Teruntuk yang sakit hati


Saya terkadang suka ikut senang ,saat melihat keindahan cinta dua pasangan manusia yg sedang jatuh cinta,betapa mereka saling menyayangi satu sama lain. bahkan kalau dijadikan lagu ,ada yg bilang “everything i do ,i do it for you” ataupun “i dont wanna live without you” dan lagu2 yg sejenisnya.

alangkah indahnya cinta seperti ini ,cinta yang selalu ingin berdua,dan bersama selamanya,ala2 kisah Romeo dan juliet -nya om shakespeare😀

“Tidaklah seseorang diantara kalian dikatakan beriman, hingga dia mencintai sesuatu bagi saudaranya sebagaimana dia mencintai sesuatu bagi dirinya sendiri.”

Namun kita juga harus tahu bahwasanya Allah berjanji : segala yang hidup pasti akan mati. semua akan mati kecuali Allah yang tak pernah mati,karena Allah diluar hidup dan mati.  karena itu banyak dari teman2 sekalian pastinya yang akan mengalami kekecewaan ,karena cintanya gak abadi,gak kekal.

Segala sesuatu ada akhirnya ,kecuali DIA yang tak berawal dan berakhir. dan yang namanya hubungan antar manusia pasti akan berakhir suatu saat nanti,entah karena kematian,entah karena putus,entah cerai,ataupun hal2 lainnya,yg jelas pasti berakhir.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Allah berfirman pada Hari Kiamat, “Dimanakah orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku pada hari ini? Aku akan menaungi mereka dalam naungan-Ku pada hari yang tiada naungan kecuali naungan-Ku.” (HR. Muslim; Shahih)

nah kalo kamu mampu mencintai seseorang sepenuh hati sampai rela berkorban jiwa dan raga (dompet gak usah disebut deh ,itu udah pasti hehehe:mrgreen: ) alangkah indahnya jika cinta itu ditujukan kepada Allah,yg mana cintaNYA pasti  sempurna dan abadi,dan kita gak akan pernah sakit hati lagi,semua cinta kita adalah karena cinta kepadaNYA

Dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu, ia menuturkan, Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah berfirman, ‘Orang-orang yang bercinta karena keagungan-Ku, mereka mendapatkan mimbar-mimbar dari cahaya sehingga para nabi dan syuhada iri kepada mereka.” (HR. At-Tirmidzi; Shahih)

Sampai berapa kali kamu harus sakit hati,sehingga kamu mengerti,bahwa Cinta selain kepadaNYA ,hanya akan menyakitimu pada akhirnya?

Dari Anas bin Malik ra berkata: Nabi Muhammad saw bersabda: “Seseorang tidak akan pernah mendapatkan manisnya iman sehingga ia mencintai seseorang, tidak mencintainya kecuali karena Allah; sehingga ia dilemparkan ke dalam api lebih ia sukai daripada kembali kepada kekufuran setelah Allah selamatkan darinya; dan sehingga Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai daripada selainnya.” Imam Al Bukhari.

Bukan,bukan diri ini ingin melarangmu untuk merasakan manisnya cinta dan romantismenya dengan segala warna warni indahnya itu,semuanya tentu adalah pengalaman yang indah,tapi cinta2 lain itu hanyalah bagian dari perwujudan cinta kita kepadaNYA

Abu Muslim radhiyallahu ‘anhu melanjutkan, “Kemudian aku keluar hingga bertemu ‘Ubadah bin ash-Shamit, lalu aku menyebutkan kepadanya hadits Mu’adz bin Jabal. Maka ia mengatakan, ‘Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan dari Rabb-nya, yang berfirman, ‘Cinta-Ku berhak untuk orang-orang yang saling mencintai karena-Ku, cinta-Ku berhak untuk orang-orang yang saling tolong-menolong karena-Ku, dan cinta-Ku berhak untuk orang-orang yang saling berkunjung karena-Ku.’ Orang-orang yang bercinta karena Allah berada di atas mimbar-mimbar dari cahaya dalam naungan ‘Arsy pada hari tiada naungan kecuali naungan-Nya.” (HR. Ahmad; Shahih dengan berbagai jalan periwayatannya)

jadi kalau kamu gak mau sakit hati lagi , jangan pernah mencintai seseorang karena dirinya, cintailah hanya karena cintamu kepada Allah,maka kamu takkan pernah tersakiti lagi ,karena cinta Allah sempurna untuk kita,DIA membalas segalanya dengan sempurna.


