nama panggilan

Hadi Emanuel Halim ,itulah nama lengkap saya. mungkin banyak dari teman2  yg gak familiar sama nama yg satu ini??  pastinya!! karena saya jarang pakai nama lengkap ini,biasanya yg tau cuma teman2 SD atau SMP yg pernah sekelas aja. kenapa ada Emanuel (yg artinya adalah Tuhan beserta kita) ?? karena dulu saya terlahir sebagai katholik.

Oke ,kenapa bisa jadi Didot? gini ceritanya…

dari nama saya yg panjang tadi cukup dipanggil nama depannya aja alias hadi,kemudian dari hadi jadi dipanggil didi,tapi karena waktu kecil saya rajin mengempeng (ngedot istilah lainnya) ,akhirnya pembantu saya pada jaman dulu kala,memberikan nama saya DIDOT alias Didi suka ngeDOT. dan inilah nama populer saya dari saya kecil sampai sekarang ini.

Tapi jaman sekarang ,kalau saya perhatikan ,belakangan kayaknya malah udah banyak orang tua memberikan nama DIDOT pada anaknya ya? (kok mau ya? heheheh) ,padahal buat saya itu cuma nama panggilan yg sedikit mengejek (karena suka ngedot).

Sedikit aneh ,sewaktu saya SMA dulu (Di SMA GONZAGA yg boleh gondrong itu lho ,temennya KANISIUS dan DE BRITTO di jogja) ada adik kelas saya yg bernama Didot juga,pas saya cari tau,ternyata itu juga nama panggilan aja,nama aslinya adi,kalo saya hadi. well ,how weird is that??

Oooo ,tapi itu belum cukup aneh,mau tau yg lebih aneh lagi? ulang tahun saya dengan ulang tahun si adi ini ,sama persis lho,tanggal 1 Februari juga,bedanya saya tahun 78 kalo dia tahun 79.  freaking weird ,huh?

okay ,enough about me and my name. the reason saya mau nulis tentang nama ini adalah,saya baru aja ingat, kalo ternyata di alquran melarang kita memanggil seseorang dengan panggilan buruk. contohnya kalo kamu manggil temen kamu dengan nama binatang,atau nama orang yg tampangnya jelek banget. seandainya dia tersinggung dengan panggilan kamu terhadap dia tadi itu,maka menurut kitab suci alquran ,kamu telah berdosa kawan. bahkan celaan ini bukan hanya untuk orang lain ,mencela diri sendiripun kita tidak boleh (gak mungkin banget nih tentunya buat sobat2  saya yg pada narsis abis,hehe)

“… Janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil-memanggil dengan gelar-gelar yang buruk….” (al-Hujuraat: 11)

BTW  dibawah ini sekedar jokes yg saya ambil dari kaskus soal nama2 yg rada ndeso ,hehehe,met ketawa ya:D (kok ada ya orangtua ngasih nama anaknya telek alias tai dalam bahasa jawa??)

postingan aslinya ada disini

Gan gw berkali kali menemui kejadian lucu saat berkenalan dengan teman teman gw, maupun ada anak baru di kantor gw.

Yang pertama sih dulu pas Kuliah, ada anak Boyolali, pas kenalan Namanya JOE, terus gw tanya nama lengkapnya siapa? dia jawabnya SUMARJO asli gw ngakak tapi agak di tahan

Terus yang kedua nih di kerjaan gw, ada cowok lagi nih pas kenalan namanya ngakunya NUNO (weihhh Yopie and The Nuno) , pas gw mo minta NIK dan nama buat daftar sidik jari ternyata namanya SUGIONO WTF….

Yang paling parah nih gan ada cewek mayan sih pas kenalan namanya KIKI, mau tahu nama lengkapnya gak ? Nama lengkapnya WAKINGAH asli yang ini bikin gw :ngakak

Ternyata sekarang ini banyak nama yang masih berbau NDESO tapi nama panggilannya sudah METROPOLITAN

Originally Posted by susukuda18

Temen gw namanya Houston. Nama aslinya emang Houston. Cuma nama belakangnya yang bikin ane ngakak.

