Idola terbaik

Di dunia ini sekarang banyak yg menganut agama2 baru,mulai dari agama sepakbola , agama musik ,agama film dan lain sebagainya dengan bintang2nya sebagai idola2 para fansnya yang terkadang fanatismenya berlebihan.

belum lagi idola2 baru yg muncul dari ajang2 perlombaan idol. siapapun bisa menjadi idola jaman sekarang,asal sering muncul di layar kaca, sering muncul di media2 ,seseorang bisa menjadi seperti layaknya manusia setengah dewa dengan tampil menjadi idola.

Kefanatikan kepada idola2  ini menjadikan idola2 ini  sebagai dewa2 baru , yang dicontoh segala macam gayanya,perilakunya,dan diikuti semua gerak gerik dan kisah hidupnya oleh para fans dan pengikutnya tersebut.

Namun apakah benar mereka2 ini memang semuanya pantas dijadikan idola?

Beberapa dari idola2 baru ini,ada yang perilakunya kurang baik untuk dijadikan contoh,dari kehidupan pribadinya,atau tingkah lakunya yang jauh dari nilai2 agama. Mungkin hanya prestasi mereka dalam bidang yang mereka kuasai sajalah, yang membuatnya pantas menjadi idola. tapi kadang media2 telah bias dengan membuat mereka menjadi sosok selebritis yang tampil dalam setiap kesempatan dan mengorek2 kehidupan pribadi mereka2 ini.

tapi semua hal ini juga bukan salah mereka,perilaku fansnya yang sudah sedemikian terbius oleh sosok idolanya itulah yang menjadikan mereka juga terkesan bisa bebas melakukan apa saja tanpa takut jika dirinya itu ditinggalkan oleh para fansnya,bahkan kadang seorang fans, karena terlalu ngefansnya terhadap idolanya tersebut ,ada yg sampai rela memberikan apa saja demi untuk bisa dekat dengan idolanya tersebut.

Para fans seperti tersihir melihat bakat2 idola mereka ini,entah dalam bidang tarik suara, ketampanan atau kecantikannya, maupun kelebihan2 dalam bidang olahraga atau hal2 lainnya.

padahal sebenarnya,seharusnya saat kita kagum melihat kelebihan seseorang ,kita seharusnya  memikirkan tentang kehebatan ‘SIAPA” yang menciptakan segala  kelebihan dari mahluk itu.

“Janganlah kamu membeliakkan kedua matamu (terlalu kagum) dengan apa yang Kami berikan pada mereka sebagai perhiasan kehidupan dunia. Hal itu untuk menguji mereka. Sedangkan rezeki Tuhanmu jauh lebih baik dan lebih kekal.” (QS Taha : 131)

Kalaupun kita semua butuh teladan,maka sebenarnya kita juga sudah punya rasul sebagai sosok teladan manusia yang paling sempurna,demikian seperti yg dikatakan oleh alquran.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (iaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”. (QS Al-Ahzab : 21)


Dan kalau kita mau kagum ,bukankah seharusnya kita kagum kepada yang menciptakan para idola kita itu?

Kalau kekaguman kita kepada para idola kita itu ,membuat kita mampu melakukan apa saja untuk bisa dekat dengan para idola kita itu,bukankah seharusnya kita juga mau melakukan apa saja agar bisa dekat dengan Sang Maha Pencipta dari idola2 kita itu?

bukankah kalau idola kita keren,tentu Allah jauh lebih keren ?

bukankah kalau idola kita kaya raya,maka Allah jauh lebih kaya ?

bukankah kalau idola kita hebat,tentunya Allah jauh lebih hebat?

bukankah kalau idola kita suaranya merdu,maka Allah jauh lebih merdu suaraNYA?

suara terindah pasti adalah milik Allah ,demikian pula paras terindah,dan juga kekuatan terhebat, dan seluruh langit dan bumi beserta isinya ,memang berada dalam genggaman Sang Maha memiliki,Sang Maha Kaya.

Lalu masih maukah kita mengidolakan seseorang hanya atas segala kelebihan mereka itu? padahal hal itu tidak membawa manfaat sedikitpun buat kita? bahkan kalau dipikir2,kehebatan mereka itu tidak ada apa2nya dibandingkan dengan kehebatan para nabi jaman dulu,apalagi jika dibandingkan dengan kemaha-hebatan Allah, amat sangat jauh bedanya.

apakah kita lupa kepada ketampanan nabi Yusuf yang membuat seorang wanita lupa sedang mengiris tangannya?

apakah kita lupa pada kehebatan nabi Musa yang membelah lautan untuk diseberangi?

apakah kita lupa pada nabi Isa yang mampu menyembuhkan orang sakit  dan juga terlahir tanpa ayah?

apakah kita lupa pada salah seorang anak buah nabi Sulaiman yang mampu memindahkan istana ratu balqis hanya dalam hitungan kejapan mata? bahkan nabi Sulaiman lebih hebat lagi dengan juga mampu bicara bahasa binatang dan menguasai kerajaan jin dan manusia sebagaimana ayahnya nabi Daud

apakah kita lupa pada kemuliaan akhlak nabi Muhammad dan betapa hebatnya beliau sebagai ahli perang dan dagang, dan juga kerendahan hatinya serta kesederhanaan beliau, meski beliau adalah seorang pemimpin dan raja bagi umatnya kala itu?

