Hijab Allah

saya pernah menulis tentang hijab manusia,yaitu jilbab bagi para wanita.

ceritanya bisa dibaca disini


Yang saya pikirkan kini adalah “jilbab”nya Allah, karena ternyata Allah pun berhijab. ya benar,siapa yg bisa melihat Allah? hanya beberapa manusia pilihan yg mampu dan diberikan keistimewaan untuk melihatNYA.

Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: “Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau.” Tuhan berfirman: “Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tapi lihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku.” Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu , dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata: “Maha Suci Engkau, aku bertaubat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman.” (QS 7 : 143 )

Nabi Musa adalah salah seorang yg pernah melihat di alam materi ,subhanallah ,beliau ini sangat kuat dan perkasa untuk ukuran manusia,karena gunung pun hancur kala itu menahan zat Allah yg teramat agung.

Hai jemaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan. (QS 55 : 33)

Nabi Muhammad juga langsung melihat Allah saat isra miraj ,tapi yg saya yakini bukan dalam bentuk wujud materi ya,karena  untuk menembus langit ketujuh itu tubuh kita pasti gak akan bisa menembusnya. saya yakin beliau naik dalam bentuk roh ,wallahualam.

yang jelas,Allah tidak akan dengan sengaja menampakkan dirinya untuk cuma-cuma karena Allah selalu memakai hijab.

Allah berfirman :

Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS 2 :115)

Ayat diatas menunjukkan bahwa Allah ada dimana2 ,setiap kita melihat kemanapun ada Allah disana,bahkan didalam diri kitapun ada Allah jika kita mampu merasakanNYA,karena didalam diri kita ada ruh Allah yaitu jiwa.

“Jika hamba-hambaKu bertanya tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku menjawab permintaan orang yang meminta jika ia meminta kepadaKu…” (QS 2 : 186)

namun bukan dalam bentuk fisik dan materi kita mampu melihat kehadiran Allah,bukan dengan mata biasa kita bisa melihatNYA,tapi kita butuh mata hati ,melihat dengan hati bahwa Allah selalu berada disekitar kita,bagaikan Lautan luas yg memberi kehidupan bagi seekor ikan.

Surga memang mungkin saja saat ini terasa begitu menggiurkan untuk beberapa orang ,apalagi pendeskripsian tentangnya yg begitu indah,meski ada juga mungkin beberapa dari kita yg beramal baik hanya sekedar untuk menghindari murkanya Allah di neraka yg menyeramkan itu tentunya

apapun itu,surga dan neraka, rasanya tidak ada artinya dibandingkan dengan lelehan air mata ,atau jika masih ada kata2 yg lebih indah lagi untuk itu ,yaitu  untuk mengungkapkan kebahagiaan dan kerinduan tertinggi saat jiwa ini diizinkan untuk melihat bentuk asli Tuhannya

Bagaimana perasaan bahagia seorang suami ,tatkala memiliki seorang istri yg setia dan sholehah,yg hanya membuka jilbabnya untuk sang suami dan muhrimnya saja. betapa istimewanya perasaan sang suami mengetahui bahwa dirinya diperlakukan berbeda dari laki2 lain dalam hidup istrinya. demikian pula betapa istimewanya seorang hamba yg hina tatkala Tuhannya yg agung dan mulia hendak menampakkan diriNYA untuk beberapa orang hamba pilihanNYA.

Dari Shuhaib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika penduduk surga memasuki surga, Allah Ta’ala pun mengatakan pada mereka, “Apakah kalian ingin sesuatu sebagai tambahan untuk kalian?” “Bukankah engkau telah membuat wajah kami menjadi berseri, telah memasukkan kami ke dalam surga dan membebaskan kami dari siksa neraka?”, tanya penduduk surga tadi. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah pun membuka hijab (tirai). Maka mereka tidak pernah diberi nikmat yang begitu mereka suka dibanding dengan nikmat melihat wajah Rabb mereka ‘azza wa jalla.

adakah diantara teman2 yg bergetar hatinya saat membaca hadits diatas sebagaimana saya bergetar dan merinding karenanya??

