Sepadan

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga) (QS 24 : 26)

ada beberapa hal sehubungan ayat ini yg hendak saya bahas.

Yang paling utama untuk dipahami ,hendaknya ayat ini dipahami bahwa sepadan adalah menurut ukuran Allah yg maha tahu ,bukan ukuran kacamata lahir manusia.

Pernah saya bertanya juga tentang hal yg sama,kok bisa ada pria yg tidak baik tapi mendapatkan istri yg cantik dan sholehah? ataupun sebaliknya?

ada dua kemungkinan dari jawaban diatas

kemungkinan pertama,bahwa sebenarnya pasangan yg baik itu tidak baik di akhirnya kelak atau kemungkinan kedua adalah sebaliknya,yaitu pasangan yg tidak baik itu akan berubah kelak menjadi baik juga pada akhirnya. karena sebuah kisah belum berakhir sebelum kisah itu benar2 berakhir.

contohnya begini ,ini kisah yg diceritakan teman saya ,jadi ini juga yg membuat saya paham :  Si suami adalah seorang pemabuk yg suka memukul dan menyiksa istri ,sementara istrinya ahli ibadah dan rajin mengaji. setelah sabar selama puluhan tahun,tibalah kesabaran itu membuahkan hasil yg manis,sang suami berubah tobat,bahkan tobatnya ini melebihi kebaikan ibadah sang istri. ini adalah satu kisah nyata yg diceritakan teman saya. sang istri luar biasa bahagia ketika hal ini terjadi.

adapun kisah diatas bisa terjadi kebalikannya,bahwa sang istri yg baik bisa jadi ikut keburukan suaminya kelak karena tidak sabar,wallahualam. inilah mungkin yg dimaksud bahwa semua itu sepadan dalam ayat alquran. karena Allah tau ‘ending’ cerita kita,apakah kita akan mati dalam keadaan baik atau buruk,Allah-lah yg lebih tau tentunya.

kita tidak tahu akhirnya sebuah kisah,jadi terlalu cepat kalau kita menghakimi bahwa seseorang tidak mendapatkan seorang pasangan yg tidak sepadan menurut kacamata lahir kita saat ini. Allah tidak pernah berdusta ,dan semua janjiNYA pasti tepat dan benar,jadi semua dari kita pasti akan mendapatkan padanannya masing2.

Namun ada satu hal  penting lainnya dari ayat tersebut diatas untuk kita pahami bersama ,yaitu dengan ayat itu hendaknya  kita yg belum baik, berubah dulu menjadi pribadi yg baik untuk mendapatkan pasangan yg baik.

Saya ingat seorang laki2 teman saya yg gak pernah sholat ,kerjaannya maksiat melulu,tapi kalau ditanya soal calon istri, tetap aja maunya dapat istri sholehah ,berjilbab dan cantik. Kira2 mungkin gak ya kalau Allah ngasih jodoh seperti itu jika teman saya tidak mau berubah? bisa aja sih,tapi pasti ada somethingnya kalau menurut saya,apakah si teman ini nantinya jadi baik sekali,atau malah istrinya itu jadi tidak baik terbawa sang suami kelak?

Gimana Allah mau ngasih yg baik kalau kita sendiri belum baik? apalagi kalau kita cuek dengan keburukan kita itu? mana mungkin Allah mau merubah nasib kita bila kita sendiri tidak mau merubahnya?  kurang lebih ,ini juga alasan saya benar2 merubah kehidupan saya beberapa tahun silam,berhijrah total dari ladang kemaksiatan menuju kehidupan yg lebih baik,karena saya sadar Allah gak akan ngasih saya yg baik, jika saya sendiri belum baik dan apalagi jika sama sekali belum  berikhtiar kearah sana sedikitpun.

semoga kita semua mendapatkan yg lebih baik,sepadan dengan usaha yg kita berikan tentunya🙂

44 Komentar

  1. amiiinn mas…..
    Semoga saya termasuk dalam golongan orang baik. Nasib, kita sendiri yang menentukan. Mau bagus atau tidak, tentu alam sadar kita yang menentukan..