Demikian adalah kehebatan para nabi,semua itu tentu didapatkan atas ijin dari Allah,karena sebagai tanda2 kekuasaan yang Allah berikan kepada mereka. tentunya Allah jauh lebih berkuasa lagi daripada para nabiNYA tersebut.

kalau kita mau mengidolakan Allah ,dan membuat kita  jadi ingin lebih dekat denganNYA, tentunya itu sangat bermanfaat bukan untuk masa depan kita?

mempelajari kata2NYA di alquran,menjalankan perintahNYA,menjauhi laranganNYA, semua ini bermanfaat buat kita ,baik untuk kehidupan kita di dunia maupun untuk kehidupan kita di akhirat kelak.

Kalau kita masih belum mampu mengidolakan Allah,karena Allah itu  gaib dan diluar nalar kita,mengapa tidak kita idolakan saja dulu manusia yg diidolakan Allah,yaitu Nabi Muhammad.

dengan meniru teladan Nabi Muhammad,insya Allah kita juga akan diidolakan oleh Allah dan seluruh mahluk lainnya

semoga ke depannya ,kita semua tidak salah lagi dalam memilih idola kita ya😉




20 Komentar

  1. Benar jg apa yg dikatakan di atas😀 ehehe

  2. Idola itu membuat diri kita termotivasi dalam mencapai sesuatu dan bisa membuat kita bersemangat menghadapi hari2 yang indah. dan Allah telah mengutus Rasul yaitu nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang wajib kita idolakan.Karena beliau satu contoh terbaik didunia ini. Bila ada yang lain mungkin kita ambil saja yang baik. dan saat ini memang idola-idola yang ada dimasyarakat memang hanya dari sisi tertentu saja. tidak meyeluruh.padahal bisa jadi banyak hal yang tak patut di contoh. Semoga tulisan ini sebagai bentuk peyadaran kepada setiap diri kita.Semoga

  3. Rasulullah adalah contoh terbaik untuk semua umat manusia, karena Beliau adalah hamba ALLAH yang sempurna…Tidak ada salahnya kita kagum dengan manusia sejauh itu bisa memotivasi kita untuk terus mendekatkan hati kita kepada ALLAH…

  4. Akhlak Rasulullah itu adalah Alquran ya Dot.. meniru Rasulullah berarti mengikuti kehendakNYA.

    Ikutilah kehendakNYA bila kita ingin menjadi orang yang dikehendaki-NYA
    bantu kami ya Rabb, menjadi seperti yang Kau mau..

  5. salam kenal kang
    luar biasa

  6. Rasulullah suri tauladan yang baik.. idola yang baik..
    mengharapkan cinta Allah, belajar dari orang yang dicintai Allah juga..

  7. idola atau teladan yg paling sempurna adalah Junjungan kita Rasulullah saw.
    akhlak beliau adalah al-qur’an.
    Semoga kita mau dan mampu mencontoh akhlak Beliau,amin
    salam

  8. Kata IDOLA disini blh dikatakn sbg slh satu fasilitas buat qta sbg manusia hsl pemutusan dr generasi sblmnya, bhw mungkin dl ada yg mengidolakan firaun dn mjdkan dirinya sbg tuhan shg ada pemutusan generasi krn hal itu dah musyrik yg maha dahsyat…setelah itu fasilitas itu diturunkan kpd qta dlm bntuk yg mgkn lbh sederhana ke wujud manusia yg mengikuti zaman, dan secara tdk langsung telah maaf memper-Tuhankan zaman, shg qta lbh mengikuti tuntutan zaman ketimbang mengindahkan perintah-NYA…Na’udzubillah billah minzaalik.

  9. pengidola akan meniru sifat yg diidolakan

  10. Idola yang berlebihan (dalam hal ini kehidupan duniawi) menjadikan kita seperti orang yang tidak memiliki pegangan

  11. milih idola harusnya yang terbukti sudah sempurna, jadi kita tenang nirunya karena pasti membuat kita jadi manusia lebih baik. Siapa manusia yang sempurna? hanya Rasullullah🙂

  12. Beliau bukan cuma idola, tapi beliau adalah tuntunan kemana rah hidup saya akan mengalir

  13. idola kita ya Rasulullah y mas didot ^^
    sayang sekali udah terlupakan🙂
    semoga kita bisa terus menjadi pengikut jejak beliau amiin
    barokallahu fika

  14. teladan utama sepanjang masa dan takkan pernah tergantikan adalah rasulullah saw

  15. Jadi inget lagu ini…
    Muhammad..karenamu…terkuaklah jalan cinta hamba kepadaNya……
    (“mendambamu” Opick)

  16. sang idola sejati… Muhammad SAW, namanya indah sekali…
    ya Rasulullah ya Habiballah, karuniakanlah syafaatmu kepada kami..

  17. NICE POST~

    aku kembalii kakakkk..

    idolaku Allah swt

  18. idola itu tetap beliau Shalallahu ‘alaihi wa sallam

    tentu saja dong😛

  19. betul sekali Dot..
    kita gak boleh mengidolakan orang berlebihan. bahwa segala sesuatu yang dipunyai idola itu adalah milik Allah.

    dan, popularitas itu adalah amanah sekaligus ujian yang sangat berat dot.
    ketika seseorang yang menjadi idola itu tidak mampu menjadi suri tauladan yang baik, masya Allah… dia punya andil juga menambah dosa orang2 yang mengidolakannya dan meniru perbuatan yang kurang baik.

    ah anna,komennya bikin adem aja,makasih na😀
    semoga kita bisa menjadi orang yang selalu mengidolakan dan mencintai Allah dengan segenap jiwa

  20. […] jadi idola..siapapun bisa jadi fans…”..doh..jadi teringat tulisannya kang didot tentang idola..cekidot dah di […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s