Houston Ngadimin

Originally Posted by Ambassadore

ada gan yang lebih keren nama’nya MARGO

begitu di tanya nam asli eh dia malu2 sambil bilang kecil2 “nama panjang saya “

Spoiler for nama asli margo:

MARGONO!!!!!!

Originally Posted by erwindombos

ane mo nambah list ah..

real story neh..
adek kelas ane pas perkenalan diklat kesamaptaan tereak namanya “FRANKY”..
wuiih..keren neh namanya..

tp kalo diliat tampangnya seh ane ga yakin kalo dia anak kota..
penasaran..
ane liat di daftar absensi nama lengkapnya ternyata..

“SLAMET DOA SUPRENGKI”

satu peleton ngakak guling2 gan..

Originally Posted by nyekukerr

waktu gw training gabungan di salah satu perusahaan swasta, kan ada sesi perkenalan tuh,

gw nyimak satu2 temen2 training gw dan sontak pada ngakak dengan peserta yang satu ini,

Trainer : kalau kamu namanya siapa ?
peserta1 : MEYSA [terdengar sangat akrab ditelinga dunia artis indonesia]
Trainer : siapa?
peserta1: MEYSA
Trainer : nama lengkap?
peserta1: [sambil tersipu malu dan mengedipkan mata ] Maisaroh

bener gan pada ngakak semua, mo ikutan ketawa ; ga enak, mo diem ;ga tahan

Originally Posted by siang-siang

tetangga gw ada yang namanya Tio Jing An.
Nah karena orang chinese suka dipanggil Babah / Bah, jadilah panggilannya Bah Jing An

Originally Posted by adhi_acc98

gw dolo pernah diceritain adek gw yang kul di UGM dia punya temen, setiap diajak kenalan panggilannya Lex/Lek seteleh ditanya nama lengkap…namanya Telek …tega banget ortunya

Originally Posted by freshcut

nama aslinya mulyadi tetapi minta dipanggil moldi

Originally Posted by CripingTelo

vokalisnya radja namanya samijan, panggilannya jadi Ian

Originally Posted by apaiyasich

temen SMP ane namanya Rokimah…
dipanggilnya Kiki…

satu lagi namanya Romdhonah…
eh dia minta dipanggil Dona….

74 Komentar

  1. hehe banyak banget emang yang punya panggilan aneh2 kaya gitu…saya dulu punya kakak kelas, di badge namanya tertulis WAR MAN ,
    keren, ternyata nama aslinya WARdi SukirMAN😀 .
    Sekalian sekalIAN KENALAN Mas Hadi a.k.a Didot , nama saya Muhammad Arif Rahman , atmakusumah nama Kakek saya, saya suka nama itu …:mrgreen:

    • hahaha,kocak juga ya:D

      btw namanya mas atmakusumah itu bagus lho aslinya,yg punya nama Muhammad itu tiap hari ikut kena doa,karena selalu didoain orang saat shalawat,hehehe

  2. ooo BEGITU :d

  3. ha..ha..bikin Oyen ngakak ajah…

    kalo Oyen dulu maniak ngempeng waktu kecil, sampe kalo ketemu temen-temen masa kecil saya di pemalang musti di bilang “ini tari yang suka ngempong itu ya”..ho..ho, maklum sampe TK masih ngempong, ingat dulu setiap ke warung yang diintip kempongnya, kali ada kempong keluaran terbaru..ho..ho

    ngemeng-ngemeng soal nama, nama asli saya lestari admojo (kata bapak biar jadi orang yang bisa selalu di kenang, kebaikannya tentunya), maklum bapak orang kejawen, panggilan tari (kalo jaman sekolah seh pada manggil bu admo)…tapi saya terbiasa punya nama arab, nama pena dan nama dumay (dunia maya).

    Nama arab untuk komunikasi sesama teman-teman pengajian, bahkan di kalangan mereka biasanya lebih ngetop nama arab, dan nama arab saya qoulan sadiidan (qousa) artinya perkataan yang baik yg diambil dari Al-Qur’an, pemberian guru ngaji saya.

    nama pena untuk tulisan yang saya kirim ke media, kalo kayak cerpen2 saya pake aisyah firdaus, tapi kalo opini serius saya pake nama asli saya. Nama pena saya perlukan untuk tidak terlalu mengekspos nama pribadi seandainya tulisan di muat

    kalo nama dumay Oyen..ho..ho, untuk berinteraksi di dumay saya lebih nyaman pake nama samaran, jadi yang tahu kalo saya Oyen ya cuman temen2 di dumay, entah itu di forum, maupun blog (kecuali jejaring sosial). Oyen dulu awalnya adalah karakter fiksi yang saya tulis di salah satu forum hingga akhirnya akrab diantara member, yasud saya pake sampe sekarang..he..he..

    iya, memang di anjurkan memanggil dengan nama yg baik, karena itu juga do’a.

