Menunggu pertolongan Allah

Saya merenung panjang sebelum menulis ini, apa dan bagaimana perjalanan saya selama ini. Bagaimana perjalanan hidup saya selama ini, saya punya masa lalu,saya punya aib,saya punya kekurangan. namun apakah saya harus merasa rendah diri dengan itu semua? semua yang lalu telah terjadi dan tidak bisa dirubah. namun dibalik semua itu ,tentu saya juga punya kelebihan,saya punya masa depan yg lebih baik dengan segala harapan hidup terbaik saya. Bukankah yang paling penting adalah bagaimana kita saat ini dan bagaimana kita kedepannya?

Dari Abu ‘Abdirrahman Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu, dia berkata : bahwa Rasulullah telah bersabda, “Sesungguhnya tiap-tiap kalian dikumpulkan penciptaannya dalam rahim ibunya selama 40 hari berupa nutfah, kemudian menjadi ‘Alaqoh (segumpal darah) selama itu juga lalu menjadi Mudhghoh (segumpal daging) selama itu juga, kemudian diutuslah Malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya lalu diperintahkan untuk menuliskan 4 kata : Rizki, Ajal, Amal dan Celaka/bahagianya. maka demi Alloh yang tiada Tuhan selainnya, ada seseorang diantara kalian yang mengerjakan amalan ahli surga sehingga tidak ada jarak antara dirinya dan surga kecuali sehasta saja. kemudian ia didahului oleh ketetapan Alloh lalu ia melakukan perbuatan ahli neraka dan ia masuk neraka. Ada diantara kalian yang mengerjakan amalan ahli neraka sehingga tidak ada lagi jarak antara dirinya dan neraka kecuali sehasta saja. kemudian ia didahului oleh ketetapan Alloh lalu ia melakukan perbuatan ahli surga dan ia masuk surga. [Bukhari no. 3208, Muslim no. 2643]

Sejujurnya saya tidak perduli jika seluruh dunia ini menilai saya hina,buat saya kehinaan atau kemuliaan sama saja. jika hari ini saya marah atau sedih karena dihina,maka mungkin suatu hari saya juga akan bangga dan malah bisa jadi seperti orang yg menghina saya itu,diakibatkan karena kesombongan saya saat saya sudah mampu membuktikan kalau saya hebat dimasa yang akan datang,dan hal ini tentu sama saja buruknya bukan?

Cukuplah saya selalu berada di posisi zero ,karena yang paling penting adalah bagaimana kita di hadapan Allah,sebab semua bisa terjadi juga melalui pertolonganNYA. lalu apakah perlu saya sombong atau rendah diri saat saya tau 99% keberhasilan usaha saya adalah karena pertolongan dan takdir dari Allah? Dari sebuah keberhasilan, bagian saya mungkin hanya 1% atau kurang dari itu,tapi tanpa usaha maksimal dari yang 1% itu,pertolongan Allah yang 99% itu juga tidak akan mungkin datang bukan?

Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal. (QS 3 :160)

Saat ini ,saya perlu bercerita,bahwa nampaknya ada sedikit kendala dalam saya menemui jodoh saya, saya tidak bisa bercerita secara detil kepada anda semua,tapi yang jelas, bahwa ada salah persepsi antar pihak keluarga wanita kepada saya. tapi biarlah,ini semua juga terjadi atas izin dari Allah,jadi saya berbesar hati saja ,dan saya tidak menyalahkan siapa2 karena hal ini,saya terima ketentuan ini dengan ikhlas dan bersyukur,karena tidak ada ketentuan dari Allah yang buruk untuk saya.

malah saya mendoakan semoga Allah menyayangi mereka2 ini,mengampuni dosa2 mereka dan memberikan petunjukNYA selalu. mereka hanya belum tau,siapa saya sebenarnya,karena ketidak tahuan itulah maka seperti pepatah bilang : tak kenal maka tak sayang.

