membeli sambil sedekah

sobat sekalian pasti pernah deh menemukan seseorang yg jualan dan merasa kasihan sehingga ingin membeli barang dagangannya itu (walaupun gak gitu butuh) untuk sekedar bersedekah (lebih baik yg masih mau usaha jualan kek gini kan ketimbang yg cuma bisa minta2 dijalan?)

nah kemaren saya baru dapat ilmu dari seorang sobat lama saya tentang membeli sambil bersedekah kepada orang yg berjualan sesuatu yg ingin kita bantu.

jadi katanya kalau kita mau membeli dari orang yg kita kasihani,sebaiknya kita tetap menawar barang dagangannya itu.

kenapa demikian? gini ,misalnya aja kita beli suatu barang senilai 10 ribu ,kemudian kita tanpa menawar langsung membelinya (karena ingin sekalian bersedekah jadi gak nawar) ,maka ada kemungkinan di hatinya si penjual akan menyesal ” kenapa gak saya jual 12 ribu atau sekalian 15 ribu aja ya??”

coba deh bayangin kita sendiri yg jualan suatu barang dan ketemu orang yg gak pake nawar lagi langsung beli,ada gak kemungkinan nyesel karena kita gak menjual barang itu lebih mahal sedikit?? jujur aja, kalo yg pernah jualan pasti pernah mikir begitu deh,termasuk saya ini hehe.

nah jadi seandainya barang tadi kita tawar seharga katakan saja 7000 rupiah (dari 10 ribu) kemudian dia hanya menyetujui harga 8000 rupiah (alasannya udah mepet modal biasanya) ,kemudian saat membayar kita memberikan 10 ribu rupiah (karena niat awal kita tetap sambil bersedekah) ,sambil bilang ” kembaliannya ambil aja buat kamu”

maka si penjual tadi akan merasakan kebahagiaan yg sangat,kenapa? karena kita membayar lebih dari yg kita sepakati. manusia di dunia manapun kalau dilebihkan (apalagi gratis) senangnya luar biasa,sedangkan kalau dikurangi (dicurangi) akan merasa sebaliknya.

ingat salah satu hukum utama dalam membahagiakan orang lain : Berikanlah lebih dari yang di minta (diharapkan) atau kalau dalam bahasa marketingnya : berikanlah nilai tambah (added value) kepada customermu.

Beli mobil dapat handphone gratis,beli makan dapat minum gratis,beli komputer dapat mouse gratis…  ini adalah tema2 marketing jaman sekarang bukan??

jadi mulai sekarang kalo mau membeli sesuatu sambil bersedekah ,tawarlah ,biar anda dan penjualnya sama2 puas. kenapa gitu? puasnya seseorang itu tergantung hati masing2,semua yg dilebihkan dari harapan hatinya orang itu pasti akan memuaskan hati orang itu. demikian juga anda sebagai pihak pembeli juga akan puas karena bisa membeli sambil sedekah.

nah lain halnya kalo anda nawar karena pelit , maka setelah mendapatkan harga termurah tadi,anda gak akan ngasih kembali selisih yg tadi anda tawar,dan biasanya ini dikategorikan orang sebagai medit alias pelit.

jadi semuanya kembali ke niatan awal anda aja,mau sedekah atau memang mau pelit ngirit:D

N.B: silahkan disebarluaskan lagi tulisan ini ataupun esensinya. insya Allah adalah amal jariyah buat kita jika meneruskan suatu kebaikan:)

79 Komentar

  1. bunda kayaknya termasuk yg ditulis paling atas deh, Mas Didot.
    suka gak tegaan, kalau nawar, perasaan gimana ya.
    oke, krn dapat ilmu yg lebih bermanfaat disini, besok2 bunda akan coba tawar dulu (mudah2an bisa sedikit tega)
    terima kasih ya Mas Didot utk tulisan ini, bisa jadi pembelajaran utk diri ini.
    salam.

