ikhlas dalam menulis

Belakangan ini grafik kunjungan yang datang ke blog saya menurun. saya sadar turunnya antara lain karena saya jarang balas komen,saya jarang blogwalking sehari2nya lagi.

tapi biarlah semua itu terjadi,toh saya menulis bukan untuk mencari traffic. saya menulis untuk berbagi hikmah,berbagi pengetahuan saya agar teman2 pembaca bisa juga merasakan apa yg saya rasakan dalam hidup ini.

Kalau hanya untuk meningkatkan traffic,tentu saya harus menulis hal2 yg berhubungan dengan gosip artis2 terkini,tapi apakah itu ada manfaatnya? sedang ilmu adalah wajib kita cari,tapi kalau gosip? apa hukumnya gosip?

Apa artinya ilmu tanpa amal? apa artinya amal tanpa ikhlas?

katanya kita harus ikhlas bila ingin mendapatkan balasan dari Allah,nah saya juga  ingin benar2 ikhlas dalam menulis di blog ini. sebagaimana para salafus sholih dulu saat menulis kitabnya. dengan keyakinan penuh,kitab yg sudah ditulis berlembar2,dibawa kelautan,dan sambil berdoa “ya Allah,jika aku tidak ikhlas menulis karena ENGKAU,maka biarlah tinta di kitab ini luntur” lalu melepaskan kitab itu kelaut. ajaibnya kitab itu tidak basah sama sekali.

kalau saya mungkin dalam menulis belum seikhlas itu ya? seandainya blog ini dimuat dalam sebuah kitab,pastilah luntur semua jika mengikuti cara ujian orang2 sholeh itu.

Saya hanya berharap ,blog ini bisa jadi sebuah batu nisan bagi saya kelak jika saya tidak hidup lebih dari hari ini,maka biarlah hikmah2 di blog ini bisa dibaca dan dipelajari oleh teman2 sekalian,sebagai pahala yg tidak berkesudahan buat saya.

sungguh saya tak pernah tau umur saya ,saya berharap hidup sampai usia tua,tapi sesungguhnya hari esok pun belum tentu ada buat saya. kita sering berharap panen tanaman di masa panen,meski ternyata hama kadang menyerang sebelum masa panen itu tiba…

30 Komentar

  1. Menulislah terus mas, meski tak ada yang membaca, setidaknya tulisan kita mampu menasehati diri kita sendiri … kang gitu yah?

  2. Salut dengan mas Didot yang tetap teguh memegang keinginan yang kuat untuk tetap menulis sesuatu yang bersifat menginsiprasi semua orang untuk melangkah kearah kebaikan disaat yang lain sibuk dengan traffik rank dan lain sebagainya. Pun bagi saya, ini menjadi pelajaran berharga agar kedepannya bisa melangkah kearah kebaikan lagi dan tidak selalu mengejar apa yang ada dalam dunia fana ini

  3. Menulis trz mas😀, saya pembaCa setia blog ini, krn ada di google reader saya, jd selalu update, yg pntg tlsn dalam blog berbobot😀

  4. Kalo menurut saya seh bukan seperti itu mas, intinya selain untuk menambah ilmu, kita yuang saling berkunjungbloging juga untuk silaturahmi….ya luangkan atau tuliskanlah satu kalimat, meskipun itu di analogikan seperti menjawab salam…ada suatu keinginan jika yang berkunjung ke sini pastinya juga saling berinteraksi dengan si empunya blog ini..ya kalo resposiblenya seperti itu dan cendferung statis…ndak ada kedekatan silaturahmi yang bisa terjalin lagi dunk mas, setidaknya hormatilah kami yang mampir di sini mas…

  5. kalo saya sih dot..
    let it flow aja.
    saya nggak pernah memaksakan diri dalam ngeblog.
    kalo pas senggang dan bisa bw ya bw.. ato balesin komen2 yang ada..

    kalo pas waktunya lagi sempit, karena priorotas kesibukan, ya gpp…

    tapi setuju, kalo nulis harus ikhlas🙂 saya sendiri sepenuhnya belum bisa. masih berharap ada komen, terutama yang saya merasa lebih dekat.. termasuk sahabatku didot🙂 tapi balik lagi.. let it flow.. setiap orang punya kesibukan masing2.

    dan yah, tulisan kamu yg dulu ttg meluruskan niat ngeblog masih saya pegang. harus berbagi kebaikan dalam setiap tulisan. walopun sekecil apapun. daripada menebarkan keburukan, walopun kecil juga.. tetap tercatat sebagai dosa kita.

    semoga tali silaturahmi yg baik tidak terputus🙂

  6. ..
    bener sob,nulis harus ikhlas, jujur, apa adanya alias gak jaim..😉
    ..

  7. Blognya Bagus…
    Salam kenal, nunggu kunjungan Balik hehehe

  8. teruslah menulis Mas Didot.
    bunda pun sering kali menulis dgn niat utk mengingatkan diri sendiri🙂
    salam

  9. Ah, bener banget, mas. Terimakasih udah mengingatkan. Blog refleksi saya itu juga jarang saya apdet.😦

  10. Sama nih😦 Sejak pindah blog pengunjungnya makin berkurang. Malah sehari hampir ngga ada. Kemana sih semua orang ini? Tapi meski gitu aku juga tetep nulis. Ngga peduli ada yang baca atau nggak.

