Sifat ikhlas

Alkisah ada seorang sufi hendak menyeberang pulau dengan naik perahu,tatkala hendak naik,seekor kepiting minta tolong kepadanya untuk ikut naik perahu karena ingin menyeberang pula.  Sang nelayan disampingnya berkata”jangan kau tolong,nanti dia pasti mencapit dirimu dengan capitnya”

Namun tanpa mengindahkan si nelayan,sang sufi tetap menolongnya ,sambil berkata ” saya akan menolongmu ,tapi jangan kau capit diriku ini ya wahai kepiting”

sang kepiting pun berjanji untuk tidak mencapit. setelah sampai di tempat tujuan,maka satu persatu penumpang kapal itu turun,dan sekali lagi si kepiting minta tolong kepada sang sufi.  maka sang sufi menolong kepiting itu turun. saat hendak diturunkan sang kepiting mencapit tangan sang sufi.  maka sang sufi pun kesakitan, dan sang nelayan berkata “sudah kubilang jangan kau tolong,memang si kepiting itu sifatnya seperti itu”

Namun sang sufi tidak marah,sambil tersenyum sang sufi hanya berkata” memang benar,aku sudah tau kalau dia memang akan mencapitku. sebagaimana sifatnya yang suka mencapit,demikian pula sifatku yang suka menolong. bagaimana kita bisa ikhlas ,jika hanya menolong mereka yg baik pada kita??

Nah teman2,bagaimana dengan anda? apakah anda hanya mau menolong mereka yg baik pada anda? atau anda juga mau menolong mereka yg tidak baik pada anda? seberapa ikhlaskah anda?🙂

13 Komentar

  1. wow!!! tulisan ringan yg maknanya besar banget…menolong dengan iklash ada menolong siapapun tanpa kecuali yg membutuhkan tentunya.

    nice story mas😉

    • thanks ria,belum ikhlas kalo nolongnya masih milih2;)

  2. Jika menolong seseorang, perlu dipertanyakan niat awalnya: ingin benar-benar menolong dan mendapat ridha dari Allah atau hanya ingin terlihat sebagai superhero?

    kalau memang ikhlas, ya, musti menerima segala resiko.

    Tidak semua orang adalah orang yang baik, jadi respon yang kelak bakal terjadi juga tidak akan tertebak. Ya, namanya juga manusia.

    Sebisa mungkin, sih, aku, InsyaAllah, menolong tanpa berharap apapun. Kalau kebaikan yang datang, ya Alhamdulillah. Tapi jika orang itu berbuat buruk, setidaknya aku selalu tahu, Allah yang paling tahu alasannya..🙂

    *wedew, lama-lama, panjang komentarnya jauh lebih panjang daripada postingnya yang singkat tapi dalem ini.. hehehehe*

    Nice post!

    • baik buruk itu kacamata manusia ,tapi dari kacamata spiritual yg tawakal kepada Tuhannya,tidak ada yg buruk,semuanya demi kebaikan manusia itu sendiri kok.

      gapapa deh komen panjang,sing penting nyambung,hehehehe:)

  3. Menolong seseorang pada dasarnya hanya karena Allah swt semata.
    kalau akhirnya dia menyakiti kita, anggap saja krn dia belum mengerti apa artinya berterima kasih, dan kita wajib mendoakannya, agar dia diampuni, dan kitapun juga memohon agar diberi kesabaran.
    salam.

    • bener bunda,hidup karena Allah,mati karena Allah,ibadah karena Allah, kerja karena Allah,benci karena Allah,cinta karena Allah… semua seharusnya hanya karena Allah

      makasih udah mampir ya bunda:D

  4. pingin punya sifat ihklas atas semua episode yang allah berikan pada ku

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasihh😀

    • kalo kata Aa gym ,jangan cuma kepengen mas,ganti kata itu dengan ‘harus’ , harus punya sifat ikhlas,insya Allah dengan pemilihan kata2 yg tepat bawah sadar kitapun terpengaruh,karena kita bergerak berdasarkan believe alam bawah sadar kita yg porsinya kurang lebih 80%.

      ditunggu aja kehadiran saya disana;p

  5. Dot,

    Pagi ini gw butuh banget tulisan seperti ini. And there you are, like u used to be, with your humble and meaningful writing.

    Thanks, brother *peluk-peluk Didot*

    Oh ya, nasi goreeeeennnnnggggg….!!!!!

    • met pagi lee,tetap semangat ya,ikhlas itu sulit ,tapi bukan tidak mungkin.

      *masak nasi goreng sendiri:D

  6. Subhanallah…Pesannya dalem banget mas…semakin sulit sekarang menemukan perilaku seperti diatas…
    Menolong tanpa pamrih tanpa melihat siapapun yang kita tolong…
    Ikhlas…mudah2an kita mampu…🙂

    • amin mas atma ,saya doain biar jadi orang ikhlas,seperti saya katakan kepada reva dibawah,sulit bukan berarti tidak mungkin. memang sesuatu yg berharga itu sulit mendapatkannya;)

  7. wah wah….keren kisahnya, bener2 pencerahan
    iya ya biasanya kita mank lebih mentingin nolong orang yang baik ma Qt…
    hmmmhhh…perlu perbaikan kalo gini
    thx iaa jadi mengingatkan…🙂


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s