Apakah kata cantik atau tampan masih bermakna untuk sebuah keindahan yg menciptakan seluruh keindahan yg ada? bagaimana menggambarkan Sang pencipta keindahan dan Sang pencipta kata2 ?

segala kerinduan adalah untukMU semata ya Allah, aku tak peduli dengan indahnya surga, karena aku yakin tak ada yang lebih indah daripada Engkau, karena Engkau adalah Sang Maha indah

78 Komentar

  1. kutu juga pernah denger mas … dikatakan bahwa nanti di padang mahsyar, Allah akan membuka hijabNya, dan di sanalah puncak kegembiraan manusia sebagai seorang hamba, Subhanallah T-T

    jadi sedih, takut blom bisa terbukti sebagai hamba yang berbakti …

    • iya gembira bagi yg amalnya cukup,kalau yg tidak cukup?

      malah kena murkaNYA lagi nanti😐 naudzubillah min dzhalik

  2. – komen mas huang saya moderasi karena yg bersangkutan sudah minta maaf,demi menjaga perasaan yg lain –

    • Klo dia sudah mengerti ttg hija yg sesungguhnya, temennya nggak bakalan bilang itu jilbab yg mencerminkan kesombongan. Cobalah menghargai org lain yang memakai jilbab seperti ini dgn tidak menyebut ‘ninja’ atau apalah, toh nggak kan lebih baik kok ngejek org seperti itu. Kita punya prinsip, org yg berjilbab seperti itu pun punya maksud mengapa sampai berjilbab ‘cadar’….Coba diskusikan dan tanyakan langsung mengapa dia memilih berjilbab sprti itu. Setelah mendengar jawaban si pemakai, pola pikir kita akan sedikit memahami.

    • hush kalau jamaah salaf banyak yg model ninja begini lho mas huang😀

      nanti kena demo lho:mrgreen:

      • saya tahu tulisan saya ini akan menimbulkan kontra, tapi saya pribadi saya tidak ada bermasuk menyinggung pihak-pihak yang menggunakan bentuk jilbab seperti ini.

        saya minta maaf kalau ada pihak yang merasa dirugikan.

    • Astaghfirullah.Saya hampir menangis mendengarkan komentar teman kita yang satu ini. Cobalahan untuk menhargai agama lain😦

      • baiklah mbak meli dan mas danu,mas huang sudah minta maaf,jadi kita tidak perlu perpanjang lagi,semoga kita semua lebih bijak menyikapi perbedaan yg ada🙂

  3. Puncak terindah bg seorang muslim adalah ketika di syurga kelak, dia bs menatap wajah Allah dan berbincang2 langsung dgn-Nya. Semoga kita bisa mengapai keindahan yg sesungguhnya….

    • amin ya rabb,kabulkanlah doa mbak mel ini ,kami rindu kepadaMU ya Allah,kebahagiaan jiwa kami tertinggi bukanlah surgaMU,namun dekat dan mesra dengan Engkau selamanya🙂

  4. saya belum berhijab atas sebuah alasan, tapi berusaha untuk selalu santundan tertutup dalam berbusana, daripada orang yang berhijab tapi lekuk tubuhnya kelihatan banyak sekali saya lihat mereka yang demikian

    • sama mah aku juga belum berjilbab

    • iya mamah aline,tentu jilbab hati dan perilaku juga penting ,tapi bagi yg sudah berjilbab kemudian masih memakai yg ketat2 kita doakan saja supaya mereka lebih baik ya,mereka2 ini juga dalam prosesnya untuk menuju lebih baik kok🙂

  5. setuju kang,,,,, Allah yang Maha indah,,, ga ada yang bisa nyamain keindahanNya,,,,,,
    Deuh mungkin indah saja ga cukup menggambarkannya ya kang😀 secara Allah memang Maha segalaNya😀 siipppp deh😀

    • betul banget tuh cempaka,mungkin indah saja belum cukup buat menggambarkanNYA🙂

  6. hiks…hiks….menyadari diri ini, masih jauh dr jajaran manusia yg dpt melihat wajah Tuhan di hari akhir nanti.
    hal terindah dlm kehidupan seorang muslim, mungkinkah mampu kucapai?
    Terimakasih krn sudah mengingatkan Mas Didot.
    semoga kita selalu saling mengingatkan terus ya.
    salam

    • manusia paling beruntung adalah yg selalu merasa amalnya kurang dan dosanya banyak,karena akan selalu merasa tidak aman dan banyak memperbaiki diri karenanya. semoga bunda termasuk di dalam orang yg beruntung karena terus memperbaiki diri dan amalnya🙂

      tidak ada yg sulit jika Allah sudah ridho,jika Allah ridho langit dan bumi akan mendoakan kita selalu😀