    • wah nama aslinya bagus,lestari admojo:)

      nama panggilan kamu banyak ya?
      di pengajian qoulan /qousa ,di media ada aisyah ,di forum oyen,hehehe…

      cuma kamu sebenernya lebih seneng dipanggil apa nih? saya mau panggil kamu dengan nama yg kamu suka aja soalnya:D

      • kalo di dumay kayak gini panggil Oyen aja pak, seandainya suatu saat bertemu di dunia nyata, panggil saja tari

  4. kayak satpam di rmh gue dong yah, pengen dipanggil Jon padahal nama aslinya Sujono haha

    • wakakak… satpamnya sok gaul juga ya??:D

  5. hahahahaha ada ada ajah ya nama panggilan, tapi biasanya nama panggilan itu membawa hoki lho…. seperti zakariah, dipanggil zeki…. keren gak tuh hahahahaha….

    kalo aku mah tetep gak berubah remayang putri ya putri panggilannya, ada sih nama panggil kesayangan ‘yayang’ tapi ini yang manggil cuma keluarga aja.

    • kamu mah enak ya namanya? bisa dipanggil yayang? atau putri? dua2nya bagus:D

  6. hhehe…lucu juga ya..
    dulu aku juga suka gitu lho..
    ikutan manggil pake nama yang aneh-aneh…

    tapi aku pernah kena batunya dot..
    suatu kali aku ke rumah temenku, kita sering manggil dia ‘SITE’ (bacanya ejaan biasa aja..) singkatan dari si-Tembong kalo gak salah. Nah, dianya gak di rumah..yg bukain pintu emaknya…

    si emak nanya, “cari siapa, Nak?”
    gelagepan aku… tiba2 lupa aja nama asli-nya si-Te itu…

    waduh…abis itu baik2 deh aku ngapalin nama asli temen2… wakakakaka…..

    btw, bisa aja nyambungin ke nama dan quran..🙂 hebat euy..

    • hihihi… apalagi dulu waktu kecil kita pasti suka banget manggil temen dengan nama orang tuanya,bisa gawat tuh kalo ternyata nama panggilannya itu nama orangtuanya dan kita gak tau hal itu:D

  7. ngedot emang enak.. hehe😛

    • kok kamu tau? suka ngedot juga ya dulu??:D

  8. Didot sorry ane rada nyimpang dikit nih gan, konon dulu ente terlahir sebagai Khatolik, terus skr jd mualaf??? Gimans ceritanye tuh Gan? Boleh tau gak??

    • ummm nanti cerita sendiri aja ya,jadi satu tulisan tersendiri,terlalu panjang kalo di kolom komentar ini:)

      • oh ya dot… aku tuh mo rikues tulisan ttg kamu masuk islam.. dari dulu mo bilang lupa terus…

        kapan2 di tulis ya… pgn tau..

  9. hahhahaha…
    ketauan suka ngedot…
    pantesan aja, jauh bgt dari hadi jd didot😛

    sy juga punya kakak senior d kampus.
    biasa dipanggil kak Eno atu Eno.
    eh ternyata nama asLinya “sumpENO”..:mrgreen:

    • hehehe… salam buat kak sumpENO ya?hihihi:D

  10. wkakakakak
    ada2 aja
    temenku juga ada yang aneh2 namanya..
    JACK = namanya SRIJOKO contohnya hehe

    • jauh amat dari joko jadi jack,hahahaha

  11. suwer Dot, nama Vizon tu asli punyaku, gak dikeren-kerenin kok… suwer takewer-kewer, hehehe…😀

    nama adalah doa, maka perlu berpikir keras ketika memberikan nama kepada anak, termasuk memikirkan nama panggilan yang membuatnya tidak malu dalam pergaulan.