    • hahaha.. bunda sama lala sama aja tuh katanya,suka gak tegaan ya?? bagus bunda,jadi ini ceritanya kesempatan agar bisa membahagiakan orang lain lebih besar lagi.

      silahkan dipraktekkan dan disebarluaskan,insya Allah pahala jariyah buat kita meneruskan suatu kebaikan:)

  2. Hai, Dot.

    Ilmu baru, nih. Suwer terkewer-kewer aku baru tahu sekarang dari tulisan ini..
    Sama seperti Bunda, aku nggak pernah tega kalau menawar barang, apalagi kalau niatnya sedekah. InsyaAllah, biasanya, kalau harganya cuman lima ribu, aku kasih sepuluh ribu. Atau beberapa ribu lebih banyak dari harga yang dia ajukan. Tapi aku setuju dengan konsepmu ini, Dot. Karena memang, akan muncul rasa ‘duh, kenapa tadi nggak bilang segini yaa…’

    Dan ya. Kembali lagi: niatmu apa. Sedekah atau emang pelit, eh, ngirit?🙂

    • iya la,dan yg paling penting adalah membuat si penjual itu merasa bahagia karena mendapatkan lebih dari yg dia harapkan (walaupun dgn resiko awalnya kita dianggap pelit)

      silahkan dipraktekkan dan disebarluaskan la,insya Allah pahala jariyah buat kita meneruskan suatu kebaikan:D

  3. malem didot, wah ini ilmu baru ne, ntar ku praktekin kalo mo beli sesuatu di kereta😉

    • silahkan dipraktekkan dan silahkan disebarluaskan,insya Allah pahala jariyah buat kita jika meneruskan suatu perbuatan baik:)

  4. bener juga sih.. tapi kl penjualnya ini negative thinking, nanti dia mikir “ini orang main2in gue yah..”. gitu takutnya:mrgreen:

    • itu gak usah dipikirin bro,yg penting niat kita ibadah dan membuat hatinya senang. toh dimain2kan begitu tapi ujung2nya malah membuat dia bahagia (karena faktor surprise kita ngasih lebih) malah akan membuat dia malu kalau negatif thinking awalnya sama kita:)

  5. ilmu baru ini dot..
    makasih ya.. lagian kalo kita pake nawar dan memberi lebih pada akhirnya, akan membuat si penjual seneng. bisa dapet pahala dobel dong..
    1. sedekah
    2. bikin seneng orang
    ya kan?

    • yaa..tapi kenapa aku jadi perhitungan gitu yaa…
      maapkan aku ya ALLAH…

      • perhitungan dalam rangka mengharap ridho Allah tidak apa2 dong,kan Allah itu gaib na… gak usah mikirin hal2 seperti itu,terus aja beramal baik:)

    • betul banget na,semoga ilmunya bisa segera dipraktekan dan disebarluaskan ya ,biar jadi amal jariyah buat kita semua:D

  6. Islam mengajarkan pada kita agar kita melatih diri untuk berinfak dan bersedekah, dengan sekecil apapun. Rasulullah saw pernah bersabda:

    “Sedekah dapat menolak kematian yang buruk.”

    Allah selalu memuliakan orang2 yang mau men-sedekahkan sebagian harta mereka dan derajat mereka akan ditinggi-kan daripada makluk yang lainnya

    Artinya, orang yang paling hebat, paling kuat, dan paling dahsyat adalah orang yang bersedekah tetapi tetap mampu menguasai dirinya, sehingga sedekah yang dilakukannya bersih, tulus, dan ikhlas tanpa ada unsur pamer ataupun keinginan untuk diketahui orang lain..

    :D…
    di tunggu update artikel selanjutnya gan….

