Seberapa kaya anda

Mungkin anda pernah mendengar,ada kasus seseorang dibunuh,karena ribut gara2 uang senilai kurang lebih 1000 rupiah. biasanya hal seperti ini terjadi di pasar,dimana hanya karena kurang bayar parkir,atau tawar menawar yang alot ,dan lain sebagainya.

sebegitu murahkan harga nyawa seorang manusia? hanya gara2 nilai rupiah yg tidak seberapa,kemudian seseorang jadi berani mengambil nyawa manusia lainnya? padahal kalau mau dihitung2,nilai seorang manusia itu bisa tidak terhingga lho.

bayangkan aja,kalau tubuh kita dipretelin (dicopotin) satu2,terus dijual dengan cara diketeng (kayak jual rokok eceran per batang😀 ) ,berapa harga liver kita di pasaran internasional? berapa harga jantung kita? berapa harga kedua ginjal kita (ada dua ginjal lho) ? berapa harga satu mata kita? berapa harga paru2 kita? belum lagi otak kita dan darah kita dan lain2 sebagainya,nah itu semua juga baru aset yg bisa dihitung,aset yg tidak bisa dihitung (intangible asset) seperti kecerdasan dan keahlian kita,berapa nilainya??

Kalau orang terkaya di dunia (setau saya kayaknya masih Bill Gates deh, pemilik perusahaan microsoft mikocok windows itu kan ya?? :mrgreen:  ) ,disuruh memberikan seluruh hartanya untuk mengembalikan penglihatannya yg tiba2 jadi buta,tentu dia mau dong? bahkan ngutang pun saya yakin dia pasti mau, kalau memang harus, supaya matanya bisa melihat lagi😉

jadi anda yg hari ini masih bisa membaca tulisan ini alias gak buta,gak usah merasa lebih miskin dari siapapun,gak usah merasa lebih rendah atau hina dari siapapun,karena kalau seandainya Allah berkehendak mencabut nikmat2 penglihatan ,kepada siapapun yg dikehendakiNYA,tentu orang yg sekarang buta itu saya yakin mau bertukar tempat dengan anda saat itu juga agar bisa melihat lagi,meskipun dia seorang presiden,meskipun dia seorang direktur,meskipun dia seorang selebritis.

itupun baru nikmat penglihatan,belum nikmat lainnya lho,masih banyak kan nikmat lainnya?  Janganlah kita hanya berpikir nikmat itu hanya materi belaka,anda punya uang pun, kalau mau beli makanan tapi gak ada yg jualan makanan tentu gak bisa makan juga kan? punya uang juga bisa kelaparan lho kalau Allah berkehendak.

Makanya jangan suka menuhankan uang, gara2 punya uang yg cukup di bank atau dompet ,kemudian anda merasa tenang,tapi tenangnya bukan karena Allah,melainkan karena uang. Nah itu jadi sedikit banyak anda sudah menempatkan si uang sebagai sumber ketenangan anda,apa itu gak musrik namanya?? bukankah kita seharusnya tenang karena Allah yg menjamin hidup kita? kenapa jadi uang yg bikin kita tenang??

kalau anda sehat hari ini,yakinlah kalau anda sudah sangat kaya.bayangkan berapa banyak orang yg sakit di rumah sakit saat ini ,dan harus mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk menyembuhkan penyakitnya,sementara anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk sehat?

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.s. an-Nahl: 18).

