Belajar bersyukur dari orang yang cacat fisik sejak lahir

Rekan2 blogger yang terhormat, saya membuat tulisan ini untuk beberapa alasan :

1. Mengingatkan rekan2 sekalian untuk tetap bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan, bersyukur dengan makin rajin beribadah dan dengan berbagi kepada yang lain yg membutuhkan pertolongan kita.

2. Mengingat bahwa Tuhan selalu mencukupi segala kebutuhan hambaNYA ,betapapun tidak mampu. binatang2 saja diberi rejeki olehNYA,apalagi kita manusia?

3. Menolong bapak mulyono (yg akan saya ceritakan  sebentar lagi) jika memungkinkan. mengingat besarnya semangat rekan2 dalam menolong bapak tua yg kehilangan becaknya beberapa waktu yang lalu,saya jadi optimis bahwa rekan2 sekalian masih mempunyai hati yg mulia dan jiwa yg mempunyai kepedulian tinggi untuk menolong sesama.

Berikut ini adalah foto pak Mulyono ,seorang yang sejak lahir memiliki kaki yang kurang normal,kaki yang satu hanya sepanjang paha,dan kaki yang satunya lagi panjangnya juga tidak jauh berbeda.

kendatipun demikian , beliau ini selalu mensyukuri keadaannya ,terbukti ibadahnya masih rajin ,di dalam keterbatasannya beliau tetap sholat 5 waktu dan ibadah lainnya (saya jadi malu sama diri sendiri pas liat beliau sholat ), belum lagi kesibukannya mengurus keluarga. beliau punya 2 anak kandung ,yang satu masih sekolah di sebuah SMA dan satu lagi sedang kuliah di universitas mustopo jakarta selatan. selain kedua anak kandung ini beliau mempunyai 4 anak asuh lainnya. (saya aja yg normal tubuhnya gak punya anak asuh  )

sedang sujud sholat, diambil diam2 soalnya gak enak sama beliau

nah kalo yg ini tempat beliau mengais rejeki

Pak Mulyono biasa berada di Masjid Al azhar Pusat Jakarta selatan sehari2nya. beliau bolak balik dari rumahnya di slipi ke al azhar naik motor yang didesain khusus buatnya.

kalau melihat beliau ini ,rasanya aneh (mungkin buat kita yg normal) ,karena beliau hanya dari mengemis saja mampu menyekolahkan anaknya yang nilainya jutaan rupiah masuk ke universitas. kalau atas kemampuannya sendiri pasti dia tidak mampu,karena selama ini dia hanya berharap belas kasih orang lain saja, tapi di balik itu ada Tuhan yang mencukupkan rejekinya ,Tuhan yang menjamin hidupnya dan anak2nya,makanya beliau bisa menghidupi anak2nya semua termasuk anak angkatnya itu. inilah kebesaran Tuhan rekan-rekan sekalian.

“Dan tidak ada satu binatang melatapun dibumi melainkan Allah-lah yang memberikan rejekinya. (QS. Hud: 6)

Nah ,teman2 sekalian yang udah pada liat pak mulyono dan baca sedikit tentang beliau ini,jangan mau kalah ya sama pak mulyono,dalam hal bersyukur dan beribadah. saya yakin teman2 sekalian lebih beruntung,minimal kalian lahir dengan anggota tubuh yang lengkap,dan dapat beraktivitas normal sebagaimana lainnya.

Dari hasil ngobrol dengan beliau kemarin ,saya mendapatkan kabar beliau ingin memperbaiki motornya (atau membuat ulang lagi) ,karena motornya ini kurang normal jalannya (mungkin salah konstruksi ya) ,makanya saya ingin nanti bekerjasama dengan bengkel modifikasi motor untuk proyek ini jika sekiranya animo dari rekan2 sekalian cukup tinggi untuk membantu.

Di dunia perbloggeran ini yang saya dapatkan bukan cuma sekedar hal2 yg lucu saja,tapi yang paling saya suka adalah persaudaraannya,mari kita tunjukkan bahwa blogger juga  peduli terhadap sesama.

Belumlah sempurna iman seseorang sampai dia mencintai saudaranya seperti dia mencintai dirinya sendiri

Blogger yang baik saling support satu sama lain,saling mengasihi satu sama lain,dan juga saling mengapresiasi dengan meninggalkan jejaknya di blog yg dikunjungi dengan saling berkomentar . silahkan bantu sebarluaskan,insya Allah berguna buat minimal menyadarkan diri kita, betapa beruntungnya kita semua atas segala nikmat Allah.

yang paling penting adalah kepedulian rekan2 sekalian untuk berbagi tentunya,apapun bentuknya baik materi,perhatian ataupun doa

terimakasih / arigato / thank you / mercy beaucoup / Danke / Grazie / Dank Je / Xie-xie / Gracias / Syukron / Matur Nuwun

Sudahkah anda bersyukur hari ini??