apakah saya harus membenci mereka karena ketidak tahuan mereka? saya jadi ingat cerita tentang rasul yg satu ini :

Pernah suatu ketika Rasulullah saw mendatangi kota Thoif untuk mengabarkan bahwa tiada Tuhan selain Allah swt. Namun apa yang terjadi? Penduduk Thoif langsung saja melemparinya dengan batu sebelum Rasulullah saw selesai menyampaikan risalahnya. Akibat perbuatan penduduk Thoif tersebut, Rasulullah saw pun berlari dengan luka-luka yang cukup parah, bahkan Rasulullah saw sampai harus kehilangan giginya karena patah.
Mengetahui hal tersebut, Malaikat Jibril pun segera turun dan menawarkan bantuan kepada Rasulullah saw. Malaikat Jibril berkata, “Wahai kekasih Allah, apa yang kau ingin aku lakukan terhadap mereka. Jika kau mau aku akan membalikkan tanah yang menopang mereka sehingga mereka hilang tertelan bumi?”
Seandainya Rasulullah saw menerima tawaran Malaikat Jibril untuk membalikkan tanah yang menopang wilayah penduduk Thoif, maka bereslah sudah kejahatan penduduk Thoif tersebut. Namun sekali lagi, kelembutan hati dan besarnya rasa kasih sayang di dalam hati Rasulullah saw kepada umatnya tidak mengizinkan hal tersebut. Rasulullah saw tetap bersabar dan menerima perlakuan penduduk Thoif tanpa rasa benci, kemudian beliau berkata kepada Malaikat Jibril:
“Jangan wahai Jibril. Mereka melakukan itu karena mereka belum tahu. Mungkin hari ini mereka menolak ajaranku, tapi aku berharap anak cucu mereka di kemudian hari akan menjadi pengemban risalahku.”

Demikian cerita ini mengingatkan dan menguatkan hati saya,bahwa saat saya belum dikenal baik oleh orang lain, bisa timbul persepsi yang salah. Seorang rasul saja,yg ketinggian akhlaknya sudah tidak diragukan lagi ,masih bisa dihinakan oleh orang banyak,apalagi saya yg jauh dari kemuliaan sifat seorang rasul.

Biarlah urusan jodoh ini sekali lagi saya ikhlaskan kepada Allah,kalau memang Allah berkehendak ini terjadi,ini pasti terjadi. kalau dia memang jodoh saya,dia pasti akan kembali lagi kepada saya, cepat atau lambat. saya tidak mau mengikuti hawa nafsu saya dengan memaksakan keinginan2 saya,toh saya masih bisa ibadah tanpa menikah. menikah adalah menyempurnakan lebih dalam lagi ibadah saya, dan menjaga saya dari tipu daya iblis.

sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS 94 : 6)

saya tidak akan menikah jika belum mendapat ridho dari pihak orangtua,baik orangtua saya maupun dia,karena menikah adalah bersatunya dua keluarga besar. menikah adalah ibadah,jadi jangan ada pihak yg tersakiti hatinya. saya juga berjanji,saya tidak akan menikah hanya karena tekanan umur ataupun tekanan lingkungan.

saya mau menikah dengan seseorang yg memang saya yakini pantas menjadi pendamping saya,dengan segala kriteria saya untuk calon istri saya,dan terutama punya tempat juga di hati saya. karena saya tidak pernah bisa membohongi hati saya,dan saya juga tidak dapat mengatur hati saya untuk suka kepada siapapun.

saya selalu yakin kalau selama ini ,Allah selalu mengilhamkan apa yg diinginkanNYA kedalam lubuk hati saya,termasuk mengapa saya suka masakan2  jawa ,chinese , ataupun japanese food, ketimbang makan masakan padang. kenapa saya suka makan yg manis2 ketimbang yg pedes2,kenapa saya gak doyan makan sayur dan lebih suka makan daging,kenapa saya hanya suka si anu  dan tidak suka kepada si itu.

