Pornografi,salah siapa?

Saya prihatin melihat kasus ariel peterpan,sampai dijuluki ariel peterporn oleh beberapa forum.

saya gak akan ngebahas soal aksinya dan videonya yg menghebohkan itu. saya sampai saat ini juga belum liat dengan jelas seperti apa,cuma ada gambar2 cuplikan di koran aja yg sedikit memperlihatkan wajah pelakunya. memang mirip sih sama bintang2 yg disebutkan,astagfirullah. saya memang penasaran,tapi saya harus menjaga hati saya,dan selain itu memang dosa kan? mungkin kalau dulu saya gak peduli,tapi kini bukan sok suci,saya gak mau merusak hati saya lebih jauh.begitu melihat cuplikan gambarnya malah terbayang2 dosa2 saya sendiri dan banyak maksiat yg pernah saya lihat dalam hidup saya ini. Jadinya saya kasian dengan “ariel” tersebut,untuk apa saya tau tentang aib2nya dia lebih jauh. bagaimana jika saya yg berada di posisinya?

saya ingin menyoroti kasus ini ,dimana saya yakin ini cuma keisengan dari pelakunya aja awalnya. entah juga ada rasa bangga saat bisa melakukan hal ini ,yaitu mengoleksi gambar2 dan videonya sendiri,namun rasa bangga yang mungkin ada itu kini telah menjelma menjadi sebuah aib bagi pelakunya karena diketahui oleh ribuan bahkan mungkin jutaan pasang mata.

Jujur kalau bicara perilaku porno ,saya yakin sebagian besar dari warga kota besar jakarta juga pernah melakukannya. gak mesti orang dewasa,anak2 smp atau sma juga banyak yg udah menyimpang kok perilakunya. darimana mereka mendapatkan hal2 seperti ini? ah gampang kok,jaman sekarang, dari internet,ataupun video2 dewasa yg dijual dengan bebasnya di tempat2 tertentu seperti di glodok kota,dan juga dari teve dan film2 yang beredar di masyarakat luas.

kalau seandainya ada hukum islam benar2 dilakukan di negeri ini (cambuk bagi yg berzinah tapi belum menikah,dan rajam sampai mati bagi yg sudah pernah menikah) , saya yakin banyak dari teman2 kita yang punggungnya banyak bekas cambukan di belakangnya,atau malah udah mati dirajam bagi para pria beristri, dan itu juga masih lebih baik daripada hukuman di akhirat kelak tentunya. apalah arti hukuman cambuk di dunia atau dirajam sampai mati, jika dibandingkan siksa di neraka kelak?

saya punya teman,yg saya tau lebih hebat sepak terjangnya mungkin dari sang pemain video ini ini,dia meniduri mungkin sudah ratusan wanita,meski status bukan artis,tapi gaya hidup sama dengan artis. pernah satu hari bisa bergantian 3 wanita dalam satu kamar yg dia sewa (itu rekornya yg dia pegang selama ini katanya). ada beberapa dari wanita yg ditiduri itu yang memang artis, tapi kebanyakan sih hanya wanita cantik tapi gak terkenal.  saya tau sebagian besar dari mereka,karena dia selalu cerita.  kadang kala ada juga wanitanya yang kegatelan ,bayangin aja suatu hari dia pernah ‘dijebak’ oleh seorang wanita ke sebuah hotel ,wanita itu mengaku ditinggalin oleh teman2nya sendirian di hotel. tanpa pikir panjang teman saya langsung datang dong,ternyata oh ternyata , kamar itu hanya memang cuma dia sendiri aja gak ada teman2nya yg pernah datang (apalagi pergi) ,jadi memang kamar itu khusus untuk menjebak teman saya ini. ah para wanita pun dijaman sekarang gak mau kalah bejad dengan para lelaki rupanya🙄