* Ditulis di kaskus dan dimodifikasi sedikit2 untuk teman2 blogger sekalian, tulisan aslinya ada  disini

71 Komentar

  1. “sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (ibrahim {14} : 7)

    bersyukur itu nikmat, dapat menangkan hati dan jiwa, membawa ketentraman dalam menghadapi hidup ini..

    • alhamdulillah ditambahin lagi ayatnya, syukron mas sapta 😛

  2. subhanallah.. ada beberapa pelajaran yang dapt kita ambil dari berbagai persoalan.. termasuk belajar dalam menikmati hidup ini dgn membandingkan dengan kenikmatan yg dirasakan orang lain agar kita mau bersukur…

    Rasulullah SAW bersabda :

    “lihatlah kepada orang yang lebih rendah darimu, dan jangan melihat kepada orang yang lebih tinggi darimu. itu lebih patut (kamu lakukan), supaya kamu tidak memandang remeh nikmat Allah (yang telah dikaruniakan) kepadamu.”

    semoga kita selalu menjadi orang2 yg senantiasa bersyukur..😀

    • semoga motornya beliau cepat baik lagi dan dimudahkan dalam proses perbaikannya.. hanya doa yg bisa kuberikan buat pak Mulyono.. semoga diberikan rezeki yg berlimpah oleh Allah dan makin dikuatkan imanya, serta diberikan ketabahan, kebahagiaan, kesabaran/ketenangan dalam menjalani kerasnya kehidupan… amin..😀

    • terimakasih atas tambahan hadistnya mas ,terimakasih juga atas bantuan doanya untuk bapak mulyono ini😛

    • muridku makin pinter aja…sapa dulu dong bu gurunya…ho..ho🙂

      • oh ini muridnya bu guru toh? pantesan pinter😛

  3. andai kita ingin menghitung nikmat yg deberikan kepada kita
    niscaya kita tidak akan pernah sanggup untuk menghitungnya
    so, tidak alasan untuk tidak bersyukur kepadaNya

    trims

    • betul sekali,demikian adalah salah satu firmanNYA,maha benar Allah dengan segala perkataanNYA🙂

  4. Tidak ada yang cacat di mata Allah, sesungguhnya ke-cacatan fisik yang terjadi kepada para saudara2 kita ini, adalag bentuk bukti tanda2 kekuasaan dan kemaha besaran Allah..bahwa setiap kromosom dalamsel genetika yang bersatu, dalam pembuahan “bibit” manusia dalam rahim, tidak bisa di prediksi oleh manusia. Tak ada manusia yang bisa mengubah kecacatan meskipun itu dalam kandungan sekalipun…

    Melalui orang yang cacat, kita belajar..Mereka mempunyai sesuatu yang lebih di antara kita…sesuatu yang luar biasa itu adalah kesabaran dan keiklasan bedyukur dan menjalani hidup seperti layaknya manusia normal , meskipun mereka cacat….

    Kalo kita yang normal bisa beribadah dengan kesehatan kita, maka orang yang cacat bisa beribadah dengan kesabaran sebagai bentuk bukti conta mereka terhadap Allah..

    Naise share gan…. di tunggu updatenya..Silakan di counter argument saya kalo keliru..🙂

    • lengkap banget deh,manusia yg bersyukur dan bersabar adalah para penghuni surga,Allah ridho kepada mereka.

      sesungguhnya orang mukmin jika diberi mereka bersyukur ,dan jika diuji dengan yg mereka tidak suka mereka bersabar🙂

      • Satu lagi gan, Allah akan menambah kenikmatan bagi orang yang pandai bersyukur..Mungkin ini sebagai reward, punishment , ato bonusan bagi orang yang bersyukur..Kalo dalam masyarakat di sekitar kita, banyak orang yang nggak bisa sabar / beryukur ketika di gadapkan pada kemiskinan. Meskipun kemiskinan itu sangat dekat banget ama kekufuran.
        Kalo “orang kayak bisa beribadah dengan harta mereka, maka orang miskin bisa beribadah dengan kesabaran mereka”🙂

        Btw, request neh gan, kalo bisa kapan2 nulis postingan yang temanya tentang kriteria orang2 yang akan mendapat “reward” nya Allah🙂

      • Oyen seneng baca koment2nya mas hanyanulis ini…ho..ho..🙂

      • mudah2an kita bisa jadi hambaNYA yg pandai bersyukur dan selalu ditambahkan nikmatNYA ya bro😀

