Prioritas hidup

Pernah liat kuis “who want’s to be a millionaire” kan? nah di awal itu kan biasanya para peserta diminta untuk mengurutkan 4 pilihan tertentu dengan secepat mungkin,trus yang waktunya paling singkat akan duduk di kursi panas deh . tapi kayaknya kursinya gak panas beneran kok,kalo beneran panas pasti pesertanya gak bakalan ada yg mau duduk disana,hehe:mrgreen:

ok jadi saya juga mau mulai dengan semacam pilihan kayak kuis tersebut…

kita mulai saja ya,

urutkan 4 pilihan dibawah ini berdasarkan urutan prioritas dari yang paling penting, ke yang paling tidak penting.

  • a. bahagia
  • b. masuk surga
  • c. kaya
  • d. sehat

ok kita lihat berapa lama kamu mengerjakannya? ah.. itu gak penting,emang kita lagi kuis beneran,yang penting jawabannya bener dong…😛

(hadiahnya tersedia payung bakiak cantik dan disediakan hadiah hiburan berupa tiket ke afrika satu arah saja ,tepatnya di padang pasirnya :mrgreen:  )

kalian semua mungkin punya jawaban masing2 dengan urutan yang berbeda2,dikarenakan wawasan dan background kita yang berbeda2,itu semua gak masalah,perbedaan itu esensial banget,jadi malah bagus buat kita semua. beda pendapat boleh,tapi jangan jadi rusuh ya?

ok ,tapi pasti kalian pengen tau dong ,jawaban kalian sudah bener belum (paling tidak sama dengan saya sebagai yang buat kuis dong tentunya,ya gak? 😛 )

ok,jadi jawaban yang benar adalah  (mohon maaf jawaban yg benar ini pastinya tetap relatif,karena kebenaran hakiki hanya milik Allah,tapi berhubung saya yg bikin kuis ,apa boleh buat,kalian mau gak mau harus ikut jawaban saya dong?? hehehe  *maksa.com ) :

b – a – d – c (masuk surgabahagiasehatkaya)

kenapa urutannya begitu? ok , penjelasan berikut mudah2an akan dapat memuaskan dahaga keingintahuan kalian (cieee😛 ) ;

  • B (masuk surga) ; ini adalah prioritas kita hidup,karena kita hidup di dunia hanya sementara,dan setiap dari kita pasti akan mati. kalo logikanya gini; kita boleh gak bahagia di dunia ini,kita boleh gak sehat juga,dan kita boleh gak kaya,tapi kita mati harus masuk surga dong,bener gak? toh kata beberapa ulama dan sufi bilang : dunia ini penjaranya orang mukmin dan surganya orang kafir😯 ,kenapa? soalnya kebanyakan hal yg enak2 dilarang oleh agama🙂
  • A (bahagia) ; bahagia adalah karena cara pandang kita terhadap hidup kita,bukan diukur dari materi atapun kesehatan fisik kita,kenyataan membuktikan bahwa banyak orang kaya dan sehat,tapi tetap hidupnya hampa karena tidak dapat menemukan kebahagiaan hidup. jadi orang bahagia tidak tergantung kaya atau sehat.
  • D (sehat) ; sehat lebih penting dari kaya,mengapa begitu? kita punya mobil paling keren,tapi gak punya kaki atau tangan untuk menikmatinya,buat apa? atau punya uang banyak bisa beli makanan apa saja,tapi kena penyakit jantung atau gula jadi gak bisa makan yang enak2 buat apa juga?
  • C (kaya) ; harta adalah prioritas terakhir dalam hidup, jadi saat kita mengejar kekayaan jangan sampai mengorbankan hal2 yang lebih utama,misalnya keluarga  ,persahabatan apalagi mengorbankan kesehatan kita. juga harta kita itu kalau bisa jadi ladang berkah kita untuk tiket masuk surga,jadi jangan korupsi atau malah hartanya dipakai buat maksiat ,nanti malah menyalahi prioritas hidup ini dong jadinya? toh hidup di dunia hanya sementara kan? harta juga gak akan bisa dibawa mati bukan?

