Jebakan Penghulu saat Akad Nikah

Buat yang belum nikah,ini hasil pengamatan saya beberapa kali menghadiri akad nikah teman saya. saya perhatikan penghulu punya beberapa pertanyaan jebakan buat calon penganten😯

jadi biasanya pertanyaan ini setelah diucapkan akad baru dikeluarkan ,karena setelah akad (mengucapkan “saya terima nikahnya dan kawinnya si anu….❓ ) maka sebenarnya calon penganten sudah sah jadi suami istri (tapi kadang masih belum sadar kalo udah sah) , nah hal inilah yg dimanfaatkan oleh si penghulu😛

ok kita mulai aja ya ,ingat semua pertanyaan adalah setelah akad,dan ini berlaku hanya buat penganten baru❗ (keduanya belum pernah menikah sebelumnya) :

  • untuk penganten pria akan ditanyakan : “apakah anda sudah pernah mempunyai istri? ” lalu karena masih tegang menjawab :  “belum” ,dan si penghulu biasanya bilang : ” anda bohong dong,lalu ini di sebelah anda sekarang siapa?”  nah kena deh si penganten pria:mrgreen:
  • selanjutnya penganten pria kadang ditanya lagi : “apakah ini istri pertama anda? ” ,penganten pria langsung menjawab : “ya” dengan mantap. kemudian istrinya ditanya : “benar anda istri pertamanya??” sang istri menjawab : “benar”. Lalu penghulu melanjutkan:  “kalau begitu anda termasuk istri yg sholehah dan siap menjalankan syareat agama islam dengan benar, kalau ada istri pertama berarti bisa ada istri kedua,ketiga dan seterusnya ya?? ”:mrgreen:

oke demikian sharing saya dari lapangan,kalau yang lain punya sharing juga tentang hal ini ,monggo silahkan berbagi😀

*jangan nanya kapan saya nikahnya ya,ditimpuk sendal bakiak baru nyaho lo!!😈

49 Komentar

  1. *nyiapin puluhan bakiak buat yg nanya “kapan nikah”

  2. Pertamax gan

    • maaf gan pertamax ane borong semua kali ini:mrgreen:

  3. jadi bang Didot kpn nikahnya??? hahahaha…:D
    *pengen ngerasain ditimpuk pake bakiak, sapa tau bakiaknya baru kan lumayan…😀 *

    • hush ,bakiaknya bekas punya masjid sebelah,jadi abis nimpuk kudu diambil lagi nih,sini kamu tak timpuk dulu *ngejar nda bawa bakiak

      • jiaaahhh….ngelepar bakiak aja pinjem punya masjid, pelit amat bang. Hmmm… ketahuan klo lg ngumpulin modal buat nikah… (balik ke nikah lagi.. hahaha)

      • ahahaha… nikah sih nikah aja ,gak usah pake modal,orang modalnya niat sama tawakal aja kok,kan Allah yg mencukupi rejekinya,Allah kan gak pernah ingkar janji😀

  4. secara fitrah, menikah akan memberikan ketenangan
    bagi setiap manusia,Islam telah menjadikan istri sebagai tempat yang penuh ketenteraman bagi suaminya. Allah Swt. berfirman:
    Di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untuk kalian istri-istri dari jenis kalian sendiri supaya kalian cenderung dan merasa tenteram kepadanya. (QS ar-Rum [30]: 21)

    Tapi ibarat kereta, setiap orang punya dan tujuan masing2, everyone has their own destination. Dan karena setiap orang punya tujuan yang berbeda itulah yang membuat setiap orang punya “jadwal” menikah yang berbeda-beda pula. Ada yang berangkat lebih awal, ada pula yang berangkat belakangan..Seperti orang bijak bilang : Good Things Come to Those who Wait. Hal-hal yang baik akan datang kepada mereka yang sabar menunggu. Jadi, don’t worry…be (single and) happy gan… 🙂

    • punya pasangan gak punya pasangan insya Allah tidak pengaruh sama kebahagiaanku kok dik,tapi menikah insya Allah karena ingin mendekatkan diri kepada sunah rasul,menyempurnakan ibadah,dan menghindari zinah yang sangat keji.