25 Komentar

  1. sy tidak kaya, tapi saya merasa beruntung belakangn ini.😉
    salam persahablogan

    salam juga ,mungkin kamu tidak kaya menurutmu,tapi pasti ada yg menganggap kamu cukup kaya dibanding mereka🙂

  2. Alhamdulillah…Alhamdulillah…Alhamdulillah….hanya itu yang bisa saya ucapkan
    Salam kenal kang Didot…

    salam kenal juga,alhamdulillah🙂

  3. Astagfirullah

    -menghela nafas

    Alhamdulillah…ya Rabb

    sejuk jadinya… thanks kak…mengingtkan lagi🙂

    sama2 ya mai,saling mengingatkan🙂

  4. mengacu ayat diatas ternyata kita sudah begitu kaya ya, buktinya nikmat yng telah Alloh berikan tak terhitung jumlahnya. setelah di itung memang bener tak terhitung. bahkan kalkulator sampe kehabisan digitnya. Alhamdulillahrobbil alamin

    betul mas ndol,kalau diitung secara detil sih gak akan pernah ketemu angkanya saking gedenya😛

  5. Tulisannya mencerahkan. Intinya, sesuatu yang sifatnya non materi seperti penglihatan, kesehatan dan lain sebagainya adalah jauh lebih berharga dari sekedar uang. Dan itu harus disyukuri dengan mempergunakannya sebaik mungkin untuk mendekatkan diri kepada sang Pencipta

    betul mas ifan,nikmat bukan sekedar materi belaka🙂

  6. Wah benar sekali, saya kaya karena punya keluarga yg baik dan koMpak, itU harga berharga saya

    itu memang tak ternilai di😉

  7. Kekayaan yang paling berharga di dunia ini adalah kesehatan. Tanpa ada nikmat kesehatan hidup ini tidak ada harganya.

    setuju mas,tanpa kesehatan tak ada yg bisa dinikmati dalam hidup ini😉

  8. iyayah…

    kekayaan yang paling berharga ketika saiyah masih bisa menghirup udara yang segar dikala pagi mejemput dengan raga yang sehat🙂

    trimakasi didot🙂

    betul,itu dia,kesehatan yg utama. terimakasih kembali dan terutama terimakasih kepada Allah🙂

  9. Berulang kali hati ini mengucap syukur pada Allah Ta’ala…
    Namun tak jarang juga terlupa…😦

    gapapa kalau lupa,asal jangan disengaja kin🙂

  10. nikmat Allah emang tak terhingga
    Alhamdulillah saya masih diberi kesehatan sampai saat ini

    dan kesempatan bertobat,dan nikmat iman🙂

  11. ..
    Intinya selalu bersyukur ya Bro..
    ..

    betul,hidup mau apalagi selain disyukuri kesempatan jadi manusia ini?😛

  12. sungguh besar nikmat yg Allah berikan..

    semoga kita termasuk hamba-hambaNya yg selalu bersyukur..

    amin😉

  13. pelajaran hari ini dari mas didot : “yes i am rich…dengan segala modal dari Allah ini(fisik, fikir dan nurani) aku niatkan hidup untuk memberi sebanyak-banyaknya bukan mencari&menerima sebanyak-banyaknya”🙂

    betul wi,diniatkan demikian insya Allah,Allah yg akan memperkaya diri kita dan terutama hati kita🙂

  14. siiip…luar biasa Di’
    ‘kelebihan’ yang kita peroleh adalah berkah dan rahmat dari Allah yang dititipkan pada kita agar kita bisa berbagi kelebihan itu, karena seorang yang terbaik adalah seorang yang berguna bagi seorang yang lain…🙂

    maka, carilah ‘kelebihan’ itu dan bagilah, dengan niat yang tulus dan baik…insya Allah, DIA akan menambahnya…agar kita bisa berbagi lebih banyak…

    salam semangat!! sehat..dan sukses,
    do the best, bismillah…😀

    setuju mas ryan,terimakasih atas semangatnya buat kita semua😛

  15. makasi pak, abis Oyen ngurangi makan, sekarang udah kurusan😛

    http://tariadmojo.com/2010/02/10/ujian-dari-bu-guru-oyen/

    beneran yen udah kurusan?? oke saya cek dulu ya ke tekape😛

  16. setelah membaca tulisan ini, bunda merasa menjadi orang terkaya di dunia,Mas Didot.🙂
    dgn kesehatan yg prima, keluarga yg sehat dan ortu, anak2, suami dan teman2 yg baik dan sayang pd bunda , rasanya nikmat Allah swt tak pernah berkuarng, malah bertambah setiap harinya.
    Alhamdulillah, bunda menemukan tuliisan ini di blog sahabat tersayang .🙂
    salam

    ah bunda memang banyak dilimpahi berkah oleh Allah😉

  17. Merasa kaya itu karena ada rasa syukur….

    kalo dibalik begini bener gak mbak : bersyukurlah karena itu membuatmu jadi merasa kaya😛

