Sholat Dhuha

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada pagi hari diwajibkan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Begitu juga amar ma’ruf (memerintahkan kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at.” (HR. Muslim )

Sholat Dhuha selama ini banyak dipahami sebagai sholat rejeki atau sholat duit.

Entah kenapa jadi seperti itu,mungkin karena menurut kepercayaan tertentu seperti orang cina (kebetulan saya ada keturunan cina juga) rejeki adanya di pagi hari,atau karena dipopulerkan oleh ustad tertentu yang cukup sering nongol di TV ituh kali ya??:mrgreen:

adapun kenapa sholat dhuha itu punya keutamaan yg cukup baik , karena sholat dhuha dua rakaat saja dapat mengeluarkan sedekah dari setiap persendian tubuh kita.

Dari Abu Hurairah rodhiallohu ‘anhu dia berkata: Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari selagi matahari masih terbit. Mendamaikan dua orang (yang berselisih) adalah sedekah, menolong orang hingga ia dapat naik kendaraan atau mengangkatkan barang bawaan ke atas kendaraannya merupakan sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, setiap langkah kaki yang engkau ayunkan menuju ke masjid adalah sedekah dan menyingkirkan aral (rintangan, ranting, paku, kayu, atau sesuatu yang mengganggu) dari jalan juga merupakan sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah berjanji membalas setiap sedekah kita dengan balasan berkali lipat,nah bayangkan jika kita sedekah sebanyak seluruh persendian tubuh kita,banyak sekali bukan??

“Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya. Satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah berkata, “Kecuali puasa, Aku yang akan membalas orang yang mengerjakannya, karena dia telah meninggalkan keinginan-keinginan hawa nafsu dan makannya karena Aku.” (HR. Muslim)

Karena itu gak aneh kalau orang mau sholat dhuha rejekinya jadi banyak ,karena janji Allah pasti benar,karena setiap tubuh kita mengeluarkan sedekah,makanya rejeki kita jadi banyak karena dibalas Allah berkali lipat banyaknya.

Adapun rejeki ,jangan semata juga hanya dipahami sebagai bentuk materi ya,karena materi hanyalah salah satu bentuk rahmat Allah. bisa jadi kita dihindarkan dari kecelakaan,atau dihindarkan dari bahaya,atau bahkan dari cacatnya anggota tubuh kita (karena tubuh udah mengeluarkan sedekahnya jadi gak jadi kena musibah) ,atau malah bisa jadi juga harusnya terjadi kecelakaan yang akan mengeluarkan uang ,tapi gak jadi kejadian karena kita udah sedekah😉

yuk kita sholat mulai lagi sholat dhuha,untuk bersedekah bagi tubuh kita sendiri🙂

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

22 Komentar

  1. ..
    Seingatku dulu ada nara Blog yg selalu mengingatkan sholat Dhuha..
    Namanya Pak Husnun..
    ..

    iya,sekarang aku juga ikut ngingetin ta😛

  2. membacanya artikel ini saja sudah membuat sebagian racun-racun di tubuh bundo keluar.. apalagi bila dhuha dilakukan. nikmat..

    betul banget bundo, nikmat karena kita jadi bersyukur bahwa kita masih bisa bersyukur🙂

  3. betul sekali mas, apalagi kalau habis shalat subuh jangan beranjak dari duduk, zikir hingga matahari terbit dilanjutkan dengan shalat dhuha.

    itu kebiasaan rasul mas abu,setelah subuh dilanjutkan dengan zikir sampai matahari terbit🙂

  4. selamat pagi.

    hm, jadi dengan sholat dhuha, bisa mengubah gerakan/persendian menjadi sedekah. hebat juga !!

    btw, waktu saya kelas 3 di SMA 2 tahun lalu, sering melakukan sholat dhuha.
    alasan utamanya adalah biar lulus UAN. hehe

    terima kasih dan mohon maaf😮

    hahaha ,betul banget mas ali😛
    kalau untuk lulus sih sebenernya berdoa dan belajar,tapi tentu sholat dhuha termasuk perwujudan rasa syukur,jadi bisa2 aja membantu pada dasarnya.

    ayo dilanjut lagi sholat dhuhanya🙂

  5. selain dari pada itu, kenapa disebut shalat pembuka pintu rezeki, ya karena dalam doa shalat duha itu kita memang memanjatkan agar dimudahkan dalam hal rezeki . begitu . sebaiknya mas masukkan juga doa setelah shalat duhanya . biar rekan-rekan yang lain bisa mengamalkannya .😉

    makasih mas usup ,udah ditambahin tuh doanya🙂

  6. semoga kita tak pernah lupa mengerjakannya, dimudahkan dan istiqomah….
    🙂
    amin ,insya Allah🙂