  7. […] Kang Didot […]

  8. rasanya aku tak pantas bermimpi melihat wajah Alloh,wong masih belepotan sana dan sini.
    Belum sempat posting yang di wp, jd pake bs dulu mas didot gpp ya.
    Salam

    • siapapun boleh untuk berharap yg terbaik untuk dirinya,jangan pernah berputus asa atas rahmat dan pertolongan Allah mas dasir,Allah maha baik,kita harus terus meminta supaya diberikan yg terbaik ,jika Allah sudah ridho,hidup kita pasti terjaga jalannya,insya Allah🙂

  9. karena kata ayah, saya adalah mutiara antik yang terpendam didasar lautan yang hanya terambil dan tersentuh oleh dia yang terpilih..

    amin.
    (-_-)

    • bukan cuma kata ayah kamu saja aisyah ,tapi kata Sang Pencipta kamu ,kamu adalah mutiara terindah,karena Allah tidak memilih2,semua dikasihi,semua diberi nikmat kehidupan. akan jadi apakah kita bila tidak pernah diciptakanNYA??😉

  10. Salam Takzim
    Apasih perbedaan Hijab dan Jilbab secara harpiah, agar tidak terbersit kesalahan terhadap HijabNya Allah dengan Jilbanya istri-istri kita
    Salam Takzim Batavusqu

    • Hijab adalah tabir kang,itu menurut yg saya tau. kalau jilbab itu juga hijab tapi khusus buat wanita muslim untuk menutup aurat.

      jadi setiap yg berjilbab berarti mempunyai hijab / tabir pembatas, antara dirinya dan yg lain🙂

      wallahualam

  11. maka cintailah Allah melebihi apapun, karena kelak setiap orang
    akan dipertemukan dengan apa yang dicintainya,,
    -wallahu’alam-

    makasih Mas Didot atas tulisan indah ini,
    smoga diri ini bisa melihat Engkau dibalik hijab-Mu kelak
    maka ijinkanlah Ya Allah,,

    • makasih mas yan atas kata2 yg indah tersebut,semoga hati ini selalu mencintaiNYA dan kelak dipertemukan denganNYA dalam keadaan yg terbaik,insya Allah.

      saya ikut aminkan doa mas yan ya,kabulkanlah ya rabb 😀

      • amin,,😀
        semoga kita sama2 diberi kebahagiaan itu,,:mrgreen:

      • terpaksa dengan senang hati saya aminkan hehehe😀

  12. Wah, betrapa iri hati saya ama kamu gan, semakin hari, kecintaan kamu terhadap Allah ter nyata semakin besar. Kapan ya saya bisa meniru kecintaan yang seperti itu, kelihatannya ilmunya juga makin nambah neh🙂

    • kamu perlu ke jakarta,biar tak share ilmunya (atau mau konsultasi jarak jauh pake YM aja??:mrgreen: ),insya Allah kamu bisa dik,saya yakin banget, kamu adalah para pencari seperti saya yg selalu mencari. kadang tersesat namun selalu mencari jalan kembali kepadaNYA. saya hanya berharap semoga cinta ini bisa terus terjaga sampai akhir hayat saya ,saat kembali menghadapNYA tidak ada cinta yg lain yg dijadikan berhala (ingat tulisan rindu pagi ini😀 )

      • OK, milih yang aman aja gan, via YM.. 🙂

  13. akankah diriku ini,kan bercahaya bersinar di surgaMu mengharap penuh rindu

    ataukah diriku ini,kan hangus terbakar di neraka membara. aku tak akan mampu…

    • mari kita sama2 bertobat dengan sungguh2,dan menghadirkan Allah dalam setiap gerak gerik kehidupan kita,semoga Allah memberi petunjuk dan keridhoanNYA untuk kita ya bang? kalo Allah udah ridho ,apapun jadi mungkin dan mudah🙂

  14. Nice posting dan mencerahkan mas didot, karena ilmu saya dalam beragama rendah sekali tapi saya berusaha selalu mendekatkan diri padaNya walau msh byk perilaku saya belang belentong

    • insya Allah,saya juga masih banyak belajar putri,dan masih sangat banyak dosanya…. astagfirullah

  15. Dan hanya yang terpilih saja yang akan menemui-Nya.

    kami semua ingin terpilih ya Rabbana, bimbinglah kami..