    • betul itu ,melatih keikhlasan itu sejatinya dapat dilakukan dengan bersedekah,kepada mereka yg tidak kita kenal,kenapa? karena kita belum tentu akan ketemu mereka lagi.

      lain halnya kalo kebaikan sedekah itu kepada yg kita kenal,bisa jadi mereka suatu hari membalas kebaikan kita kan?

      makasih atas tambahannya bro,melengkapi lagi tulisan ini:)

  7. wah bener juga ya… saya biasanya malas nawar… ternyata menawar juga bisa menyenangkan orang juga… asal nawarnya ga keterlaluan…. kalau keterlaluan yang ada bikin jengkel penjualnya

    • gapapa kalo niatnya mau sedekah,makin jengkel nanti makin berterimakasih,karena dia malu kan udah salah sangka,dipikirnya kita medit,gak taunya cuma mau ngasih sedekah lebih:D

  8. itu yang mesti kita pikirkan! terkadang kita senang mendapatkan suatu kelebihan (value add) dari orang lain. tapi kita jarang memberi hal yang sama bagi orang lain
    atau
    jika kita merasa sakit ketika dicurangi hendaklah tidak mencurangi orang lain.
    semoga kita mampu berniat tulus dalam setiap kebaikan kehidupan. amin

    • perbuatlah pada orang lain sebagaimana engkau ingin diperlakukan —> ini hukum utama buat manusia bertindak. semoga kita bisa selalu memberikan nilai tambah kepada orang lain. syukron mas liudin:D

  9. betul sekali bro,
    ibarat pribahasa, sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui
    mudah2an kita selalu ada dalam bimbingan_Nya
    amiien

    • makasih din,insya Allah dunia akherat dapat semua:D

  10. hehe, bener, malah sekarang banyak sekali di kota besar yang cuma minta2. kalau fisik emang gak bisa bolehlah, tapi sehat, pakaian rapi, bawa motor lagi, haha, mungkin ini yang bisa di laporkan ke polisi. tapi untuk yang sudah berjuang keras, yah, gak masalah deh. hehe, asal gak tinggi-tinggi juga harganya. hehe

    • saya menghargai orang yg masih mau berusaha ketimbang yg cuma bisa minta2,karena Allah tidak suka kepada manusia yg minta2 (ini ada di alquran lho)

      tapi untuk menjudge seseorang di jalanan apakah dia pura2 atau tidak,sebaiknya jangan,lebih baik kita selalu memberikan sebisa kita,takutnya itu adalah malaikat yg menyamar;)

      kalo kata guru spiritual saya,jangan pernah menolak orang yg datang minta tolong kepadamu,karena kamu gak pernah tau isi hati orang itu.

      kalo memang dia mau nipu,itu urusan dia dengan Tuhan,tapi perbuatan baik kita akan tetap dibalasNYA… insya Allah:D

  11. istilah “membeli sambil sedekah” pertama kali saya dengar dari ibu saya.
    waktu itu di siang hari yang panas ada seorang bapak berjualan keliling menawarkan lukisan kaligrafi. melihatnya berpeluh keringat, akhirnya ibu saya membeli lukisan tersebut, namanya juga emak2 klu beLi barang pasti nawar:mrgreen: . selain itu ibu saya juga menyuruh saya untuk mengambilkan segelas air putih untuk si bapak, karena mungkin ibu saya tahu, pasti tuh bapak haus .
    setelah bapak itu meninggalkan rumah kami, aku pun bertanya pada ibu ku.
    mak,, buat apa beli lukisan itu ?? mau diletakan dimana ??
    trus emak saya jawab, ya gak apa Lah.. suatu saat pasti bermanfaat, kan biar nambah hiasan kaligrafi dirumah, sekaLian “membeLi sambil sedekah” kata ibu saya.

    tapi kalu menawar ternyata bisa membuat hati orang senang, baru ini saya dengar mas… makasih infonya🙂

    • subhanallah ,ibunya mas seperti ibunya oyen nih,sama2 memberikan minum buat mereka yg datang kerumah,entah itu sebagai pengemis ataupun sebagai penjual.

      semoga suatu hari bisa bertemu dengan ibu2 yg hebat dan penuh belas kasih ini.

      btw ilmunya dishare ke ibunya ya fey,salam buat ibu:D

      • wah.. itu pasti mas didot…
        biar emak saya semangat dalam haL tawar menawar..
        xixixixii…

      • ditunggu komen ibunya setelah praktek ilmunya:D

  12. sedekah..sedekah… mendekatkan diri pada Tuhan…

    tukeran link yuk,
    ak ijin pasang link di blog ak ya!

