menjadi nol (becoming zero)

Menjadi manusia ikhlas berarti berada di titik nol atau zero.

ikhlas berarti tidak lagi berbuat karena penilaian mahluk.

ikhlas adalah tidak bangga saat dipuji,tidak marah saat dihina,dan semuanya hanya karena Allah.

sesungguhnya bagi sang pecintaNYA tidak ada yang dilihatnya selain wajahNYA.

Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah… (QS 2 :115)

karena DIA yang menggerakkan seluruh mahluk.

dan jika tidak ada yg lainnya ,berarti hanya ada diri ini dan Allah.

bila hanya ada diri ini dan Allah yang maha meliputi segala sesuatu,maka tidak ada mahluk lagi,tidak ada apa2 lagi,dan tidak perlu bangga ataupun malu,karena tidak ada apapun yang lain lagi.

apakah itu yang kamu hirup? kamu pikir itu udara? itu Allah

apakah itu yang kamu lihat? pemandangan? itu Allah

apakah itu yang kamu rasakan di kulitmu? itu juga Allah

“Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang telah dibisikkan oleh hatinya, dan kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya”. (QS. Qaaf:16)

kita bebas memilih pilihan2 hidup kita,kita berkuasa atas pilihan yg ada,begitupun manusia lain ,mereka berkuasa atas pilihan2 dalam hidup mereka,tapi kita semua juga tidak bebas dari takdir2 Allah untuk kita.

apakah kamu tidak melihat tangan2 kuasa Allah yang menggerakan setiap mahlukNYA? yang menggerakkan mahluk untuk berbuat sesuatu,dengan merekayasa kebutuhan2 mahluk tersebut?

saat tidak ada apapun selain Allah dan diri kita pribadi,saat itulah kita telah mengetahui salah satu rahasia terbesar kehidupan ini,tanpa perlu diombang ambing penilaian selain penilaianNYA

berada di titik nol dari penilaian,karena tidak ada apapun di dunia ini kecuali diri ini dan Allah.

bagi para pencintaNYA,apapun yang diberikan oleh Sang kekasih adalah hal yang patut disyukuri.

semua yang terjadi dalam hidup kita,bukankah juga adalah atas izin dan kehendakNYA?

27 Komentar

  1. Ikhlas itu spontanitas hati tanpa ada kehendak tersembunyi, seperti aliran air yang mengalir walau di hambat ia tetap akan mengalir.

  2. assalamu’alaikum
    pagi mas didot..mengamankan PERTAMAX dulu yah

  3. belajar ikhlas dulu ah walau g PERTAMAX eh eh eh ^^
    ternyata ada yang keluyuran pagi pagi juga selain saya eh eh eh

  4. Sepertinya untuk ikhlas hati di saat orang memuji kita atau menghina kita sulit dilakukan terutama aku yang emosinya kadang timbul tenggelam, tapi semoga aja bila kita selalu mendekatkan diri padaNya insyaallah emosi akan stabil dan bisa menerima keikhlasan itu

  5. Iya, kita ada di dunia ini sekarang jg karena Allah…🙂

  6. susah sekali jadi ikhlas, tapi memang semua pilihan pasti diujungnya ada nasib dan takdir yang telah ditulis untuknya, berusaha dan tetep tawakal🙂 membuat tenang

  7. kakaaaaaaaaaaak kangeeeen-kangeeeeeen,peluk-peluk!!!
    jeweeeer deh jewer!!!!
    *ngejewer dulu😛

    jadi inget nasehat kakak, untuk tetep di satu titik (Nol) nggak perlu terlalu meninggikan dan juga tidak perlu terlalu merendah.