    • yang bilang keren siapa uda?hehehe… gak deh,nama uda emang bagus kok,jarang yg punya (belum pernah denger lagi sih sebenernya:D ) dan emang enak dilihat dan diucapkan (halaaahhh;p)

      aku emang suka huruf V sebagai awal,keren aja liatnya seimbang gitu:D

      btw anak2nya uda namanya siapa aja tuh?? kan katanya nama itu doa?:D

  12. Dari riwayat yang pernah saya pelajari bahwa Rasulullah saw sering mengganti nama seseorang yang baru masuk Islam, jika sebelumnya nama orang tersebut tidak baik di dalam pandangan Islam.

    Nama, bagi seorang “bayi” (mualaf) yang dilahirkan merupakan hiasan, tumpuan dan sekaligus syi’ar yang dengannya ia dipangggil ketika di dunia maupun di akhirat.

    Semoga namamu bisa juga berfungsi sebagai syi’ar juga mas, buka cuma syi’ar terhadap orang2 di sekitar km. tentunya syi’ar bagi diri km sendiri juga……
    Karena nama-nama yang baik insya Allah akan memberikan pengaruh yang baik pula bagi pribadi, keluarga dan masyarakat.
    🙂 Like this

    • wow terimakasih udah melengkapi artikel ini,yang pasti maksudnya mengganti nama orang setelah masuk islam adalah untuk tujuan baik. saya juga punya nama islam kok,hehehe. udah tau kan dik? HADI RIDHO IMAN

      namanya penuh dengan makna,dan masih ada kemiripan dengan nama saya sebelumnya:D

      insya Allah kita bisa memberikan pengaruh yg baik untuk lingkungan sekitar kita ya dik,amin:)

  13. nama panggilan Bunda (ni panggilan dr Temen SMA) di singkat jd Nda, padahal nama asli Tiyan….:D

    • pasti kamu sifatnya keibuan deh,atau suka nraktir temen2nya waktu sma dulu ya??:D

  14. jangankan kita pak, artis jadi ngetop juga karena ga pake nama aslinya..😀
    tapi kita kok ga ngetop ya? hehehehe…😀

    • maaf kalo saya kurang setuju sama pendapatnya ya bang ,soalnya menurut saya artis itu jadi ngetop karena mereka punya kelebihan,apakah itu wajah yg tampan /cantik,ataupun karya mereka lainnya. tapi kalo namanya itu diganti supaya lebih gampang aja diingatnya ,biar lebih komersil dan jadi pembeda dari yg lain.

      misalnya aja kalo namanya dewi aja,kan banyak orang namanya dewi,artis aja nama dewi ada : dewi sandra,dewi gita,dewi perssik (udah jadi dua s-nya:D )

      makanya kadang mereka ganti nama yg lain supaya beda aja. contoh lain lagi maya —> maia

      kalo kita gak ngetop mungkin karena kita belum ada prestasinya bang,kalo udah ada prestasinya pasti ngetop kok,dijamin:D

  15. hikkk jadi sadar selama ini tanpa sngaja download dosa memanggil seseorang dgn naama panggilanm yg buruk

    • nah alhamdulillah kalo udah sadar,jadi bisa segera memperbaiki,biar bisa download pahala,hehehe:D

  16. Hahaha……, jadi itu toh rahasia di balik nama ‘Didot’. Tapi loe bisa berbangga, Dot. Di antara teman2 gw, cuma loe yg namanya ‘Didot’😀

    Nama gw sendiri ada ceritanya, loe ubek2 aja di http://simplylee.wordpress.com/2008/09/02/apalah-arti-sebuah-nama/ :mrgreen:

    • iya nih ibu lian ,hehehe… ktauan deh rahasiaku ya??:D

      aku udah mampir ke tekapenya,cepat sehat kembali ya dari bedrestnya:D

  17. Entahlah… (mungkin) di luar negeri, nama-nama Indonesia terdengar keren/eksotis seperti kita di Indonesia ini mendengar nama-nama luar, saya rasa hanya pandangan kita sendiri dan pengaruh westernization pada masalah nama.

