lain adalah :

Rasulullah bersabda “Karuniailah mereka yang berjalan dalam kegelapan menuju masjid dengan sinar yang sempurna di hari kiamat” (H.R. Abu Dawud & Trimidzi).

Dalam riwayat Utsman Rasulullah s.a.w. bersabda “Barang siapa shalat Isya’ dengan berjamaah, maka ia seperti mendirikan shalat selama setengah malam, barangsiapa shalat Subuh berjamaah, maka ia laksana shalat semalam suntuk” (H.R. Muslim dll.)

“Barangsiapa yang bersuci dari rumahnya kemudian berjalan ke salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) untuk menunaikan salah satu dari kewajiban-kewajiban yang Allah wajibkan, maka kedua langkahnya salah satunya akan menghapus dosa dan langkah yang lainnya akan mengangkat derajat.” (HR. Muslim no. 1553)

“Shalat seorang laki-laki dengan berjama’ah dibanding shalatnya di rumah atau di pasarnya lebih utama (dilipat gandakan) pahalanya dengan dua puluh lima kali lipat. Yang demikian itu karena bila dia berwudlu dengan menyempurnakan wudlunya lalu keluar dari rumahnya menuju masjid, dia tidak keluar kecuali untuk melaksanakan shalat berjama’ah, maka tidak ada satu langkahpun dari langkahnya kecuali akan ditinggikan satu derajat, dan akan dihapuskan satu kesalahannya. Apabila dia melaksanakan shalat, maka Malaikat akan turun untuk mendo’akannya selama dia masih berada di tempat shalatnya, ‘Ya Allah ampunilah dia. Ya Allah rahmatilah dia’. Dan seseorang dari kalian senantiasa dihitung dalam keadaan shalat selama dia menanti pelaksanaan shalat.”(HR. Al-Bukhari no. 131 dan Muslim no. 649)

karena begitu banyaknya keutamaan sholat berjamaah,namun bagi para wanita tidak wajib untuk keluar dari rumah sholat berjamaah di masjid (meskipun juga tidak dilarang untuk melakukannya). bahkan lebih utama bagi wanita untuk sholat di rumah ,sebagaimana hadist2 berikut ini :

Janganlah kalian melarang para wanita (pergi) ke masjid dan hendaklah mereka keluar dengan tidak memakai wangi-wangian. (HR. Ahmad dan Abu Daud, hadits shahih)

Nabi bersabda, “Jangan biarkan perempuan yang berbau harum menghadiri shalat isya bersama kita.” (HR. Muslim)

Jangan kamu melarang istri-istrimu (shalat) di masjid, namun rumah mereka sebenarnya lebih baik untuk mereka. (HR. Ahmad, Abu Daud dan Al-Hakim, hadits shahih)

Shalat seorang wanita di salah satu ruangan rumahnya lebih utama daripada di bagian tengah rumahnya dan shalatnya di kamar (pribadi)-nya lebih utama daripada (ruangan lain) di rumahnya. (HR. Abu Daud dan Al-Hakim)

namun sebenarnya ,Allah telah mengatur kesetaraan yg sama antara pria dan wanita,terutama dalam pahala beribadah kepadaNYA,seperti terungkap dalam hadist berikut ini :

Ibnu Abbas meriwayatkan sebuah hadits sebagai berikut : Sesungguhnya pernah ada seorang perempuan datang kepada RasuluLlah shallallahu ‘alihi wa sallam, lalu ia berkata, “Wahai Rasulullah, saya ini utusan dari kaum perempuan kepadamu. Jihad (perang) diwajibkan Allah kepada kaum laki-laki. Jika mereka menang, mereka mendapatkan pahala; jika mereka terbunuh, mereka masih tetap hidup di sisi Tuhan mereka lagi mendapat rezeki, sementara kami, kaum perempuan membantu mereka. Lalu apa bagian bagi kami dalam hal ini?” RasuluLlah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda (yang artinya), “Sampaikanlah kepada perempuan-perempuan yang kamu temui, bahwa taat kepada suami dan mengakui hak-haknya adalah sama dengan itu (jihad di jalan Allah).” [Diterjemahkan secara bebas, HR. Ibnu Abdil bar]

jadi seorang wanita muslim cukup melakukan hal2 yg diperintahkan suaminya (jika sudah menikah ,kepada kedua orangtuanya jika belum menikah) ,maka pahalanya sama dengan pria yg berjihad dijalan Allah dan juga sholat di masjid berjamaah. enak kan,sholat dirumah pahalanya sama dengan pahala para pria yg harus bersusah payah berjalan untuk sholat ke masjid?😛

“Jika perempuan mengerjakan shalatnya yang lima, puasa Ramadhannya, menjaga kehormatannya dan taat kepada suaminya, maka kelak akan dikatakan kepadanya : masuklah kamu kedalam surga, silakan dari pintu manapun yang kamu kehendaki.” (Hadist riwayat Ahmad dan Thabrani, dari Abdurrahman bin Auf).