Ada juga cerita tentang video dan gambar porno milik teman saya,meski tampang jauh dari ganteng,tapi entah gimana pesonanya selalu membuat para wanita mau ditiduri dan difoto2 ,bahkan ada yg divideoin (saya cuma berdoa jangan sampai hapenya dan memory cardnya itu jatuh ke tangan tidak bertanggung jawab). teman saya ini malah sering ketemu wanita kaya raya dan cantik (tapi kesepian) yg kadang kenal dari internet,atau dunia malam ,dan sering banget saya dapat kabar dia baru ditraktir jalan keluar negeri atau luar kota (seringnya sih ke Bali) ,bahkan sampai dibeliin hape terbaru dan juga dikasih uang jajan kalau jalan2 keluar ,dan terakhir yg saya dengar dia ganti mobil ,kekurangan uangnya ditambahin oleh salah satu wanita itu. teman saya bukan gigolo,dia tidak pernah memanfaatkan para wanita itu untuk uangnya,gajinya pun cukup besar kok,sekitar 10 juta rupiah per bulan,cukuplah untuk foya2 sendirian,tapi para wanita itu yg sepertinya kegatelan juga untuk bersama dia,sementara kalau dari teman saya,dia hanya butuh seksnya saja,karena teman saya memang mengaku dia maniak untuk urusan yg  satu itu. yg jelas teman saya ini speak-nya memang jago untuk urusan wanita. saya hanya pernah kelimpahan baju barang satu atau dua ,kalau dia habis jalan2 setelah dibelanjain oleh para wanita itu😛

saya sendiri tak memungkiri ,saya pernah terjerumus ke lingkungan pergaulan bebas seperti itu,tapi sekarang saya sudah sadar,bergaul seperti itu tidak ada gunanya. saya ingin memperbaiki diri,saya takut mati,saya juga ingin dapat pasangan yg baik,karena itu saya memutuskan saya harus berubah dari semua keburukan saya,dan saat ini saya prihatin melihat apa yg saya pernah jadi bagian daripadanya. kalau boleh saya bilang,semuanya ikut bersalah bisa terjadi seperti ini. kalau ada perilaku2 menyimpang,pemerintah juga salah,media juga salah,masyarakat yg semakin permisif juga salah.

Pemerintah kita jelas salah karena gak ada kebijakan untuk meminimalisir dampak negatif media2 publik (lihat di malaysia dan cina pemerintahnya aktif berperan menjaga moral bangsanya) , media sekarang taunya cuma mau cari uang saja ,kebanyakan tidak perduli lagi moral bangsa ,yg penting bisa laku dibeli masyarakat. masyarakat juga nyantai2 aja,liat aja iklan oli,iklan mobil,ataupun iklan kacang. kok ya mesti ada cewek seksi dengan belahan dada yg membuat para lelaki berpikir kotor? apa hubungannya ya beli oli atau kacang aja harus ada wanita seksinya? apakah para penjualnya itu wanita2 seksi? oh tentu tidak kan??

Lalu harus mulai dari mana? saya rasa sebelum Tuhan menyelamatkan kita dengan memberikan pemimpin2 yang zuhud, arief, sederhana, alim,dan juga bermoral tinggi ,nampaknya untuk sementara ini kitalah yang harus menjaga diri kita sendiri dari serangan2 pornografi yang ada. kalau kita punya kemampuan lebih ,jangan cuma diri kita,jagalah keluarga kita juga selain diri kita,dan baru ke lingkungan sekitar kita tentunya.

Bukan sekali dua kali kasus penyimpangan seksual di tempat umum atau di bis dilakukan beberapa pria yg terkesan tidak mampu lagi menahan birahinya,sungguh buat saya itu tanggung jawab bersama ,kita semua bersalah karena terjadinya hal2 seperti itu. pornografi tidak akan laku dijual jika tidak ada yg membelinya. lalu siapa yg membelinya kalau bukan kita2 juga? kita juga kan  yg donlod dari internet,kita juga yg menyebarluaskannya,dengan cara kita simpan dan bagikan di hape2 kita,di flashdisk kita, di komputer kita,di CD2 kita. bahkan kadang link2nya kita sebar lagi lewat email atau situs jejaring sosial lainnya.

masihkan kita mau bilang kita tidak bersalah atas semua pornografi yang terjadi saat ini?

37 Komentar

  1. Mm..alhamdulillah saya bisa menahan dan bertekad unt tidak melihatnya bang..
    Even memang sangad interesting..hoho..:p
    kata orang kalo kita menutup aib org,insyaallah aib kita juga akan dijaga..Amin. Semoga..
    Danke ^_

    betul nin, kita gak perlu tau tentang aib orang terlalu jauh begitu..