69 Komentar

  1. ada yg lagi sakit hati saat ini? mungkin saja ini solusi buat kamu…

  2. Peyakit hati memang merupakan hal yang utama dan meyembuhkannya juga dengan hati maka , hiasihlah dengan memperlembut hati dengan banyak membaca Al-Quran

    • alquran memang pelembut hati,yg penting jangan lupa mencintai sesuatu karena cinta kepada Allah🙂

  3. baca artikel ini saya jadi teringat masa lalu😀
    benar sekali, dengan selalu ingat kepadaNYA
    maka seseorang tidak akan pernah merasa sakit hati yang mendalam hanya karena disakiti oleh orang lain (org yg diidolakan)

    cinta terhadap sesama manusia memang kadang membuat mabuk
    tapi buat saya tidak lho ya?
    paling agak pening dikit😀

    • hahaha.. bisa aja mas abu, gapapa pening dikit yg penting sama istri kan peningnya? bukan sama wanita penggoda ituhhh ?? hihihi:mrgreen:

  4. Sakit hati hanya akan menjadikan kehidupan kita akan lebih terjerembab pada keingkaran. Jangan jadikan sakit hati sebagai penghalang bagi kita buat maju. Tak ade gunenye kata orang malaysia bilang

    • terimakasih mas ifan,sakit hati bisa dihindari ,ya itu tadi caranya,karena Allah semata,hehe😀

      semoga kita tidak terjebak sakit hati lagi setelah mencintai karena Allah,insya Allah,amin🙂

  5. Aku mencintainya sepenuh hatinya, kuikhlaskan engkau memilih , walau engkau tidak memilihku tapi hatiku tak berubah

    • ikhlas berarti gak sakit hati lho… semoga kata2 kawan lama sungguh benar terwujud🙂

  6. sakit hati hanya akan membuat kita semakin terpuruk,,, apapun yang terjadi usahakan kita tetap tersenyum walaupun itu hanay senyum palsu…, mas jikalau boleh mau tekeran link dunk, link mas sudah terpsang di blog saya…

    • linknya sudah terpasang…😀

  7. ada yg bilang, sakit hati maka sekujur tubuh akan sakit juga, dan benar, saya sudah pernah mengalami. tapi Insya Allah, dengan hanya mengingat Allah semoga hati kita selalu bisa untuk menerima dengan ikhlas apapun itu, karena Allah lah sang pemilik hati.

    • betul tar,karena hati adalah pemimpinnya tubuh ini.

      semoga cinta kamu tertuju hanya kepadaNYA🙂

  8. Memang sakit hati itu manusiawi, karena orang pasti mengalami bahagia dan kecewa……jd belajar ikhlas itu penting, semuanya akan datang dan pergi. Hanya Allah yang tetap akan bersama anda…
    Ngomong2 salam kenal

    • setuju untuk kata2 yg bijak ini🙂

      salam kenal kembali😀

  9. Alhamdulillah belum pernah sakit hati…
    Kalo sakit ulu hati sih pernah:mrgreen:

    • saammma saya juga, dan jangan sampe terjadi…😀

    • beneran?? masak gak pernah sakit ati sih??😀

      hebat euy kalian😉

  10. seringkali kita taroh hati pada benda-benda.

    saat sepatu hilang digondol maling, hati pun ikut hilang shg keluar segala sumpah serapah.. saat mobil ringsek, hati pun ikut ringsek.. saat kehilangan kekasih, duniapun ikut menghilang.

    Lupa sama yang ngasih semua benda-benda itu. padahal Dia tak pernah Hilang, Dia senantiasa Setia bersama kita setiap detik kehidupan. dengan-Nya kita takkan pernah bersedih hati.

    • bundo bener sekali… 😀

  11. demi Allah gue cuma bisa berdoa satu hal, “semoga Allah menjaga hati gue agar hanya mencinta karenaNya…” . Karena jujur saja, itu susaaahhh banget. yeah, kalo gampang bukan idup namanya yah….

