Menahan diri dengan puasa

Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda “Wahai sekalian para pemuda barang siapa diantara kalian telah mampu menikah , hendaklah menikah karena menikah lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kehormatan. Barang siapa yg belum mampu menikah hendaklah puasa karena puasa merupakan perisai baginya.” [HR. Bukhori  dan Muslim]

Bagi para pemuda yang belum menikah memang sebaiknya berpuasa,karena hasrat syahwat (birahi) seorang laki2 berusia 20  -30 tahunan itu sangatlah tinggi. bahkan sentuhan ringan atau suara dari wanita yang disukainya itu bisa menyebabkan kontak setrum tegangan tinggi dalam dirinya atau istilah gampangnya adalah terangsang atau horny👿 kalau bahasa inggris😛

banyak hal positif dari puasa,sebagiannya saja yg akan saya ungkapkan disini,karena begitu banyak keutamaannya dari berpuasa ini.

Salah satu keutamaanya adalah yaitu dengan puasa kita akan menjadi pribadi bertakwa,kenapa begitu? begini ,kalau ibadah puasa itu hanya kita yang tau kalau kita sedang puasa,beda dengan jenis ibadah lainnya yang terlihat. bisa jadi kita bilang puasa,tapi kita malah minum setelah masuk kamar. gak ada yg tau bukan? tapi kenapa kita gak berani buka puasa meski gak ada yg lihat? itulah konsep takwa,yaitu kita yakin ada Allah yang maha melihat segala perbuatan kita. karena itu dikatakan puasa dapat meningkatkan ketakwaan dalam diri seseorang😉

“Puasa adalah perisai, maka apabila salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah ia berkata kotor dan janganlah bertengkar dengan mengangkat suara. Jika dia dicela dan disakiti, maka katakanlah, ‘saya sedang berpuasa’.”     (HR. Muslim).

Berpuasa juga membuat kita mampu menahan diri,karena dengan puasa,maka jika sesuatu hal yang halal saja bisa kita tahan,apalagi jika menahan diri dari hal2 yang haram tentunya dong?? kan kalau lagi puasa ,sebenarnya minum air putih itu halal,tapi kita menahannya karena berharap dapat kebaikan dan balasan dari Allah,tentu saja logikanya seharusnya kita juga akan semakin mampu untuk menahan diri dari hal2 yang tidak halal bukan?

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan dusta dan beramal dengannya maka tidak ada keperluan bagi Allah  untuk memberinya ganjaran pahala terhadap makanan dan minuman yang ia tinggalkan (puasanya).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hikmah lainnya antara lain adalah,  berpuasa diluar bulan ramadhan kan adalah ibadah sunah,namun saya selalu memaksa diri saya untuk berpuasa.Nah, jika saya melakukan yg sunah ,sayang dong kalau tidak melakukan yg wajib? karena itu tentu saja saya jadi ‘terpaksa’ menyempurnakan yg wajib,yaitu sholat 5 waktu. nah dengan  berpuasa otomatis ibadah wajib kita, yaitu sholat 5 waktu , mau gak mau kita lengkapin dong?  sayang banget kan kalau melakukan puasa sunah tapi gak melakukan yang wajib? sayang kan kalau puasa cuma dapat lapar dan haus aja?

“Berapa banyak orang yang berpuasa, hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja, dan berapa banyak orang yang mendirikan ibadah di malam hari, tapi hanya mendapatkan begadang saja.”  (HR. Ahmad)

Puasa sunah gak mesti sahur atau disiapkan niatnya dari malam hari sebelumnya,karena rasul pernah juga puasa sebagaimana di hadits berikut ini :