  2. Kalo menurutku salah semua orang
    1. Pelakunya sendiri yang gak kenal moral, udah sek bebas, direkam lagi..
    2. Penyebar, penjual, pengedar yang mencari untung
    3. Pembeli, dan penonton
    4. Polisi : udah tau itu hal asusila tapi tidak diberantas
    5. Orang tua yang kurang perhatian terhadap anak
    6. Kita yang paling cuma protes dalam hati, bahkan ikut nonton

    mas ahsan detil banget ya??😀

    makasih mas atas tambahannya😉

  3. harta tahta, wanita, kalau sudah bersekutu dalam jeratan sangat sulit untuk bisa lepas

    pak narno tidak begitu kan??😛

  4. Banyak yang tidak tahu bahwa uqubat/sistem sanksi dalam Islam berfungsi sebagai jawabir dan jawazir (pencegah dan penebus), mencegah orang lain melakukan kesalahan serupa dan ketika dia ikhlas, akan menjadi penebus hukumannya di akhirat. Mungkin pernah baca kisah Ghomidiah yang menghadap Rasul minta dirajam ketika telah berzina, karena dia menyadari hukum akhirat jauh lebih menakutkan dari hukum dunia, maka setelah dia melahirkan dan menyapih anaknya, diapun di rajam, dan dikisahkan Allah telah mengampuninya dan dia layak mendapatkan surga.
    belum dengar kisahnya,ini baru pertama kali dari kamu yen😛

    Tapi hukum rajam tak akan efektif jika syariah lain yang melingkupinya tidak diterapkan, karena permasalahan ini sudah sistemik, maka ketika kami menyampaikan syariah selalu kami sampaikan secara total, tidak hanya sistem sangsi semata, tapi sistem tata pergaulan, sistem pendidikan, ekonomi, hubungan luar negeri, pemerintahan dll, karena semua berkaitan.
    wah ,saling terkait secara makro ya? hebat udah dipikirin semua.😀
    btw kok bahasanya kami ya?? apakah kami ini adalah mewakili HT??😉

    Apa kabar Pak?😀
    lagi kurang enak body yen,baru sehat lagi nih
    my body is not delicious,kasih makan kucing aja kali ya??:mrgreen:

    • wah komen Oyen bagus banget..
      aku juga baru denger kisah itu..
      karena tau hukuman di akhirat nanti lebih berat, mendingan di rajam..

      dan betul sekali, dalam menerapkan hukum syariah gak bisa setengah2.
      ah, Oyen emang Oye…🙂

      memang oyen pancen oye😉

    • jaga kesehatan, jangan grogi menghadapi hari penting, saya doakan semoga semua dilancarkan dan dimudahkan. Dan doakan juga untuk saya, semoga bisa tahun ini🙂

      • bisa apa yaa??? kok gak lgkp bgt ngasih info?? :mrgreen:

  5. Saya gk interest buat liat, lgn jg gk pntg, tp jg kshn arielx, kalo itw dy harusx penyebarnya jgn gn, mematikan karakter,

    penyebarnya kan mau minta tebusan katanya (ternyata saya masih ngikutin gosip hilangnya laptop si ariel😛 )

  6. Hikmah yang aku ambil melalui berita itu ialah Allah mengingatkanku dan mengingatkan kita semua umat-Nya bahwa dia itu ADA, TIDAK TIDUR dan MAHA MELIHAT apa-apa yang kita lakukan. Bersyukur saja hingga saat ini, Allah masih menyayangi kita semua hingga aib2 yang pernah mampir ke kita masih Allah tutupi, entahlah kalau Dia berkehendak… Karena Dia Maha Besar dan Maha Berkuasa atas sesuatu..

    rabbighfirli…. (ampuni kami ya Allah)
    warhamni… (sayangi kami ya Allah)
    wajburni… (tutupi aib kami ya Allah)

