Paradoks

Penjelasan paradoks paling bagus buat saya adalah di film Unbreakable ,dimana si jagoannya bruce willis selalu selamat dalam kecelakaan yg terjadi dan selama berpuluh tahun tidak pernah sakit. sementara di sisi lain ada seseorang yang selalu sakit2an dan lemah serta selalu sial dalam hidupnya. ini quotenya sedikit dari review film tersebut (sori dalam bahasa inggris)  :

Elijah Price (Samuel L. Jackson) is born with Type I osteogenesis imperfecta, a rare disease in which bones break easily. As a child he is taunted by other children, who nickname him “Mr. Glass”. Drawing on what he has read in comic books during his many hospital stays, Price theorizes that if he is frail at one extreme, then perhaps there is someone strong at the opposite extreme.

Penjelasan lainnya soal paradoks dapat ditemukan di film The Matrix ,dimana sang jagoannya ,Neo ,harus mati agar opposite extreme-nya juga harus ikut mati,dan akhirnya menciptakan keseimbangan dan kedamaian di dunia Matrix tersebut.

Kita tahu Allah menciptakan dunia ini segala sesuatunya berpasang2an,ada malam ada siang,ada pria ada wanita,ada yg baik dan ada yg jahat , maka kesemuanya itu ada dalam kurva yang membentuk paradoks ini.

Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah. (QS 51 : 49)

demikian dalam keseharian kita saat ini kita melihat pula banyak contoh dalam dua ekstrim yg berbeda , walaupun tempat2 dugem malam dengan jajaran para DJ kondangnya itu selalu penuh dengan para party goers (tukang party ) ,namun masjid2 juga tak kalah ramai dengan para ‘DJ’ nya masing2. bedanya kalau di Club itu ada DJ Riri ,DJ Romy , dan DJ Naro ,dll. maka di masjid pun ada “DJ”-nya antara lain DJ Arifin Ilham,DJ Yusuf mansyur,  DJ Bachtiar nasir ,dkknya. Alhamdulillah masih ada keseimbangan antara yg baik dan buruk di tempat2 yg saya lihat di Jakarta ini.

Semoga kita terhindar dari azab Allah dengan masih banyaknya orang2 yg beribadah,karena kalau tidak ,azab Allah akan menimpa pula orang2 yg tidak bersalah ,dikarenakan kezaliman beberapa orang saja diantara kita.

Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.” (Qs. al-Anfaal [8]: 25)

semoga kita terhindar dari Azab Allah di dunia dan di akherat,amin ya rabb 🙂

25 Komentar

  1. Kebaikan dan keburukan itu memang selalu beriiringan, sudah Sunatullah…Oleh karena Itulah Allah menurunkan Para Pemberi Peringatan serta Tuntunan Yang Jelas agar selamat dunia dan akhirat. Kita sebagai Manusia, Khalifah di Muka Bumi Ini, diebrikan kesempurnaan dengan hati, akal dan pikiran untuk menentukan Langkah Yang Baik dalam hidupnya…Dan dengan mengambil Hikmah dari setiap kebaikan dan keburukan itulah akan menghasilkan sikap Bijak sebagai bekal kita untuk menentukan langkah dalam hidup ini…
    Semoga kita diberikan keselamatan di dunia dan akherat…Amin Ya Rabb…

    • demikian Allah menciptakan apa yg dikehendakiNYA ,dan pasti itu tidak sia2. semoga doanya mas didengar ,amin ya rabb😀

  2. O ya mas…tambahan penjelasan Paradoks yang lainnya, Rambo dan Arnold dalam “Predator”😀

    • hehe boleh juga mas ,monggo dilanjut kalo ada lagi😀

  3. Kalau yang selalu sial, dulu saya suka lihat Tokoh Donal Bebek yang apes mulu …😀
    Sekalian Hetriks🙂

    • hahaha… pertamax ,keduax dan ketigax disikat semua ya mas?? kalo borong dapet diskon khusus sih heheheh😀

      si donal itu di ujung ekstreme yg satu ,sementara di ujung ekstreme sana ada si untung yg selalu beruntung ,saya juga suka banget kisah donal. selain paman gober dan paman gover yg juga saling kontradiktif satu sama lainnya😀

