Mengapa Alquran itu obat hati?

obat hati itu ada lima perkaranya
nomor satu,membaca Al Quran dengan maknanya
nomor dua, sholat malam dirikanlah
nomor tiga, berkumpullah dengan orang sholeh
nomor empat, perbanyaklah berpuasa
nomor lima, dzikir malam perpanjanglah

barang siapa yang melakukan salah satunya
insya Allah, Yang Maha Kuasa memberkati

lagu karangan opick ini cukup terkenal ,dan mengandung beberapa kebenaran buat saya pribadi (dan saya yakin banyak dari anda juga tentunya,  karena seingat saya waktu keluar lagu ini hits sekali dimana2 :) )

Anda pernah gak berpikir ,kenapa sih di alquran itu kok isinya ya kebanyakan larangan,ancaman ,peringatan. mulai dari cerita firaun yg diulang beberapa kali,kemudian ancaman2 bagi manusia sombong dan takabur,cerita2 ttg  azab di akherat yg kekal.

pernah gak anda mikir kenapa alquran seperti itu semua isinya?? selain tentunya ada janji surga bagi yg bertakqwa,tapi kebanyakan adalah cerita2 pelunak hati.

Saya ingin berbagi dari beberapa literatur dan juga pengalaman pribadi. Bahwasanya hati kita itu adalah tempatnya keinginan,dan dalam sebuah film ada yg mengatakan : desire is the fuel of life, katanya kalau kita udah gak punya keinginan berarti kita udah mati secara hakekatnya. jadi wajar kalau manusia itu punya keinginan,karena dia adalah penggerak kita dalam mencapai tujuan2 kita,tapi  tentu juga harus secara wajar,karena kalau tidak malah kita yg akan dikendalikan oleh keinginan dan hawa nafsu kita ini.

Nah dalam bukunya imam ghazali tentang hati juga dijelaskan ,kalau hati itu punya racunnya. antara lain : banyak makan,banyak memandang ,banyak bicara ,dan juga banyak bergaul.  kalau saya boleh tambahin lagi  ,banyak tertawa juga akan mematikan (kepekaan dan kelembutan)  hati.

“Seandainya seorang anak Adam telah memiliki dua lembah harta, maka dia akan mencari lembah yang ketiganya. Dan tak akan merasa puas perutnya, melainkan dengan dimasukkan ke dalam tanah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

karena sifat2 hati yg gudangnya keinginan ini,maka hati ini harus ditundukkan dengan peringatan2. kita disuruh banyak berzikir  (zikir bukan hanya menyebut nama Allah,tapi juga membaca alquran,karena zikir artinya mengingat)  supaya hati kita ingat akan perintah2 dan ancaman Allah. kemudian juga kita disuruh berzikir sifat2 Allah agar kita tidak merasa diri sombong ,ataupun bangga.

ALLAH SWT berfirman, sifat sombong itu selendang-KU, dan keagungan itu pakaian-KU. Barangsiapa yang menentang-KU dari keduanya, maka AKU masukkan ia ke neraka Jahannam. (hadist qudsi)

karena sifat Allah adalah maha segalanya,maka tidak pantaslah kita yg cuma sedikit ini ilmunya dan miliknya untuk merasa sombong.

…dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.” (QS 17 : 85 )

“sekiranya pohon-pohon yang ada di bumi adalah pena dan lautan (menjadi tinta) ditambah lagi dengan tujuh lautan sesudah (kering)nya. Niscaya tidak akan habis (dituliskan) kalimat-kalimat Allah. (QS 31 : 27)

salah satu peringatan paling mujarab untuk obat hati adalah mengingat kematian ,karenanya rasul bersabda : “Perbanyaklah kalian mengingat pemutus kelezatan (yakni kematian).”

Karena kematian adalah sebagai pengingat diri bahwa segala kesenangan di dunia ini pasti berakhir,dan kita tidak pernah tau kapan akan berakhir kehidupan kita ini masing2 ,oleh karena itu kita harus bersiap2 untuknya dengan menyiapkan bekal untuk di akherat nanti.

