Siapa yang lebih cacat?

Seorang anak menangis kepada ibunya, karena disekolah dia dihina oleh teman sekelasnya oleh sebab  kakinya yang agak timpang sebelah.

kemudian sang ibu dengan tenang menjawab : Nak, biarpun kamu punya kekurangan secara fisik tapi hatimu tidak lah cacat,hatimu sempurna. sedangkan mereka meskipun fisiknya boleh dibilang sempurna,tapi hati mereka cacat. karena itu ibu lebih bangga pada dirimu ini daripada mempunyai seribu anak lain seperti mereka sekalipun.

biarlah mereka demikian,yg penting hati kamu bersih dan tidak mendendam,kita doakan saja ya nak,semoga mereka suatu saat sadar akan kesalahannya itu. bukankah kita disuruh untuk menyayangi sesama kita manusia?

ya bu, Allah sayang aku dan aku sayang Allah ,yang penting itu kan bu?

sang ibu yang bijak hanya mengangguk dengan tersenyum bahagia🙂

Jadi siapakah sebenarnya anak yg lebih cacat??😯

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” [Q.S. At-Tin (95): 4]  <— ayat ini berlaku untuk semua manusia kan baik yg cacat fisik ataupun tidak ??😉

57 Komentar

  1. Yang Jiwanya dipenuhi dengan Penyakit hati…

  2. Yang lebih cacat adalah orang yang hatinya cacat.🙂
    Semoga saya tidak menjadi orang yang seperti itu.😐

    • cacat fisik jelas keliatan,tapi cacat hati jauh lebih terasa dan terlihat oleh orang lain,dari perkataan dan perbuatannya😉

  3. wah, mas. bener-bener dalem tulisannya. saya sampe terharu. mungkin fisik kita sempurna, tapi mudah-mudahan hati kita bisa lebih sempurna lagi. yuk syukuri apa yang ada pada diri kita. bukan malah mengeluh. thx untuk postingan singkat penuh maknanya.

    • terimakasih mas , kita semua diciptakan sempurna kok,demikian ayat ini : “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” [Q.S. At-Tin (95): 4] adalah berlaku untuk semua manusia bukan manusia tertentu aja😀

  4. kadang suka bingung jg dgn anak2 yg suka mengejek temen2nya yg punya kekurangan.
    apa memang ga pernah diajari ortunya atau gmn?
    btw, salam kenal ya! ^^

    • bener tuh Nil… gue juga suka bingung. gue sih ga nyalahin anak kecilnya ya, mungkin mereka blom ngerti.
      jadi PR buat kita, ternyata hal2 ‘sepele’ gini sering kali miss utk diajarin sama ortu ke anaknya: ‘menghargai sesama manusia tanpa pandang bulu’

    • bisa jadi demikian,bisa jadi karena pergaulannya,wallahualam🙂

      salam kenal kembali😀

  5. Cacat fisik terlihat nampak
    Cacat hati terlihat karena ulah yang nampak

    Cantik hati membuatnya mulia hingga di surga

    • indah sekali puisi ini hehehe😛

      makasih achoey😉

  6. Beruntung sekali kalo semisal saya menjadi bagian “orang cacat” seperti yang di maksudkan al quran : yang mana ada orang-orang cacat itu memiliki ‘keistimewaan luarbiasa,’ yaitu mereka serombongan bisa cacat pada tiga hal sekaligus, yaitu cacat matanya, cacat telinganya dan cacat mulutnya dari maksiat.🙂

    • kamu ini memang paling bisa aja deh dik,hahahaha😀

      jadi bisu tuli dan buta terhadap kemaksiatan ya??😛

      pinter😉

  7. gue salut banget sama orangtua yang bisa nerima anaknya apa adanya, bahkan bisa bikin anak yang (dianggap) cacat jadi lebih berprestasi dan lbh PD dibanding anak yg ‘normal’…. subhanallah, apapun agama mereka, buat gue mereka sungguh beriman sekali.

    • setuju dengan desy… saya juga salut sama orangtua model seperti itu,menanamkan kepercayaan diri bahwa mereka udah punya semua yg mereka butuhkan untuk survive di dunia ini. dan mereka sempurna di mata Allah ,itu jauh lebih penting😀

  8. subhanallah
    yang cacat ya yang ngatain anak itulah

    • cacat hatinya mungkin,mudah2an bisa dioperasi hatinya sama Allah kelak biar gak cacat lagi😛

  9. tugas kita lah sbg orang tua dan guru beri pemahaman pada anak-anak, bhw cacat fisik bukanlah hal yang hina.. sebenarnya anak-anak ini polos semua, merekahanya tak mengerti.. teman2 yang debil atau autis kadang dikira gila, itu karena kita tidak memberi pemahaman pada mereka.

    • ya bundo,tugas kitalah membuat mereka mengerti,karena kita semua adalah orang dewasa yg punya hati🙂

  10. huhuhu..
    singkat tapi bermakna🙂

    • hehe senyum aja deh🙂

  11. keren bgt ni mas artikelnya sampe bigung koment apa🙂

    • lah ini kamu komen? hehehe😀

      no comment is also a comment you know??😛

      kok tiba2 jadi inget desy ratnasari ya? yg jaman dulu sering banget bilang ‘no comment’😆

  12. ok sip. salam kenal juga ya.. ^^

    • terimakasih atas kunjungannya mas ^_^

  13. kita mengira jari kita 5 itu normal karena sebagian besar jari manusia itu lima, tapi siapakah yang pernah mengatakan yg 5 itu normal yang kurang atau lebih itu cacat??

    mensyukuri yang ada, atau meraih yg bisa dikejar…

    salam hangat mas didot

    • mbah sendiri jarinya piro mbah?? 5 kan satu tangan heheheh😀

      makasih salamnya mbah,senang ada orang tua datang berkunjung 😉

  14. Good posting.
    Dengan bersyukur hidup terasa lebih indah. Karena Allah tambahkan nikmat kepada orang2 yang bersyukur.