    • udah dipasang ya neng dita yg manis:D

      yuk kita sedekah lagi;p

  13. Kadang Oyen suka liat-liat seh penjualnya….kalo udah nenek-nenek tua renta yang jalan aja sudah susah, manggul barang banyak lage, rasanya kok gak tega, bahkan kalo saya ada uang pengen rasanya tak beli semua…..Oyen suka gak tega juga (gak tahu, insting cewek kali ya…rata-rata gak tegaan), tapi okelah mungkin lain kali perlu di coba…

    dan omong-omong soal sedekah, memang harus dibiasakan sih…mamak Oyen di rumah tuh selalu naro uang ribuan, biar kalo ada pengamen, pengemis sama tukang sampah ada yang bisa di kasih, karena suka merasa bersalah gitu kalo pas mereka datang gak ada uang (saya post di “mamakku, mamak terunik di dunia”), pernah coba ya, ada pengamen mamak gak punya uang, trus tuh pengamen di suruh masuk n dibikinin minum, kata mamak “maaf, gak ada uang, minum kopi saja ya pak?”, mpe kaget tuh pengamennya….ho..ho..

    Rejeki di tangan Allah Pak, maka ketika ketika kita bersedekah, berarti rejeki itu jatahnya orang lain melalui tangan kita, dan bagian kita ada di sisi Allah, maka biarkanlah Allah yang menyimpannya untuk kita…

    Semangat nulis Pak, semangat Berbagi, jika tulisan kita bermanfaat untuk orang lain, itu juga sedekah…InsyaAllah, semoga Allah menerima amal sedekah kita. Amin

    • hebat mamak kau itu yen,sekarang saya baru nyadar dari mana oyen dapat semua ilmu kebaikan ini,hehehe

      dipraktekkan ya yen ilmu barunya,biar kamu bisa membahagiakan seorang penjual yg membutuhkan bantuanmu:)

      makasih udah share cerita keluarganya,one day aku mau ketemu mamak kau itu lah,hehehe:D

      • boleh, mampir ajah kalo ke salatiga

  14. bener banget mas,makasih dah memberi masukan yang baik. . . ^^

    • terimakasih kembali:D

  15. Lihat penjualnya juga mungkin ya, lagipula pikiran dalam hati siapa yang tahu…

    Ini maksudnya menawar tapi ujung2nya tetap bayar full kan? (Sisa-nya diberikan sebagai bonus). Setuju saja hehe.

    • betul banget,jadi ujungnya dikasih lagi itu uang yg ditawar. kalo gak dikasih lagi sebagai sedekah mah itu namanya medit dong??:D

  16. bersedekah memang sangat baik, ada baiknya lagi selain diniatkan juga diijabkan ya kepada yang menerimanya amin…

    • setuju,biar lebih afdhal tentunya:D

  17. Segala sesuatu diawali dengan Niat baik, bermuaranya ke rasa Ikhlash…
    Apapun yang kita lakukan jadinya Ibadah…
    Saya suka tulisannya mas…🙂

    • insya Allah demikian mas atma… terimakasih:D

  18. Mantab mas! Biar sy gk bisa nawar, tp cb2 nawar bgs jg tuh, apalagi trnyta nawar jg menyenangkn ht penjualnya…

    • hayo ditawar,makin hebat nawarnya berarti makin gede sedekahnya:D

  19. Aku paling gk bs dgn yg namax twr menawar.XO

    • belajar dong bro,menawar itu ada seninya,jadi perlu dan bisa dipelajari kok;p

      biasanya kalo nawar di indonesia sih setengah harga dulu,hahaha… baru naik pelan2,soalnya orang kita kalo jualan mark upnya rada tinggi2 sih,hehehe:D