Bagaimana tau hati kita itu sedang sakit? kita tau kalo hati kita sakit itu antara lain, kita berkurang ibadahnya. Karena gak bisa gak,hati dan jiwa yg bersih pasti selalu rindu buat beribadah kepadaNYA,dan itu berbanding lurus antara keduanya (hati yg bersih dan ibadah yg baik/khusyu)

jadi kalo kita lagi males2an ibadahnya ,coba deh kita baca quran dan maknanya kita resapi dalam hati. kemudian juga bisa dengan banyak mengingat mati, kalau ada teman/ saudara yg meninggal salah satu anggota keluarganya,kita datangi dan kita resapi kematian orang itu sebagai pengingat untuk diri kita ini. selain itu kita perbanyak zikir dalam waktu2 luang kita di jalan ,dimanapun kita berada.

” Ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring.” (QS 4 : 103)  —> ini  berarti disuruh ingat terus nih hehe :mrgreen:

insya Allah hati menjadi bersih kembali,salah satu tanda hati bersih adalah mudah untuk bergetar saat mendengar nama Allah,menangis dalam doa dan sholatnya (lebih utama sholat malam/tahajud ,karena gak ada orang lain yg liat,kalo siang2 bisa jadi riya nanti takutnya ibadah kita kalo pake nangis :P )

“Dan pada sebagian malam hari bershalat tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS 17 : 79)

insya Allah dengan kita “minum” obat hati ,hati kembali jadi bersih ,dan kita akan menikmati getaran hati kita saat mendengar nama terindah disebutkan ,yaitu  ALLAH

Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (QS 8 : 2 )

* Gambar dicomot dari sana sini tanpa ijin pemiliknya :P

About these ads

70 Komentar

  1. pertamax di blog sendiri :P

    • tetep ambisius ya gan, ngicer pertamax…. :)

      • jiaahhh…currranngggg…pertamaxe di embat :p

      • hehehehe ,sekali2 gapapa kan hihihi :D

        gak berharap cendol atau bata kok,cuma pengen pertamax aja ,abis kemaren pertamaxnya banyak yg borong gan :mrgreen:

    • Aci ya….?

  2. ckckck.. mengamankan posisi keduaxx dulu.. wah, tulisan ini belum sempat baca nih.. mau siap2 kuliah dulu.. udh telat dikit.. hihi.. komentnya tak simpen dulu yah..ni lg nyuri2 waktu.. yg penting posisi keduaxx udh diamankan.. hehe.. :mrgreen:

    • kalau udah kuliah nanti dibaca lagi ya,dan komen dong tentunya hehehe :D

      ditunggu kehadirannya kembali :P

  3. kalo ga salah lirik lagu itu diambil dari sebuah hadits juga
    jadi pantaslah kalo pesannya sangat tepat
    artikelnya sangat bagus mas
    satu halaman blog ini masih jauh lebih mahal dari seluruh halaman blog sy yg isinya cuma bacaan2 biasa yg ga bermakna :D
    tapi insya Allah saya akan membuat artikel yg bermanfaat untuk selingan

    • iya kalo gak salah emang dari hadist sih ,tapi orang lebih tau dari lagunya opick ,abis lebih beken sih heheheh :mrgreen:

      artikelnya mas abu juga bagus2 kok,sekali2 perlu penyegaran juga jangan serius terus kan mas?? :P

      segala puji hanyak milik Allah yg telah mengilhamkan segala sesuatunya kepada hambaNYA,apa yg bisa dilakukan manusia tanpa pertolonganNYA?

      saya tunggu artikel2 selanjutnya ya ;)

  4. Postingan yang menggugah Dot, beneran hehee… Saya jadi tersadar, jarang sekali membuka Qur-an…

    • ya mbak zee ,saling mengingatkan aja satu sama lain,kan udah kewajiban kita bersama :D

  5. Menurut saya ini yang paling ngaruh banyak mas didot, “Perbanyaklah kalian mengingat pemutus kelezatan (yakni kematian).”
    Disamping Al-Qur’an saya punya buku bagus yang selalu saya baca dan ga pernah bosan, jika saya merasa kurang dalam mengingatNYA.
    Mungkin mas Didot sudah hafal juga isinya. hehe..
    Judul buku : METODE MENJEMPUT MAUT penulis Imam Al-Ghazali. Penerbit : Mizan Pustaka :)

    • hahaha.. imam ghazali emang ahlinya masalah hati deh,semoga saya bisa mengikuti jejak beliau dan menyempurnakan metode ilmu hati untuk teman2 yg lain dengan bahasa yg lebih mudah dimengerti lagi jika memungkinkan :D

  6. tulisan inspiratif yg menggugah jiwa.. Sungguh besar fungsi al-quran dalam kehidupan kita.