    • terimakasih,insya Allah bersyukur adalah kunci kebahagiaan🙂

  15. Hanya manusia piciklah yang patut disebut sebagai seorang cacat, yang hanya memandang lahiriah semata sebagi suatu keindahan. Sungguh menyedihkan orang semacam itu😦

    • semua manusia telah diciptakanNYA sempurna menurut ukuran masing2 ,betul kan mas ifan??😉

  16. cacat yang paling menakutkan adalah cacat hati mas, ketika hati tak lagi takut akan dosa, ketika hati tak lagi membedakan mana yang benar dan mana yang salah😦 nauzubillahimindzalik.

    • si ade emang pinter,siapa dulu gurunya ya de??😛

      yuk dijaga hatinya ,biar gak terkotori oleh maksiat🙂

  17. Tulisan yang mencerahkan. Ini adalah tentang bagaimana menjalani hidup dengan penuh syukur.
    Sepertinya ada yang lebih berbahaya daripada sekedar cacat fisik

    …yaitu orang-orang yang diberi mata tetapi tidak melihat, diberi telinga tetapi tidak mendengar, dan diberi hati tetapi tidak memahami…

    Wallahua’lam

    • betul sekali,ada manusia yg tidak memakai hatinya ,maka secara hakekat dia buta dan tuli,karena hati adalah pemimpin seluruh tubuhnya.

      terimakasih atas tambahannya mas🙂

  18. subhanallah gambarnya …

    • iya setuju, lihat gambarnya saja, saya sudah ngrenyeng, apalagi baca postingnya…

    • makanya kita perlu bersyukur ya mas afif??😛

      @wigati : ngrenyeng tu apa artinya ya mbak wiwi??😀

  19. Aduhhh kasihannya.
    Seandainya kita yang tubuhnya lengkap ini mengalami kejadian seperti itu pasti hati hancur rasanya meskipun selalu berusaha optimis, tapi hati ini pasti sakit.
    Semoga kita smua bisa sering2 koreksi diri agar hati ini senantiasa bersih ya.

    • iya mbak zee,kita belum tentu sanggup jika diuji seperti itu,tapi Allah juga maha tahu ,jadi pasti gak akan menguji kita diluar kemampuan kita🙂

      semoga kita bisa lebih menjaga hati dari kekotoran2 ya mbak,makasih udah nyempetin mampir lho😉

  20. makasih mas didot atas postingannya,,,
    daleeem banget…
    kesempurnaan hidup manusia lebih ditentukan
    oleh hati kita, qolbu yang menjadi radar kehidupan…
    hati yg tawadu’ akan lebih menghiasi hidup..

    salam hangat, kawan 😀

    • betul sekali mas,hati yg menjadi pemimpin,maka jika hati cacat hakekatnya cacat pula seluruh anggota tubuh yg lain🙂

  21. Seperti saya melihat kisah Sam dalam film My Name is Khan kemarin…

    • wah ,saya termasuk yg kuper belum nonton nih😀

      nanti cari dvd bajakannya dulu deh:mrgreen:

  22. ah… ternyata yang cacat adalah org2 yang saling menghina dan melecehkan satu sama lain…😦

    • mudah2an saya juga gak cacat dengan ikut2an mencela mereka yg mencela dan menghina ya? nanti saya gak ada bedanya dong sama mereka??😯

      naudzubillah min dzalik

  23. marilah saling mengasah empati agar tak melahirkan kecacatan hati… ^^

    • mari yuk mbak rose,asal jangan mengasah golok aja,itu di dapur:mrgreen:

      btw kok di blog saya jadi banyak gambar bunga2 ya?? mbak rose dan sunflo avatarnya bunga2 sih,berasa ada di kebun nih jadinya hehehe😀

  24. haduh dot…
    liat fotonya aku langsung sedih banget…

    hm, semoga kita yang lengkap ini harus bisa berbuat lebih baik untuk orang lain dan diri kita sendiri…
    semoga menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan sesama.. amin

    btw, dah sembuh dot.. jgn ikutan trend pamit yaaa🙂

    • insya Allah ya na,kita jadi orang yg berguna buat sesama🙂

      alhamdulillah udah sembuh na,makasih. waduh aku gak ikutan trend pamit hiatus na,aku sih disini terus.

      sedih juga ya kawan2 kita pada hiatus,huhuhu… mau nangis nanti dibilang cengeng huehehehehe:mrgreen:

  25. sesungguhnya Allah tidak melihat pada rupamu tapi batinmu . maka yang catat ialah catat hatinya dimana disisi dengan segala bentuk penyakit . maka karena hati pastilah berkarat bersihkanlah dengan selalu berzikrullah dan membaca Al-Qur’an

    • bener banget nih mas usup,kita bersihkan daki dan kotoran hati dengan selalu mengingat Allah… sesering mungkin,karena maksiat kita juga banyak🙂

  26. Orang yang hatinya buta yaitu: Dia senang melihat orang lain susah, dan susah melihat orang lain senang, inilah sesungguhnya yang paling cacat di dunia ini, orang yang sudah hatinya buta akan sulit melihat kebenaran!!!

    • betul banget mas dafi ,terimakasih atas komennya ini🙂

  27. Semoga hati kita tidak cacat ya dan selalu senang menerima setiap kebaikan….

  28. ga ada yg cacat…. smua sempurna


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s