Menuju cinta kepada Allah

Bagi yang ingin sholatnya khusyu,tidak ada pilihan mudah. mereka2 yg sudah diberikan Allah anugerah sholat khusyu adalah mereka yg telah berjuang untuk mencintai Allah.

Mencintai Allah berarti memikirkanNYA lebih banyak dari segala hal lain yg dapat melalaikan kita. Jangan bilang kita cinta Allah kalau kita lebih banyak memikirkan hal lain selain Allah dalam kehidupan sehari2.

Allah memberikan kita sehari 24 jam,berapa waktu kita untuk mengingatNYA dan beribadah kepadaNYA dari waktu yg telah diberikanNYA kepada kita? Bukankah disetiap nafas kita ada hak Allah? oleh karena itu mengingat Allah sama pentingnya dengan bernafas.

Perumpamaan orang yang berdzikir mengingat Allah dengan orang yang tidak berdzikir itu seperti orang yang hidup dengan orang yang mati (HR Bukhori)

Barangsiapa mencintai sesuatu dia akan banyak mengingatnya,dan barang siapa mencintai sesuatu takkan berat untuk berlama2 dengan yang dicintai ,bahkan selalu merindu pertemuan dengan yg dicintainya.

Bila ada kecintaanmu yang melalaikan dari kewajibanmu mengingat Allah,sedekahkanlah atau ikhlaskanlah,sebagaimana abu thalhah mensedekahkan hal yg paling dicintainya,yaitu kebunnya yang luas agar hatinya tertuju hanya kepada Allah

“Abu Thalhah r.a. berkata: “Wahai Rasulullah, Allah telah berfirman, “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai.” Dan harta yang paling aku cintai adalah kebun kurma yang berada di Bairuhaa, dan kebun itu sekarang aku sedekahkan kerana Allah, aku mengharap kebaikan dan tabungan pahalanya di sisi Allah. Rasulullah berkata: “Duhai, itu adalah harta yang menguntungkan. Aku telah mendengar apa yang engkau katakan, dan aku memandang agar harta itu di sedekahkan kepada keluarga terdekatmu dahulu.” Abu Thalhah r.a. berkata: “Baik, saya akan lakukan wahai Rasulullah.” Maka Abu Thalhah membahagikannya kepada kerabat dan keluarga terdekatnya.” (Hadis Riwayat Bukhari, no. 1392)

Demikian juga kita tau cerita nabi ibrahim yang disuruh mengorbankan anaknya yg dicintainya,setelah bertahun2 menikah namun pada awalnya beliau belum diberikan keturunan,setelah mendapatkan apa yg diinginkannya (dan juga dicintainya) ,oleh Allah malah disuruh menyembelihnya. demikian Allah menguji nabi Ibrahim dengan suatu hal yg paling dicintainya,yaitu anaknya sendiri.

Karena itu sholat khusyu adalah hadiah dari usaha mereka2, yg telah banyak berusaha mengingat Allah di hati dan pikirannya,karena selama pikiran dan hati kita masih tertuju kepada selain Allah,selama itu pula sholat kita akan sulit untuk khusyu. mereka yang telah merelakan apapun yg mereka cintai demi mendapatkan cinta kepada Allah,sehingga Allah pun cinta kepada mereka

“Karena itu, ingatlah kepada-Ku, niscaya aku akan mengingatmu pula. Dan bersyukurlah kepada-Ku, serta janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku.” (QS. Al-Baqarah 2: 152)

17 Komentar

  1. Iya, saya percaya itu. Usaha keras yang dilakukan orang2 yang hatinya selalu tertuju kepada Allah semata pasti akan mendaptkan imbalan yang pantas pula dari Allah SWT dalam berbagai hal dan kesempatan, salah satunya adalah bisa merasakan kekhusyukan pada waktu sholat. Sungguh beruntung orang2 semacam itu. Mudah2an saya juga bisa mendapatkan hal itu meski saya tahu itu tidak mudah. Namun saya akab berusaha agar hati ini tidak terlalu tertuju pada duniawi

    intinya memang mengarahkan hati kepada Allah semata dulu,barulah kita bisa mendapatkannya,saya doakan mas ifan bisa mendapatkan hadiah sholat khusyu setelah berusaha keras untuk mencintai Allah🙂

  2. Kekhusyuan dalam beribadah berbanding lurus dangan kebersihan hati dan pikiran. Selama hati dan pikiran di rasuki oleh kebendaan atau apapun yang dapat menggelapkan hati dan pikiran, selama itu juga dia tidak akan pernah khusyu dalam beribadah

    betul mas,selama masih ‘melekat’ pada dunia,maka akan sulit untuk melepaskan diri dari jeratannya dalam pikiran sehari2,apalagi dalam sholat😛

  3. Hmm..aku msh blm kyax..hmm..semangat memperbaiki diri..!

    yuk sama2,kita gak ada yg sempurna,jadi wajib selalu memperbaiki diri😉

  4. terus belajar untuk bisa khusuk beribadah. belajar dan terus berusaha memohon ridho Nya

  5. Postingan mu ini pas banget, untuk menjawab postinganku ya Dot🙂

    Thankyou.