    Tapi yah… kok kasihan sekali namanya TELEK? Ada maksud apa orang tua-nya kasih nama itu hiks. Apa ada arti TELEK yang lain? Mungkin dari daerah selain Jawa.

    • iya tuh ,mungkin ada arti lain ya dari telek?hahahaha…

      masak sih orangtuanya kalo tau mau ngasih nama itu??:D

      nama asli kamu siapa dong ginko?

  18. Teman2ku dulu, yang namanya Doddy, Dodi atau semacamnya akan selalu dipanggil Didot..

    Kalo saya nama aslinya dikasih bokap tuh Anderson. Justru panggilannya yg kurang asik: Ison🙂 Tapi lebih mendingan daripada panggilan yang diberikan oleh abangku: Itong. Asalnya dari ketidak mampuannya melafalkan Ison sewaktu masih kecil. Heheheh…

    • oh gitu toh son?hehehe.. wis ngarti aku son:D

      tapi nama asli kamu keren ya? kayak nama2 bule gitu sih

  19. wah..kenalan kenalan..nama saya cuman satu kata, wigati. kemana2, dimana2 pakai nama itu saja, cuman satu soalnya😀.

    • kenalan yuk,nama kamu singkat amat sih??:D

  20. orang tua saya memberi nama “cut istiqomah meutia” katanya agar menjadi perempuan yang istiqomah, yang menghiasi bumi bak mutiara … bisa gak yah saya seindah nama saya?🙂

    • bisa atau tidaknya ,jangan kamu tanya kesaya,tapi tanya dirimu sendiri dong?:D

      kamu pasti bisa… asal giat berlatih dan minum milo setiap hari (iklan mode on)

  21. aq dlu smp dipanggil xio mey….
    entah dari mana panggilan itu berasal…..

    • kok denger nama panggilan kamu dulu jadi laper ya??;p (inget sama sio may,wkwkwkwk)

  22. panggilaNNYA LUCU JUGA….
    DIDOT…
    HHHHHEEHHEHEHEEHHEEHEEHEHEEEE

    • masak sih lucu? tapi aku bukan pelawak lho?:D

  23. kalo yuni sih panggilannya macem2….
    ada yg pgl kecil, ada yg pgil ade, ada yg pgil karma, ada juga yang panggil yuni dengan rako.

    • banyak amat panggilannya? itu mereka yg gak konsisten atau kamunya yg gak konsisten??:D

      hayoo tetapkan pilihanmu… mau dipanggil siapa??;p

  24. ngakak baca cuplikan dari kaskus-nya Dot🙂

    Btw,
    namaku sendiri Aulia Fita Retnani Prabandari, tapi untuk kepentingan kemudahan diingat, ganti jadi Lala Purwono, ngambil nama Papi-ku…🙂 -eh, siapa yang nanya, ya, La? hehe-

    Oh ya,
    baru tau kalo Didot lahir 1 Feb.
    Selamat ulang tahun, ya, Dot.. Udah tuaaaaa… ayo, cepet menikah!😀

    • namanya bagus la,tapi lala purwono emang lebih porno,ups salah lebih gampang diingat,hehehehehehe:D

      makasih atas ucapannya ,biarpun telat tapi yg penting kadonya gak ada kata telat kok la:D

      menikah? kamu aja duluan la,hihihi

  25. Waktu SMP, SMA & kulah sy juga punya nama panggilan berbeda…😀

    • pasti waktu smp hobinya beda sama waktu sma dan kuliah nih,hehehe..

      smp tukang ngupil,sma tukang bolos,kuliah tukang pacaran,hihihi…

      becanda ya mas,abis gak diceritain sih panggilannya dulu itu apaan aja:D

  26. kebalikannya ama nama-nama diatas, ipar saya namanya indri eh di rumah panggilannya minah gak nyambung banget deh😀

    • gak nyambung sangat itu mah namanya:D

      dari mana coba kata minah itu berasal??;p

  27. Wah makasih infonya mas hadi,😀
    Ternyata saya kadang-kadang dzolim ma temen sendiri dengan memanggil nama gak baik. Tapi herannya kadang saya temui ID orang di forum juga banyak loh yang gak bagus. Gimana tuh..