    • terimakasih , makanya alquran kan disebut cahaya (nur) ,karena dia adalah cahaya bagi hati,menerangi hati yg kelam karena banyak maksiat :)

  7. Hari Sabtu lalu saya shalat dzhuhur di Al Azhar dan menyaksikan ada seorang perempuan yang baru d islamkan [mbak Martha, kalau gak salah namanya] kemudian setelah mengucap shahadat sang ustadz memberikan Al Quran dan tafsir untuk dibaca dan direnungi …

    terbersit di benak saya bahwa yang pertama untuk menuju jalan lurus adalah membuka peta dan membacanya baik baik, jalan lurus itu adalah Al Qur’an, sebenar benar petunjuk.

    • namanya memang martha ,dan percaya atau tidak dia sekelas dengan saya untuk belajar ilmu fikih sore itu juga. kebetulan kita berada satu ruangan tapi tidak saling mengenal. ada mas atma juga disana kok hari itu ;)

      saya jadi ingat saat saya masuk islam pertama kali,tanpa ada banyak orang ,hanya ada dua orang saksi di sebuah mushola kecil… gak ada pemberian apapun dari siapapun,hanya sebuah keimanan… tapi ada aja orang baik yg mau ngasih saya alquran sih alhamdulillah,dalam bahasa latin lagi,jadi saya bisa baca surat2 pendek untuk dihafalkan…

      mudah2an bisa jadi suatu cerita tersendiri kelak di blog ini ,insya Allah :)

  8. Al qur’an adalah produknya Allah, nggak ada satu pun makluk yang mampu meragukan “betapa dasyatnya” produk ciptaan Allah yang satu ini. Di balik segala kemajuan jaman, teknologi dan perkembangan masa. Al qur’an tetap life time , kekal dalam masanya Allah..

    sedikit tambahan gan, :

    ”Dan Kami menurunkan dari al-Qur’an, satu penyembuhan, dan satu rahmat bagi orang-orang mukmin…” (Q.S. 17:82)

    “Orang-orang yang beriman, hati mereka tenteram dengan peringatan Allah – dengan peringatan Allah, hati tenteram”. (Q.S. 13:28)

    Indikasi Al-Qur’an adalah obat penawar yang dikhususkan bagi orang-orang yang beriman. Sebaliknya bagi orang-orang yang tidak beriman, al-Qur’an hanya menambah kisruh hati mereka yang keruh.

    ”Tetapi bagi orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, bagi mereka, ia menambah kekotoran mereka, dan mereka mati sedang mereka orang-orang yang tidak percaya (kafir).” (Q.S. 9:125)

    • Kalaulah alquran itu ciptaan manusia biasa hasil karangan Muhammad tentu tidak akan bertahan sepanjang masa,namun karena itu adalah kata2 Sang Pencipta,Allah Swt,maka sudah pasti mengandung hikmah yang amat besar dan juga abadi dan tak lekang oleh waktu (lagunya keris paklurah banget nih hehehe :mrgreen: )

      seperti biasa ,syukron atas tambahan ayatnya gan :D

  9. iya, bener banget
    tapi saya klo inget mati suka ketakutan sendiri.. hehe..

    • nah takutnya tinggal diarahkan ke hal2 yg positif aja syl,insya Allah jadi sesuatu yg bermanfaat malahan :)

  10. Al -qur’an adalah sumber segala obat

    • betul,insya Allah mengandung hikmah untuk segala persoalan hidup kita :)

  11. Sering mengingat mati, tanda cerdas diri
    Mengingat hati mengusir penyakit hati

    • inga… inga… hehehehe :mrgreen:

  12. sebagai pengobat hati

  13. bukan cuma obat hati, tapi obat dari segala berbagai macam penyakit. begitu bukan? :)

    • bukan ,eh begitu deh bang jali hehehehe :P

  14. Males baca Qur’an akibat menuruti hawa nafsu, itu yang kadangkala terjadi…padahal namanya Obat itu pasti Pahit, tapi tentunya akan menyembuhkan sakit…Maka betul sekali mas, kalo kita jauh dan tidak pernah dari meresapi, memaknai, membaca Al Qur’an, kita sangat sombong sekali, dan kita sama saja menyombongkan diri di hadapanNYA…Bagaimana Mungkin kita yang diciptakan dari setetes Air Mani, lalu menjadi penantang yang Nyata bagi Sang Pencipta dan menghindari kematian yang pasti datang ?