semua itu telah diatur olehNYA, segala kecenderungan hati itu tidak pernah bisa saya kendalikan sendiri,karena saya yakin ada sebuah kekuatan yg jauh lebih besar dari saya, yang mengendalikan diri saya, dan segala kecenderungan tentang rasa,baik yg saya suka dan tidak suka ,itu semua telah menjadi suatu hak prerogatif Allah untuk mengaturnya.
“Wahai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS 2  : 153)
biarlah kini saya ikhlaskan,saya jalani saja hidup ini dengan ibadah sebaik2nya,saya jadikan sholat dan sabar sebagai penolong saya. saya bertawakal kepada Allah,bahwa sungguh ,jika seluruh ikhtiar telah saya lakukan sebaik2nya,maka saya tinggal berdoa dan menunggu pertolongan Allah yang akan menjadi takdir untuk diri saya. Dan nanti apapun keputusan Allah,itulah yg terbaik buat saya. semoga Allah ridho kepada keikhlasan saya ini.
Kehendakku bukanlah kehendakMU ya Allah,waktuku pun bukanlah waktuMU ya Allah,namun kehendakMU-lah yang pasti terjadi dan waktuMU-lah yang pasti paling tepat untuk semuanya wahai Sang Maha Bijaksana.

34 Komentar

  1. Mudah-mudahhan Allah mendengarkan Do’a- do’a yang tulus, dan segera mengabulkannya, kita hanya sosok yang lemah tanpa kuasanya, untuk itu kita wajib selalu berupaya di sertai do’a semoga harapan-harapan yang masih tertahan akan segera terwujud tanpa akibat mengambil jalan pintas, melainkan atas izin allah.. amin

    amin ya rabb🙂

  2. Ohya salam kenal dari udienroy JAMBI

    salam kenal juga mas dari jakarta🙂

  3. wa ilallahi turja’ul umuur . .
    salam kenal mas . .

    salam kenal juga mas arif😛

  4. Namanya jodoh itu urusan Allah, kita hanya di wajibkan mencari dan berusaha untuk mendapatkan pendamping, namun keputusan ada di tangan Allah apa pasangan kita tersebut bakaln jadi jodoh kita. Seumpama kita tidak mendapat jodoh di dunia, kan ada jodoh di syurga nanti? Jadi tidak usah pusing Mas Didot tentang urusan jodoh, serahin aja ke Allah semua.

    tentu saja mas dahrun,saya hanya ikhtiar kok. lagipula urusan dunia itu urusan remeh temeh,terlalu sepele,kalau urusan akherat itu baru lebih utama dan paling utama🙂

  5. yang sabar ya bang didot..
    Ada ayat yang sangat nin suka
    “janganlah kamu takut dan jangan merasa sedih” (41.30)
    Sepenggal ayat yang nin suka pas2in kalo nin merasa “sendirian”

    makasih ayatnya nin,saya juga suka🙂

  6. Iya yang Sabar y Mas Didot…Jodoh emang diatur ama yang di atas, Kalau kita menanamkan buah kesabaran, pasti kita akan memetik buah kesabaran itu sendiri!!

    kalau gak sabar mau ngapain lagi mas??😛
    kalau sudah jadi ketentuan Allah kan kita cuma bisa sabar aja ,tul gak??😉

    insya Allah,Allah selalu ngasih yg terbaik untuk hambaNYA🙂

  7. didot.. yang sabar ya..
    insya Allah na,kalau gak sabar mau ngapain lagi??😯
    karena sesungguhnya kesabaran adalah nikmat Allah yang sangat berharga
    setuju banget na

    Janganlah hanya karena 1 keinginan yang belum terkabul, membuat kita lupa akan berjuta, bermilyar, bahkan tak terhitung lagi nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Karena sejatinya, Allah telah memberikan nikmat yang luarbiasa..yaitu kehidupan, rasa syukur, dan kesabaran..