        @oyen : namanya heriyatno andika yen,monggo diadd di fesbuk juga

        panggilannya dika,tinggal di malang saat ini😛

  5. duh jadi malu ma bapaknya, malu ma Allah, aku sampe sakearang di kasih bentuk tubuh yang baik ga pernah bersyukur…

    • semoga saja Allah membantu mengilhami untuk kita mudah bersyukur kepadaNYA ,insya Allah mas ario🙂

  6. subhanallah kadang aku aja yg punya tubuh hampir sempurna kurang bersyukur jadi malu🙂

    • makanya diingetin deh hehehe😀

  7. Allahu’akbar..
    MaLu ih gw sama bapaknya..
    Gw yang alhamdulillah dkasihnya sm allah tanpa krg satu apapun aja gk maksimal ngejalanin hidup,, SALUT!

    • jangan cuma malu,ayo ditingkatkan rasa syukurnya dengan banyakin ibadahnya fi😛

  8. Iya.. memang banyak sekali pelajaran yg bisa diambil dari kehidupan orang lain.
    Harus pinter bersyukur dg apa yg kita punya sekarang….🙂

    • betul banget asop,kalo kita mesti mengalami semua hidup kita gak akan cukup buat mengalaminya,jadi paling bijak kita belajar dari pengalaman orang lain,walaupun katanya guru terbaik adalah pengalaman sih hehehehe😀

  9. jika kita bersyukur maka Allah akan menambahkan nikmat kita. malu ah shalat saya masih sering bolong2 eh ni Bapak rajin banget shalat dengan keadaan seperti ini.

    • betul banget,gimana mau dikasih nikmat yg besar jika yg kecil aja kita jarang bersyukur??

      ayo jangan cuma malu tapi ditingkatkan juga ibadahnya ,baik yg wajib maupun sunah😀

  10. mantab si bapak,

    duhhhhhh jadi malu sendiri

    • iya nih pak mulyono hebat….

      jangan cuma malu ,mari kita tingkatkan ibadah kita😀

  11. HHmmm …
    Memang betul Dot …
    Kita yang normal ini kadang kala lupa bersyukur …
    Mari kita ejawantahkan rasa syuklur kita ini
    kepada isapa saja yang membutuhkan …
    entah yang normal maupun yang cacat

    Salam saya Dot …

    • kalo di srimulat yg norma alias warasl itu disuruh ngalah om hehehehe :mrgreen:

      tapi kalo soal ibadah kita jangan mau kalah ya ??😀

    • kalo di srimulat yg normal alias warasl itu disuruh ngalah om hehehehe :mrgreen:

      tapi kalo soal ibadah kita jangan mau kalah ya ??😀

  12. saia tersentil melihatnya mas…😥

    • untung cuma tersentil,semoga jadi sadar atas sentilan ini buat kita semua ,takutnya kalo nanti disentil Tuhan gak sadar bisa dicubit atau malah digampar lagi heheheh😀

  13. Ya, terkadang kita lupa untuk bersyukur & selalu merasa kurang. terima kasih telah mengingatkan kang,

    • betul mas dede,sama2 ,kan kewajiban sesama muslim saling mengingatkan dalam kebenaran dan sabar😀

  14. saya jadi malu dengan diri saya sendiri mas,makasih dah mau mengingatkan. . .
    salah satu yang saya dapatkan didunia bloger adalah nikmatnya saling mengingatkan.

    salam. . .

    • betul sekali,saling mengingatkan adalah kewajiban sesama muslim dan blogger juga tentunya heheheheheh😀

  15. makasih dot udah posting ini..
    memang kita harus saling mengingatkan.. terus menerus..
    karena kita sring lupa…

    alhamdulillah, kita diberikan fisik yang sempurna. semoga kita bisa menggunakan fisik kita untuk kebaikan.

    btw, soal kaskus, berarti aku pernah liat fotomu ya.
    ternyata yang bareng asri + jengkelin itu lho.. kalo gak salah dulu hot thread kan ya? heheh

    • iya na,betul banget harus saling mengingatkan…

      soal kaskus iya betul itu foto aku ,sama yg deasy bowman juga tapi gak hot thread sih yg deasy ,cuma masuk di seleb kaskus aja hahahaha

      mayan juga tuh disticky sama si mimin

      okelah boleh dong cendolnya nih gan hahahahaha:mrgreen:

