Sumber kehidupan

seekor ikan bertanya kepada temannya :

Aku dengar air itu sumber kehidupan ,lalu dimana kita bisa mencari air itu??

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat (QS 2 : 186)

teman2 sekalian, ikan tidak bisa hidup tanpa air,sebagaimana manusia tidak bisa hidup tanpa Allah.

tapi manusia banyak yg berpikir bisa hidup tanpa Allah dengan tidak menyertakanNYA dalam kehidupan sehari2.

Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu (QS  112 : 2 )

bahkan ada yg tidak mengakui keberadaan Allah dengan mengatakan kalau dirinya atheis. padahal dimanapun dia berada disana ada Allah,kemanapun dia berada disitu pasti ada Allah

Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS 2 :115)

ironis memang,seekor ikan yg makan di dalam air ,hidup di dalam air , beraktivitas di dalam air,tapi tidak mengetahui bahwasanya dia hidup di dalam air😐

seironis manusia yg atheis,padahal dia mendapat rejeki dari Allah,diberi kehidupan dari Allah, hidup di buminya Allah,tapi tidak pernah mengenal Allah.

manusia dulunya mengenal Allah saat masih berupa ruh,tapi saat dilahirkan kedunia lupa ,sehingga Allah memperkenalkan kembali diriNYA :

Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku. (QS 20 : 14 )

70 Komentar

  1. Sama saling mengingatkan ya mas … Jzklah …

    • insya Allah ya ,syukron atas kunjungannya😀

      • numpang nampang diposisi ketigaaxx..😀😀

      • pinter mas sapta😀

  2. wah pertamax diborong ,padahal saya udah ngalah,kirain yg dapat bakalan oyen atau dika hehehe😀

    • Pak Didot bo’ongggg…katanya gak mo di embat…beuhhh
      semalam Oyen tungguin gak nongol2 tulisannya, trus nguantukkkk…trus bobbooook….*manyun.com*

      • beneran kok yen,sekarang gak diganti yg pertamax dari atas hehehehe😀
        tuh yg nomer atu kan catatan pelangi??:mrgreen:

  3. “Maka jika datang kepadamu petunjuk dari padaKu, lalu barangsiapa mengikuti petunjukKu, maka ia tidka akan sesat dan tidak akan celaka. Dan barangsiapa berpaling dari peringatanKu, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta. Berkatalah ia “Ya Tuhanku, mengapa engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal dulunya aku seorang yang melihat?” Allah berfirman “Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini pun kamu dilupakan” (QS. Thaha : 123-126)

    Kebanyakan seorang muslim percaya kepada Allah tapi tidak meu mempercaaykan hidup kita ditangan Allah, dan yang tidak mengakui keberadaan Allah sebagai sang Pencipta karena akalnya tidak digunakan untuk melihat ayat-ayatNya baik kauniyah maupun kauliyah

    wallahualam

    • yg ngakunya atheis itu kadang malah orangnya akalnya pinter,daya khayalnya tinggi,contohnya charles darwin dan teori evolusi manusianya😯

      • Berilmu tapi tak beragama = poor guy. =(

      • karena fase berpikir mereka hanya sampai pada taraf “dalam” belum “cemerlang”….

        sebenarnya banyak ilmuwan dunia semakin memahami hakikat penciptaan alam semesta dia semakin berpikir tak mungkin ada keteraturan tanpa ada yang mengaturnya, einstein, newton, galileo, dll….kalo Charles karena semua teorinya hanya berlandaskan hukum materi, seperti orang atheis lainnya, bahwa manusia berasal dari materi, hidup untuk materi dan mati menjadi materi

      • mari kita doakan semoga Allah memberi petunjukNYA kepada orang2 tersebut juga ya guys

        Allah memberi petunjuk kepada yg dikehendakiNYA dan menyesatkan kepada siapa yg dikehendakiNYA

        semoga kita termasuk yg selalu diberikan petunjuk ya,amin ya rabb🙂

      • baru inget om einstein pernah bilang :

