Sempurna dan tidak sempurna

Kau begitu sempurna,dimataku kau begitu indah… (Andra and the backbone)

Tak ada manusia yang terlahir sempurna (D’Masiv)

Semoga kedua band ini tidak bertengkar siapa yg lebih benar ya?:mrgreen:

kedua lagu ini membuat saya bertanya,apakah sebenarnya manusia itu diciptakan sempurna atau tidak sih sebenarnya oleh Allah??😯

Karena Allah berfirman : sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya . (QS 95 : 4)

Lalu bagaimana dengan manusia2 yang terlahir cacat fisik? ah belum tentu yang fisiknya sempurna juga hatinya sempurna kan?
Bukankah manusia telah diciptakanNYA sempurna menurut ukuranNYA masing2?

Jika seseorang terlahir cacat,dimana kebutaanya membuatnya aman dari kesaksian mata2 yg bermaksiat kelak di akherat,dimana kakinya yg pincang mencegahnya dari tempat2 maksiat,dimana telinganya yg tuli membuatnya tidak mendengar gunjingan saudaranya,dimana mulutnya yg bisu membuatnya terhindar dari kata2 yg penuh kesia2an dan dosa ghibah terhadap saudaranya,mungkin memang lebih baik baginya jika Allah membuatnya cacat,karena Allah takkan salah menciptakan hambaNYA,siapapun dia,laki ataupun perempuan,cacat ataupun sempurna fisiknya,semua diciptakannya penuh perhitungan tanpa kesia-siaan

”Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?”  ( QS 23 : 115)

Namun jika Allah memberikan kesempurnaan fisik kepada hambaNYA,tentu itu juga yg terbaik untuknya,jadi cacat atau tidak cacat,sempurna atau tidak sempurna ,kita perlu bersyukur hanya karena kita diberikan kesempatan hidup jadi manusia oleh Allah.

I think therefore i am ,demikian Rene Descartes mengungkapkan. Betapa berharganya sebuah kesadaran,betapa berharganya hidup dan anugerah jadi manusia. binatang atau mahluk lain takkan mampu menganalisa bahwa dirinya hidup ,seperti manusia bisa menganalisa kehidupannya.

Kita mungkin sempurna dalam artian bahwa , sempurna untuk seseorang lainnya yang akan jadi pasangan kita kelak, sempurna di mata Tuhan karena kita punya hati nurani dan akal budi. kita sempurna untuk orangtua kita karena mereka tidak perlu syarat apapun untuk mencintai kita.

Namun mungkin ,kita juga tidak sempurna karena kita tidak bisa hidup sendiri,kita butuh orang lain,kita saling membutuhkan,dan kita juga banyak salahnya,banyak lupanya,karena itu kita harus terus belajar untuk menuju kesempurnaan (yg takkan pernah kita miliki,karena yg maha sempurna hanya Allah) menuntut ilmu dari buaian sampai kuburan.

Mari menuju kesempurnaan,menuju Yang Maha Sempurna,menuju Allah🙂

55 Komentar

  1. let’s go jigo:mrgreen:

  2. Allah Maha Sempurna.
    Allah Maha Adil, sehingga ketidaksempurnaan yang ada pada hamba-Nya merupakan ajang bagi hamba tuk saling melengkapi🙂

    • kira2 begitu kin ,setuju sama kamu🙂

  3. Yuk mari mas didot kita bersyukur atas ksempurnaan n kenikmatan yg allah kasih

  4. manusia itu makhluk ciptaan Alloh yg paling sempurna diantara makhluk yg lain.
    tapi kesempurnaan nya itu lah (haduh pusing gw!!!) jgn sekali2 dijadikan kesombongan!!
    karena saking sempurnanya itu manusia juga tidak bisa hidup tanpa orla😀

    **bingung ndak??? aku jujur bingung sendiri:mrgreen:
    salam kenal…
    tukeran link yuk om, link sampeyan langsung udah ku tangkringin di blog ku😉
    cekibrooot …

    • gak usah bingung,nanti saya jelaskan di tulisan lain lagi ya insya Allah, mudah2an bisa lebih paham nantinya

      salam kenal juga,saya mampir dulu ya ke blog anda🙂

  5. Hanya Allah swt Yang Maha Sempurna.
    kita diciptakan bukan utk kesia2an, melainkan utk beribadah pada NYA semata.
    Allah swt Maha Tahu, sedangkan kita tidak tahu.
    Manusia dikatakan sempurna , bukan fisiknya, namun ketakwaannya pd Sang Khalik yg membuat hidupnya sempurna dunia dan akhirat.
    salam

  6. maafkan bila ku tak sempurna, cinta ini tak mungkin ku cegah…

    :numpangnyanyigratiiskak…:mrgreen:

    kakak, bolehkah qt bertukar link??link kakak udah ada di blog zhie, di daftar teman2 sepi zhie🙂

    • silahkan ngamen ,tapi disini ngamen gratis lho zhie😛

      saya liat2 dulu ya blog kamu,lanjut ke tekape🙂

  7. hanya yang terbaik, namun kesempurnaan hanya milikNya..