  7. Saya juga merasa prihatin dengan pornografi yang akhir2 ini memaharajalela. Apakah ini menandakan kultur budaya asia telah berubah dan menjelma menjadi kultur budaya barat yang diagungkan. Dan yang lebih parah lagi, agama sepertinya sudah tidak menjadi acuan mereka lagi sehingga diabaikan begitu saja. Saya juga memang bukan orang suci, tapi turut merasa prihatin atas degradasi moral tak bisa dipungkiri telah memanggil hati saya untuk menyuarakannya

    makanya kita perlu jaga hati kita dari tayangan2 dan media2 yg berbau porno,tutup atau ganti chanelnya saat melihat.
    agama sekarang udah jadi barang usang buat beberapa orang,dipakai kalau udah kepepet. banyak agama baru sekarang ,musik pop dengan artis2nya telah menjadi nabi2 baru, film dengan bintangnya2 telah menjadi rasul2 baru, sepakbola dengan pemainnya juga demikian.
    seharusnya yg paling kita idolakan adalah Nabi Muhammad,sebagai teladan yg paling sempurna,bukan mereka2 itu

  8. Tadinya saya mau menyuarakan hati saya, tapi karena takut dibilang nggak populer maka saya urungkan niat itu..

    iman ,selemah2nya adalah di hati,sebisa mungkin di lisan ikut,atau maksimal dengan kekuasaan. mana nih orang2 beriman yg punya kuasa??😯

  9. Untuk masaalaah ke “naif”an, seperti nya beberapa orang apalagi suatu OKNUM, pasti akan berkata kalau ini adalah kesalahan “Mereka”, bkn “DIRINYA SENDIRI”

    tapi, untuk makhluk biasa seperti saya, yang menyadari bahwa saya pasti sering berbuat hina atau kotor atau something like that, saya menyadari bahwa saya SALAH… =(

    paling mudah menyalahkan orang lain,padahal diri sendirilah yg terkadang paling banyak salah🙄

  10. ..
    Trus yang benar siapa dong..? 😮
    ..

    yang benar yg gak ikutan2 perilaku begitu,yg sungguh2 bertobat,mengajak orang lain kepada kebaikan. gak ada manusia yg paling benar,semua punya dosa ta,tapi sebaik2 manusia itu yg bersalah dan memperbaiki dirinya🙂

    • Yang bener kalo menurutku yang gak nonton dan mencegah orang lain untuk menonton atau memiliki

      setuju😉

  11. waah teman anda emang luar biasa
    hahaha
    luar biasa nanti disiksanya di neraka kalau gak buru2 tobat😳

    meniduri ratusan wanita
    masyaAllah!

    gue udah usaha berhenti lihat2 yang gituan
    takut sama Allah

    alhamdulillah,iya ga,inget kiamat udah dekat😐

  12. Dot aq ga bisa ngomong banyak.. udah jengah… benar2 udah ga tau malu ya manusia itu… ingat sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, kalau kita ga malu maka berbuatlah semaumu…. hubungan kek gtu kok diabadikan… ceroboh dan … entahlah…

    iya dia udah salah,gak perlulah kita menyalah2kan lagi,yg penting sekarang kalau dia mau tobat.
    jalannya masih panjang kedepan,apalagi dia sosok artis idola masyarakat kan?? semoga dia mau segera tobat
    saya yakin dia juga masih punya malu,bukan cuma kemaluan,apalagi gara2 kasus ini,kalau gak malu juga sih keterlaluan,udah mati hatinya🙄

  13. benar2 tanda2 akhir zaman… orang yang berusaha lurus emang bener2 sedikit… dan terasing kek pegang bara api… ayo berbangga tuk jadi orang asing itu di saat manusia kebanyakan merusakkan dirinya

    gak perlu bangga ,tetap di posisi nol alias zero.
    selalu muhasabah,sibukkan diri meneliti dosa2 kita yg segunung banyaknya nouf,ketimbang bangga dengan amal kita yg mungkin cuma sedikit dibanding dosa2 kita yg gak kita sadari😯

  14. Mirriss bangett!😥😥😥
    Banyak2 memohon perlindungan dari Allah Ta’ala aja deh… dan semoga aib kita dan saudara2 kita tertutupi…

    padahal kita sendiri ya kalau dibuka2 aibnya juga mungkin gak berani keluar kamar kali ya kin? karena gak sanggup menahan malu mungkin ?😐