      Allah udah mengatur semuanya,kita tinggal tawakal aja menjalani hidup,yang penting kita ikhtiar terus jangan pernah menyerah,kalaupun saya mati sebelum menikah,mungkin itu memang takdir saya,tapi jangan hakimi saya tidak pernah berusaha ,karena itu urusan saya sama Allah (ini diskusi saya kemaren waktu ketemu mas atmakusumah )

      makasih atas tambahan ayatnya gan😀

  5. Aku nggak nanya kapan nikahmu, Dot… Karena aku juga paling males ditanyain soal itu… Mbok ya didoain aja, daripada ditanyain mulu.. hehehe…

    *bakiaknya dijual aja, Dot.. sayang2 kalo cuman dilempar2… siapa tahu bisa buat tambah2an modal nikah… tapi, kapan nikahnya, ya, Dot?* nah, lho. Akhirnya aku nanya jugaa… wekekekekeke

    • jiahhhh nanya juga ujung2nya si lala🙄

  6. kapan nikah?..kapan nikah?…kapan nikah?…kapan nikah?…kapan nikah?….kapan nikah?…kapan nikah?….kapan nikah?….kapan nikah?….kapan nikah?….kapan nikah?….kapan nikah?…..kapan nikah?…..kapan nikah?…..kapan nikah?….*weeeeeekkkkkkkkkkkk……..melet.com*, btw, bakiaknya masih berapa Pak?, biar Oyen tambahin nanyanya…wkwkwkwkwkkwkwkwk…. :p

    • oyen dilempar pabrik bakiaknya sekalian aja deh nih…. au ahhh😈

  7. trus mas didot kapan nikahnya🙂
    aku kapan yah😀

    • nanti pada waktunya juga gak usah ditanya ya nit😀

      kamu kapan? sama aja jawabannya🙂

  8. punya bakiak berapa?

    kapan nikah ? hehhe..

    *berharap mudah2an penghulu gw nanti ga jahil*

    • masih banyak buat nimpuk kamu nda😀

      insya Allah segera ,doain ya😛

  9. hahahahha…
    ah ddot.. lucu juga pengamatan akad nikah nya🙂

    semoga besok kalo kamu nikah tidak terjebak ya Dot :p

    • tuh kan aku gak nanya kapan kamu nikah???

    • gak dong ,kan udah pinter na😛
      gak nanya sih gak nanya,tapi tulisannya isinya podo wae na😈

  10. Dot …
    Believe it or not …
    Saya menyaksikan sendiri jabakan nomer 1 …
    Tapi waktu itu dilakukan oleh Penceramah … tepat beberapa setelah akad nikah dijalankan …

    Penceramah bertanya pada mempelai pria … (yang telah terlepas dari deg-degan karena ijab kabul) … Apakah Mas Fulan sudah pernah menikah sebelumnya …
    Tentu dengan gagah perkasa … Fulan akan bilang … Belum … Saya belum pernah menikah …
    Gotcha … habis mempelai pria di bulan-bulani …

    Tetapi ada juga yang luput dari gojlokan ini …
    Kebetulan keponakan saya sendiri yang mengalaminya …
    Rupanya dia sudah dibriefing terlebih dahulu oleh teman-temannya yang sudah menikah … sehingga dia tidak terjebak …

    Salam saya Dot …

    • iya saya juga udah beberapa kali menyaksikan ini,makanya saya sharing sama teman2 yg lain,biar gak kena jebakan batman perangkap tarzan om hehehehe😀

      yang pastinya sebagai pengingat buat saya pribadi ,biar nanti kalo nikah juga gak kena jebakan ini hehehehe😛

