Arti sukses

Di keluarga saya ,kesuksesan berarti materi. dimana sang anak sudah mampu untuk membiayai hidup orang tuanya dengan sedikit kemewahan.

namun sukses itu kini telah bergeser jauh dari tempatnya,dimana sukses buat saya bukanlah hal2 yg dapat diukur dengan materi.

Saya tidak iri kepada orang2 kaya,saya tidak perlu silau kepada  mobil mewahnya,ataupun silau kepada rumah besarnya,tapi yg jelas saya perlu iri kepada mereka yg diberikan harta berlimpah namun selalu digunakannya dalam jalan Allah.

Abdullah bin Mas’ud berkata, “Nabi saw bersabda, Tidak boleh iri hati kecuali pada dua hal, yaitu seorang laki-laki yang diberi harta oleh Allah lalu harta itu dikuasakan penggunaannya dalam kebenaran, dan seorang laki-laki diberi hikmah oleh Allah di mana ia memutuskan perkara dan mengajar dengannya.

untuk apa seluruh harta di dunia bila kita mati tidak membawanya sama sekali? manusia adalah mahluk akhirat ,dan sudah sepantasnya jika manusia menabung untuk kepentingan akhirat ,bukan untuk  kepentingan dunia. Bahkan seharusnya lebih dari itu , bukan hanya sekedar menabung, namun perlu untuk berinvestasi untuk kehidupan akhirat,dengan mengajarkan ilmu yang bermanfaat serta amal yang terus menerus mengalir.

Jika besok kita mati,untuk apa semua harta kita itu?

Benarlah kata salah seorang guru kehidupan saya : Rezeki adalah apa yang sudah kita makan dan nikmati saat ini serta apa yang telah kita sedekahkan di jalan Allah.

karena diluar apa yg sudah  kita nikmati saat  ini, itu semua belum tentu rezeki kita ,tapi mungkin itu rezeki orang lain, sebab kita gak tau apakah kita akan hidup lebih dari hari ini atau tidak. Dan harta kita diluar yg kita sedekahkan itu, tidak akan mampu menolong kita sedikitpun kelak di hadapan Allah,malah harta yg banyak itu akan diminta pertanggung jawabannya ,untuk apakah kita gunakan harta itu?

Lagipula ,jika kita tenang karena punya sejumlah harta di dunia ,dan bukan karena kebergantungan kepada Allah,bukankah secara hakikatnya kita telah menuhankan harta tersebut? apa gak lebih bahaya dosa ini daripada dosa lainnya? menyekutukan harta dengan Allah? ini dosa besar saudara2ku ,naudzubillah😐

Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. (QS 112 : 2)

Maka ukuran sukses buat saya kini adalah lulus dari ujian kehidupan ini,menjadi penghuni surga kelak dalam kehidupan abadi,dan tentu saja bertemu dengan Allah , dengan muka berseri dan bahagia,serta diijinkan tinggal di surgaNYA yang tertinggi dan diperkenankan melihat Allah tanpa hijabNYA sedikitpun,itulah sukses buat saya,dan dalam mengejar itu semua, sukses dunia insya Allah akan ikut dengan sendirinya ,karena barang siapa disukai Allah,maka seluruh langit dan bumi akan berdoa untuknya,dan seluruh langit dan bumi juga akan suka kepadanya,sehingga mereka akan mendekat kepadanya untuk mendapatkan manfaat2 dan kebaikan2 darinya.

Semoga kita semua lulus dengan nilai terbaik dan sukses dunia akhirat🙂

25 Komentar

  1. Betapa indah dan tenteramnya hidup ini ketika parameter kesuksesan bukan lagi hal-hal yg berbau duniawi, meski saat ini kita berdomisili di alam dunia, namun seperti ditulis di atas: “manusia adalah makhluk akhirat”, jadi sudah semestinya lah bahwa dunia ini hanya tempat persinggahan untuk mengumpulkan bekal menuju kampung keabadian…

    Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang cerdas dan beruntung, yaitu orang-orang yang selalu mengingat mati dan mempersiapkan bekal sebanyak mungkin yg dapat ia usahakan. Semoga ALLAH memberi kita kekuatan untuk bisa bertanggung jawab atas segala hal yg kita perbuat di alam dunia *sungguh sangat berat membayangkan hari pertanggungjawaban itu*

    • insya Allah kita kembali dengan bekal yg cukup,jika kita mau memanfaatkan waktu yg tersisa mbak rita🙂

  2. ya..ya… perspektif sukses yang spiritualis.
    sebuah tantangan besar yang harus dilalui dengan cara-cara layaknya orang besar pula.

    mudah2an ada kekuatan untuk menjadi bagian dari itu. amin

    • insya Allah mas fadly ,berusahalah dengan sungguh,kita pasti bisa ,dan jangan lupa berdoa minta pertolonganNYA🙂

  3. Memang tidak bisa dipungkiri. Pada hakekatnya itu semua semu dan suatu saat akan lenyap. Dunia dan kemewahannya hanya sementara dan itu tidak akan berguna sama sekali jika hanya dilihat dari sisi materi belaka. Dan saya sependapat, kekayaan itu akan sangat bernilai apabila digunakan untuk kemashalatan umat. Dan itulah sebenar-benarnya kekayaaan

  4. Sukses dunia untuk menuju kesuksesan di akhirat kelak….Sukses yang menguntungkan….Iya kan ? Iyalah, orang sukses itu kan orang yang beruntung?