  11. sama dot… biarlah kelak akan tercatat jejak di maya ini bahwa pernah ada blogger kek kita2 ini ya… meski kita telah tiada

    http://novisunflo.com/2010/06/12/open-your-mind-rose-adalah-novi/

  12. waduh bener sekali mas didot..akhir2 ini traffic saya juga turun..sama seperti halnya mas didot keke kemaren sibuk2 dikit deh jadi males BW hihi..tapi kan blogging bukan buat itu..kadang suka aga gimana gitu tapi kan blogging musti ikhlas bener g mas..kapan ni ketemuan?😀

  13. Saya setuju mas dengan keikhlasan menulis. Tapi tentu tujuan kita bukan sekedar menaikkan traffik belaka. Bagi saya selain menyalurkan kesenangan menulis, silaturrahmi dengan sesama rekan di dunia blog juga penting. Soal traffik yang meningkat itu berkah, kalau traffik tidak meningkat ya menulis tetap jalan.

  14. […] saya agak tersendat. Traffic menurun drastis nih haha tapi kan kata mas didot, ngeblog itu harus ikhlas lagian traffic g gitu ngaruh sama saya..seperti di tulisan kontes saya bahwa blogging versi saya […]

  15. iya..memang bukan krn traffic seharusnya kita menulis.
    tulisan dirimu selalu punya makna, jd jangan berhenti nulis ya! selama kita mampu..

  16. kalo kata om Pramoedya:
    menulislah..karena dgn menulis suaramu takkan padam ditelan angin..dan akan abadi sampai jauh dikemudian hari.. ^^

  17. mas didot.. saya suka bgt baca blog mas didot.. meskipun blm bisa ngikutin smua pesan2 yg ditulis mas didot via blog ini.. truslah mengingatkan kita agar bisa menjadi manusia yg lbh baek..

  18. betul sekali.
    nulis bukan karena traffic.
    tapi karena ingin

  19. menulis tetap menulis, walau apapun yang terjadi, berbagi hikmah saling mengingatkan

  20. yah apapun yang kita lakukan di dunia ini, seharusnya memang hanya mengharap ridho nya ALLAH, karena bila sudah mengharap yg selain itu, maka hanya kecewa yang akan mampir di hati…Tapi semua itu tentu saja butuh proses, dan saya juga sedang belajar untuk bisa terus ikhlas, meski mungkin apa yang saya tulis masih sangat jauh dari ideal…Tapi setidaknya ada keinginan dan usaha untuk bisa saling memberikan manfaat. Semoga ALLAH mencatatkannya untuk ku dan kita semua sebagai kebaikan, amiin…

  21. Insya Allah sy selalu berupaya untuk ikhlas dlm menulis… semoga istikomah & bermanfaat….

  22. Didot… apapun yang kita lakukan di muka bumi ini, muaranya adalah keridhaan dari Allah SWT, termasuk di dalamnya ngeblog. Aku sama sepertimu, tidak peduli soal trafic dan komentar. Biarlah ia mengalir begitu saja. Memang etikanya kita semestinya berkunjung ke blog kawan, tapi jika kesempatan itu tidak ada, mengapa harus dipaksakan? Insya Allah suatu saat, jika ada kelapangan waktu, kita akan saling kunjung lagi….

    Teruslah menebar manfaat di muka bumi ini, dengan cara apapun…🙂

  23. Yang penting semangat terus…
    Ada pengunjung gak ada yang penting buat tulisan yang memberikan masukan yang baik

  24. menulislah dari hati, jangan jadikan ngeblog sebuah beban

  25. maaf semuanya ,saya belum sempat balas pesannya satu2,terimakasih sudah pada bersedia komentar dan mampir,insya Allah silaturahmi diantara kita akan saya jaga dan pelihara,semoga Allah merahmati kita semua🙂

  26. Pokoknya gini bro..

    Blogger Mati Tinggalkan Postingan !!!
    oke??

    just do writing my bro..
    kpn kopdar nih?

  27. Sejak saya mulai menulis di blog, tujuan saya untuk berbagi pengetahuan dengan yang lainnya. Masalah trafik tidak begitu saya pusingkan, mau ada pengunjung atau tidak sama saja.

  28. yang penting tulisannya enak dibaca itu udah cukup
    hihi

    kalau tulisan gak bisa dimakan hel soalnya😉

  29. kalo maiank buat blog untk tempat penampungannya biar ga membludaki, menuh2in tempat yang tidak semestinya dirusuhi.makanya ada yang komen nggak juga nulis aja, trfik buat apa lagi tuh…

    iya mai,nulis aja terus gak usah mikirin yg lain😛

  30. bagi saya, biasanya menulis itu dalam rangka menyindir diri sendiri atau mengingatkan diri sendiri, jadi terkadang tidak terlalu diperlukan comment dari orang lain. walaupun yaa saya pasti menunggu-nunggu comment dari orang lain :))
    tetaplah menulis dengan ikhlas🙂


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