    • Klik wajah orang pada foto untuk memberi tanda.
      UkHty akan diminta untuk menyetujui semua tanda sebelum orang lain dapat melihatnya.

      Siapakah orang yang sombong? ♥ ♥
      Orang yang sombong adalah orang yang diberi penghidupan tapi tidak mahu sujud pada yang menjadikan kehidupan itu iaitu Allah Rabbul Alaamin, Tuhan sekalian alam. Maka bertasbihlah segala apa yang ada di bumi dan langit pada TuhanNya kecuali jin dan manusia yang sombong diri.

      Siapakah orang yang telah mati hatinya? ♥ ♥
      Orang yang telah mati hatinya adalah orang yang diberi petunjuk melalui ayat-ayat Qur’an, Hadith dan cerita-cerita kebaikan namun merasa tidak ada apa-apa kesan di dalam jiwa untuk bertaubat.

      Siapakah orang dungu kepala otaknya? ♥ ♥
      Orang yang dungu kepala otaknya adalah orang yang tidak mahu lakukan ibadat tapi menyangka bahawa Tuhan tidak akan menyiksanya dengan kelalaiannya itu dan sering merasa tenang dengan kemaksiatannya.

      Siapakah orang yang kuat?
      ♥ ♥
      Orang yang kuat adalah orang yang dapat menahan kemarahannya ketika ia dalam kemarahan.

      Siapakah orang yang lemah?
      ♥ ♥
      Orang yang lemah adalah orang yang melihat akan kemaksiatan di depan matanya tidak sedikit pun ada kebencian di dalam hatinya akan kemungkaran itu.

      Siapakah orang yang bakhil?
      ♥ ♥
      Orang yang bakhil lagi kedekut adalah orang yang berat lidahnya untuk membaca selawat keatas junjungan Rasulullah SallAllahu Alaihi Wasallam.

      Siapakah orang yang buta?
      ♥ ♥
      Orang yang buta adalah orang yang tidak mahu membaca dan meneliti akan kebesaran Al Qur’an dan tidak mahu mengambil pelajaran daripadanya.

      Siapakah orang yang tuli?
      ♥ ♥
      Orang yang tuli adalah orang yang di beri nasihat dan pengajaran yang baik namun tidak diendahkannya.

      Siapakah orang yang sibuk?
      ♥ ♥
      Orang yang sibuk adalah orang yang tidak mengambil berat akan waktu solatnya seolah-olah ia mempunyai kerajaan seperti kerajaan Nabi Sulaiman Alaihissalaam.

      Siapakah orang yang manis senyumannya?
      ♥ ♥
      Orang yang mempunyai senyuman yang manis adalah orang yang ditimpa musibah lalu dia berkata “Inna lillahi wainna illaihi rajiuun.”
      Lalu sambil berkata,”Ya Rabbi Aku redha dengan ketentuanMu ini”, sambil mengukir senyuman.

      Siapakah orang yang menangis airmata mutiara?
      ♥ ♥
      Orang yang menangis airmata mutiara adalah orang-orang yang sedang bersendiri lalu mengingat akan kebesaran Tuhan dan menyesal akan dosa-dosanya lalu mengalir airmatanya.

      Siapakah orang yang kaya?
      ♥ ♥
      Orang yang kaya adalah orang yang bersyukur dengan apa yang ada dan tidak loba akan kenikmatan dunia yang sementara ini.