    • kabulkan doa ini ya Allah,tanamkan cinta kepadaMU dalam hati kamu,cinta yg hanya kepadaMU dan takut hanya kepadaMU,hati yg selalu mengingatMU.

      beri petunjuk dan ridhoi jalan kami ya Allah…

  16. dan Allah sudah memberikan kita kitab pedoman agar bisa menjadi manusia pilihan tersebut.

    • betul bundo,ibaratnya semua yg Allah suka dan gak suka udah dibeberkan,tinggal kita aja mau atau tidak menarik hati Allah,mendapatkan keridhoanNYA🙂

  17. Jika kita membaca postingan Mas Didot, Insya Allah iman kita selalu bertambah karena selalu nilai-2 spritual didalamnya Semoga kita diberikan rahmat oleh Allah SWT untuk melihat wajah Allah SWT…Amin.

    • terimakasih pak hasnul,wah saya kedatangan orang penting dari XL nih,semoga Allah selalu merahmati pak hasnul sekeluarga ya pak🙂

  18. Kalau sudah bertekad kuat untuk berjilbab, maka harus pula beristiqomah untuk itu, khususnya menjaga diri dari segala perbuatan yang yang dapat merusak makna dari berhijab itu sendiri. Jangan jadikan jilbab sebagai suatu main2 belaka

    • betul sekali,berjilbab untuk menjaga perilaku bukan sekedar fisik. tapi biasanya ini saling mendukung mas,termasuk kita juga yg laki2 jika berpakaian taqwa ,insya Allah orang lain segan mengajak kita maksiat🙂

  19. meskipun penuh kontra, ini postingan yg luar biasa.. masih banyak muslimah kita yg belum paham makna berhijab
    salam.

    • insya Allah jika Allah berkehendak memberikan hidayahNYA siapapun takkan sanggup menolak,semoga para muslimah kita semakin memperdalam imannya,kita doakan ya mas afif🙂

  20. daku mak smriwing bacanya mas…astagfirullah, semoga kita semua istiqomah ngumpulin ‘modal’ biar bisa sampai ke tempat indah Sang Maha Indah ya mas..

    • itu namanya jiwa yg udah kangen bertemu Allah buat melepaskan rindunya mbak wiwi, kenikmatan tertinggi jiwa adalah bertemu Tuhannya. semoga mbak wiwi selalu diberikan rahmat dan kebaikan agar terjaga dalam jalan yg lurus,insya Allah ya mbak,kita bisa bertemu dengan Sang pencipta kita dalam kondisi yang terbaik kita,untuk melihat wajah terindah yg tidak terkatakan keindahannya…

  21. Pantaskah aku di surga?
    Namun ku juga tak mau di neraka.

    • surga bukan sebuah cita2 lagi bagi jiwa2 yg mencintai Allah,neraka pun tak hendak dihampiri,namun selalu diingat agar tidak lalai dalam dosa dan maksiat🙂

  22. Saya hanya bisa bilang setuju mas Didot. Amin.

    • itu sudah lebih dari cukup buat saya mas sapril🙂

  23. Tulisan yang membuat ku terdiam T_T…..

    • * ikut duduk disamping delia yg terdiam

  24. […] Didot Musibah yang menimpamu tidak akan hilang dengan keluhan. Musibah hanya bisa diatasi dengan kesabaran dan keridhaan. Janganlah engkau menjadikan musibah sebagai penambah  dosa, yaitu engkau tidak bersabar dan tidak merelakan musibah yang menimpa dirimu. Jika engkau banyak mengeluh, musibah yang menimpa dirimu malah menambah dosamu, bukan menjadi kifarat atas dosamu. Sungguh rugi orang mengeluh atas ujian Allah. Musibah yang menimpa hanya menambah beban dosa. (Ali Al-Khaswash) -nyontek dari sini- […]

  25. Hmm… Setuju banget…
    Tidaklah mungkin bagi manusia tuk membentukkan Allah seperti materi, karena Allah diluar itu semua. Allah adalah Allah… Pencipta seluruh alam…
    Manusia hanya perlu merasakan kehadiran Allah… dengan cara mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah…
    Wallahua’lam…

    • betul kaka ,mari terus bersyukur kepadaNYA atas segala nikmatNYA🙂

  26. wah mungkin gue bisa bangga sekali kalo istri gue kelak bisa make jilbab saat dia pergi keluar rumah.