    harus ikhlas, dengan itu keadaan apapun bisa kita syukuri. dengan begitu pasti kita bisa merasa cukup. kalau cukup, kita akan bahagia, gitu bukan kak??
    kebahagiaan kuncinya di rasa cukup,dari rasa cukup ada rasa syukur,dari rasa syukur timbulah bahagia🙂

    btw kakak sudah punya calon ya,
    hore-hore….
    iya kurang lebih begitu deh😳

    cepat!!kasi aku ponakan yaaaa….
    salam maniiiiiiiis ya buat si embak…hihihi…
    hush,nikah dulu baru kasih ponakan:mrgreen:
    iya aku salamin,dia selalu baca kok blog ini😉

  8. Kita hidup, seperti naik mobil mas, fluktuatif dan begitu dinamik…ada saatnya kita berada di titik terjauh dari Allah, ketika suatu moment , diri kita juga pastinya menuju transendental refleksi, untuk menuju titik nol….Ya, ibaratnya, setiap apa yang berjalan, pasti perlu barometer angka nol untuk mengukur segala sesuatu dari sudut pandang yang paling esensial
    dari nol menjadi nol🙂

  9. mas, mau dong info pengajian yang ada di jakarta, biar wiken saya bermanfaat untuk nambah ilmu daripada ke mall-mall, yang ujung2nya malah jadi habis untuk nonton bioskop..

    nanti saya email dan update di fesbuk ya mbak dhika🙂

  10. apapun dibagikan nol hasilnya tidak terhingga..🙂

    baca komen diatas…
    bedoa untuk calonnya … ^_^

    betul,makasih dek🙂

  11. saat kita zero maka sang hero akan muncul dari dalam diri

    La hawla wala quwwata illa billah

    [kata bu guru minggu kemarin😀 ]

    betul bundo,semua karena pertolongan Allah juga🙂

  12. ..
    untuk di titik Nol musti stabil dulu kali ya..
    ..

  13. masalahnya, ikhlas itu susah

  14. smoga aku bisa kembali ke titilkk nOl
    dan iklas
    serta bersyukur atas apa yang ada
    amien

  15. wah, zero mind proses,
    salam kenal
    http://widayanto84.wordpress.com/

  16. ikhlas..??

    kedengarannya mudah, tapis suliiiiitt bgt dilaksanakan..

    semoga kita bisa menjadi hamba-Nya yang selalu ikhlas ya mas..🙂

  17. kadang konsep ikhlas hanya tertulis mas didot, ketika saya menghadapi situasi untuk ikhlas pada saat itu saya benar-benar tidak di titik nol. makasih sharingnya ya

    terimakasih kembali mah,semoga dimudahkan Allah🙂

  18. ikhlas itu…unexplainable
    hanya Tuhan sepertinya yang bisa membaca kadar keikhasan kita:)
    semoga kita selalu berada di dalamnya

  19. Aduh, saya rasanya masih jauh dari hal2 yang dipaparkan pada tulisan diatas, apalagi sampai pada tingkatan ikhlas. Saya harus membenahi segenap diri saya untuk paling tidak bisa memperbaiki kesalahan2 yang bertumpuk-tumpuk ini

    tingkat ikhlas itu juga banyak kok mas,yg penting selalu berusaha memperbaiki diri🙂

  20. iya didot… 0 itu tandanya kita sudah pasrah dan ikhlas.. dan pertolonganNya akan datang kala kita ada di titik 0

  21. mari belajar untuk tetap berada di titik itu…
    selalu lillahi ta’ala…

  22. betul +100 mantab mas…

  23. Kalo masih ada rasa mangkel, jengkel, berarti masih nggak ikhlas ya, Dot🙂
    Lumayan berat juga…
    Diriku mesti sering2 diingatkan nih…

  24. kalau dikira kita masih bisa bernapas karena udara, ditopang oleh bumi, hidup dengan adanya matahari, semua itu harusnya Allah ya yang kita lihat..

  25. bunda masih ingin terus belajar ttg ikhlas yg menjadikan diri kita Nol dihadapan Allah swt.
    ingin sekali benar2 menghadirkan di hati arti dari Laa hawla wala quwwata illa billah.
    salam

  26. […] menjadi nol (becoming zero) […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s