ok segitu aja ya,cuma sekedar mengingatkan,kita biasanya tau hal2 ini,tapi kalo lagi mengejar sesuatu (biasanya harta atau cita2 yang berhubungan dengan harta) kita kadang khilaf (lupa) sampai mengorbankan hal2 yang sebenarnya jauuuuhhh lebih penting🙂

  • “Allah bertanya : Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi “?. “Mereka menjawab : Kami tinggal di bumi sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung”. “Allah berfirman : Kamu tidak tinggal di bumi melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui”. (QS 23  :  112 – 114 )
  • “Hai kaumKu, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan sementara  dan sesungguhnya akhirat itulah yang kekal “. (QS 40 :  39)
  • “Dan tiadalah kehidupan dunia ini selain main-main dan senda-gurau belaka, dan sungguh kampung Akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidaklah kamu memahaminya”!. (QS  6 : 32)
  • ” Maka tidaklah kehidupan dunia ini melainkan senda-gurau dan main-main. Dan sesungguhnya Akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui “. (QS  42 : 64)
  • ” Dan di akhirat ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhoan Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu “. (QS 57 :  20 )
  • “Barangsiapa yang  menghendaki  keuntungan di akhirat  akan kami tambah keuntungan itu baginya dan barangsiapa  yang  menghendaki  keuntungan  di dunia kami berikan ketiada-nya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagiapun di Akhirat”. ( QS 42 : 20 )
  • “Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertaqwa “ (QS 16 : 30 )

* N.B : ini adalah tulisan lama saya di tahun 2005 yg direvisi  kembali🙂

47 Komentar

  1. “Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertaqwa “ (QS 16 : 30 ) <<=== inilah yg saya harapkan

    • ini dia yg pertamax,selamat mas😀

  2. saya jawab B.D.A.C
    salah dunk mas didot

    • wew daku pertamax

      • sayang sekali pertamax diborong mas dikma,cuma tadi ketangkep sama si aki ismet komennya ,pas dikeluarin jadi pertamax deh. maaf anda keduax dulu hehe😀

        gak ada yg salah sih,pendapat setiap orang kan bisa beda2,toh gak ada kebenaran hakiki seperti yg saya udah bilang. sayapun berpendapat berdasarkan pengetahuan dan latar belakang saya kok,tapi kalo menurut kamu begitu silahkan aja,toh ini cuma game aja,gak penting bener salahnya ,yg penting matinya masuk surga ,itu harus kudu wajib😀

  3. mestinya saya pertamax ,,,
    nggak mau link2 dari tadi …🙂

    • sukses kok mas pertamaxnya ,maaf si aki keknya belum begitu ngenalin anda😛

  4. wah sama dgn peri nih… BDAC
    yah beda tipis aja ma didot..🙂
    karena bahagia itu relatif yak, sehat kan ga relatif.. ada ukuran tertentu.
    yg penting nomer 1 dan 4 nya sama…

    • yang penting 1 dan 4 sama ya? hihihi… sok atuh tapi gak dapat payung cantik ya na😀

  5. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala selamatkan kita dari sebutan-Nya :
    “Sebenarnya bukanlah mata kepala yang buta, tetapi yang buta itu ialah mata hati yang ada di dalam dada” (QS. Al-Hajj : 46)
    .
    Buta mata hilang warna…buta hati hilang makna dan arti. Buta mata tak nampak jalan di dunia, buta hati tak nampak jalan menuju ke surga….

    kalau saya sih : yang pertama Allah .:mrgreen:

    • wah hati bahaya banget kalo buta,bisa nabrak terus tuh…

      terimasih atas tambahan ayatnya mas usup😀

  6. Iya setuju! Bisa di-ambil dimana hadiahnya? Hohoho canda.

    • dikirim ke afrika ya mas ginko ,kan juara harapan hehehehe:mrgreen:
      nanti salam buat singa afrikanya😀