    • betul,kalo gampang gak perlu ada tulisan ini,karena pasti jarang yg sakit hati😀

  12. Alhamdulillah.. saya akan mencoba melakukan hal ini, Mas Didot.🙂

    • semoga kamu bisa ya sop dengan pacar yg baru ini😀

  13. Wajar koq mas kalo kita harus sakit hati, itu tandanya jiwa kita masih sehat. Dan manusiawi sekali kalo kita kecewa karena masalah hati. Yang penting kita selalu menyadari kalo kasih sayang Allah terhadap kita semua tak pernah sedikti pun terhenti asalkan kita selalu mensyukuri apapun keadaan yang kita alami..Ok, I like this one …..di tunggu updatenya gan🙂

  14. Ustadz ane bilang, kadang Obat Hati itu simple, Taqwa & berserah diri. InsyAllah akan sembuh gan

    • betul tuh kata ustad ente gan😀

  15. ayo mas upadate lagi

  16. Oyen gak mudah sakit hati lagi Pak setelah mengenal Allah lebih dekat

    the last comment : semoga sukses dengan misi dakwahnya🙂

    • alhamdulillah oyen demikian,saya yakin oyen lebih cinta Allah daripada yg lainnya.

      terimakasih,semoga oyen juga sukses dunia akherat ,insya Allah,amin🙂

  17. akurrrr…setuju😀 *lagi belajar melabuhkan cinta ga cuma berhenti pada ciptaanNya saja tapi pada penciptanya-sumber dari segala cinta- aminn*

  18. semoga kita tdk ‘menduakan’ Tuhan dengan mencintai seseorang/sesuatu lebih dari cinta kita pada-Nya. Dan saat kita mencintai seseorang itu lebih karna dia membawa kita semakin mendekat kepadaNya, bukan sebaliknya. Amin. Terimakasih mas Hadi.🙂

    • sama2 mbak ,semoga cinta kita hanya kepadaNYA ,amin😛

  19. penyakit hati
    kadang gak terasa
    tahu-tahu

    keterpautan hati
    kan indah bila bisa bertaut pada-Nya

    • betul mas achoey

      yang penting cinta kepadaNYA ,insya Allah selamat dunia akherat😀

  20. cinta itu hanya pandai melukai … cinta itu fatamorgana yang hanya pura pura ada tapi ternyata tak ada🙂 sungguh ALLAH maha membolak balikan hati.

    gak berani komen lebih, karena takut luka itu datang lagi🙂 semoga ALLAH menyembuhkan.

    • Cinta kepada Allah kan takkan melukai kita ya de??😀

  21. Didottttttttttttttttttttttttttttttt……………….AKU KANGENNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN!!!!!

    • iyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa yesssssssssssssssssssssss ,hahahaha:mrgreen:

      tunggu ya ,aku lagi sakit yes,jadi belum bisa keluar2😦

  22. nice post, didot.. kena banget ke gw!
    huhuhuuu..
    makasih ya udah mengingatkan gw untuk selalu mencintai karena Allah (walaupun yang gw cintai adalah keluarga gw sendiri)..

    • betul,ati2 lho,cinta jangan terlalu cinta,benci jangan terlalu benci.

      kecuali terlalu cinta Allah,itu gapapa nis😀

  23. Ya, segalanya harus bertujuan pada-Nya .

    ah,
    sebaiknya memang jangan bermain api cinta yang fana .
    jodoh mah kagak kemana-mana:mrgreen:

    • betul kang usup ,makanya cinta jangan terlalu cinta,benci jangan terlalu benci,yang syedang syedang saja ah…😀

  24. kadang yang aku gak ngerti ya Dot..
    kenapa ya kalo putus cinta sampe harus bunuh diri segala…

    sampe rela melompat dari gedung, ato minum racun..
    apa coba yang ada di pikirannya?

    tapi memang benar bhwa sebaiknya cinta yang sejati hanya ditujukan kepada Allah.
    membuat kita rela berbuat apapun hanya untuk Nya.