Dari ‘Aisyah ra, ia berkata: Pada suatu hari, Rasulullah SAW telah berkata kepadaku:
“Wahai, ‘Aisyah. Apakah engkau mempunyai sesuatu?” Maka aku menjawab: “Wahai Rasulullah, aku tidak mempunyai apa-apa”. Maka beliau SAW berkata: “Kalau begitu aku berpuasa,”
lalu Rasulullah SAW keluar dan kami mendapatkan hadiah atau datang orang berkunjung. ‘Aisyah ra berkata: “Ketika Rasulullah SAW kembali, maka aku sampaikan, ‘Wahai Rasulullah SAW, kita diberi hadiah,’ atau ‘ada orang berkunjung kepada kami, dan aku telah menyiapkan sesuatu untukmu’.” Beliau  bertanya: “Apa itu?” Aku menjawab: “Makanan hais”. Beliau SAW berkata: “Bawalah kesini!” Lalu aku membawanya dan beliau SAW makan, kemudian berkata: “Tadi aku berpuasa.” (HR Muslim)

*yuk kita puasa sunah lagi,udah dekat nih bulan ramadhan. terserah mau puasa sunah senin kamis,atau puasa daud (sehari puasa sehari gak) ,ataupun puasa sehari ,dua hari berbuka (ketiga jenis puasa ini ada riwayatnya dari rasul), semuanya demi mendekat kepada Allah.

15 Komentar

  1. yuk rajin puasa sunah.. bagus jg ko bwt kesehatan..🙂

    nanti pas buka ditraktir ya sama dita??😛

  2. mm..bang didot..kalo saya sedang “kacau,ga tertib,jauh de el el” dariNYA, puasa memang satu2nya cara saya untuk memperbaikinya..

    danke ^_

    alhamdulillah kalau ninok punya metode seperti itu,saya ikut senang mengetahuinya,ayo ajak yg lain juga biar ikutan🙂

  3. bang didot mau kawin ya?

    siapa yg gak mau lid?? setiap orang pasti mau dong nikah??😛

  4. Kalo boleh memilih kayaknya saya nikah aja, mas.😀 *ngarepdotkom*

    Terimakasih mas udah mengingatkan.🙂

    haha,saya juga maunya begitu,tapi kalau belum ya sebaiknya kita puasa🙂

  5. puasa juga melatih kita agar dapat merasakan penderitaan orang lain yg tak mampu,
    puasa juga mampu mengajarkan hati kita jadi lembut , gitu ya Mas Didot?
    salam

    betul bunda,jadi kita lebih sensitif. perut yg kenyang mematikan mata hati🙂

    • betul bunda, setuju deh…😀

      saya juga setuju sama bunda bang jali🙂

  6. berkunjung sob
    link balik ya
    thank’s

    makasih kunjungannya🙂

  7. secara fisik, berpuasa memang efektif untuk menahan diri dari nafsu biologis. namun, perlu juga diikuti dengan pemahaman mendalam tentang hakekat berkeluarga dan tata cara penyaluran nafsu biologis itu secara benar menurut tuntunan agama. menikah bukanlah semata bertujuan untuk penyaluran nafsu biologis, tapi kehalalan hubungan intim hanyalah bonus dari pernikahan. tujuan pernikahan jauh lebih besar ketimbang penyaluran nafsu biologi tersebut…
    tentu saja uda,menikah jauh lebih daripada cuma sekedar hubungan seks🙂
    saya doakan, semoga didot segera beroleh pasangan terbaik, pilihan Allah SWT…🙂
    amin,makasih doanya uda😛

  8. Makin banyak puasa y mas, biar planingnya tahun ini di approve ma Allah..Hmmm…planing apaan ya kira *mendadak lugu*

    insya Allah ya dik😉

  9. Dengan puasa membuat kita lebih sabar…
    ^_^
    apalagi kalo sudah puasa senin kamis🙂

    insya Allah dek🙂

  10. ajakan yang mulia untuk melakukan puasa sunnah… ^^

    ayo kita puasa🙂

  11. Dengan puasa juga mengajarkan kepada kita untuk tidak melihat dunia hanya dari segi materi, tetapi lebih ditekankan pada segi ruhaniahnya

  12. sempurnakan yg wajib, dan hiasi dengan amalan-amalan sunnah…InsyaALLAH semoga ketengan dan keberkahan selalu menaungi hari-hari kita…

  13. Aamiin…Semoga disegerakan ya,Dot….

  14. alhamdulilah..hari ini masi diberi rizki bisa berpuasa🙂
    Terima Kasih Allah.. Alhamdulilah🙂


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s