    tentu saja,masih banyak nikmat Allah yg perlu disyukuri,toh urusan dunia urusan sepele kok dibanding urusan akherat,tul gak na??😛

    dan pastinya..
    Allah tau yang terbaik buat kamu Dot..
    pastinya demikian na😉

    semangat selalu yaa🙂
    caiyo

  8. Sebelum pertolongan itu datang, kita harus ngerjain “tugas-tugas ujian” yang di berikan dan di ujikan Allah kan mas🙂

    betul,kalau gak ngerjain tugasnya ,mana mungkin Allah mau nolong??😛

  9. duh, semoga masalahnya bisa segera terselesaikan ya
    insya Allah,gak ada masalah yg gak ada jalan keluarnya🙂

  10. ”Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar”(Ath Thalaq:2)
    Singkat kata, setiap orang harus meningkatkan ketaqwaannya agar datang pertolongan Allah buat kita

    bukan begitu kang?

    betul bang jali😛

  11. duh..curhat ya mas??
    iya nih jadi rada curhat ya?? biarin deh ini kan blog pribadi hehehe:mrgreen:

    Semoga kedepannya Allah akan memudahkan mas didot dlm urusan jodoh ya…

    ‘setelah kesulitan pasti ada kemudahan’
    insya Allah,janji Allah pasti benar kok fit🙂

    la tahzan..
    cheers😉

  12. selalu ada ujian yang datang, yang penting bisa bersabar dan berbagi dengan orang2 terdekat. semoga bisa diselesaikan dengan baik.amien

    pastinya,ujian itu adalah untuk meningkatkan level kita di hadapanNYA🙂

  13. Tak ada yang kebetulan dlm dunia ini smuanya tlah tertulis dlm kitab lauh mahfudz…qta tdk pernah akan merasa sendiri jika Allah, SWT sandaran qta, DIA yang lebih tau apa yang qta butuhkan melebihi yang qta inginkan…smoga qta snantiasa dlm rahmat-NYA..

    betul semuanya terjadi untuk alasan yg baik🙂

  14. Semoga mas didot selalu diberi limpahan kesabaran dariNya, aamiiin…

    aminnn🙂

    Mas, izin nge-share di FB, boleh ga ya?
    monggo mbak😛

  15. Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

    Mas, Allah Tahu Betapa niat mas itu sangatlah mulia, namun seperti kita ketahui, bahwa semua yang ada di dunia ini adalah kehendak Allah Swt.

    Ada sebuah kisah, bibi saya yang punya komitmen dan prinsip bahwa dia hanya akan menikah usia 25 tahun, ternyata, di usianya yang ke 21 tahun ia menikah. Lalu ada juga salah satu warga di desa kami yang ia pria tidak ditakdirkan menikah, maka, saya sempat tanyakan kepada salah seorang ulama, katanya, “Tugas manusia dan jin itu mengabdi kepada-Nya, dan soal menjalankan sunnah Rasul adalah berkaitan dengan usaha kita dan semua kembali kepada kehendak-Nya. Dan, yakinlah, wanita dan pria mukmin, kelak di surga kalau memang tidak ditakdirkan menikah di dunia, akan dinikahkan di hadapan Allah di surga kelak, dengan istri atau suami yang terbaik. Tingkatkanlah keimanan kepada Allah. Dan ingatlah, DIA Maha Tahu yang terbaik bagi abdi-Nya”

    Walau begitu, sebagai sesama muslim, maka tugas saya ialah mendoakan. Semoga Allah memberikan jalan, yang penting jangan berputus asa dari rahmat Allah

    walaikum salam wr wb,makasih mas usup
    menikah tidak menikah itu urusan Allah semata,saya gak merasa perlu atau tidak perlu,tapi jika memang sudah saatnya pasti akan terjadi juga.
    saya hanya bisa berdoa,semoga diberikan yg terbaik dariNYA🙂