    • itulah kita bila hati kita udah sakit,maka sombong dan lupa diri,makanya kita harus punya hati yg tawadhu ya mas,ingat segala sifatNYA ,bahwa kita itu gak ada apa2nya,bagaikan sebuah buih ditengah lautan luas…

      mari kita tafakuri semua dengan dzikrullah :)


  15. semua yang ada di dunia ini, dari masa lalu sampai masa depan..
    ada dalam Al Quran..
    hebat ya.. :)
    ..

    • jelas dong,siapa dulu yg bikin?? Allah yang maha tahu segala urusan langit dan bumi kan ?? adakah suatu urusan yang DIA tidak ketahui?? :D

  16. Sama seperti ajaran agama saya, bible juga menjadi acuan hidup. Namun yang sering kita lupakan adalah kita sudah tahu itu acuan hidup tapi kenapa kita sering melupakannya.

    • :lol: bahkan sipiderman pun sholat :D

    • betul,kitab suci juga adalah panduan hidup,jangan cuma jadi pajangan belaka,semua ilmu yg baik itu dibaca dan diamalkan biar kita mendapat manfaatnya mas :D

      iya si spiderman aja sholat,ada juga yg superhero lain pada rame2 sholat kok :mrgreen:

  17. Alhamdulillah… makasih banyak Mas Didot, postingan ini saya rasa bermanfaat sekali buat saya. :)

    • Alhamduilllah kalo bermanfaat sop,saya ikut bahagia :)

  18. Alqur’an tidak hanya obat hati, tapi juga obat seluruh penyakit jaman…

    kebobrokan yang terjadi sekarang ini akibat Al-Quran hanya untuk hiasan, hanya berhenti pada bacaan dan hanya diambil untuk pengusir setan, tapi hukum-hukumnya tidak diambil untuk mengatur seluruh sendi-sendi kehidupan…

    Allah Swt berfirman:
    وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ
    “Dan barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir” (QS al-Maidah [5]: 44).

    وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ
    “Dan barang siapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang dzalim” (QS al-Maidah [5]: 45).

    وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
    “Dan barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik” (QS al-Maidah [5]: 47)

    Islam sempurna dan paripurna, tak ada satupun yang lepas dari aturan Islam yang bersumber dari Al-Quran dan Assunnah, termasuk aturan dari keluarga hingga negara, dari bangun tidur hingga kita tidur lagi, mengatur hubungan manusia dengan Allah (akidah dan ibadah), mengatur hubungan menusia dengan dirinya sendiri (makanan, minuman, pakaian), mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia (muamalah dan ukubat/sistem sangsi)….ketika Allah menciptakan manusia, maka Allah juga menciptakan dengan petunjukNya untuk hidup di dunia, aturan yang lengkap di semua aspek kehidupan, seperti ketika orang menciptakan mobil maka dia juga menciptakan petunjuk pakainya, seperti itulah Al-Quran, dia kehilangan fungsinya saat hanya teronggok di lemari dan berhenti di diri sendiri…

    maka tanyakanlah dengan apa dulu Rasulullah memutuskan perkara? tak lain dan tak bukan adalah dikembalikan pada Allah dan rasulNya (Al-Quran dan Assunnah)

    Wallahualam

    • subhanallah,saya merinding baca tambahan ayatnya kamu yen, Allah maha benar dengan segala perkataanNYA, sudah diatur semuanya dalam kitab yg mulia ini,tinggal kita aja mau atau gak,toh Allah menurunkan kitab ini dengan maksud yg baik tentunya,agar kehidupan manusia jadi terangkat derajatnya dan mulia disisiNYA

      syukron yen ;)

      • weeww.. lengkap bgt langsung sama tulisan arapnya.. ajarin dunk.. :mrgreen: sepakat deh dgn apa yg diutarakan… baca komentar ini bikin aq terkesima sambil mangut.. ;)

  19. Bagus sekali artikelnya. Memberi ketenangan dalam hidup ini dan menjadikan kita lebih waspada akan segala kegelapan hidup yang menyilaukan mata ;)

    • insya Allah ,semoga saja kita lebih tenang dengan banyak mengingat Allah,karena hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenang :)