  4. Saya mehamami dua hal dari tulisan diatas..yang pertama tentang konsep penciptaan segala sesuatu yang selalu bersifat dualisme, namun di sisi lain ada hal2 yang sangat kontardiktif..Hal ini mengingatkan saya akan isi al quran, yang isinya juga kontradiktif satu sama lain..
    namun di balik hal kontradiktif itu ada suatu kuasa yang maha dasyat tentang maksud diciptakannya hal tersebut. Semoga kita ndak selalu memandang secara parsial realitas di sekitar kita yang kelihatan sepele, namun sangat bermakna…
    Adapun ketika kita meyakini bahwa ketetapan Allah tidak terikat dengan kemashlahatan manusia,

    firman Allah dalam Surah al-Ra’d ayat 39,21 : ” Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan, dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab.”

    nice post gan..🙂

    • begitulah dik,subhanallah kamu kalau nulis bikin saya mikir karena selalu mengandung pemikiran yg dalam,terimakasih atas tambahan ayatnya dik😀

      • Begitulah mas, tulisan2 kamu juga membuat saya mikir, ternyata di balik coretan kata2, Allah berusaha menyampaikan sedikit kebesaranNya di balik figur seorang “hadi halim ” agar bisa membuat orang lain juga merenungi tentang semua nilai dalam kehidupan kita, melalui blog yang nista ini gan 🙂

      • blog ini nista ,tapi lebih nista orangnya dik. seandainya saya dibuka aibnya oleh Allah,gak berani saya keluar kamar dik,mending pindah negara yg lain,yg gak ngerti bahasa indonesia,yg gak ada infotainment,yg gak ada teknologi dan sepi sekalian gak ada tetangga dalam jarak yg dekat.

        saya ini hamba yang sok suci dan berusaha buat baik,tapi dibalik itu semua saya ini sesungguhnya teramat sangat nista kalau kamu tau siapa saya dan semua masa lalu saya.

        semoga Allah mengampuni dosa saya yg telah lalu ,yg tidak saya ketahui dan yg akan saya lakukan,saya mohon ampun kepadaNYA jika ada rasa ujub dan riya selama ini,tidak pantas saya merasa lebih dari yg lain,padahal saya ini sungguh amat buruk dan tercela.

        harapan saya adalah terhindar dari azab neraka saat ini,tapi kerinduan saya adalah diijinkan melihat wajahNYA kelak,walaupun saya gak yakin itu bisa kalau melihat kualitas ibadah dan betapa kotornya hati ini… astagfirullah ,maafkan hamba ya rabb

      • Takdir dan seseorang begitu kompleks, bukan sesuatu yang individual, begitu banyak unsur yang saling terkait di dalam kompleksitas itu sehingga sangat tidak relevan bila menempatkan salah satu unsur di dalamnya sebagai penanggung jawab resiko tunggal….

        Allah lebih tau mas, kenapa Ia menjadikan kita nista terlebih dahulu, sebelum akhirnya di sesatkan kepada kebenaran. Hal yang selalu berjalan dualisme..tanpa melihat hal yang “hitam” , terkadang kita kudang begitu meyakini kalo Al quran memang benar2 rahmatan lil alamin yang bisa membalikkan 180 derajat dari masa lalu kita yang kalo kita sadari justru sangat bertolak belakang dari kebenaran…hehehehe…
        Saya juga bukan ora suci koq mas, cuma orang hina yang belajar menjadi baik…🙂

  5. It’s not heaven, nor hell. We’re living in somewhere in between, sehingga selalu ada yang baik dan buruk…🙂
    Semoga banyak baiknya daripada buruknya, ya, Dot…

