Bersaing yang baik

Guru spiritual saya pernah mengatakan,dalam Yoga tidak ada persaingan dengan yang lain. waktu itu saya masih bingung,apa maksudnya.

kini saya juga menemukan,bahwa dalam islam pun tidak ada persaingan dengan yg lain. yang ada hanya kerjasama atau bersinergi satu sama lain. yang ada hanyalah berlomba2 dalam berbuat kebaikan.

lalu bagaimana meningkatkan produktivitas bila tanpa ada persaingan?

bersaing,hanya ada dengan diri kita sendiri,bukan orang lain. berusahalah mengalahkan diri sendiri dengan membuat target2 kemudian berusaha mengalahkan target tersebut.

“Barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin, dia celaka. Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, dia merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia lah yang beruntung”.

bersaing yang baik adalah bersaing dengan diri sendiri tanpa perlu menjatuhkan orang lain atau menganggap orang lain sebagai pesaing kita. intinya adalah kita bersaing hanya dalam berbuat kebaikan (fastabiqul khoirot)

Setiap orang pada hakekatnya menjalankan takdirnya masing-masing. Takdir kita tidak akan tertukar dengan takdir orang lain.  Jadi mengapa kita harus dengki terhadap keberhasilan orang lain dan sombong dengan keberhasilan kita padahal semua itu terjadi semata-mata karena takdir Allah?

apakah keberhasilan kita itu karena kecerdasan kita?

apakah karena IQ kita yg tinggi?

ataukah karena EQ kita yang sangat mulia?

ketahuilah, semua itu tidak akan tercapai jika tanpa ada pertolongan Allah.

jadi sesungguhnya keberhasilan kita juga adalah karena pertolongan Allah.

berpikir lebih baik dari orang lain akan menyebabkan kita jatuh kepada kesombongan.

berpikir lebih buruk dari orang lain akan menyebabkan rasa minder dan rendah diri.

kita hanya perlu berada di titik nol,tanpa bangga ataupun malu. yang penting bukan di hadapan manusia,tapi bagaimana dan sejauh mana usaha kita mendekat kepada Allah

karena itu tidak perlu melihat kepada kiri kanan anda,cukup melihat ke dalam diri anda saja,sudah lebih baikkah segala perbuatan dan sikap anda sendiri hari ini?

25 Komentar

  1. setuju akhi…berlomba2 dlm kebaikan dan jangan berlomba dlm keburukan…:-)..jazakillah..

    yuk ,kita lomba bareng2 dalam berbuat kebaikan🙂

    • Kalo yang ini harusss…..

      Secara itu adalah perintah Allah SWT…

      tentu saja😛

  2. hari gini berlomba dalam hal buruk…

    ogah banget ya…

    setuju….

    ayo kita cari hal” baik…

    salam hangat…

    salam juga,mari kita berbuat baik selalu🙂

  3. Bersaing dengan waktu untuk mencari ridho Allah SWT, alangkah indahnya menggapainya. Semua butuh perjuangan dan kerja keras.

    betul mas ,kita hanya dibatasi oleh waktu saja untuk menggapai hal2 yg baik di akherat kelak,semoga kita tidak termasuk yg lalai mempersiapkannya🙂

  4. Mantap, mas…

    mangstab juga😛

  5. melawan diri sendiri memang tak mudah. yup, melihat ke dalam diri sendiri apakah kita sudah baik atau belum

    kayaknya lebih baik kita selalu merasa kurang deh kalau melihat ke diri sendiri,selalu merasa hina di hadapan Allah,takutnya kalau udah merasa baik terus ibadahnya jadi kendor ,padahal bisa jadi kita masih lebih banyak dosanya daripada yg lain,hanya kita gak sadar kalau kita itu melakukan dosa2 kecil… pokoknya jangan sampai lengah dan lalai ya😉

  6. Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang pandai adalah yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap ALLAH SWT.” (HR. Imam Turmudzi)

    Dari hadits tersebut saya mencoba mengambil suatu kesimpulan (mohon dikoreksi jika salah) bahwa kesuksesan dan kebahagiaan seseorang ditentukan oleh seberapa banyak dan sering seseorang tersebut menghisab dirinya sendiri. Dari proses menghisab diri ini maka akan timbul keinginan untuk memperbaiki diri. Memperbaiki dan memacu diri untuk lebih dekat kepada ALLAH SWT, karena hanya dengan mendekat kepada ALLAH lah.. kesuksesan dan kebahagiaan akan kita peroleh, bukan hanya di dunia namun juga di akhirat nanti.. insya ALLAH..

    makasih mas atas haditsnya,memang kebahagiaan itu keadaan tanpa syarat,hanya perlu melihat kedalam diri sendiri aja,apa yg sudah kita miliki,bukan apa yg belum kita punyai🙂
    banyak2lah menghisab diri,bukan menghisab rokok hehehehehe:mrgreen:

    • ijin copas hadistnya Mas.. Terima Kasih🙂

  7. kerjakan sesuatu dengan sebaik2 kemampuan kita… nglirik orang lain boleh, buat koreksi diri gtu

    punya target buat diri sendiri,terus usahakan mencapai target itu😛

  8. ooo jadi berjuang mengalahkan diri sendiri dulu yaa

    diri sendiri maksudnya nafsu ya ?