    • betul di forum banyak yg pakai nama yg kurang bagus,tapi itu kan adalah anonimitas,mereka gak ingin dikenal sebagai aslinya,tapi sebagai sesuatu yg lain. kalo saya sendiri di forum selalu pakai id yg sama kok. kecuali klonengan,hehehe:D

      btw kalo soal panggilan yg buruk,selama dia yg minta dipanggil demikian tidak ada dosa buat kita sebagai orang yg melakukannya:D

  28. seperti orang bilang apalah arti sebuah nama hahaha….
    tp saya msh tetep ngakak bacanya😀

    • tepatnya ungkapan paling terkenal tentang apalah artinya sebuah nama datangnya dari shakespeare.

      ngakak ya mbak? ikutan senang aja deh bisa bikin orang tersenyum,apalagi tertawa:D

  29. Kunjungan malam lagi, nama panggilan trnyata ada baik & ada juga yg kurang baik
    Komennya ga nyambung ya? hehehe Piss

    • hehe,dua kali berkunjung ya mas?? maaf ya belum diapdet ,tulisan maupun komennya,soalnya kemaren lagi sibuk:D

      kalo nama yg baik gak masalah,karena itu adalah doa juga. kalo nama yg buruk kita harus hati2,kecuali dia yg minta dipanggil nama itu:D

  30. Dulu di kantor ada 2 Erick, yg satu krn selalu di pelotos abis dia menyebut dirinya sendiri Ebot alias Erick Botak, yg satunya lg maunya di pangil Egan alias Erick Ganteng…
    perna.h nelp Ebot, ibunya yg angkat dan bilang disini ga ada yg namanya Ebot… telp lgs di tutup… krn merasa bersalah aq telp lg dan lgs di ceramahin panjang lebar… maaf ya Tante, sampe skr masih pagil Ebot…
    btw termasuk menzolimi ga ya? krn dia sendiri yg maunya dipanggil spt itu…

    • kalo dia yg minta dipanggil enggak dong nuk,kan konteknya kalo menzholimi itu ada hati yg tersakiti,kalo dia yg minta kan kayaknya agak aneh kalo dia sakit hati??:D

  31. bunda dah curiga kalau namanya Mas Didot, pasti ada something nya, ternyata betul.
    apapun dan siapapun panggilannya, bunda dah terlanjur kepincut dgn tulisan2 disini😀
    salam

    • hehehe… kirain apapun panggilannya minumnya teh botol sosro hihihi:D

      makasih atas pujiannya bunda,alhamdulillah kalo suka,semoga berguna juga tulisan2ku ya;p

  32. Dot …
    Gua telat baca nyeng ini …
    (kemane aje luuuuu …)
    Mangkanya Ngakak Koprolnya pun Telat …
    Huahahahaha …

    Yang juaranya adalah …
    “SLAMET DOA SUPRENGKI”

    (Koprol lageeee aaahhhh …)

    • jiahahaha… emang si prengki itu kocak banget orangtuanya….

      bisa2nya ngasih nama begitu ya om? hahahaha…

      ayo om koprol lagi:D

  33. hahaha..

    kalo tentang nama, justru banyak orang yang ga percaya kalo nama saya itu aseli katepe😀 ninok itu biasa dipake untuk nama panggilan anak perempuan dalam jawa. actually nok aja siy..hihi

    salam kenal mas didot ^^

    • salam kenal juga ninok,ninok itu nama yg cukup unik. biasanya kan nino tuh yg banyak dan pasaran hehehehe😀

      • wah nama saya juga ninok ,,,, salam kenal yah…🙂

  34. nama KTP : anisah
    nama Ijazah : anita
    nama Rumah : ninit
    nama maya : peri
    jadi mas didot pilih yg mana

    • aku pilih ninit aja ya boleh gak nit??😀

      biar lebih akrab hehehe😉

  35. saya kok baru baca halaman ini
    lucu juga ya?

    saya sendiri punya nama panggilan ada 3
    kalo di rumah ortu suka manggil saya ANTO
    di dunia nyata sy dipanggil RICHO
    di dumay sy pake nama ABU GHALIB😀

    • oh gitu mas richo alias anto alias abu ghalib hehehe😀

      bingung juga nih manggilnya yg mana? setau saya ghalib nama anaknya kan ya??😛


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s