  20. thanks artikelnya berguna banget buat kita2 yang butuh pencerahan hati^^

    • alhamdulillah kalo berguna :)

  21. Dan sekarang, lagi giat minum obat yang ini.. Masalah yang datang obat penangkalnya memang cuma Dia.. Hiks

    • adakah obat yang tidak berasal dariNYA?? :D

  22. salam kenal pada kunjungan pertama…
    blog yang rame, thanks telah berkunjung ke kami…
    semoga menjadi persahabatan yang indah…
    btw, gambar spiderman-nya oke tuh… hehehe..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    • insya Allah ,terimakasih atas kunjungan baliknya

      spidermannya itu si sholeh lagi nyamar hehehe :mrgreen:

  23. Allah memberi petunjuk melalui banyak pintu, termasuk dari teman baru saya : Didot.
    kadang kita sbnrnya sudah tau apa yg orang lain beri tahu, tapi ternyata yg kita lebih butuhkan adalah terus diingatkan….. seperti ini…

    dan sesungguhnya kita tergolong orang2 yang merugi, kecuali yang beramal soleh, dan saling mengingatkan dalam kebaikan & kesabaran. trimski ya :)

    • iya mbak desy hehe… cerita tentang mbak desy ini akan jadi suatu cerita menarik tersendiri tentunya,dengan sahabat saya puri juga yg ternyata saya sudah pernah kenal 3 tahun silam ;)

      saling mengingatkan selalu ya mbak ,insya Allah kita rapatkan barisan untuk menguatkan iman :)

      • hadduuh, kemaren dipanggil ‘Bu’, skrg dipanggil ‘mbak’ :( panggil saya ‘nak’ atau ‘cu’ sajalaaaahhh…… ngeheheheee….

      • kemaren dipanggil bu karena belum tau umurnya,terus pas udah tau kira2 gak jauh beda umurnya tak panggil mbak,eh karena temannya pur gimana kalo semuanya diilangin dulu MBAK?? jadi panggil nama aja? hahahahaha

        okelah kalow begitu…

        kalo gak mau tak panggil om ya?? hihihihi

  24. Al Qur’an… Ya Allah, semoga selalu bisa diambil pelajarannya, bukan cuma sekedar aku baca..

    • amin insya Allah ,kabulkanlah kebaikan yg dita minta ya Allah :)

  25. kak~
    YM q di approve yah

  26. postinganmu memberi banyak pencerahan mas didot. Link udah saya pasang , makasih banyak ya….

    • sama2 mamah aline, semoga blognya cepat kembali seperti sedia kala ya,turut sedih nih jadinya hilang postingan2nya :neutral:

  27. aku hadir kembali.. abis pulang kuliah nih.. hihi.. :mrgreen:

    sejatinnya dalam Al-quran terdapat ilmu dan ajaran yg benar, tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. oleh karena itu kita dianjurkan untuk membaca dan mengamalkannya agar kita tidak tersesat didunia ini, tidak terlena dgn kehidupan yg hanya sementara. ingat, ada perintah membaca dalam alqur’an, itu mewajibkan kita dalam menuntut ilmu baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat. krn dalam al-qur’an terdapat segala macam ilmu yg dapat mengatur dan mengelola kehidupan ini.

    “Rasulullah bersabda : Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya” (HR Bukhari). Fadhail amal, alQuran hal 9.

    alangkah baiknya lagi setelah dibaca, kemudian diamalkan.. agar ilmu ini tidak sia2 dan menjadi kekosongan semata..

    • mantap…

      ilmu tanpa dipraktekan = tidak tahu ilmunya. jadi harus dipraktekan,syukron atas haditsnya ;)

  28. “Dan hanya dengan mengingat Allah hati ini menjadi tenteram”.

    Al-qur;an merupakan pedoman yg akan membawa kita dalam keselamatan dengan mengetahui isinya dan mengamalkannya.. didalam al-qur-an emank terdapat banyak perintah dan larangan, tapi klo diamalkan akan membawa jiwa ini tentram dan tenang dimana kita akan jauh dari gangguan setan yg selalu ingin menyesatkan manusia.