  7. sebagai wujud syukur kita pada Allah swt Sang Maha Pencipta yang penuh Rahmat dan Maha Kasih.
    semoga kita tetap istiqomah mengerjakan sholat dhuha ini,amin
    salam

    ya sama2 ya bunda,kan bunda udah pernah nulis juga belum lama ini🙂

    • Iya, seperti kata Bunda, bentuk syukur kita terhadap seluruh tubuh ini ya melalui shalat Dhuha. Alhamdulillah….🙂

      ya betul saya juga setuju sop🙂

  8. Saya jadi teringat salah satu pesan Rosul yang pernah meriwayatkan suatu hadist seperti ini mas, Bagi orang yang merutinkan shalat dhuha, niscaya Allah mengganjarnya dengan balasan surga. Rasulullah SAW bersabda, “Di dalam surga terdapat pintu yang bernama ad-dhuha ( pintu dhuha ) dan pada hari kiamat nanti ada orang yang memanggil,” Dimana orang yang senantiasa mengerjakan sholat dhuha ? Ini pintu kamu, masuklah dengan kasih sayang Allah.” ( H.R. at-Tabrani).

    makasih tambahannya agan dika😉

  9. Terima kasih sudah diingatkan pak🙂
    terimakasih kembali🙂
    dulu saya sering sholat dhuha, tp sekarang jarang melakukannya, setelah baca tulisan bapak saya jd semangat!🙂
    alhamdulillah kalau begitu😛
    salam kenal pak
    salam kenal kembali😉

  10. salaman😀
    *sama2 salaman😛

  11. saya hanya bisa mengucapkan banyak terima kasih telah diingatkan

    saya juga senang bisa mengingatkan,sekaligus buat diri sendiri pak narno😛

  12. Berilah yang sedekah terbaik untuk pencipta kita🙂

    tentu saja mbak😛

  13. Makasih mas sudah mengingatkan🙂
    Pingin cepat pulang tapi kalo nanti dah balik kerja disana selalu ada halangan untuk tidak mengerjakan solat ini😦 Jadi sedih

    semoga kamu diberikan kemudahan untuk selalu mendekat kepada Allah ya dek lia😛

  14. wah, blog ini baik banget. mengingatkan banyak orang ke arah yang lebih baik.
    salut!😀

    alhamdulillah,segala puji milik Allah

    kita hanya bisa saling menasehati ,semua kembali kepada diri masing2 untuk berubah🙂

  15. terima kasih pencerahannya, mas didot.
    setuju sekali utk pengertian rejeki alias nikmat yg sering dikonotasikan dengan materi, padahal semua perjalanan kehidupan kita ini adalah bagian dari rejeki dari Allah.

    makasih kembali mas ardi🙂

  16. saya selalu pengen bisa shalat dhuha.. tapi ada aja halangannya.. semoga kedepannya bisa lebih sering bersedekah..🙂

    semoga Allah memudahkan kamu dalam kebaikan ,dan menyulitkan kamu dalam maksiat kepadaNYA😛

  17. pandanganku ttg shalat dhuha pernah bergeser sehingga aq tak melaksanakannya… dan sekarang aq ingin melaksanakannya… (kaitannya dengan pembahasan hadisnya Dot… bukan kenapa2.. dan itu melekat erat dalam benakku, sehingga aq tinggalkan shalat dhuha selama belasan tahun…)
    sayang sekali ditinggalkan bertahun2,ya udah mari dimulai lagi nouf😉

  18. Juju saja, Saya masih belum terbiasa melakukan sholat Dhuha. Masih yang wajib2 aja saya kerjakan. Mudah2an kedepannnya bisa lebih bagus lagi sholat sunahnya

    dimulai dengan ringan aja mas ifan,gak usah memberatkan. cukup 2 rakaat ,waktunya fleksibel kok,dari jam 8 sampai jam 11 siang ,insya Allah manfaatnya banyak🙂

  19. waaah kudu sering2 sholat dhuha nih

    yuk,biar sedikit tapi konsisten,insya Allah lebih baik di mata Allah🙂

  20. Shlat Dhuha merupakan salah satu upaya umat muslim “merayu” ALLAH dalam upaya mencari rezeki…🙂

    cakep nih bahasanya hahaha,merayu😛

    • Sholat Dhuha (juga sholat-sholat sunnah yang lain) merupakan investasi amal cadangan yang berfungsi untuk menyempurnakan kekurangan pada sholat wajib.

      Rasulullah saw bersabda,

      Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah sholatnya. Apabila benar (sholatnya) maka ia telah lulus dan beruntung, dan apabila rusak (sholatnya) maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada sholat wajibnya, maka ALLAH berfirman, “Perhatikanlah, jikalau hamba-KU mempunyai sholat sunnah maka sempurnakanlah dengan sholat sunnahnya sekedar apa yang menjadi kekurangan pada sholat wajibnya. Jika selesai urusan sholat, barulah amalan lainnya.”
      (HR. Ash-habus Sunan dari Abu Hurairah RA)


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s