  16. tugas kita hanya beribadah kepadaNYA, ada banyak jalan untuk beribadah kepadaNYA, rasa Syukur, sabar, Ikhlas, Ridho…segala yang berkaitan dengan hati adalah nilai2 ibadah yang kita lakukan atas segala Ujian yang Ia Berikan…disamping Ibadah Ubudiyah yang kita lakukan sehari2…apa yang dilakukan Pak Mulyono, beribadah kepada Allah, Berikhtiar…membuktikan bahwa ketika kita mengejar Akhirat, maka Dunia akan mengikuti…Jadi Tidak Usah lagi khawatir, selama kita berikhtiarm sabar, syukur dan bertawakal kepadaNYA…

    • setuju mas atma,dunia akan mengikuti akherat dan bukan sebaliknya ,kecuali Allah maha berkehendak🙂

  17. saya jadi malu baca postingan ini. Selama ini saya kurang mensyukuri apa yang telah saya nikmati, malahan pengen nambah terus. makasi postingannya mas.🙂

    • terimakasih kembali,ini juga buat pengingat diri saya sendiri…

      kita saling mengingatkan ,sudah kewajiban sebagai sesama muslim😀

  18. Yah bersyukurlah bagi kita yang lahir sempurna. Tapi manusia memang tak pernah puas.

    • iya betul mbak fitri ,manusia itu gak pernah puas,tapi itu juga tanda bahwa manusia itu hidup,karena masih punya nafsu, makanya kita harus mengendalikan nafsu bukan kita yg dikendaliin.

      ada orang bijak bilang : contentment is the greatest wealth

      kalo diterjemahin menjadi : (merasa ) cukup adalah kekayaan terbesar

      makasih udah mampir ya mbak😀

  19. jadi ingat lagunya dmasiv😉

    • Jangan menyerah… jangan menyerah…

      syukuri apa yg ada,hidup adalah anugerah,tetap jalani hidup ini,melakukan yg terbaik. *nyanyi dengan suara pas2an

      emang dalam banget syairnya, hidup adalah anugerah dari Allah ,itu benar banget😀

  20. sudahkah anda bersyukur hari ini😉

    • saya merasa kurang hehehehe,yuk sama2 kita tingkatkan rasa syukurnya😀

  21. Subhanallah….Duh, Ane jadi malu sm Allah nih Gan

    • ayo jangan cuma malu raf,kita tingkatkan ibadah kita ,biar jangan malu2in nanti di akherat😀

  22. Cerita yang sangat menarik…
    Salut buat Pak Mulyono..
    semoga kita semua termasuk dalam umat yang selalu bersyukur kepada Allah SWT..
    aminnnn

    • buat lia yg manis cukup senyum aja dan ngomong : AMIN😀

  23. Jadi tersadar kembali dari masa2 pingsan bahwa di sekitar kita masih banyak yang mengalami kekurangan….Semoga kerja sama dengan bekelnya bisa terwujud ya….Terima kasih telah menyadarkan….

    • wah mantap istilahnya mbak meli,pingsan hahahaha

      emang sih kalau dipikir2 begitu ya? kalo gak pingsan tertidur lelap kali??

      dunia ini meninabobokan kita karena keindahannya,semoga kita gak tertipu ya?? insya Allah🙂

  24. waaaaaah,.
    mas hadi
    aku terharu banget lihatnya
    hikz…..
    Semoga Pak Mulyono di beri ketabahan hati tuk menjalani hidupnya
    amin

    makasih yah mas..
    sekarang saya jadi lebih bersyukur

    di tunggu kunjungan baliknya yaa

    • terimakasih,insya Allah saya mampir ketempat mas oby buat bersilaturahmi,jangan lupa suguhannya disiapkeun ya mas😀

  25. Allah menciptakan segala sesuatu selalu punya maksud, sebuah keteraturan alam yang maha indah dan maha sempurna…pun dengan keberadaan orang-orang seperti mereka…

    sesungguhnya setiap nafas adalah amanah, setiap detik adalah ujian dan setiap langkah adalah ibadah, perbuatan manusia melingkupi dua lingkaran, yang masih bisa dikuasai manusia dan yang sudah kehendakNya tanpa kita bisa merubahnya (qodo dan qodar Allah). Berkaitan dengan perbuatan yang dikuasai manusia maka usaha kita menjadi penilaian di mata Allah, apakah kita bersyukur atau kufur apakah kita putus asa atau pantang menyerah atau apakah kita memilih cara yang halal atau yang haram. Kita terlahir kaya/miskin, normal atau cacat maka itu qada Allah, Allah tidak akan menghisab dari hasil akhirnya, Allah akan menghisab apakah dengan kecacatan kita tidak menghalangi untuk beribadah seperti Pak Mulyono (subhanallah) atau dengan kecacatan membuat kita tak pandai bersyukur. Atau apakah dengan kenormalan membuat kita terlena sehingga lupa akan amanhNya atau justru membuat kita semakin giat beribadah….