  2. setuju Didot.. ‘sepadan’ dimata Allah tentu saja, bukan dengan ukuran manusia.

    dan setelah ijab kabul diucapkan, dimulailah Le grand voyage itu.
    semangat..! tiada daya upaya kecuali karena Allah.

  3. ketigax.. saya jadi paham dg persoalan2 seperti itu🙂
    Intinya perbaikilah diri sebelum mengharapkan yang lebih baik ya kang..

  4. amiennn semoga saya termasuk golongan orang2 yang baik..
    selama ini masih bersikap baik semoga dapet yang baik juga hihi

  5. Berhubung Allah yang berjanji, jadi tenang nunggu hasilnya..:)

  6. Butuh sebuah perjuangan yang ekstra keras untuk bisa mengintrospeksi diri, agar kita menjadi orang yang termasuk kedalam kategori baik, dan mendapatkan pasangan hidup yang baik pula tentunya, Amiiiin..

    Salam kenal ya,

    O iya, mampir ya ke Gubuk Virtual-ku,

    Salam

    Duta Aurora
    Di Tepian Selat Sunda

  7. yupz mas, pokona klu pengen dapet pasangan yg baik, liat dulu ke diri kita, sudah baikkah kita??🙂

  8. Saya dulu hampir menyerah
    Harapan tuk menikahi gadis solehah hampir saja musnah
    Mengingat saya bukanlah lelaki baik
    Tapi ternyata Allah Maha Pengasih

  9. kalimat yang ini mantap banget ” Allah gak akan ngasih saya yg baik, jika saya sendiri belum baik dan apalagi jika sama sekali belum berikhtiar kearah sana sedikitpun ”

    semoga kita semua mendapatkan yang terbaik

  10. sip… untuk mendapatkan yang baik-baik bukan cuma mimpi doang… kitanya dulu yang harus memperbaiki diri… pingin dapat yang Ok tapi diri kita terbiasa pada kejelekan .. itu namanya cumi… hehhehee

  11. betul… betul… semuanya berbanding lurus… dan DIA Maha Adil… ^^

  12. Allah Maha Adil…
    usaha kita yang gigih akan mendapatkan hasil yang sepadan…🙂

    semoga usaha lia juga gak sia2 mas untuk meraih RidhoNya dalam mencari jodoh itu🙂

  13. ayat tersebut ibarat kata sebuah persyaratan atau panduan tentang sebuah perjodohan antara pria dan wanita, tapi seiring waktu terkadang tidak seperti itu ….

    Dari kalimat …

    Saya ingat seorang laki2 teman saya yg gak pernah sholat ,kerjaannya maksiat melulu,tapi kalau ditanya soal calon istri, tetap aja maunya dapat istri sholehah ,berjilbab dan cantik. Kira2 mungkin gak ya kalau Allah ngasih jodoh seperti itu jika teman saya tidak mau berubah? bisa aja sih,tapi pasti ada somethingnya kalau menurut saya,apakah si teman ini nantinya jadi baik sekali,atau malah istrinya itu jadi tidak baik terbawa sang suami kelak?

    Ini menunjukkan bahwa secata fitrah wanita yang agamanya baika dalah idaman semua pria, nah dari sinilah jika kita ingin mendapatkan impian kita maka sepantasnya kita berubah sesuai tuntunan Nabi menjadi orang yang baik ….

    kalimat tersebut sudah cukup jelas kenapa ada Ayat Al-Quran tersebut

    Salam

  14. Allah memang tidak akan mengubah suatu kaum kecuali mereka mengubahnya sendiri. Dan benar sekali, harapan akan selalu ada ketika kita berusaha bersungguh-sungguh.

    Isu sepadan ini sebenarnya bisa dijelaskan secara ilmiah. Saya sering menyebutnya: Level Improvement. Ingin mendapatkan wanita level tinggi, ya tinggikan dulu level kita.🙂

    Salam kenal mas Didot.