  11. kapan ….. upsssssssss … gak jadi deh…
    tapi hebat ya dah siap banget mau niiiiiiiii upsssssssssss
    baru ngeeh emang ada jebakan kayak gitu dipernikahan…

    keren banget dot infonya…
    jadi kapan nikah… ? lahhhhhhhhh …

    kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr😀

    • kamu juga ikutan nanya??😯 *ngejar lia pake bakiak

  12. jadi kapan kawinnya?😀

    • *nyambit bang jali langsung gak pake ngejawab

  13. Penghulu yang iseng tuh, hehe🙂
    Tenang aja, Dot. Aku nggak bakalan nanya, karena aku nggak suka bakiak. Gimana kalo kamu lempar kue aja, kan lebih enak tuh:mrgreen:
    Ehm, aku juga sering ditanyain hal itu tuh, bales dengan senyum manies aja lagi🙂

    • bagus kalo gak nanya,berarti kamu dapat senyuman manis dariku hehehe😀

  14. Sepertinya kalo semua udah tahu jebakan ginian, kasihan juga si penghulunya… kudu lebih kreatip lagi deh🙂

    • setelah dibocorkeun disini nampaknya bakalan sedikit berkurang orang yang kena hehehehe😛

  15. Menilah sebuah hal yang membahagiakan tapi karena sesuatu yang baru bagi penganten jadi kondisi ini membuat tegang sang pengantin baru. Jadi kadang jawaban 2 pertanyaan sang penghulu membuat ggggrrrrrrrrr di seluruh isi ruangan. kadang lucu ya. Wah sang penulis mungkin sudah berpengalamankah?
    salam kenal kembali di tunggu kedatangannya di blog kami di http://rumahsehatafiat.wordpress.com/

    • belum pengalaman dong mas,aku kan belum nikah hehehehe😀

      saya sudah berkunjung dan meninggalkan jejak disana,salam😛

  16. saya dulu termasuk korbannyaaaa……huaaaa….! *meraung2 lebay*
    ternyata ini jebakan basi yah? wah coba kamu posting ini 3 taun yg lalu Dooot, jadinya saya n suami kan ga diketawain satu masjid!

    • gak basi lah mbak,malah lucu,tapi karena udah beberapa kali “memakan ” korban makanya dicoba share hehehehe:mrgreen:

      maaf banget 3 tahun lalu saya juga belum tau,pasti kalo nikah kena juga hahahaha😛

  17. Mumpung lagi nganten, jadi maenin aja pengantinnya…..

    • aku kok ndak ngerti? yg manten sopo mbak?? *garuk2 kepala😯

  18. pengamatan yang bagus, mo jd penghulunya yaa…hehe… ga deh bcanda Mas…
    tp memang bener banget pasti pertanyaannya gitu mulu…

    • haha… nikah dulu aja deh sebelum jadi penghulunya😀

  19. Waduh, seumur-umur dteng akad nikah, baru tahu ada yang kayak gitu….😦 Becanda yang kebangetan.

    • gapapa kok sop,itu satu ruangan jadi ketawa,seger jadinya,cuma ya kita yg udah tau jangan sampe kena aja hehehehe😀

  20. Ntar Penghulu buat mas Didot, mesti cari jebakan yang laen…jangan yang itu2 mulu jebakannya…🙂
    hehe…jadi kapan mas ?

  21. Jiyaaahh.. Masnya pinter mengamatii.. Kekeke.. Kapan nikah?? Hihi

    • iya dong pinter,kan buat persiapan nanti kalo nikah jadi kena dikerjain hehe

      fiya minta dilempar juga ya? hahahah 😛

      • gak mau dilempar kak..
        maunya diLamar..

        hihihih

        *ngaciiirrr

  22. Wahh udah siap-siap nih…..
    Pengamatan yang baik

  23. didot kapan nikahnya??hihihi..🙂

    • arrrrrggghhhh * ngelempar bakiak cadangan

  24. hwahahahaaa… nice post gan🙂

    thx inponya

    makasih kembali,cendolnya dong gan??😛

  25. yg gni mas bro,
    sya trima ningkahnya binti syapa. Dn mas kawin
    bgto gmna


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s