Melihat dan mendengar dengan hati

Para manusia yg mencoba memahami Allah dengan akal pikirannya pasti gagal,bahkan bisa jadi mereka menjadi orang atheis,karena menurut pikiran mereka Tuhan haruslah bisa dibuktikan dengan akal pikir. mungkin itu juga pemikiran orang seperti Charles darwin (pencetus teori evolusi manusia dari monyet) dan Sigmund freud (bapak psikologi modern).

Padahal kita tahu akal itu penuh dengan keterbatasannya,dan pemimpin bagi diri ini sesungguhnya bukan akal ,tapi hati.

Orang tidak perduli seberapa banyak ilmu kita,tapi orang perduli seberapa kita perduli terhadap  mereka

hati adalah raja atau pemimpin bagi diri seluruh diri kita,demikian dikatakan pula dalam hadits : Abu Nu`aym menceritakan bahwa Rasulullah s.a.w. berkata: “Sesungguhnya di dalam jasad ada sebongkah daging; jika ia baik maka baiklah jasad seluruhnya, jika ia rusak maka rusaklah jasad seluruhnya; bongkahan daging itu adalah QALBU”.

melihat Allah hanya bisa dengan mata hati,karena dikatakan Allah itu ada dimana2.  Allah itu hanya bisa dirasakan di dalam hati nurani kita ,bukan dilihat atau diraba ataupun dicium dengan indra2 fisik kita.

coba sesekali melihat ke langit dan tanaman2 ,kemudian melihatlah dengan mata hati ,bukan dengan mata biasa,lihat bahwa mereka semua sujud kepada Allah. niscaya hatimu bergetar,karena banyaknya tasbih mereka melebihi tasbih manusia,banyaknya sujud mereka melebihi sujud manusia

(QS 16 : 48)” Dan apakah mereka tidak memperhatikan segala sesuatu yang telah diciptakan Allah yang bayangannya berbolak-balik ke kanan dan ke kiri dalam keadaan sujud kepada Allah, sedang mereka berendah diri? “

(QS 13 :15) “Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari. “

dengarkan dengan hati apa kata mereka,bahwa mereka semua bertasbih kepada Tuhannya.

(QS 17 :44) Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.

(QS 24 : 41) Tidaklah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sembahyang dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.

lalu apakah kita sebagai manusia,yg paling banyak diberi nikmat oleh Allah,sudah merupakan mahluk yg paling banyak sujud dan tasbihnya?

20 Komentar

  1. Seharusnya kita memang berkaca pada lingkungan sekitar. Betapa mereka tidak pernah bosan bersujud kepada Allah Taala. Mereka menyadari keadaan diri mereka yang telah diberikan begitu banyak nikmat sehingga satu2nya kesyukuran yang perlu mereka lakukan adalah pengabdian dan penghambaan diri kepada Nya. Sementara kita sebagai seorang manusia kadang bersikap masa bodoh dan malah pura2 lupa akan nikmat karunia tsb. Seakan hati itu telah tertutup dan membatu

    hati perlu dibersihkan dengan banyak zikir mas ifan , semoga kita termasuk yg senantiasa ingat dan bersyukur ya🙂

  2. hiks. Kerasa bgt kalo lg “turun”.

    Bang didot..danke ^_
    sama2 ya ninok😉

  3. **lagi belajar melihat dengan matahati tasbih seluruh alam.. hey, rupanya hanya aku saja yang belum bertasbih.

    bundo dan jutaan manusia lainnya ,termasuk saya yang sering lalai juga ,astagfirullah maafkan aku ya Allah😦

  4. Saya….
    kurang peka dengan hati saya… 😥

    dibersihkan dengan zikir biar lebih peka sop🙂

  5. indah saat hati kita hadir
    indah bilamana kita bisa senantiasa menghadirkan hati kita
    meski kuakui aku adalah lelaki rapuh yang hanya bisa berusaha

    salam salut dan mohon senantiasa bimbingannya

    kamu adalah lelaki yg akan jadi pemimpin dalam keluarga,kamu harus kuat,kamu harus jadi contoh choey,saya akan selalu membantu menasehati kamu,sebagaimana sayapun perlu selalu dinasehati agar terjaga dalam jalur yg benar ,insya Allah🙂

  6. sepakat mendengar dan melihat dengan hati sehingga terjauhkan dengan syak prasangka

    ya pak narno🙂

  7. subhanallah walhamdulillah
    terima kasih telah menyirami hati kami
    dengan ayat-ayat suci-NYA

    inna lillahi wa inna ilaihi rojiun,segala kemuliaan adalah kemuliaan Allah,segala kebaikan hanya pantas dikembalikan kepadaNYA

    terimakasih kembali atas kunjungannya🙂

  8. Apa yang telah kita (aku) lakukan belum menyamai sebutir pasirpun di bumi Allah😦

    betul ,kita ini yg paling banyak nikmat yg paling sedikit bersyukur ya kin??