  16. Sebelum ngisi koment ini, Ane sempet bengang-bengong hampir setengah jam nih gan, Trit ente dalem banget isinye. Saluuut gan utk pencerahannye. :cendol sent

    makasih gan, ane belum sempet maen2 lagi ke trit ente😀

  17. Mas didot…
    kayaknya ucapan sabar sudah diwakilkan oleh yang lain🙂
    salut dan terharu membaca postingan ini…
    betul lia😀
    tetap semangat …(pasti donggg kata mas didot )
    pastinya . caiyo😉

    salam hangat🙂
    maaf mas lia baru online😳

    dimaafkan kok dek,makasih ya udah mau berkunjung kesini😛

  18. Tetp bersemangat, Mas. Hanya ini yang bisa saya katakan.

    makasih,itupun sudah cukup buat saya😛

  19. masalah jodoh ternyata..hehe sama dong mas ^^
    sabar aja kali y mas🙂
    makasiiih..

    emang harus sabar,gimana mau ngelawan ketentuan Allah? gak mungkinlah😛
    semua ada takdirnya juga buat segala usaha kita🙂

  20. tuhan tau mas,
    ga perlu bersedih,
    apalagi sampai dukun bertindak😀

    haiyaaahh gak perlu lah sampai dukun sih😀

    semua yang terjadi sekarang ini kan karena tuhan tau yang terbaik untuk mas didot sndiri.

    *udah deh, kayanya saya kmana mana ni komengnya*

    pastinya Tuhan maha tahu🙂

  21. tetep semangat ya mas,Allah pasti berikan yang terbaik untuk kita semua Amin🙂..

    itulah yg namanya tawakal🙂

  22. bunda jadi terharu membaca tulisan ini, sekaligus kagum pada Mas Didot.
    Semoga Allah swt menjadikan hatimu selalu bertaut padaNyA dlm segala masalah , baik dunia , apalagi akhirat.
    salam sayang selalu utk Mas Didot.
    salam

    insya Allah bunda,segala masalah adalah agar kita selalu ingat bahwa kita itu butuh kepada pertolongan Allah🙂

  23. Assalaamu’alaikum Mas Didot

    Dengan hormat dan takzimnya, saya berharap sahabat sudi menerima AWARD PERKASA – KAU ADALAH YANG TERBAIK, sempena sambutan HARI BAPA di Malaysia pada 20 Jun 2010. Ia sebagai menghargai persahabatan dalam perkongsian ilmu di ruang maya dan mengenangi jasa para bapa dalam memperjuangkan kehidupan yang harmoni untuk kebahagiaan keluarganya.

    http://websitifatimah.wordpress.com/2010/06/21/20-jun-2010-selamat-hari-bapa-untukmu-malaysia-dan-indonesia/

    Salam mesra dari saya.

    salam balik bu siti,saya sudah dari tekape,terimakasih kembali ya😛

  24. Semoga segera dapat wanita yang diinginkan! Amin!

    semoga siapa yg sudah ditakdirkan Allah untuk menjadi jodoh saya segera dipercepat untuk menikahnya sama saya😉

  25. yang terlintas waktu baca pertama sih : kata pak guru, sabar salah satu kunci surga, berarti…jodoh yang ditunggu2 ini bisa ditukar sama bidadari dong mas..bidadari loh.. tukar tambah yang menggiurkan ^_^
    yang terlintas waktu baca kedua kalinya : “sabar..manusia memilih, manusia berencana, Allah lah yang menetapkan”…
    klise banget, tapi ya memang begitu adanya ya mas, gak ada kesimpulan lain🙂

    ya gitu wi,kalau memang gak ada jodoh di dunia,berarti di akherat. tapi kita tau darimana kalau gak usaha dulu di dunia?? makanya ini kan cuma ikhtiar,semuanya berpulang lagi kepada Allah untuk menentukan.
    jadi sekarang cukup ikhtiar terus dan bersabar aja🙂