        Agama tanpa ilmu itu lemah ,dan ilmu tanpa agama itu adalah bencana kehancuran

        seorang ilmuwan besar aja bisa punya pendapat sereligius ini ya??😀

  4. Mungkin ada juga ikan-ikan yang berharap dapat terbang di langit?

    • itu namanya burung mas cahya (yg dapat terbang di langit),nanti kalo dicampuradukan jadi bingung hehehe😀

      nanti si burung mau bisa berenang lagi??:mrgreen:

  5. nice info … Alhamdulillah saya jadi maklum dan faham …😀

    • terimakasih,alhamdulillah kalau berguna😉

  6. Kalo mengenai konsep orang atheis, saya ndak mau men-judgement mereka salag atau keliru, Saya hanya berbaik sangka karena mereka belum “layak” hatinya untuk menerima ke-esaan Tuhan dalam diri mereka. Mungkin kita doa kan saja gan, semoga keturunan orang2 yang atheis itu, bisa menerima kebenaran dari Allah …hehehehe.. OTT neh gan, saya lebih interest ama topik yang atheis….🙂

    • betul,kita doakan saja semoga kita juga terlindung dari sifat2 seperti sifat buruk mereka🙂

  7. sebenarnya kalau jujur-jujuran, banyak orang yg dengan bangga membusungkan dada mengaku atheis, tapi dalam hati mereka berkata lain
    mereka dengan sengaja menyembunyika pengakuan hati mereka tetang keberadaan Allah Swt tidak lain karena mereka sombong, dan sombong yang paling sombong adalah dengan berpura-pura tidak mengakui adanya Allah Swt

    semoga kita tetap istiqomah di jalanNya, amin…

    • iya bener mas,mungkin saja saat mereka ditimpa musibah besar saat dekat kematian mereka secara gak sadar mengucapkan minta tolong sama Allah,karena pada dasarnya manusia itu gak bisa apa2 sendiri,semuanya butuh orang lain,dan orang lain itu juga salah satu bentuk pertolongan dari Allah,karena DIA yg menanamkan cinta di hati manusia satu sama lain

      insya Allah istiqomah,saling mengingatkan ya mas abu eh mas richo🙂

  8. Keberadaan Tuhan sedemikian nyata. Maka, sungguh kasihan bagi mereka yang hingga kini masih meragukan-Nya.

    • mari kita doakan mas,semoga Allah memberikan hidayahNYA kepada semua mahluk di bumi ini🙂

  9. hanya sanggup mengiyakan apa kata pemilik tulisan

    • kebenaran mutlak hanya milik Allah,saya dan anda semua hanya bisa “mendekati” kebenaran

      semoga benarnya sayapun dibenarkan Allah,karena saya gak pernah tau kecuali DIA yang mengarahkan🙂

  10. Kita berada digenggaman-Nya ya Dot? digenggam penuh.. seperti air yang menyelubungi sang ikan. tak ada satu titik pun yang terlepas dari-Nya

    dan Dia juga yang mengatur, mengapa baru di Jumat yang ini bundo sampai ke rumahmu..🙂

    • Haiyaaahh si bundo maen panggil Dot ajah.. gpp gitu Did..?

    • betul banget bundo dentist yg cantik (kata orang2 lho,kalo aku belum pernah liat sih hehehe😀 )

      Tidak ada yg kebetulan,semua terjadi atas alasan yg baik,kenapa bundo baru datang hari ini kesini ,tentu aja untuk alasan yg baik pula🙂

      terimakasih atas kunjungannya bundo,dinikmati suguhannya yg seadanya ini,saya bangga bisa kedatangan blogger indonesia sekaliber bundo hehehe (blognya rame terus euy😉 )

      aku biasa dipanggil didot bundo,biasanya dipanggilnya dot ,bukan did. walaupun terserah juga sih asal jangan manggil sule aja *disambit si om:mrgreen:

      • Semoga didot selalu diberikan daya oleh-Nya untuk mengajak kita semua agar selalu belajar. makasi ud jadi teman seperjalanan bundo, klo bundo ketinggalan jauh tungguin yaaa.