    • insya Allah bisa jika Allah berkehendak memberikan petunjukkNYA🙂

  27. Salam Takzim
    Selamat pagi menjelang siang kang semoga tetap sehat semua keluarga ya kang, demikian juga dengan kang Didot
    Salam Takzim Batavusqu

    • makasih kang isro ,semoga kang isro juga sehat sekeluarga😀

  28. abang sye nk tanya abang pernah menulis kisah nabi lain?

  29. kalau ada ceritakan lah dekat kami di sekolah taman semarak “pleasssssss”..

  30. tolong lah cerita kan”pleassssssssssssssssss”

  31. Alhamdulillah…. semoga istri saya nanti sholehah dan berjilbab..🙂

    • amin sop,didoain ya,kamunya juga harus usaha jadi pria yg lebih sholeh dong,biar bisa memimpin istri kamu nantinya😀

  32. dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda ketika Allah Subhanahu Wa Ta’ala membuka tirai hijab-Nya para penghuni surga terpesona oleh keindahan-Nya. mereka mengatakan bahwa indahnya menikmati wajah Allah melebihi indahnya menikmati surga. luarbiasa .

    rankan bila kamu mengenaliNya, namun tidak mencintaiNya. Kamu telah mendengar seruan orang yang mengajak ke jalanNya, tetapi kamu malas menyambutNya. Kamu mengetahui betapa besarnya keuntungan bermuamalah denganNya, namun kamu bermuamalah dengan selainNya. Kamu mengetahui betapa besar murkaNya, tetapi kamu berpaling dariNya.

    Kamu merasakan pedihNya keterasingan kerana durhaka kepadaNya, namun kamu tidak mencari hiburan dengan taat kepadaNya. Kamu telah merasakan hancurnya kalbu saat tenggelam dalam perbicaraan selain dari batasan agamaNya, namun kamu tidak merindukan ketenteraman jiwa dengan berzikir dan bermunajat kepadaNya. Kamu merasa tersiksa manakala menggantungkan hati kepada selainNya, namun kamu tidak berusaha menghindar dan menuju nikmatnya menghadapkan diri kepadaNya dan kembali ke jalanNya.

    Yang lebih menghairankan, kamu telah meyakini bahawa dirimu pasti memerlukan pertolonganNya, tetapi kamu berpaling dariNya dan menyukai hal-hal yang menjauhkan dirimu dariNya.”

    • makasih tambahannya mas usup,insya Allah bermanfaat. semoga mas usup termasuk orang2 yang diridhoiNYA ya,amin🙂

  33. Apakah Rasulullah waktu isra mi’raj beliu diangkat ke langit hanya ruhnya mas, dan apa memang ALLAH ada dimana-mana?

    • soal isra mi’raj wallahualam mas,ini pendapat saya pribadi ,jadi tidak berdalil tentunya.

      namun kalau soal Allah ada dimana2 insya Allah benar,karena tidak ada tempat yg tidak ada Allah disana,Dia maha mengetahui,tidak ada sebuah daunpun yg jatuh kecuali Allah mengetahuinya🙂

  34. subhanallaah… makasih didot atas postingan ini… betapa kerinduanmu akanNya menggunung sangat…🙂

  35. yaah… komenku ditangkep ma aki yaa…😦 hiks

  36. postingan yang indah Didot karena DIA lah sumber keindahan itu… ^^

  37. entahlah dot..
    apakah saya termasuk orang2 yang beruntung itu?
    rasanya masih jauh sekali…

    masih terus berusaha mencari cinta hakiki, mau berbuat apa saja untuk melihat wajah Nya..

    • teruslah mencari na,dengan sungguh2. man jadda wajada,barang siapa bersungguh2 dia pasti akan mendapatkannya🙂

  38. Kebahagiaan Bertemu dan Melihat WajahNYA, takkan pernah bisa dibayangkan dengan akal pikir kita, belum pernah kita Lihat sebelumnya, dan takkan mampu kita bandingkan dengan apapun dimuka bumi ini…
    semoga kita termasuk yang beruntung dalam barisan orang2 yang MenemuiNYA kelak, oleh karena itu, selagi masih didunia, hadapkanlah wajah kita kepadaNYA, dalam keadaan lapang maupun sempit…🙂

    • amin ya rabbal alamin🙂

  39. Subhanallah… hanya Allah yYang Maha Indah…
    Maha Suci Allah, hanya Allah yang tahu perasaan mimi ketika membaca hadits di atas…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s