      Siapakah orang yang miskin?
      ♥ ♥
      Orang yang miskin adalah orang tidak puas dengan nikmat yang ada sentiasa menumpuk-numpukkan harta.

      Siapakah orang yang pandai? ♥ ♥
      Orang yang pandai adalah orang yang bersiap siap untuk hari kematiannya kerana dunia ini berusia pendek sedang akhirat kekal abadi.

      Siapakah orang yang bodoh?
      ♥ ♥
      Orang yang bodoh adalah orang yang beriya-iya berusaha sekuat tenaga untuk dunianya sedangkan akhiratnya diabaikan.

      Siapakah orang yang maju dalam hidupnya?
      ♥ ♥
      Orang yang maju dalam hidupnya adalah orang-orang yang senantiasa mempertingkat ilmu agamanya.

      Siapakah orang-orang yang mundur hidupnya?
      ♥ ♥
      Orang yang mundur dalam hidupnya adalah orang yang tidak memperdulikan akan halal dan haramnya akan sesuatu perkara itu.

      Siapakah orang yang gila itu?
      ♥ ♥
      Orang yang gila itu adalah orang yang tidak sembahyang kerana hanya dua syarat saja yang memperbolehkan akan seorang itu meninggalkan sembahyang, pertama sekiranya ia haid dan kedua ketika ia tidak siuman akalnya.

      Siapakah orang yang rugi?
      ♥ ♥
      Orang yang rugi adalah orang yang sudah sampai usia pertengahan namun masih berat untuk melakukan ibadat dan amal-amal kebaikkan.

      Siapakah orang yang selalu ditipu? ♥ ♥
      Orang yang selalu di tipu adalah orang muda yang menyangka bahawa kematian itu berlaku hanya pada orang tua.

      Siapakah orang yang paling cantik?
      ♥ ♥
      Orang yang paling cantik adalah orang yang mempunyai akhlak yang baik.

      Siapakah orang yang mempunyai rumah yang paling luas?
      ♥ ♥
      Orang yang mempunyai rumah yang paling luas adalah orang yang mati membawa amal-amal kebaikan di mana kuburnya akan diperluas saujana mata memandang.

      Siapakah orang yang mempunyai rumah yang sempit lagi dihimpit?
      ♥ ♥
      Orang yang mempunyai rumah yang sempit adalah orang yang mati tidak membawa amal-amal kebaikan lalu kuburnya menghimpitnya.

      Siapakah orang yang mempunyai akal?
      ♥ ♥
      Orang yang mempunyai akal adalah orang-orang yang menghuni syurga kelak kerana telah mengunakan akal sewaktu di dunia untuk menghindari siksa neraka.

      Sama-sama kita renungkan…

      wah ini bisa jadi satu postingan sendiri lho mbak,makasih atas bahan renungannya🙂

      • betul, dot… keren banged…

        @ mba meliana: mba, aku ijin untuk copy paste komentar mba ini ya, untuk menambah pengetahuan diriku… thx ya mba…

        kayaknya mbak mel gak keberatan tuh,betul gak mbak??😉 *ngelirik mbak mel

  18. Alhamdulilah, Aku cukup kaya ternyata, Dot🙂

    betul yes,lebih dari yg kamu pikirkan pastinya😛

  19. alhamdulillah🙂

    nikmat kesehatan ternyata lebih sangat berharga..🙂

    pastinya na,apa gunanya semua harta tanpa kesehatan untuk menikmatinya??😛

  20. Allah baik banget ya

  21. alhamdulillah saya sehat dan saya bisa membaca tulisan mas didot yang sarat makna ini
    makasih mas atas pengingatnya🙂
    salam

    saya ikut senang mas ian sehat,salam saya🙂

  22. pertanyaan retoris mas ustadz…

    hehehe😀

  23. maka nikmat Allah yang mana lagi yang hendak kita dustakan, ya, dot…?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s