      • makasih atas doanya bundo,insya Allah kita bareng2 pulang kerumah kita di surga ya,semoga Allah ridho kepada kita saling berkunjung karena Allah,cinta karena Allah,benci karena Allah ,sebagaimana hadits berikut ini :

        Abu Muslim radhiyallahu ‘anhu melanjutkan, “Kemudian aku keluar hingga bertemu ‘Ubadah bin ash-Shamit, lalu aku menyebutkan kepadanya hadits Mu’adz bin Jabal. Maka ia mengatakan, ‘Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan dari Rabb-nya, yang berfirman, ‘Cinta-Ku berhak untuk orang-orang yang saling mencintai karena-Ku, cinta-Ku berhak untuk orang-orang yang saling tolong-menolong karena-Ku, dan cinta-Ku berhak untuk orang-orang yang saling berkunjung karena-Ku.’ Orang-orang yang bercinta karena Allah berada di atas mimbar-mimbar dari cahaya dalam naungan ‘Arsy pada hari tiada naungan kecuali naungan-Nya.” (HR. Ahmad; Shahih dengan berbagai jalan periwayatannya)

  11. Dot,
    kemaren tulisanmu yang ‘meluruskan niat ngeblog’ bener2 bikin aku berpikir.
    sebenernya apa yaaa niat ku ngeblog.

    dan semakin ke sini, aku bisa membaca niat didot.. yaitu berdakwah..
    ya Dot, walaupun sedikit yang kita tau, tetep harus dibagi..

    thx Dot, kita saling mengingatkan🙂

    • alhamdulillah na,kalau kamu jadi mikir,kita kan ngeblog juga buat saling mengingatkan,apalagi bersahabat seperti ini na.

      banyak manfaat,dari tulisan2 kamu juga saya suka mendapatkan sesuatu.

      semoga kita istiqomah ya na dengan saling mengingatkan dalam kebenaran dan sabar dan juga kasih sayang😛

  12. bener. jika manusia tahu kematian adalah kembali kepadaNya, mau sampai kepan bersantai2 di dunia ini?

    • pertanyaannya retoris kan ya? hehe
      jadi gak perlu dijawab😀

      makasih mas atas kunjungannya dan pertanyaannya😉

  13. Filosofnya bagus Mas…

  14. Allah ada bagi siapa saja,
    jarakNya dengan kita hanya selapis urat di leher rapuh,…

    • betul nda,kata Allah kan : Aku lebih dekat dari urat nadimu🙂

  15. Bahkan tanpa merengek memintapun, betapa segenap kenikmatan tlah tertumpah pada kita, bahkan ketika berpaling sekalipun.. Kita sering tak tahu diri di hadapanNya. Selalu meminta dan meminta tanpa pernah merasa Allah telah menganugrahkan limpahan Nikmat yang tiada tara.

    • iya mas makanya jangan lupa untuk bersyukur ketimbang banyak mengeluh😀

  16. katanya…….. dulu di alam ruh, kita semua bikin perjanjian ya bahwa kita hanya akan menyembah kepadaNya. Memang kita lalu lupa secara ingatan, tapi sumpah janji itu meninggalkan jejak berupa sebentuk iman di hati yg berusaha terus mencari sang Haq sepanjang hidup kita.

    • eh mbak desy canggih juga ya? hehehe

      iman itu adalah ‘kompas’ dari Allah buat kita mencari jalan kepadaNYA

      mantep deh😀

  17. Artikel yang benar2 bermanfaat…🙂
    lanjutkan terus mas didot..🙂

  18. hhihihi
    itukan nemo yah kak hadidot

    hebat yah bisa di sambungin sambungin ke ceritanya…
    ^_^

    good job

    Dimana mana ada Allah..
    that’s right

    • betul itu nemo hehehehe😀

  19. salam kenal tukeran liks yuk

  20. “Allah tidak membutuhkan apapun dari kita, tidak jg membutuhkan ibadah kita padaNya.. Allah maha besar, oleh karena itu kita harus menyukuri berbagai nikmat yg telah diberikan oleh-Nya dengan menyembah, menjalankan perintahnya dan menjauhi larangan-Nya.
    diri ini akan buta apabila jauh dariNya, takan bisa menemukan kebahagiaan yg sesungguhnya tanpaNya, tanpa ridhoNya, tanpa rahmatNya. hidup ini harus kita serahkan hanya padaNya, jika tidak itulah tanda kesesatan yg berujung ke penyesalan yg tiada tara.