  5. Amiin. Memang benar, mas. Bahkan Allah mengibaratkan dunia tidaklah lebih lebar dari sayap nyamuk.

    Saya sendiri ingin seperti Abdurrahman bin ‘Auf, salah satu sahabat Rasul, ulama sekaligus pengusaha.🙂

    • abdurrahman,beliau ini pas hijrah gak bawa apa2 dari seluruh hartanya ditinggal,ketika beliau sampai setelah hijrah beliau cuma minta ditunjukkan dimana letak pasar,dalam waktu singkat beliau kembali lagi kaya raya,karena memang beliau ini udah punya ilmu dagangnya sih ,sebuah contoh yg patut dicontoh kita semua🙂

  6. hal ini sudah menggejala dimana2, yg namanya sukses selalu diukur dgn materi,
    seperti rumahnya apakah didaerah elite ?, mobilnya apakah keluaran terbaru ?,berapa kali keluar negeri tiap tahunnya ?, apakah anak2nya sekolah ditempat favorit yg biayanya selangit?
    Hampir semua kita keblinger utk urusan yg satu ini.
    Padahal sukses itu adalah ketika kita telah bermanfaat utk orang lain di jalan Allah swt.
    Semoga kita tetap mampu utk beristiqomah dijalanNYA,amin
    salam

  7. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali hanya dari Allah SWT, artinya saat kita mulai melangkah haruslah sungguh-sungguh dalam melakukan pekerjaan itu, berdoa dan berusaha. Berserahlah kepada Allah karena Dialah yang maha dahsyat kekuatannya. Pada hakekatnya hanya Allah yang bisa membuat kita berhasil atau gagal dalam melakukan usaha. Janganlah menyombongkan diri dengan kepandaian kita, kekayaan kita. Karena Allah yang maha menentukan. Saat orang bersyukur karena keberhasilannya, itu sudah sangat biasa terjadi, namun bila kita bersyukur saat kita mengalami kegagalan, itu yang luar biasa. Karena kebanyakan orang saat berhasil dia lupa siapa yang pada hakekatnya membuat dia berhasil, dan saat gagal dia mengumpat Allah habis-habisan.

    “Saat seseorang tetap bersyukur meski dalam kondisi terpuruk, maka dia tetep sukses dalam hidupnya.”

  8. tingkat sukses itu relatif, beda2 di mata orang. Tapi semua pasti sama ingin sukses di dunia dan di akhirat.🙂

  9. Yang kira2 nanti sukses di akhirat bs keliatan gak dr sekarang di dunia mas?

  10. tak ada lagi iri dengki bila sudah tau tujuan hidup mau kemana ya Dot..

  11. Sukses bagi saya adalah bisa berhasil lebih dekat dengan-Nya

  12. bagi saya sukses bukan banyak harta tapi cukup harta …

    • wah setuju nih sama mas Usup!
      harta yang berkah adalah harta yang cukup, yang pas. Pas dibutuhin pas ada, dan apa yg dibutuhin, dicukupkan oleh Allah. Ini yang saya rindukan kalo bicara kehidupan dunia.

      Kalo akhirat, itu tabungan yang lain lagi. Moga2 aja kita semua bisa membangun syurga di dunia dan di akhirat, dalam parameter islam.

  13. […] Kang Didot […]

  14. Saya suka: Rezeki adalah apa yang sudah kita makan dan nikmati saat ini serta apa yang telah kita sedekahkan di jalan Allah.
    Mantap, bro. Postingan keren.

  15. Ilmu dan amal akan melapangkan kita di akhirat, sementara akan dihisab dan memberatkan kita kelak…jadi kalau harta didunia saja sudah memberatkan, lebih baik diamalkan…dijadikan media kebaikan menuju kampung akhirat…

  16. Saya suka yang ini “Saya tidak iri kepada orang2 kaya,saya tidak perlu silau kepada mobil mewahnya,ataupun silau kepada rumah besarnya,tapi yg jelas saya perlu iri kepada mereka yg diberikan harta berlimpah namun selalu digunakannya dalam jalan Allah.” Semoga terus isitiqamah, amin🙂

  17. subhanallaah… arti suksesmu sama seperti yang kuinginkan… kesuksesan kita itu apabila kita sudah bisa sampai di surga dan dapat melihat wajahNya tanpa hijab…

  18. Satu hari saya lagi diskusi di kantor tentang pekerjaan, tentang bagaimana membuat satu proyek kami jadi berhasil. Lalu seorang teman yang sangat tekun ibadahnya tiba2 masuk dan ikut mendengarkan. Kemudian ketika sudah pada selesai bicara, dia nyeletuk: “Sebetulnya apa sih yang disebut sukses itu?” Pertanyaan yang terdengar biasa2 saja. namun tiba2 saja kami tercenung. “Iya ya, apakah sebenarnya arti sukses itu?”. Lalu dengan santainya teman tersebut menjawab: “Ya kalau kita sudah memegang kunci surga.” Jawaban singkat dan telak! Tapi memang perlu perenungan yang dalam untuk mencernanya dan mempraktekkannya dalam hidup. Kita yang masih lebih mementingkan dunia sudah pasti hatinya berontak.

    memang kunci surga adalah salah satu ukuran kesuksesan juga ,terimakasih udah mau share cerita ini mas😛


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s