  7. Kebahagiaan tidak terletak pada keadaan, situasi dan kondisi, tetapi kebahagiaan adalah sebuah keputusan, jadi kalau mau bahagia putuskanlah bahwa kamu akan bahagia dan ingatlah kebahagiaan sejati adalah saat Tuhan selalu menempati tempat terutama dalam hidup,…”

    Seperti apa yang selalu di katakan guru saya “Hiduplah dengan rasa takut akan Tuhan…..”

    Silakan di kritisi kalo ada yang salah gan..Like this…🙂

    • betul itu agan dika,hehehe😀

      gak ada yg salah insya Allah ,sama dengan yg udah disampaikan ,dan malah memperkaya tulisan ini alhamdulillah🙂

  8. Wew,, makasih lagi ngingetiinnn,,🙂
    umm, soal prioritas utama, inget lagu Chrisye ga..”bila syurga dan neraka tak ada..” kira2 gitu liriknya,,
    nah coba dipikirkan kembali prioritasnya,huehhe,,

    • nda,setiap orang berbeda levelnya,bagi yg masih takut neraka silahkan (katanya masih mental budak karena takut hukuman) ,bagi yg berharap surga silahkan (katanya mental pedagang karena menimbang untung rugi) dan bagi yg karena cinta kepada Allah semata silahkan. yg penting menjalankan perintahNYA dan menjauhi laranganNYA. semua akan dapat ridhoNYA sesuai porsinya,asal jangan dapat azabNYA,karena sesungguhnya azab Allah amat keras dan cepat,naudzubillah min zalik.

      saya masih belum nyampe level cinta,baru mental budah nih hehehehe😀

  9. jawaban aku sama persis sama mas Didot! hehe… mana bakiak cantiknya! (biar kata cuma bakiak tetep ditagih)

    • aih mbak desy paling pinter hahahaha.. mau dikirim atau dilempar nih hihihihi?😀

  10. assalamu’alaikum..
    tulisan kok bagus sih kak?
    hihi

    urutan jawabanku sama kyk kakak aja deh..
    hihi

    • walaikum salam,bagus? masak sih? alhamdulillah,segala pujian dikembalikan ke pemiliknya aja deh.

      kamu bisa sama? gak nyontek yg lain kan?? :mrgreen:

  11. oh ya, ada yang ketinggalan neh gan, imbuhan ayatnya : “Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal (QS Al Baqarah [2]: 197).

    Semoga saat ini bekal kita berkecukupan untuk preparing menuju ” kampung akhirat”…

    • cakep gan,ane timpuk cendol ya,tangkep gan😀

      syukron atas ayatnya,semoga bermanfaat buat yg lain yg baca🙂

  12. jelas urutan pertama B… dan yang A-C-D nya… pengennya sih diraih bersamaan… hehehehe… ( karena sandal bakiak pun jelas ga akan dikirim, jadi jawabannya juga maksa aja deh… ! ) boleh kan ? boleh dong…😀

    • mbak ceuceu jawab asal tak lempar bakiak lho hehehehehe😀

  13. tulisan inspiratif..🙂
    sepertinya saya baru kesini, salam kenal..

    • salam kenal juga ,baru maen dari tempat anda sebentar😀

  14. Bukannya nyontek tapi jawaban lia juga sama dengan peri…
    BDAC…..
    kita tidak akan bahagia kalo kita tidak sehat… sehat jasmani dan rohani…. gimana kita bisa bahagia kalo rohani kita selalu kotor.. dan jasmani kita selalu melakukan hal2 yg terlarang…🙂 ….

    just an opinion…🙂

    • boleh2 aja berpendapat gitu,tapi karena yg bikin kuis saya jadi saya yg nentuin ya hihihihi😀

      enaknya jadi pemilik blog ya begini bisa semena2 ahhahahahaha👿

      tapi seperti sudah saya bilang,kebenaran hakiki itu mutlak milik Allah semata,kita hanya bisa mendekati kebenaran itu,tidak sampai kepada kemutlakannya🙂