  20. hehhe ampun dech, saya klo mo beli sesuatu di pasar gitu harus bawa temen spesialis untuk bantu nawar klo saya sendiri ma cuman cenyum2 tok malu ueyy

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih😀

    • hahaha… gak perlu gitu,belajar nawar aja mas,yg penting minta dikurangin (padahal niatnya mau disedekahkan juga selisihnya). gak usah bawa2 temen,kasian kan malah ngerepotin,hehehe:D

      thanks atas kunjungannya,ditunggu kunjungan baliknya ya;p

  21. Pernah suatu ketika saya merasa kasihan melihat seorang anak kecil kurus yang berjualan koran kuning berdiri dengan pandangan kosong di areal parkir sebuah mal. Saya sodorkan selembar 5 ribuan tanpa bermaksud membeli korannya dan ternyata…. anak itu menolak dan menyarankan saya untuk mengambil koran 1 buah. Setelah koran berpindah tangan dan diiringi ucapan saya: ‘kembaliannya buat kamu, dik…” barulah ia tersenyum dan berlalu dengan selembar gocengan itu.

    Saya suka sekali dengan sikap anak itu. Ia ingin membutikan bahwa rejekinya datang lewat usaha dan bukan karena meminta-minta dan mengharap belas kasihan orang semata.

    Sejak saat itu, sekasihan apapun saya sama orang itu, selagi ia berjualan sesuatu pasti saya akan ambil dagangannya secukupnya dan membayar lebih untuk itu. Kayak yang kamu bilang, anggap aja ini sedekah terselubung🙂

    • saya juga pernah mas,ngasih uang sama orang yg berdagang,terus ditolak.memang mereka nampaknya diajarkan untuk mempunyai mental usaha tanpa minta2,jadi gak bakal mau dikasih gitu aja tanpa berbuat apapun.

      salut juga sama manusia2 hebat seperti itu,walaupun susah dan miskin tapi gak punya mental miskin.

      makasih atas sharenya,sangat memperkaya tulisan ini:)

  22. mudah-mudahan bisa di praktekan di keseharian deh…
    paling ngga senyum aja juga sedekah kan ya?😀
    -salam-

    • betul banget,itu udah paling minimal kalo gak ada uang lagi buat di sedekahkan:D

  23. waduh, saya gak biasa nawar nih. Tapi kalo yang soal begini ini ibu saya sering banget ngelakuin. Biasanya kalo belanja di pasar, seringnya pilih si penjual yang udah tua. kasian katanya. =)

    • hihihi… ibunya punya hati yg baik,semoga dibalas oleh Allah ya kebaikan hatinya itu.

      anaknya juga boleh ikut praktek ilmu ini kok:D

  24. klo aku mas, aku lebih sering melakukan ini jika naik ojek atau naik becak. kadang kutawar kalau mereka ngajuin harga tai begitu membayar aku bilang…simpn aja kembaliannya pak😀

    • wow ,kamu sudah mempraktekkan ini ria? congratulations ya ,you are one step ahead of us,especially me:D

  25. mantap nih idenya Dot, patut dipraktekkan.

    di sebuah swalayan di Jogja, terdapat tulisan yang lebih kurang isinya begini: “jika berkenan, silahkan masukan recehan sisa belanja anda di kotak ini untuk dana sosial”. secara berkala, swalayan itu memberikan laporan penyaluran dana tersebut secara terbuka. karena sedekahnya tanpa paksaan dan disalurkan secara jujur, membuat tingkat kepercayaan konsumen meningkat kepada swalayan itu. pengungjungnya senantiasa ramai dari hari ke hari…

    so, ada banyak cara untuk mempraktekkan belanja berbonus sedekah…🙂

    • iya uda,makasih. ini bukan murni ideku kok,just share from another friend aja:D

      swalayannya bagus juga tuh,jadi sebenernya itu adalah cara dari si penjual untuk (membantu pembeli dan lainnya) bersedekah. kalo tulisan ini kan tentang si pembelinya jadi klop deh kalo begitu;p

  26. didot : makasi link nya!
    oya klo comment di blog aku knp ga pake yg WP aja?