  8. Iya ya, yang berfisik sempurna belum tentu hatinya sempurna, dan yang hatinya sempurna pun belum tentu juga berfisik sempurna. 🙂

    • mari kita ambil yg baik2nya aja dari keduanya🙂

  9. Ngerti..ngerti ..: manusia dijadikan seimbang biar bisa maximal berusaha dicintaNya.
    Yang gak ngerti : jigo apaan sih mas?

    • nanti ada penjelasan lanjutan tentang hal ini ya wi😛

      jigo? itu adalah 25 rupiah

      enak aja kan ngomongnya ,lets go jigo:mrgreen:

  10. Betul.. betul.. ^_^

  11. syukuri apa yang ada
    dan berusaha untuk menjadi sempurna dgn beriman dan bertaqwa kepadaNya
    amienn

  12. orang yang hebat, bisa menciptakan karya yang hebat.
    Sang Maha Sempurna, so pasti karya-Nya sesuai dengan Kesempurnaan-Nya.

    tulisan anda amat mencerahkan di pagi hari ini…

    • tak disangsikan lagi kehebatanNYA itu😛

  13. Manusia diciptakan paling sempurna diantara semua makhlukNya, kesempurnaannya menjadikan manusia sebagai khalifa di muka bumi. Maha Besar dan Sempurna Allah SWT

    • tapi sempurnanya manusia itu tetap butuh Allah,dan tetap butuh orang lain ya mah,betul kan??😛

  14. Salam Takzim
    Karena Tuhan maha segalanya kang Didot
    Salam Takzim Batavusqu

    • kita yg amat hina jika dibandingkan denganNYA🙂

  15. terima kasih tuk sharingnya, om…
    Insya Allah allz akan berusaha selalu menuju ke arah kesempurnaan… sebagai manusia kita tidak akan bisa sempurna, karna hanya Allah SWT Yang Maha Sempurna…

    salam kenal, uncle🙂

    • eh ada dede allz hehe😀

      pinter juga ya kamu untuk anak seusia kamu bahasanya😛

  16. Subahanallah… Maha Suci Allah yang telah menciptakan manusia dengan segala kelebihannya…

    • tidak ada yg diciptakanNYA dengan sia2🙂

  17. Hi Dot,

    Sering kali memang kesempurnaan manusia hanya di ukur dari segi penampilan saja. Jika memiliki kekurangan, makan akan di sebut cacat…tidak sempurna…

    Butuh waktu yang panjang buat aku bisa bicara seperti ini, butuh waktu yang tidak sebentar juga untukku menyadari…

    Bahwa Allah menciptakan kita dengan paket design sendiri-sendiri…sehingga tidak ada yang sama, bahkan yang kembar sekalipun memiliki perbedaan…canggih banget gak tuh?

    Maka kemudian, pemahaman yang paling indah tentang tampilan fisik kita sebagai manusia adalah…

    Percayalah bahwa Allah memiliki maksud dengan hidung pesek aku, dengan kulit hitam aku, dengan badan yang tidak begitu tinggi …aku percaya ini jatahku…:) aku percaya..ini adalah sempurnanya Allah yang di berikan…khusus, untuk aku….Ih…keren banget ya, Dot🙂

    Alhamdulilah aja lah pokoknya🙂

    • yessy ,kalau mau tau ,kamu perlu melihat kelebihan diri kamu,jangan fokus pada kekurangannya,demikian juga pada orang lain,lihat kelebihannya🙂

      dan buatku yessy lebihnya bukan di fisik,tapi di keberaniannya😛

      tapi tetap menarik kok buat diliat yes,saya yakin banyak bule senang melihat kamu,hehehe ,betul gak yes??:mrgreen:

  18. Mari kita bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepada kita…

  19. tau gak kak? (Andra and the backbone) dilagu sempura itu terinspirasi dari aku looooh
    #lempar sendaaal…wkwkwkw