  26. Ass. wr. wb, salam kenal yah, Musuh terbesar adlh diri kita sendiri, bgm mengendalikan segumpal daging yg namanya HATI, dimana kebaikan dan keburukan bertaruh untuk menjadi pemenang, begitupun keikhlasan, kesabaran dan ridho adlh kata yg gampang terucap tp perlu perjuangan tuk menjadikan itu bagian hidup kita, Keyakinan akan pertolongan Allah adalah merupakan bentuk keimanan kita pada yg maha kuasa dan ga bisa terpungkiri bahwa kadang msh ada keraguan atas hal itu, mmg semua butuh proses termasuk melalui cobaan dan ujian yg telah ditetapkan olehNYA, tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolonganNYA.

    salam kenal kembali,Allah maha baik,menolong setiap hambaNYA,itulah bukti kebesaran dan kemurahan hatiNYA🙂

  27. *Hugs.*

    aku mengenalmu, Dot. Dan aku sayang kepadamu…

    Yang sabar ya… *ngelus-ngelus punggungnya Didot*

    Jodohmu akan datang, selama dirimu juga masih mau berusahan. aku percaya banget sama kata-kata itu.

    Now i know, what happen, and why the status is “single” again…

    Take care you, dear…

    yessy,kata2mu sungguh menyejukkan hati ini,makasih ya yes,kamu benar2 teman yg baik,saya jadi terharu baca ini.

    kalau soal status,sebenarnya status itu cuma ada dua,menikah atau tidak menikah,seperti di ktp. maaf ya gak dijelaskan di FB,biar ditulis disini aja,lebih jelas dan enak kan bacanya😀

    • Iya, iya, aku ngerti🙂 Atur waktu ketemuan lagi yuk?🙂

      boleh yes,aku maen ke kantor aja ya kalau sempat ,seperti biasanya😀

  28. sabar ya mas aku juga lagi tunggu pertolongan Allah kok

    bukankah kita semua selalu demikian? 😛

  29. hmmm… mungkin saja ini cuman kerikil kecil yang Allah hadirkan buat mas dan calonnya mas.. mungkin saja sebentar lagi Allah memberikan bisikan kepada sang ortu dan pernikahan masih bisa dilaksanakan… Berpositif thinking saja lah mas.. Allah itu Maha Penyayang..!! ^^

    memang benar,masalah dunia itu sepele dan kecil,lagipula mudah bagi Allah,apa yg sulit bagi manusia.

    saya bertawakal kepada pertolongan Allah,cepat atau lambat,itu urusan Allah,saya hanya berusaha🙂

  30. Semoga dimudahkan urusannya. dan INsya Allah akan menolong mas didot, besabar dan terus berdoa. Semoga ini hanya krikil kecil namun akan membawa keindahan selanjutnya.Amien

    besar kecilnya masalah adalah tergantung keluasan hati kita saat menerima masalah tersebut🙂

  31. saya mengamini yang ini “saya tidak akan menikah jika belum mendapat ridho dari pihak orangtua,baik orangtua saya maupun dia,karena menikah adalah bersatunya dua keluarga besar. menikah adalah ibadah,jadi jangan ada pihak yg tersakiti hatinya. saya juga berjanji,saya tidak akan menikah hanya karena tekanan umur ataupun tekanan lingkungan”

    amin ya ALLAH … semoga Ayah berkenan.

    saya ikut mengamini deh de😛

  32. semoga Allah senantiasa memberikan pertolongan kepada kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan!

    amin

    insya Allah hel,DIA ingin kita masuk surga jauh melebihi kita sendiri,DIA memberikan petunjukNYA dan mengirim rasulNYA,sementara kita sudah tau tapi suka gak mau nurut🙄

  33. saudaraku…cobalah resep terakhir dariku…sedekahkanlah 1/5 dari apa yang kamu punya karena ALLAH…seandainya kamu hanya punya 10rb mk sedekahlah 5rb….ane doain…juga dari sini…biar dimudahkanl segala urusan…ente…insya Allah tidak akan sampe waktu 1th jodoh datang Karena Allah..amin…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