    Melihat kembali orang-orang yang kekurangan dan memiliki nasib yang tak seberuntung kita seharusnya membuat kita bisa semakin bersyukur dengan semakin giat beribadah kepadaNya….

    dan Maha adil Allah yang menciptakan hidup setelah mati…karena disanalah kehidupan yang hakiki, yang hanya akan dinikmati oleh orang-orang yang mendapat rahmat dan ampunanNya…semoga Pak Mulyono, Pak didot dan kita yang senantiasa saling mengingatkan dalam kebaikan ini termasuk di dalamnya…Amin.

    thanks share nya🙂

    • weww.. komentnya buguru panjang amat.. bikin postingan baru kali.. hehe..:mrgreen:
      *ikut mengamini apa yg diuraikan buguru aja deh..😉

      • muridku ki senenge protes karo komennya bu guru…beuuhhh…
        ayo belajar !!!…jam sekolah kok nglayap ae !!!😦

    • amin bu guru.. atas doanya dan juga hikmah tambahannya🙂

      hayo ini guru dan murid jangan pada tengkar hahahaha:mrgreen:

  26. Subahanallah, maha besar Allah.
    semoga saya bisa lebih bersyukur lagi atas nikmat
    yang saya dapatkan sampai saat ini.

    • amin saya doakan mas ,insya Allah ,Allah yang akan menunjukkan jalannya dan membantu kita dengan pertolonganNYA🙂

  27. subhanallah… semoga senantiasa diberikan rejeki..
    amin…

    • amin ya rabb, bila kita bersyukur akan selalu ditambahkan nikmatNYA😛

  28. dan beginilah yang memang dianjurkan, untuk melatihkita menjadi ahli syukur, nyakni melihat “kebawah”

    semoga Pak Mulyono diberkahi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

    “Dan pada dirimu itu, mengapakah kamu tidak perhatikan tanda-tanda dan bukti kebesaran Dia?” (QS. Adz-Dzariyat : 21)

    • setuju,urusan ibadah melihat keatas,urusan nikmat melihat ke bawah😀

  29. Salut sama keiklashan Pak Mulyono, semoga lebih-lebih banyak lagi diberi karunia sama Allah.

    • amin ,insya Allah kita semua dapat hikmahnya

  30. huuh..,semua comment teman2 basi..!
    So bijak dan so alim.., gampang banget ngomongnya bersyukur dan sabar lh.., karena kalian gk merasakan sakitnya terlahir cacat seperti ku dan yg lainnya..
    Coba sja kalian merasakan pasti bkalan mengeluh dan tidak akan bersyukur jg..!

    saya ikut prihatin dengan kondisi anda,tapi yakinlah Allah memberikan yg terbaik buat semua hambaNYA menurut ukuranNYA,bukan ukuran kita. kita gak akan diuji melebihi kemampuan kita kok. bersyukurlah masih dilahirkan jadi manusia,bukan jadi jin bahkan jadi binatang🙂

    • ukuran orang yg tidak kuat ,ujian yg ringan saja ,karna iman nya lemah,karna tuhan maha tau,,yg banyak masuk neraka orang beriman lemah ,karna dia gak kuat,kalau di beri ujian yg berat .mungkin dia bs gila,atau bunuh diri mungkin

  31. mereka lebih bersyukur
    dlm suatu kisah diceritakan mereka bersyukur dan mudah bersyukur krn dg kekurangan mereka, maka mereka tidak ingin terlalu muluk dlm meraih sebuah pencapaian. INgin punya mobil kek atau apa kek..

    tp intinya sih, normal atau tidak normal, tidak ada alsan untuk tidak bersyukur

  32. itu baru ahli surga yg mungkin atau pasti selamat di akhirat atau mungkin tampa dihisap .kalau kalian yg normal no,,,tidak mungkin,, jg sy kalian yg normal itu ngaku aja diri sdh baik,tp tuhan tidak,karna km belum mendapatkankan musibah yg kayak bpk td atau lebih dr bpk ini ,maksud saya orang lain yg lebih parah cacat dr bpk ini alami,seprti di tmpt sy ,sy sangat kasihan sxli melihatnya ,wajib kalian harus mensyukuri,kalau tidak tunggu hari pembalasan allah,tdk ada alasan lain y dibuat buat dan allah akan menagih sgala kenimatan yg diberikan nya kepada kalian,malaikat aja dilaknat allah ,apalagi manusia,


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s