“Maka lihatlah kedudukanmu di sisinya. Sesungguhnya suamimu adalah
surga dan nerakamu.” (HR.Ahmad)

18 Komentar

  1. Ternyata ilmu kamu semakin bertambah y mas, ya deh moga bisa menjadi imam yang baik mas buat pasangan kamu yang juga “semoga” menjadi partner hidup di dunia maupun akhirat….

    insya Allah dik,makasih atas doanya ya😛

  2. Wah., BW disini jadi semakin banyak ilmu saya😀

    saya hanya bisa berbagi apa yg saya dapatkan kok mas adi,setidaknya saya berharap ini bisa jadi ladang amal buat saya yg banyak dosanya ini😯

  3. Kesetaran dalam beribadah antara wanita dan pria tidak ada bedanya, yang membedakan disini adalah ketaqwaanya dalam beribadah kepada Allah SWT.

    setuju banget mas😀

  4. Jujur, saya agak miris kalau membaca/mendengar hadits-hadits yang menekankan keharusan seorang istri tunduk, patuh, taat, dan segalanya kepada suami, sebab pada kenyataannya, tidak sedikit suami yang perilaku ibadahnya kurang baik, tidak bisa dijadikan teladan bagi istri dan anak-anaknya, bahkan memperlakukan istrinya dengan tidak makruf.

    Mengapa hadits-hadits itu hanya menekankan kepatuhan perempuan kepada laki-laki, dan tidak menekankan kewajiban laki-laki untuk berbuat baik serta melindungi perempuan?

    ada juga hadist2nya bu tuti,para laki2 pun harus menggauli secara ma’ruf. kelebihan itu bukan dimaksudkan untuk menindas wanita. apakah rasul pernah membentak istri atau pembantunya?? sama sekali tidak.sedangkan beliau adalah contoh yg terbaik dari alquran dan hadist. salah jika kepemimpinan diartikan sebagai kelebihan,kepemimpinan adalah amanah. dan amanah nanti harus dipertanggungjawabkan dengan baik

    Allahualam bishowab

  5. Semakin bertambah pengetahuan saya tentang aturan sholat berjamaah ini, khususnya yang ditujukan kepada kaum wanita. Sungguh bermanfaat dan semoga pemilik blog ini diberikan ganjaran pahala oleh Allah SWT atas tulisan2nya yang selalu mengingatkan semua orang untuk berbuat kearah kebaikan

    insya Allah kita terus saling berbagi mas ifan🙂

  6. Allah s.w.t memang maha adil yah mas didot😀

    pastinya mas🙂

  7. ““Jika perempuan mengerjakan shalatnya yang lima, puasa Ramadhannya, menjaga kehormatannya dan taat kepada suaminya, maka kelak akan dikatakan kepadanya : masuklah kamu kedalam surga, silakan dari pintu manapun yang kamu kehendaki.” (Hadist riwayat Ahmad dan Thabrani, dari Abdurrahman bin Auf).”

    See?betapa Islam memuliakan kaum wanita..subhanallah..walhamdulillah….indah bersyukur dilahirkan sebagai wanita..🙂

    betul islam memuliakan wanita🙂

  8. subhanallah
    bahkan sampe dalam hal kesetaraan gender begini pun diatur dalam Islam
    sungguh agama yang sempurna:)

    islam itu sempurna karena mengatur segala sendi kehidupan secara detil🙂

  9. Allah itu maha Adil kan mas..

    ga mungkinlah dibeda-bedain antara wanita n pria…🙂

    betul,kadang terkesan dibedakan,tapi sebenarnya untuk melindungi si wanita itu sendiri🙂

  10. kalo seringnya sih sholat dirumah/kostan. kalau suka, lebih suka dimasjid/mushala…🙂

    kalo sudah menikah mending ikut suami aja kalo pas lagi barengan, biar bisa jamaah. kan kalo suami kemasjid, istrinya dirumah, jadi ga bisa jamaah.😛

    suami lebih wajib jamaah di masjid lho mai,kalau semua laki2 yg udah menikah pada sholat dirumah,di masjid sepi dong??😛

  11. Hanya satu Kalimat Dot …
    ALLAH itu MAHA ADIL … (salah satu dari Asma’ul Husna kan ya ?)

    Salam saya

  12. i know…
    yang kumaksud kan bisa ikut suami juga kemasjid biar bisa jamaah, bukan nyuruh dia sholat dirumah terus

  13. Makasih mas ilmunya,saya jadi tau…

  14. Allah memang selalu memberikan jalan kepada kaum wanita untuk mendapatkan pahala yang sama dengan kaum laki-laki

  15. hai dot…
    aku jadi malah pengen tanya..
    mungkinkah ini yang membuat banyak perempuan tidak sholat di masjid, walopun masjidnya di depan rumah?

    hm, soalnya masjid di komplekku, jamaahnya yang putri sepi.. paling itu2 doang..

    ah, nggak tau deh..

  16. Alhamdulillah, bertambah lagi ilmu bunda bila bertamu kesini🙂
    namun, bunda suka miris juga, ada banyak laki2 yg kurang baik ibadah dan akhlaknya, malah menyalah gunakan hadist2 yg menyatakan perempuan hrs tunduk pd suami krn surga atau neraka mereka terletak pd keridhaan suami2 mereka.
    Kapan ya para suami yg seperti ini, mau koreksi diri, dgn lebih banyak mencari tau , bagaimana Rasululllah saw begitu memuliakan istri2 Beliau dgn perlakuan yg istimewa.
    salam

  17. Indahnya dien ini yah pak…🙂

  18. Saya minta ijin tuk share ya mas.,terima kasih


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s