    kan katanya jihad terbesar adalah melawan hawa nafsu😛

    • Tapi berat banget rasanya yah mas…
      bahkan seringnya lupa…

      makanya ini kita saling mengingatkan kan mas??😛

  9. sesuatu yang susah untuk berubah ketika mampu disisi lain berubah tapi ternyata sisi lainnya penuh tantangan dan godaan bahkan sisi yang lainnya malah menandakan kemunduran …

    entah sampai kapan bisa menjadi seseorang yang mampu berubah ke arah kebaikan untuk semua hal

    salam

    makasih dah rekomendasiin blog saya ke temen-temennya mas

    bener mas,berubah ke arah yg lebih baik,karena ada juga orang yg berubah ke arah lebih buruk😐

    kebetulan blognya mas saya liat cocok dengan ilmunya teman saya,jadi saya rekomendasikan deh😛

  10. Mari saling berbagi hal positif, selamat berkarya dan sukses!

    mari😛

  11. hmm, kita juga memerlukan musuh yang baik ya Dot.. yang mengajak kita bersaing dalam kebaikan.

    berarti bukan musuh itu bundo,tapi teman yg mengingatkan😛

  12. Assalamu’alaikum,
    Kewajiban kita adalah beriman dan beramal saleh. Kita wajib berusaha keras secara cerdas. Bukan berlomba untuk mengalahkan, tapi justru kita wajib memberikan teladan dan mengajak orang lain berbuat baik. Dan merupakan kewajiban kita semua untuk selalu melakukan hal yang baik dengan cara yang baik pula.

    Terima kasih.
    Salam

    setuju sekali pak ,insya Allah kita bisa dengan bantuan dan petunjuk Allah🙂

  13. sepakat mas..
    jangan iri melihat orang lain lebih baik, justru seharusnya memacu kita untuk bisa memberikan yang terbaik..
    jangan minder jika kita memiliki keterbatasan, justru dengan keterbatasan memacu kita untuk melakukan sesuatu yang lebih dari orang lain..

    salam kenal…
    salam kenal juga😛

  14. iya dot..
    cukup kita melihat ke diri sendiri.. apakah hari ini sudah lebih baik dari kemaren?

    kalo pun melihat ke orang lain..
    untuk memacu diri jadi lebih baik..
    berlomba2 dalam kebaikan

    mari kita berlomba dalam berbuat baik na😛

  15. Benar. Setiap orang punya potensi kelebihan dan kekurangan masing2. Tidak ada yang perlu dipersaingkan. Toh keberhasilan mereka karena memang memang melakukan yang lebih dari kita. Allah SWT kan berfirman bahwa Allah membalas sesuatu sesuai dengan amal perbuatan manusia itu. Jadi, jika kita merasa kurang dari teman kita tsb, ya wajar saja karena memang kita dibalas sesuai dengan kemampuan yang telah kita lakukan. Teman kita pun mendapatkan balasan sesuai dengan prestasi yang ia usahakan juga. Jadi, semuanya telah ada yang mengatur, atau rezeki masing2 orang ada bagiannya masing2 sesuai dengan apa yang diusahakan. Seperti tulisan diatas, yang patut kita saingi itu adalah diri kita sendiri untuk bisa mengalahkan hawa nafsu dan fokus utk mengejar kedekatan kepada sang Khalik

    ya mas ifan,kita usaha mengalahkan ego kita sendiri,itu yg sulit😉

  16. berlomba-lomba untuk kepentingan akherat, bukan untuk urusan dunia

    siap pak narno😉

  17. bersaing yang baik, kalo sama yang lain diajak dan diingatkan untuk kebaikan. bukan saling menjatuhkan.. supaya diakhirat nanti lebih banyak teman menuju surganya Allah.
    Amin..

    nah dita makin pintar ,jadi teman pulang ke surga ya dit??😛

  18. bersainglah dalam berbuat kebaikan…

    fastabiqul khoirot😛

  19. Bersaing dalam membuat kebaikan, itulah hal yang menyenangkan…

    makasih bu enny,tentu saja menyenangkan,karena membuat kita tambah dekat ke Allah dan surgaNYA😛

  20. bener mas..yang ada adalah mari kita bersama beratu untuk berbuat kebaikan jangan suka menjatuhkan orang lain hanya semata2 semi memuaskan ego kita
    tapi jangan lupa tentunya kit masih berkewajiban untuk saling menasihati dalam kebenaran dan ketaqwaan dengan cara yang benar pula🙂

    setuju,saling mengingatkan ya mas😛

  21. berlomba2 utk membawa bekal yg cukup utk nanti di kampung akhirat ya Mas Didot
    salam

    setuju sangat bunda😉

  22. FAstabiqul Khoirot …
    Bersykur…
    Rendah Hati..

    luar biasa…

    siap berlomba dan bersaing atau kerjasama dengan sya mas ustadz??
    😀

    siap dong mas,yuk kita bangun akhlak umat bersama😛


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s