  15. ….hiks…😥

    Kehidupan remaja jaman sekarang sulit…😦

    sulit karena banyak godaannya ya sop?:roll:

  16. Ya itulah fakta di masyarakat kita yang sedang sakit. pengaruh buruk yang terjadi di masyarakat. semakin lama terembesi dan membesar ini merupakarcerminan diri , keluarga dan masyarakat pada Umumnya. untuk itu sudah sepatutnya kita para blogger berkontribusi untuk peyadaran kepada Masyarakat. dan saya yakin si mas bisa membuktikan itu. postingan ini merupakan sebuah bahan renungan untuk kita semua. Salam sehat

    betul,kita para blogger bisa lebih menyadarkan masyarakat luas,bukan malah ikut menyebarluaskan aib orang tentunya😐

  17. wah,,
    kayaknya memang ada masanya dunia ini penuh ‘kekotoran’ dan ada masanya juga dunia ini penuh ‘kebaikan’.

    mau gmn mas.. Pornografi sdh sejak dr dulu je..
    klo mau dtg ke kota asal sy di Solo.
    ada dua candi kuno yg biasa disebut candi porno Indonesia😀

    klo mau dihancurin, dibilangnya situs purbakala..
    hehehehehe

    itu kan alasan para liberalis. seni bukan pornografi.
    memang tergantung yg melihat,tapi jiwa kita ini kan lemah ya?? apalagi para pria jika sudah menyangkut urusan esek2😯

  18. hoaaaaaa gw udah nonton tp ga jelas2 amat si…..
    burem..mandek2 lagi. ttp dosa ya hahahahahahha…..
    untung ga jadi donlot…
    tp udah ada yg ngesavein ke flasdisk…
    hhhggg apus ga yaaaa?

    hapuslah,dosa lho😯
    jangan takut sama manusia,tapi takutlah pada Allah ,siksa Allah amat keras😐

  19. Memprihatinkan memang…
    bahkan di TV (berita dan infotainment) diperlihatkan anak-anak, remaja dan tukang becak yang lagi kumpul-kumpul asyik nonton dan membahas video itu…
    aduh…. prihatin…

    itu dia mbak nana,yg saya kuatirkan generasi muda kita😦

  20. Karena rakyak kita suka sekali dgn aib orang lain..
    Alhamdulillah kakak dah sadar, jangan sampe terjerumus lg kak🙂
    insya Allah ya🙂

    “kematian itu datang tiba2, hidup itu rapuh dan singkat, buat apa berbuat maksiat”
    berbuat maksiat bukan karena gak takut,tapi karena gak tahan dengan godaannya ,karena enak😉
    mudah2an Allah memberikan kekuatan😉

  21. salah dirinya sendiri mas,tidak bisa menjaga nafsunya

    betul,tapi masyarakat seluruhnya punya andil juga dalam kesalahan itu🙂

  22. Tulisan Ustaz Didot kali ini memang sangat mencerahkan dan mengetuk para pembacanya untuk menelisik ke dalam diri sendiri, betapa kita sendiri ternyata ikut andil dalam mempopulerkan apa itu yang dinamakan pornografi. Dan saya sadar akan hal itu, betapa saya ikut terbawa arus, khususnya oleh media laknatullah! Saya jadi mengkonsumsi rahasia mereka yang semestinya tidak diumbar, sungguh jahat orang yang menyebarkan hal tersebut, hanya demi uang, padahal itu jatuhnya uang haram. na’uzubillah!

    saya juga heran dengan wanita-wanitanya, kok mau ya direkam. apalagi dengar kisah temannya Ustaz Didot, sungguh! Wanita adalah “fitnah” bagi laki-laki….

    Semoga akan ada perbaikan, dan segera ditemukan solusinya sebelum timbul kembali video-video lainnya.

    rabbighfirli…. (ampuni kami ya Allah)
    warhamni… (sayangi kami ya Allah)
    wajburni… (tutupi aib kami ya Allah)

    perbaikan harus menyeluruh mas usup,seperti yg diusulkan oyen tuh bagus ,tapi rakyat indonesia mau gak ya? kalau sakit kan harus minum obat? sementara obat itu pahit🙄😥

    • saya jadi teringat kampanyenya FIS (sebuah partai Islam Ideologi intra parlemen) dari Aljazair, saat kampanye, mereka hanya menyuarakan, “Negara kita sedang sakit dan obatnya hanya syariah Islam kaffah/menyeluruh”, dan kampanye itulah yang akhirnya menjadikan FIS meraih dukungan umat hingga meraih suara mayoritas di parlemen. tapi sekali lagi, demokrasi tak akan pernah berpihak pada Islam, hingga FIS bisa disingkirkan oleh “tangan2 kapitalis” dari parlemen.