    • ehehehe… lupa dit,itu otomatis muncul kalo di blogger keluar id bloggerku,mesti dihapus dulu:D

      besok2 kalo komen aku perbaikin ya neng,thanks udah mampir,maaf gak disuguhin apa2 nih;p

  27. hmm.. bener juga ya… kadang saya memang membeli sesuatu karena kasian pada sang penjual, lebih sering saya melakukan itu pada tukang becak yang sudah tua dan ramah pula🙂 … saya ga nawar dagangan/tarif becaknya krn niatnya ngasih.. tp ada benernya juga apa yang disampaikan di atas…

    • berarti mbak sekarang tinggal nambahin aja supaya nawar dan kemudian selisihnya disedekahin buat dia,biar dia tambah senang:D

    • iya ceu,ilmunya barunya silahkan dipraktekkan ya,biar lebih bermanfaat untuk kebahagiaan si tukang becak:D

      btw tinggalnya dimana ya ceu? kok masih ada becaknya??;p

  28. Wah dikunjungan pertama sudah disuguhkan artikel yang bagus. Saya sih seringan pake’ opsi pertama gak pake’ nawar. tapi setelah baca blog ini, ada benernya juga sih. ditawar dulu baru dilebihkan.
    Nice post mas.😀

    • alhamdulillah kalo memang bagus,hehehe… silakan dipraktekkan,terimakasih atas kunjungannya mas:D

  29. membeli sekalian bersedekah sangat baik mas

    • betul banget,sekali melakukan perbuatan 2 hal didapatkan,seperti (ibadah) kerja bonusnya dapat uang:D

  30. sebenernya bersedekah itu gampang.. membahagiakan org itu adalah sedekah,, apapun bentuknya..

    hmm,, makin hebat nih tulisan2 nya🙂

    • makasih nda,memang benar bersedekah itu gampang,minimal senyum aja kok:D

  31. Sy termasuk yg jarang banget nawar… soalnya ribet, lain lagi dgn ‘tetangga tidur’ kalo nawar ga cukup waktu setengah jam😀

    Tulisan bermanfaat, mudah2an sy bisa mempraktikannya

    • hehehe… kelebihan duit ya mas gak nawar?? ;p

      tetangga tidur? maksudnya istri ya mas?? itu kudu pinter nawar dong tentunya,hahaha

      dishare ke istrinya ya mas,makasih dah mampir:D

  32. menarik..menarik sekali ini mas…

    *salam kenal*

    • makasih mas,salam kenal juga:D

  33. Sedekah tidak akan pernah membuat kita miskin!!🙂

    • betul,malah kata yusup mansur akan semakin kaya,karena
      10 -1 = 19 demikian teori matematika dalam sedekah😀

  34. Sebuah perenungan yang patut untuk difikirkan …

    Menawarlah !!!

    (walaupun akhirnya kita memberi lebihan …)

    Saya dua kali membaca … untuk lebih meresapi hal ini …

    Salam saya Dot

    • thanks om,harap diamalkan juga ya,biar dapat kebaikan untuk kita semua:D

  35. Tips yang menarik. Awal baca sempat mengerutkan kening sambil berpikir ‘kok masih nawar sih?!’ tapi at last, you got the point there !! Trims untuk tipsnya.

    Cara Membuat Blog

    • begitu ya? makasih ,semoga berguna tipsnya:D

  36. hihihihiiiiii…. jadi tersindir deh…😉

  37. Besok-besoklah saya coment

  38. Oke oke siippp


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s