  15. zen :nasib adalah hasil dari perbuatan2 yg kita ulang2 ,karena itu lakukanlah yg baik berulang agar jadi karakter dan kelak jadi nasib kita🙂
    bundo : yap,kemaren aku mau nulis ini dijadiin satu benernya bundo,tapi karena aku liat kepanjangan,jadinya aku pecah 3 tulisan😛 semoga aku bisa menjalani perjalanan besar itu bersama seseorang yg mengerti dan sabar akan kehidupan yg sesungguhnya ,yaitu menuju kehidupan akhirat🙂
    afif : betul banget,mulai dari diri sendiri,berilah contoh sebelum meminta orang lain berubah🙂
    agoenk : insya Allah dengan bersikap baik dan berusaha memberikan yg terbaik dari diri kita pasti dapat yg terbaik juga,udah sunatullah soalnya hal2 seperti itu😛
    wigati : betul banget wi,tenang aja,ingat Allah jadi tenang😛
    duta : siap mampir ke tekape😛
    ismi : betul sekali,berkacalah dulu,berubahlah dulu baru berharap yg terbaik🙂
    achoey : tapi sekarang buktinya dapat kan? insya Allah choey,cerita kamu adalah sebuah cerita untuk tidak menyerah dengan yg namanya nasib,berusaha terus dengan memperbaiki diri ,tul kan choey?😀
    orange : insya Allah ,makasih ya mbak yul😛
    sunflo n rose : untung saya bukan CUMI tapi CUMA ingin dapat yg terbaik hehehehe
    sesuai apa yg saya usahakan tentunya😛
    delia : tidak ada sesuatu yg sia2 di mata Allah,mungkin hanya di mata manusia,Allah maha teliti dalam segala urusan bahkan sekecil apapun,pasti dihargai. sampah aja ada gunanya kok,apalagi usaha kita🙂

  16. Tapi pada dasarnya sepandai-pandai kita dalam memilih jodoh untuk pasangan hidup, semua akhirnya di kembalikan pada keputusan Allah semata. Kita yang merencanakan tapi Allah yang memutuskan. Kita harus berusaha dan pada akhirnya bertawakkal kepada Allah.

  17. omiyan : betul,semua orang ingin dapat yg terbaik,tapi gak semua orang mau berusaha yg terbaik😛
    wahyu : betul,kalau saya bukan level improvement bahasanya,tapi upgrade hehehe,sama aja sih maksudnya ya?:mrgreen:
    dahrun : betul banget,istilah saya adalah just do the best and let GOD take care the rest
    namun kalau boleh minjem dari kata2nya sahabat saya dika ,kurang lebih seperti ini :
    Sabar, kalau diem, itu pasrah.
    Sabar, kalau bergerak, itu ikhtiar.
    Sabar, kalau bergerak terus, walaupun gagal, itu tawakkal.

  18. saia stuju om..
    yg penting bersabar aja dulu..🙂

  19. Ya, semua itu adalah rahasia Allah SWT. Manusia hanya tahu sedikit dan terkadang merasa sok tahu bahwa inilah yang terbaik buatku, pun juga mengenai jodoh. Allah Taala takkan menyingkapkan tabirnya sebelum manusia itu menjalani sendiri apa yang telah menjadi takdirnya. Berusaha dan bersabar adalh kunci pembukanya. Meski disadari, itu takkan mudah

  20. Duhai jejaka … ”namamukah yang tertulis di lauh mahfuz sana sebagai jodoh saya?” belum tentu, ”engkaukah yang akan menemani saya di titian jalan menuju syurga? dirimukah yang akan melengkapkan separuh dari agama saya?” jawaban dari pertanyaan ini ada pada ALLAH, bukan dihati saya dan hatimu.

    Dan jika kamu tercipta bukan untuk saya, haruskah saya marah kepada ALLAH, tentu tidak jika luka kita kembalikan kepada pemilik cinta, dariNYA cinta berasal dan kembali padaNYA

  21. Dot, serius nih, mau nggak dicariin…. Tawaran ini ditanggapi ya….

  22. semoga aku ada dalam daftar wanita yg dapat pasangan hidup yg baik..amin ya ALLAH

  23. amin dot..
    aku selalu doakan didot mendapatkan yang terbaik… sepadan.
    lagian insya allah didot kan baik.. pasti dapet yang baik juga…🙂

  24. mas didot, lama gak mampir aku kesini…..
    selalu aja postingannya mencerahkan

  25. ya ya ya itu semua hanya cobaan dari Allah
    kalo sabar dan tabah menghadapinya pasti endingnya bakal bahagia