      Tidak usah kuatir Pak, kemenangan sudah menjadi janji Allah, dan cepat atau lambatnya itu tergantung upaya kita mewujudkannya. Satu yang kadang kita lupakan, pertolongan Allah. Dan itu tak lama lagi…..trust me, u just need to believe🙂

  23. Adoooohh, malu malu malu. . .

    *rolling eyes*

  24. masalah pornografi memang marak mas, kenapa? karena konsumennya banyak. awal video pertama aku cuman bergumam ohhhh…lalu yg kedua langsung what!!! hehehe aku gak nyari videonya udah males duluan.

    jadi kalo mo berhetiin pornografi ya harus di mulai dari diri sendiri😉

    setuju😉

  25. duhh.. no comen deh mas..

    semoga kita ga terjebak kedalamnya..

    insya Allah,minta petunjuk Allah yg banyak🙂

  26. Hmm…

    Belum diklarifikasi kalo itu benar-benar Ariel Peterpan, Dot. Apalagi krn kmu gak nonton (dan memutuskan utk gak nonton), kamu gak akan tau kan klo itu benar-benar dia atau bukan. Hati2 bawa nama orang😉
    makasih udah diingetin😉
    yg jelas saya cuma kasian aja siapapun dia,tapi dalam kasus ini kan nama ariel ikut keseret jauh ya?
    benar atau tidaknya juga saya tidak mencela dia sama sekali,malah saya tekankan,dosa saya jauh lebih banyak barangkali dari si ariel ini lee😦

    Ah, semua sudah semakin ruwet. Urusan pornografi penyelesaiannya aja menyangkut hal lain… Bangsa kita semakin menyedihkan😦
    Berusaha menyelamatkan diri sendiri dulu aja deh,sambil menunggu pemimpin yg bisa menyelamatkan bangsa ini😯

  27. Pemerintah kita mestinya sangat berperan serta dgn adanya kasus2 yang dari dulu nggak pernah terselesaikan. Sebenarnya klo pemerintah kita bisa tegas, tutup situs meskipun banyak duit yg didapat dari sana. Duh, duit haram diperebutkan, nah….apa jadinya keluarga yg diberikan duit itu. Wah, kalau ditutup tuh situs, terus semua pelaku maksiat sadar….Aaih, dunia ini aman🙂

  28. bagaimana jika saya yg berada di posisinya?

    Bener sekali Dot …

    kebayang bagaimana keluarga…
    dst…dst …

    Itu sebabnya …
    (mohon maaf ) bukannya saya sok-sok suci atau bagaimana …
    Namun … Saya sama sekali tidak berminat untuk membaca beritanya … apa lagi mendonlotnya …

    Salam saya Dot …

  29. Asslm ‘alaikum…
    Sy kira tak ada yg berharap untuk brada di posisi aril atw siapapn yg trkena musibah itu…mgkn qta bs membantunya dn dr qta sndr dgn tdk melihat tayangan itu,… inna adzabatummusibah qalu innalillahi wainnilaihi raji’un….Stiap qta tak akan luput dr cobaan, smg qta mampu menyikapinya dgn Tabah dan Tawakkal…Sekedar sharing sj akhi..afwan

  30. “”Lebih mudah memperbaiki hati nurani yang buruk
    daripada mengatasi reputasi yang hancur.” Friedrich Nietzsche

  31. alhamdulillah, bunda gak ada keinginan ataupun tergoda utk ikut melihat maupun menonton berita ttg artis ini.
    Semoga aib kita semua ditutupi oleh Allah swt di dunia maupun diakhirat,amin
    salam

  32. aduh ada yang nyangkut juga ni di post mas didot ttg si aril xixi
    sama mas..saya tobat dah ( loh..??😀 )


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s