  15. Kalau saya jawabanya/urutannya masuk surga, sehat, bahagia, kaya…boleh beda kan? he..he..

    • boleh kok,sama kayak yg lain banyak yg jawab gitu juga kok,tapi gak dapat hadiah ya hihihihi (emang ada beneran nih si didot ngarang juga😀 )

  16. Saya setuju dengan jawaban mbak peri maupun mas didot. Yang penting prioritas utama adalah kampung akhirat. Surganya Allah.

    • ini jawaban yg bijak banget,terimasih mas😀

  17. wah, sy ga lulus ke kursi panas. tapi g pp deh, yg penting masuk surga😀
    jawaban saya BDAC
    reefleksi pagi yang sangat bagus
    terimakasih sudah berbagi

    salam hangat

    • ya iyalah gak lulus kursi panas, abis ketemu wanita penggoda seh..ho..ho *peace*😀

      • waduh, malah si oyen nyang jawab😀

    • hahahaha😀

      iya si oyen yg jawab ya?? dia kan merangkap sekertaris di blog ini hihihi *dilempar oyen penghapus papan tulis:mrgreen:

      btw gak duduk di bangku panas tapi ketemu wanita panas kan ya mas?? hihihi😛

      • jadi sekretaris yang gak digaji😦

  18. Saya b-d-a-c. Bahagia belum tentu sehat, tapi sehat sudah pasti bahagia.😀
    Bener gak ya?😆

    • kan udah dijelasin sop ,kalo menurut saya begitu,tapi kalo menurut kamu begitu silahkan aja hehehehe😀

      yang paling penting adalah masup surga katanya:mrgreen:

  19. tujuan hidup kita adalah meraih ridloNya…jadi apapun aktivitas kita adalah untuk mendapatkan ridloNya, sedangkan semua yang kita miliki seharusnya menjadi sarana untuk meraih ridloNya

    jika dengan mengejar kebahagiaan dan kekayaan membuat kita jauh dariNya, ya untuk apa, toh semua itu gak bakal dibawa mati, ibaratnya kita hidup untuk mati, jadi bekal yang kita kumpulkan adalah bekal untuk kematian kita….

    kita harus menggunakan harta kita untuk beribadah, menggunakan sehat kita untuk beribadah, menggunakan kekuasaan kita dalam rangka ibadah dan menggunakan hidup hanya untuk ibadah…maka jika kita menginginkan sehat, menginginkan kecukupan harta dan menginginkan kebahagiaan adalah dalam rangka untuk memudahkan kita beribadah kepadaNya…insyaAllah

    • iya yen,betul banget semua yg ada itu fasilitas yg dipinjamkan Allah,jadi kita bisa beribadah kepadaNYA.

      maka sudah selayaknya jika fasilitas tersebut kita gunakan untuk menuju kembali kepadaNYA🙂

  20. Oyen pengen jadi orang sehat yang kaya dan bahagia dan InsyaAllah masuk surga…ayo kita aminkan sama-sama….AMIIINNNNN……..🙂

    • amin,semoga oyen gak jadi panda lagi heheheheheh… :mrgreen:

      alhamdulillah udah mau jadi orang sekarang😀

      pletaaaaakk * dijitak oyen

      • ini cuman topeng Pak, ibaratnya “The Girl in the Panda Mask”..ho..ho, aslinya mah kerreeeennnn…xixixiixixxii😀

  21. dng sehat dan kaya saya akan semakin meningkatkan kualitas ibadah saya. dan itu akan membahagiakan hidup saya baik di dunia maupun di akhirat kelak. 🙂

    • tentu mas gus,itu yg terbaik,karena beramal butuh tubuh sehat dan harta sebagai modalnya😀


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s