  26. Yuk… terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik:mrgreen:

  27. *Menanti tulisan selanjutnya*🙂

  28. tenanglah…Allah tahu mana yg terbaik=sepadan u/ kita rizky, jodoh, dsb telah IA ciptakan u/kita sebelum kita tercipta, asal kita ikhlas menerimanya😀

  29. chiekebvo : ya iyalah mau apalagi selain sabar kalau gak dapat hehe😛
    ifan : tul tuh mas ifan,bersyukur aja dulu atas apa yg ada,dan tetap berusaha semaksimal kita tentunya🙂
    rindu : wah kalau ade sih cintanya cuma buat Allah aja kan de??😛
    meliana : siap mbak mel,nanti kuemail ya,aku ikhtiar kok ,jadi mau2 aja😉
    rani : insya Allah ,amin🙂
    anna : makasih atas doanya anna,kamu tulus sekali deh sama saya ,semoga kebaikan kamu itu dibalas Allah berlipat ganda🙂
    putri : maaf diriku juga jarang mampir kesana lho put,abis kamu gak pake WP sih hehehe😛
    hellgalicious : kebahagiaan adalah pola pikir kita,bukan suatu kondisi yg ditetapkan Allah,gimana kita bersyukur itu intinya🙂
    kakaakin : wajib itu kin,setiap hari setiap saat sampai akhir hayat kita🙂
    ok : Allah maha tahu,hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenang🙂

  30. ya, Allah…pertemukanlah pemilik blog ini dengan jodohnya dari seorang muslimah cantik nan shalehah, amin…

    • amin ya rab,makasih atas doanya ini mas abu ,insya Allah terkabul ya🙂

  31. ya…semoga saya selalu menjadi orang-orang yang konsis di jalan Allah, saya juga ingin mendapat hasil yang sepadan ketika harus ikhlas dan sabar berjuang demi kebaikan dan mengabdi di jalan Allah🙂

    • tentu aja,Allah kan maha adil,pasti dikasih sesuai usaha kita kok ,semoga kamu bisa konsisten ya ,istiqomah dalam kebaikan sampai akhir hayat nanti🙂

  32. yup, menjadi baiklah untuk mendapatkan yang baik…
    teringat petuah imam Hasan al-Banna, sesuatu yang baik maka awalilah dengan baik pula.
    janganlah mencari yang sempurna, tapi cari lah yang memiliki niat baik yang berusaha untuk menjadi baik bersama…karena perubahan menuju kebaikan adalah lebih utama.

    -wallahu a’lam-🙂

    • setuju,makasih mas ryan atas tambahannya🙂

  33. Setuju Mas Didot, ‘sepadan’ di mata
    Allah swt tentunya sangat berbeda dgn sepadan di mata manusia, karenanya jgn lah lupa selalu mengucapkan laa hawla wala quwwata illa billah …..
    dlm menjalankan setiap tahap kehidupan .
    salam

    • tul bunda ,insya Allah,memang cuma Allah yg punya kekuatan,kita cuma dipinjemin aja🙂

  34. wuihhhhh speechless mas
    jadi mikir, mudah2an termasuk golongan yg disayang dan diberi kebaikan
    aminnnn🙂

  35. Alhamdulillah… semoga kita bisa mendapatkan jodoh yang sepadan..😀

  36. Fokus memperbaiki dirir dihadapan Allah, Fokus menjadi Laki2 baik menurut UkuranNYA…Pasangan yg sepadan tentu sudah disiapkanNYA….

    • insya Allah mas atma,pasti itu selalu saya lakukan ,terus menerus belajar memperbaiki diri ,tolong diingatkan terus ya mas🙂

  37. ayoo lah, kita perbaiki diri .😀

  38. Baik di mata manusia belum tentu baik di mata ALLAH, “sepadan” dalam perjodohan pun harus berdasar pada pandangan ALLAH…Ah semuanya masih misteri buatku…
    semoga ALLAH membuka jalan kemudahan tuk mempertemukan aku dan kita semua (yg sedang berikhtiar) dengan seseorang yg terbaik dan sepadan dalam pandangan NYA, amiin.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s