    • itu karena kurang tawakal,jadi memandang sempit cintanya itu,seakan kalo gak dapat cinta itu akhir segalanya🙂

      ah tapi saya sendiri dulu juga begitu lho na,pernah pengen bunuh diri juga waktu putus cinta,tapi gak mau yg sakit hehe,jadi aku gak makan seminggu ,untung gak jadi mati ya??😀

  25. jadi inget lagunya Rossa😉

    *muph Agak menimpang dari isi🙂

    • ahaha.. gapapa kok,masing2 orang kan punya pengalamannya masing2🙂

  26. Ya kita ini sedang berteduh dunia terus mempersiapkan diri untuk melanjutkan perjalanan lagi. dan membawa bekal yang cukup

  27. disebuah mesjid kecil di Pesantren Guru saya, tertulis mutiara seperti ini :
    “Rinduilah Tuhanmu, melebihi rindumu pada kekasih yang lain, Kasihilah Tuhanmu melebihi kasihmu kepada kekasih mu yang lain, Karena kekasih yang lain akan meninggalkanmu atau kau tinggalkan, sedangkan Tuhan adalah yang kita tuju”
    Makna nya sangat dalam sekali, dan jika kita mampu melakukannya, Insya Allah kita tidak lagi sakit hati karena cinta sesaat…🙂

    • wah keren tuh kata2 mutiaranya, insya Allah saya lagi praktekkan hal itu mas,semoga bisa ya?🙂

  28. begitulah adanya hidup ini…
    ada awal ada akhir,,,
    kalaulah cinta berakhir karena kematian…
    usahlah gelisah, karena kita akan dikumpulkan kembali
    kelak…, jika cinta itu dirahmati,,,

    tetap smangat membangun hati yg mencoba untuk
    ikhlas dan ridho, agar terhindar dari penyakit hati dan sakit hati…

    salam hangat persahabatan,,,😀

    • terimakasih mas yan, salam hangatnya saya terima,dan link anda saya pasang di blog roll saya🙂

      saya suka juga dengan blog anda soalnya😀

  29. LIKE THIS BANGETTTTTT😀

  30. ooh… so sweat…!!!

    • maksudnya so sweet?? hehe😀

  31. […] baru aja baca postingan kamu yg lagi sakit hati… Bener banget Dot seperti yg kamu bilang… Kalo cuma cinta kepad a ALLAH SWT kita gak […]

  32. thanks mas, jadi inget kata2 yang selalu diingatkan ibu padaq “jangan pernah mencintai seseorang sampai 100%, karena jika itu sampai terjadi maka u bisa stres jika suatu saat kehilangan dia”. Untunglah Allah masih menjagaq dari hal itu.meskipun pernah tersakiti beberapa kali, tapi Alhamdulillah aku bisa secepatnya bangkit lagi karena Allah. dan akhirnya aku bisa menemukan cinta sejati itu yang hanya milik Allah semata.insya Allah.

  33. pas banget buat indah neh….🙂 😳

  34. bener tu yg didot blg.cinta krna allah g bikin skit hati.tp kenapa mpe skrg q g bs ngilangin rasa sakit hati ne.pdahal q dah terma dia apa adanya dm anak2q tp knpa ya skit hti ne msh g mo pergi dr hti aq..br solusix donk!

  35. bagi yang telah membaca artikel ini smga klian tdk mengulangi lagi mencintai seseorang dgn berlebihan ok my best frien………………!

  36. mencintai seseorang karena cinta kepada-NYA?berarti dalam betuk gerak peri laku gimana contohnya?

  37. saikit hati skrg sdg sy alami mas,saya sll berserah n meminta tolong kpd allah di berikan jln terbaik,saya msh mencintai suami & anak2,sy rela d madu,yg paling sakit awal tau suami saya berpoligami awalnya sy sgt tdk terima,skrg sy mengalah tp sy gak hbs pikir dgn suami yg seenaknya datang & pergi,disitu sy gak terima sgt sakit sekali,wlpn sy mengangguk dikala dia permisi akn kerumah madu nya itu,Mas sy kadang bertanya apakah tuhan tau apa yg sedang saya rasakan??istri mana yg mau di madu?saya msh mengharapkan mereka berpisah,sakiiiit sekali mass.

  38. salah sendiri kenapa bisa sakit hati kalo lo gak macem2 pasti bakal baik2 aja.

  39. […] baru aja baca postingan kamu yg lagi sakit hati… Bener banget Dot seperti yg kamu bilang… Kalo cuma cinta kepad a ALLAH SWT kita gak […]

  40. izin copas ya. trmksh

  41. Sakit hati terkadang membuat hidup tak berguna. Masya Allah..tapi solusi ini yang sangat menjamin…hati akan berkembang dan bersih menuju RihoNya…..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s