  9. Subhanallah….keren banget mas tulisannya….

    inna lillahi wa inna ilaihi rojiun ,yg paling keren tentu saja tulisan Allah dalam kitabNYA alquran yg paling mulia🙂

  10. Segala sesuatu yang dilakukan dengan hati, maka hasilnya akan bagus….

    setuju bu enny😉

  11. Ketulusan, niat baik, belas kasih, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan spiritualitas bersumber dari hati. Maka, kita cenderung mengatakan bahwa orang yang tidak memiliki ketulusan, niat baik, belas kasih, dan lain sebagainya tidak memiliki hati. Semakin kita menggunakan hati kita untuk melihat keindahan yang terdapat pada orang lain, benda dan keadaan (yang di mata lahiriah kita justru tampak buruk), kita semakin jelas melihat Tuhan – dan mencintaiNya. Melihat dengan hati membuat kita dapat menjalin hubungan dari hati dan membawa kita ke momen-momen yang mencapai keilahian bersama orang lain.🙂

    seperti hati kita yg sekarang terjalin ini ya dik?? indahnya punya hati yg dekat mesti terpisahkan jarak antara malang dan jakarta😀

  12. memang betul dot..
    tidak usah pake logika yang berlebihan. kita harus percaya 100 persen. yakin pada hati.. itu saja..
    memang semuanya ada di hati kita kok na😉

    tapi jgn salah dit, aku pernah ngobrl dengan seseorang yang menganggap keyakinan dari hati ini adalah suatu ‘kebodohan’. tidak dipikir dengan baik.. hanya sekadar ‘pasrah’.

    tapi aku justru kasian dengan orang itu…
    terlalu byk mikir, tapi malah salah jalan…

    yah biarin aja dia belum mau mengerti ,dia akan mengerti apabila dia ingin mengerti dan Allah mengijinkan dia untuk mengerti🙂

  13. temuan/karya Harun Yahya telah mematahkan teori Darwin dan teori2 kafir lainnya
    mari jaga hati kita, karena modal terpenting agar tetap cinta dan istiqomah kepadanya adalah hati yang bersih.

    trims

    betul mas abu🙂

  14. “coba sesekali melihat ke langit dan tanaman2 ,kemudian melihatlah dengan mata hati ,bukan dengan mata biasa,lihat bahwa mereka semua sujud kepada Allah. niscaya hatimu bergetar,karena banyaknya tasbih mereka melebihi tasbih manusia,banyaknya sujud mereka melebihi sujud manusia”

    vewry vewry like it…
    besok mau oby praktekin ah…
    sekarang lagi malem… gak bisa kak didot
    hujan lagi…

    ehheheh

    selamat mencoba ya,liat dengan hati,saya yakin kamu melihatnya🙂

    salam hangat
    dari blogger abnromal
    maaf banget baru semept mampir
    kemarin ada Arisan ibu PKK soalnya <== apa hub.nya coba??😄

    gapapa yg penting udah mau mampir,saya berterimakasih atas penjelasannya hehehe,salam buat ibu2 PKKnya,suruh mampir baca blog ini juga by hehe😛

  15. ….namun banyak yang masih menuhankan akal sehingga apa yang dipikirkan menurut akalnya adalah yang paling hebat.

    betul banget mbak mel,akal hanyalah alat,fungsi ketuhanan kita ada di jiwa kita,yg memang merupakan bagian Tuhan yg dititipkan kepada kita sebagai kompas di dunia ini🙂

  16. Karena hati tidak akan bohong…..
    ulasan yang membuatku merenung..
    sudah cukupkah sujudku kepadaNya ?
    sejengkalpun belum cukup :(…

    Syukron Mas…

    terimakasih kembali dek ,ditingkatkan lagi dong,saya juga merasa amat kurang bersyukur dibanding nikmat yg telah Allah berikan kok😉

  17. selamat pagi.

    akal dan hati harus bisa bekerja sama dengan baik.
    kalau salah satunya pincang bisa bahaya.

    terima kasih dan mohon maaf😮

    betul mas ali,keseimbangan dalam hidup sangat utama🙂

  18. bunda jadi malu, ternyata seluruh makhluk yg ada di bumi ini, tak hentinya bertasbih pasaNYA.
    sementara bunda sering lalai bertasbih padaNYA.😥
    salam

    betul bunda,kita semua sering lalai kok bukan bunda aja,malu rasanya kalah sama tanaman dan binatang😐

  19. hati adalah motor hidup…. baik buruknya hati akan nampak di raga dan perbuatannya.. semoga kita diberi hati yang sehat dan bisa tuk semakin mengenalNya

    amin ,insya Allah ya nouf😛

  20. semuanya sudah ada dalam AL QURAN


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s