Jika penghulu datang terlambat

Selama ini kita berpikir jika penghulu datang terlambat ,maka sebuah acara akad nikah bisa jadi bakal terlambat pula, karena harus menunggu sang penghulu datang,padahal penghulu itu bukan termasuk syarat maupun rukun nikah,penghulu itu cuma tukang catat dari KUA untuk didaftarkan di negara secara resmi.

adapun kehadirannya tidak wajib saat itu juga,asalkan rukun dan syarat nikah sudah ada semua,maka pernikahan tetaplah sah menurut agama. penghulu hanya membuat pernikahan tersebut menjadi sah juga di mata negara ,karena ikut dicatatkan di catatan sipil.

Ada cerita seorang teman saat penghulu datang terlambat,kemudian acara tetap dimulai,maka saat penghulu datang,dia hanya diminta tandatangan aja setelah mendapatkan keterangan dari para saksi,dan kemudian penghulu bisa segera pulang lagi atau mengurus acara yang lainnya.

jadi mulai sekarang ingat ya kawan2,bagi yg belum menikah (termasuk saya ini tentunya😛 ) ,gak usah panik kalau penghulu belum datang,santai aja,acara bisa dimulai,gak mesti dipimpin oleh si penghulu ini untuk memulai,bahkan sebenarnya kalaupun penghulu sudah hadir , dia bisa disuruh duduk di pinggir kok, gak mesti ada di depan meja akadnya,jadi cukup jadi penonton pun gak masalah  ;)

oh ya ,sekedar sebagai pengingat buat kita semua,terutama yg belum nikah,maka perlu diketahui bahwa rukun nikah adalah termasuk : ijab ,calon pria,calon wanita,dua orang saksi pria , wali nikah.

adapun mas kawin adalah sebagai syarat nikah,bukan rukun nikah,karena mas kawin dapat di anggap sebagai hutang,tidak harus dibayar tunai.  tapi kalau boleh saya menyarankan,tolong jangan dicicil ya,bayarnya kalau bisa langsung sekali saja (emangnya kredit mobil dicicil??:mrgreen: )

20 Komentar

  1. iya iya saya tau,pasti pada nanyain saya kapan kan?😛
    gak tau deh ,saya maunya segera nikah,tapi nampaknya Allah masih belum berkenan dalam waktu dekat ini,saya minta doanya saja ya,biar dilancarkan niat baik saya ini,insya Allah kalau sudah saatnya pasti diumumkan ,terimakasih atas doa dan dukungannya dari teman2 sekalian🙂

    • ha..ha.. akupun begitu kang..😀

  2. Bundo gak nanya kok, Dot

    Semua ngedoain agar semua proses berjalan lancar, Didot sabar aja.. yang penting terus ikhtiar, Allah sayang sama Didot.

    **Mas kawinnya disimpan saja baik-baik.😛

    • nebeng do’a bundo😀

      hush,mobilnya udah penuh nih desek2an kin😛

  3. Syukurlah sedang proses walau agak diundur.gpp mas.sabar mas ,padahal nyabarin diri sendiri seeh..Kawan kami sebagai mc pernah menikahkan seorang kawan karena penghulunya belomdatang.padahal mcnya belum nikah… . salam sehat

  4. Ya..ya..ya, potingan kali ini pasti di khusus-kan untuk seseorang…Hmmmm, sapa tu?????. ang jelas seseorang itu juga nggak akan mau kalo deadline nikahnya jadi terlambat gara2 pak penghulu datang terlambat…..Koordinasi yang intends aja ya mas, sama mempelai, keluarga dan bakal pak penghulunya nanti (dilempar bata🙂 )

  5. tawakal bagian dari keimanan Pak, berusahalah, dan serahkan semua di tangan Allah, karena hanya Allah yang tahu mana , apa dan kapan yang terbaik untuk kita….

    selalu saya katakan dan tidak berhenti saya katakan, ketetapan Allah Maha Indah Pak, sekalipun tak nampak indahnya dimata manusia saat ini, tapi suatu saat nanti kita akan berkali-kali mengurai air mata di hadapanNya, begitu luarbiasanya cintaNya untuk kita, dan begitu dzalimnya diri kita kepadaNya, karena persangkaan kita yang tiada habisnya…

    dan Allah akan memudahkan jalan bagi hambaNya yang meniti di atas cinta dan ridloNya…trust me, u just need 2 believe🙂

  6. Kalo pengalama yang pernah aku rasakan, udah gak sabaran…
    ucapan ijab qobul yang udah dihapalin jadi malah kacau, soalnya udah gak bisa berkutik banyak. Udah duduk dihadapan banyak orang dan menunggu .. huh rasanya, apalagi masih harus jaga sikap banget sama camer… hiks…..

  7. Yg pntg pengantin kt ada, haha.😀

  8. Gw gak nanya, kok…:mrgreen:

    Sementara waktu disiapkan aja mas kawinnya dulu…😉

  9. jadi boleh dong dibayar kredit ( g tunai ) hehehe

  10. bener juga ya mas.. khan yg penting ada wali, trus saksinya..

    semoga cepet ya mas..:mrgreen: n saya juga..

  11. Ndak nanya kok🙂, Allah pasti sedang mempersiapkan yang terbaik untuk mas Didot.

  12. sepertinya didot emang lagi persiapan benerrrr…..
    oke lah kalo begitu dot…
    semoga lancar ya..🙂

    insya Allah na,makasih🙂

  13. yg bingung itu klo salah satu pengantinnya ga dateng ke rumah calon pengantin….udah itu ngirim surat permohonan maaf klo nikahnya diundur sampai batas waktu yg nggak ditentuin….

    ah itu sih namanya muntaber mbak mel,mundur tanpa berita:mrgreen:

  14. bunda hanya bisa urun doa, agar Allah swt memudahkan segalanya utk Mas Didot.
    Salam

    amin ,makasih bunda ly🙂

  15. Saat ini kebanyakan orang2 minta tolong penghulu yang menikahkan, bukan wali dari anggota keluarga.

    makanya salah kaprah kan?😛

  16. hahahaha…mas aku ngakak baca postingan ini!
    membayangkan jika mas didot merried terus nungguin penghulu, begitu penghulu dateng malah ngomong gini ke penghulunya

    “pak penghulu di pojok aja ya, gangguin saya akad nikah aja”

    wakakakaka…peace mas😛

    hehhehe,bisa jadi itu😛

  17. Akan saya ingat, Mas Didot..🙂

    wajib itu sop ,biar gak panik😛

  18. mas didot sok tau aja lho >> makasih,saya memang masih harus banyak belajar,tapi yg saya sampaikan itu adalah dari apa yg saya dapatkan dari ustadz saya juga ,saya hanya menuliskan pandangan beliau saja


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s