    (fitnah sungguh keji ya kaaaaakk)

    sepuluh!eh setujuh…manusia diciptakan tidak sempurna untuk bisa hidup bersama, saling memahami & melengkapi. dan ada nasihat jangan memilih seseorang yang sempurna, tapi pilihlah orang yang bisa membuat kita merasa sempurna, sehingga kita bisa terus bersyukur. ehem itu kata prof.dr.mmmm insinyur.maiank.dst. insya Alloh…wkwkw
    #kabur…

    • tadi ketangkep aki ismet,maklum dia udah tua mai,kamu sih pake ganti2 alamat email😀

      ah kamu makin pinter dengan teori2 cinta ituh,tapi gimana kehidupan cintamu yg sebenarnya??😛

      • Glek,
        tertohok

        pasti maskud kakak aku ga berhasil gituuuuu???belum aja kali…
        ayo liat aja ntar siapa yang duluan nikah?hloh?-bercandaaa-

        kata temen-temen maiank, maiank emang jago kalau masalah teori doank.
        mereka bilang”kamu pinter nasehatin tapi sayang belum pernah prakteknya…”wkwkwkw

  20. 10 (Sempurna)= Tuhan
    9 = Guru
    8=manusia

    • deket amat Tuhan sama guru??

      jauh kali nda? kan Allah tidak memberikan ilmu kecuali sedikit??😛

  21. Sebetulnya diantara ketidak sempurnaannya, manusia mendapat kelebihan dari Allah swt.
    Tinggal manusia sendiri, untuk bisa menysukuri karunia yang telah diperolehnya.

    • bersyukur adalah kuncinya ,makasih bu enny😛

  22. Ya, sebenarnya setiap manusia telah diberikan potensi yang sebaik2nya oleh Allah, tinggal tergantung bagaimana kita menyikapinya🙂

  23. Setiap orang punya sisi hitam putih dalam hidupnya. Kedua sisi itu kadang berjalan kongruen seperti dua mata uang yang berbeda, Kita pun juga terlahir dengan segala kekurangan dan kelebihan masing2, dan lewat ketidaksempurnaan (yang kalo menurut kita sangat merugikan), tapi dalam pandangan Allah, hal itu sangat berarti. Allah punya maksud unbtuk setiap penciptaan kita dan segenap semua hal yang ada dalam diri kita. Sem oga kita bisa menyembahNya samapai nafas kita terhenti dengan jalan qusnul qotimah mas🙂

    • dika semakin cerdas komennya,kira2 emang demikian dik😛

  24. bahkan ada yg bilang : manusia yang sempurna adalah manusia yang tidak sempurna. NAH LOH! ^^

    well, itu semacam kalimat filosofis.

    dan ga salah saat kita bilang kita ‘sempurna’, karena setiap ciptaanNYA adalah sempurna, dg takaran BELIAU. bukan dalam pengertian sempurna tanpa cacat cela. sama seperti saat gue bilang suami gue ‘sempurna’ buat gue, tidak berarti dia ga punya kekurangan toh?🙂

    • ah contoh yg sangat sempurna untuk tulisan ini,terimakasih des😛

  25. Manusia adalah mahluk sempurna
    Dan dalam perjalanan kehidupan, selayaknya manusia memanfaatkan kesempurnaannya itu utk penghambaan🙂

    • namun kenyataannya banyak yg sebaliknya ya choey??😛

  26. Kita diciptakan sebaik-baiknya.. untuk bertaqwa kepada ALLAH SWT sebaik-baiknya🙂

    ==> Nggak ikutan kalo ngomongin cinta2an dalam lagu.. cukup mendengarkan saja .. heheheh

    btw jIgo itu 50 ya mas ??

    • betul itu,beribadah kepada Allah,itu ada di alquran kok🙂

      jigo itu 25 rupiah del😛

  27. betul dot..
    we are perfect!! Allah menciptakan kita sebaai makhluk sempurna.. artinya.. tidak ada istilah produk gagal.

    istilah sempurna gak sempurna itu cuma ukuran manusia.

    yah… semoga selalu mensyukuri apa pun yang dititipkan kepada kita
    bersabar dengan apa yang kita inginkan tapi belum dikabulkan oleh Allah
    dan ikhlas, terhadap kehilangan yang pernah dialami…

  28. adanya ketidak sempurnaan manusia itulah dia menjadi mahluk sosial… membutuhkan org lain ^^

  29. Ukuran kesempurnaan itu hakikatnya ada dalam hati…ini ukuran kesempurnaan manusai dalam pandangan Allah, karena hal yang kasat mata, kadangkal menipu…untuk itulah kesempurnaan hanya dinilai olehNYA yang Maha Sempurna…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s