    “Sesunguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya. Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik).” (QS. Az-Zumar: 2-3).

    semoga kita tetap berada dijalanNya.. :D :D

    • betul betul… wah terimakasih atas tambahan ayatnya… didot like this heheheh :D

  29. didot yang sholeh..
    (amin)

    saya bener2 kagum dengan kamu..
    belajar Islam dalam waktu yang singkat, dan sepertinya lebih dalam daripada saya yang Isalm sejak lahir.

    Semoga pujian ini tidak membuat Didot terbang ya..
    betapa hidayah Allah kalo sudah ditetapkan, tidak seorang pun bisa menolak.

    Tentang Quran yang menjadi obat hati, terus terang, saya yang belum mendalaminya sekali pun.. kalo baca, ada perasaan tenang.. padahal baru baca, belum memahami arti secara betul2.

    soal mengingat kematian, ada suatu cerita Dot..
    ketika saya mau pergi ke Sulawesi beberapa aktu yang lalu.. nggak tau ini cuma phobia terbang ato apa.. saya lunasi hutang2 saya. (biasa dot..cewek suka beli baju ato tas pake sistem nyicil..hehe) Walopun sekecil apapun..saya lunasi.. takut kalo nggak kesampean untuk byr utang..

    anyway.. tulisan yang bagus .. sebagai pengingat untuk Didot sendiri, dan insya Allah ada pahala jika mampu memngingatkan banyak orang yang membaca… :)

    • amin duluan dibilang sholeh :D

      Alquran perlu dipahami juga arti dan maknanya antara lain dengan bantuan tafsir quran ,demikian menurut uda vizon kemaren waktu sharing

      soal hutang baik banget ya na yg kamu lakukan,insya Allah walaupun baru sekedar niat kita ingin melunasi (gak ada niat gak bayar) itupun sudah dicatat Allah sebagai bentuk kebaikan.

      ingat segala sesuatu tergantung niatnya,niat baik insya Allah sudah menggugurkan hutang kamu kalopun kamu mati sebelum melunasinya,karena Allah gak butuh uang kamu na,tapi DIA ingin melihat niat baik kamu dan gimana hati kamu,Allah gak butuh hasil tapi butuh usaha kita dan niat baik kita saja.

      demikian menurut saya,kurang lebih mohon maaf atas kekurangan saya juga,terimakasih atas komennya dan doanya,semoga pahala mengalir pula ke mereka yg udah mau berbagi ilmu disini ,insya Allah ,amin :)

  30. wahhh……. comentnya… buanyak… banget…. pada sakit ya…. hatinya…????
    sama ku juga gisakit……. ditunggu yang lainya ya….

  31. Makasih atas semua kata2 nya kawan….
    Betapa bodoh nya aku,,di sini orang lg bahas-
    Hal yg sngt bagus,,tp aku slalu melakukan dosa,dosa,dan dosa…ya ROBB,walau kau bolak-
    Balikan hati ini,tetapkan hamba jadi orang yg beriman ,,(amin).

  32. kayaknya MH. Ainun Najib Pernah Nyayi_in Lbh Dulu, Jauh Sblm Opick Tenar.

  33. Sebetulnya lagu yg dilantunkan Opik itu diambil dr sebuah kitab perkataan seorang ulama, dan kalaulah kt laksankn pasti benarnya

  34. Subhanallah.. ijin share ya akh.. salam ukhuwah.. :)

  35. betul keinginan yg buanyak sak ambrek terasa bingung sendiri harus berbuat apa, ujung2 lupa daratan.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • follow di twitter

    • @MoePaker sbg yang mendalami keduanya,anehnya banyak kesamaan diantara keduanya dari sisi spiritualisme. Jadi tidak bertentangan meski beda 5 hours ago
    • Dapat dipastikan kalau ada yang bertanya kamu 'islam apa' atau 'yoga apa' itu pasti belum tahu sejarahnya islam atau yoga,alias awam banget 1 day ago
    • Rupanya hal yang sama juga dialami oleh yoga,awalnya hanya ada 1 jenis yoga,lalu muncullah beberapa cara memahaminya yang berbeda 1 day ago
    • Apalagi sekarang semakin jauh dari sumber ilmunya,semakin banyak lagi pemahaman2,bahkan sampai ada muncul aliran2 yg sesat macam JIL 1 day ago
    • Mulailah ada mazhab2,karena dalam memahami sebuah dalil yang sama ternyata bisa timbul berbagai interpretasi. 1 day ago
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.946 pengikut lainnya.