    Rasulullah saw bersabda:
    “Tidaklah beriman seorang hamba Allah hingga ia percaya kepada takdir yang baik dan buruk, dan mengetahui bahwa ia tidak dapat menolak apa saja yang menimpanya (baik dan buruk), dan ia tidak dapat terkena apa saja yang dijauhkan darinya (baik dan buruk).”

    hal itu jekas menunjukan hidup ini bersumber hanya pada Allah, semua dari Allah dan tiada yang lain.

    klo berbicara tentang orang2 yg berpaham atheis, mereka sesunguhnya telah dibutakan mata hatinya oleh Allah, mereka tidak tau dan tidak mengenal siapa yg menciptakan mereka, siapa yg mengadakan bumi ini. itulah orng2 bodoh yang merugi..naudzubillah..

    “Dan barangsiapa yang buta (hatinya) di dunia ini, niscaya di akhirat (nanti) ia akan lebih buta (pula) dan lebih tersesat dari jalan (yang benar)”.(surat Al-Isra ayat 72,).

    “Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (diseret) atas muka mereka dalam keadaan buta, bisu dan pekak.” (QS. Al-Isra: 97)

    semoga hidup ini hanya bergantung padaNya, hanya Allah lah sumber kehidupan manusia, sumber segala-galannya.. semoga tetap berpegang teguh pada perintah dan laranganNya..

    “Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu (QS 112 : 2 )”

    • subhanallah ,ayat2 yang sangat menggetarkan hati….

      syukron atas tambahannya,saya bersyukur anda mampir dan mengomentari tulisan saya yg sederhana ini

      jadi lengkap karena dilengkapi🙂

  21. Kisah animasi yang menggugah….pencapaian yang lebih baik dari apa yang dilakukan Nemo….

    • iya mbak meli,nemo kan ikan,kita manusia harus lebih pinter dong??:mrgreen:

  22. Selamat pagi dan selamat berakhir pekan.

    • selamat pagi mbak fitri,selamat berakhir pekan juga😀

  23. banyak loh org yang masih mencari Tuhan. kenapa mesti dicari ya, bukankah DIA gak ke mana-mana? Tuhan ada di sini, di dalam jiwa ini, di mana kita ikhlas berserah diri.

    • betul banget mas guskar, saya rasa anda jauh lebih paham dari saya ,manusia sibuk melihat keluar dirinya ,padahal yg dicari ada didalam🙂

      terimakasih atas kunjungannya😀

  24. mantap.. kenalilah diri kita, maka kita akan mengenal tuhan🙂

    • setuju banget,barang siapa mengenal dirinya dia mengenal Tuhannya😀

  25. semoga saja saya selalu berjalan bersama tuntunanNya.. bersama cahayaNya… dan bersama petunjukNya… amin.

    • saya ikut mengaminkan,juga untuk diri ini dan kawan2 lainnya disini ya, yg udah pada ikut komen ya ceu🙂

  26. loh…komeng saya pertama mana…?

    * saya lebih dari 4 kali nonton film nemo..🙂

    • ketangkep aki ismet ceu hehe

      saya dua kali ,gak sampai 4 kayak ceuceu hehe😀

  27. semoga saya selalu berjalan bersama tuntunanNya…bersama cahayaNya… bersama petunjukNya… amin…

    • saya aminkan lagi ya ceu😉

  28. mudah2an kita selalu diberi petunjuk dan hidayah untuk selalu beribadah kepada Allah SWT, amiin….

    salam kenal

    • insya Allah ya mas ardee,salam kenal kembali🙂

  29. Suka tulisan ini, dalem banget mas…
    banyak Perubahan dalam tulisan2 mas didot…Lebih dalem…🙂

    • haha.. makasih mas atma,lebih dalam karena ini postingannya ikan di laut yg dalam kali ya?? :mrgreen:

  30. hallo..salam kenal mas didot, tulisan anda mendasar.yg jadi pertanyaan kenapa ikan yg bertanya ya…?

    • halo juga mbak yeni, kenapa ikan? cerita ini sudah cukup terkenal di kalangan para sufi kok mbak yeni,jadi cerita ini adalah memang tentang sebuah perumpamaan bahwa Allah itu ada dimana2,seperti halnya air untuk para ikan2 tersebut🙂


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s