    • hahaha.. kayak di film constantine gitu ya la jadinya?? nama tempatnya yg antara surga dan neraka udah disebut di alquran namanya al araf ,jadi itu tempat yg bukan surga dan bukan juga neraka. kalau dunia ini katanya para sufi adalah surganya orang kafir tapi penjara bagi orang mukmin. karena apa2 yg enak2 kebanyakan dilarang hehehehe😀

      insya Allah kita lebih banyak baiknya ya la,jadi bisa ketemu lagi bukan di al araf atau yg sejenisnya,tapi di surganya Allah Swt ,amin ya rabb😀

      • Aih, Dot.
        Makin kagum aku sama kamu… hehehehe… Pintar banget, deh, ah..🙂

        Amin, amin.
        Semoga bertemu di Surga-nya Allah.
        Tapi alangkah menyenangkannya kalau ketemu di dunia juga, Dot… Supaya bisa berdiskusi, ngobrol, dan banyak belajar dari kamu…🙂

      • makasih la,segala puji hanya milikNYA,segala kepintaran berasal dariNYA,saya ini cuma corong aja,gak akan dapat sesuatu kebaikan kecuali dari Allah.
        semoga kita bertemu di surga nanti ya,dan kalo bisa kopdar juga di dunia😀

  6. Tidak ada yang sia sia dari semua ciptaan Allah swt.
    DIA selalu tau mana yg terbaik utk kita, hanya kitalah yg kurang memahami arti dr kebijakanNYA melalui kasih sayangNYA pd manusia , yg telah diberi kelebihan akal fikiran, yg menjadikan manusia sebagai makhluk ciptaanNYA yang paling sempurna.
    Dalam artian, hanya dgn selalu bersyukur dan memegang tali Allah swt saja manusia bisa selamat dunia akhirat.
    Semoga kita semua ditetapkan selalu iman dan islam kita olehNYA,amin.
    terimakasih utk tulisan yg indah ini Mas Didot.
    salam

    • iya bunda ciptaan Allah tidak ada yg sia2,bahkan saya sering dengar kalo orang jadi kaya raya karena bisnis sampah ,bisa beli mobil hummer ,padahal bisnisnya cuma mengolah sampah aja,yg notabene sesuatu yg dibuang2 orang dan tidak ada harganya😀

  7. Hmm….

    Paradoks…..

    Jadi mengingatkanku kalo orang jahat tidak selamanya jahat…

    • betul banget lee,tidak ada kejahatan yg sempurna dan tidak ada kebaikan yg sempurna.kalo gambar yg paling bagus adalah di yin yang,selalu ada kejahatan di dalam kebaikan dan sebaliknya ,walaupun sedikit tapi ada ,karena gak ada yg sempurna,yg sempurna hanya DIA yang maha sempurna😀

  8. segala sesuatu dicipta berpasang-pasangan. Yup.
    Btw…gambarnya bagus…🙂

    • makasih ti, gambarnya boleh nyomot tanpa ijin hehe😀

  9. hehehe… kayaknya asik tuh ustad Yusuf Mansyur nge-DJ.. ampun dijeeeeee…

    yah, betul sekali dot, bahwa Allah menciptakan segala sesuatu itu berpasanngan.
    makanya, dibalik kesulitan, pasti ada kemudahan. dibalik kesedihan, ada kebahagiaan.

    • hehe… kalo yusuf mansur atau arifin ilham juga ngajak tripping godeg2 kepala ,tapi bedanya pake lafadz laa ilaaha illallah😀

  10. Semoga kita terhindar dari azab Allah dengan masih banyaknya orang2 yg beribadah,karena kalau tidak ,azab Allah akan menimpa pula orang2 yg tidak bersalah ,dikarenakan kezaliman beberapa orang saja diantara kita.
    ===============
    like this

    • makasih udah diquote mbak😀


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s