    • “Karena itu, ingatlah kepada-Ku, niscaya aku akan mengingatmu pula. Dan bersyukurlah kepada-Ku, serta janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku.” (QS. Al-Baqarah 2: 152)

      tuh, ngena banget🙂

  6. masya alloh begitu banyak sholat kita yang hanya tinggal gerakan gerakannya saja..
    makasih mas sudah mengingatkan kembali
    salam🙂

    sama2 mas ian🙂

  7. artikel yang bagus sob. semoga kalo salat khusyu cuma pengen diliat doang… itu namanya riya😀

    salam kenal, salam ganteng dari diazhandsome

    wah kalau khusyunya pas ada orang lain doang parah dong😀
    salam kenal juga😛

  8. hmm..emang susah bgt sih mas untuk khusyu’..

    semoga kita bisa memperbaiki shalat kita menjadi lebih khusyu’ ya mas..🙂

    amin ,insya Allah fit😀

  9. Hmm… aku harus berusaha tuk lebih mencintai-Nya lagi…

    sama dong ,kita semua juga harus selalu meningkatkan cinta kita kepadaNYA🙂

  10. khusyu’ katanya berasal dr akar kata khosyah
    artinya penuh rasa takut
    jd sholat dg khusyu’ adl sholat dg perasaan merasa takut kpsd Allah

    wallahu a’lam

    bener ga sih mas ustadz?

    yg penting merasa sedang berhadapan langsung dengan Allah,atau minimal kita yakin kalau kita diperhatikan.
    yg utama memang ‘rasa’ ,yaitu rasa takut karena penuh harap dan bagaikan seorang yg kapalnya karam ditengah laut malam2 tanpa ada siapapun yg bisa menolong,demikianlah butuhnya kita kepada Allah,bahkan seharusnya merasa lebih butuh lagi dari orang itu, Allahualam😯

  11. nggak ngerti mau komen apa, semoga maiank diijinkan mencintaiNya…

    amin ya rabb🙂

  12. saya sering berpikir kapan ya, atau apakah kita mampu menyamai keimanan para sahabat zaman Rasulullah SAW? semoga bisa…amin…

    ah ,masing2 kan punya kadarnya sendiri2,yg penting mau berusaha yg terbaik aja,tidak ada persaingan dgn orang lain,cuma dengan diri kita sendiri mas😉

  13. Betul, betapa untuk bisa khusyu’ itu sangat membutuhkan usaha dan perjuangan yang tidak ringan, setidaknya seperti itulah yang saya rasakan. Yah mungkin juga karena memang masih banyak sekali waktu-waktu saya yang luput dari mengingat NYA. Namun saya yakin selagi kita terus berusaha untuk terus mendekat kepada NYA sepenuh kemampuan kita, maka ALLAH tidak akan menyia-nyiakan usaha kita….

    betul mbak rita,tidak ada yg sia2 dari segala sesuatu yg kita usahakan,pasti Allah menghargainya meski sekecil apapun itu🙂

  14. Sholat khusyu ini memang tak mudah terutama jika dilakukan siang hari, ditengah pekerjaan kantor dan dead line yang mengejar terus.
    Namun jika hati tenang, bisa mencoba meredakan pikiran dan pasrah maka sholat kita bisa khusyu…yang jelas pada malam hari sholat lebih khusyu.

    betul bu enny,malah lebih utama,karena lebih tenang tentunya🙂

  15. cinta yg selalu diharapkan adalah cinta dr Sang Maha Pemilik Cinta.
    Semoga kita semua mendapatkan cintaNYA dengan segala ridhoNYA,amin
    slam

    amin ya Rabb,berikanlah kami cintaMU,irhamna ya Allah

  16. “Karena itu, ingatlah kepada-Ku, niscaya aku akan mengingatmu pula”

    like this quote….🙂

    semoga indah bisa selalu mengingat Allah dalam setiap derap langkah dan alunan nafas indah.,….amien…..

    nice post mas..
    jazakallah…

    semoga ya,saya ikut berdoa,amin ya rabb🙂


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s