Tuhan

By : Didot ( http://www.hadidot.wordpress.com )

Suatu hari pernah saya dan teman2 berpikir,nama apa yg paling baik untuk sebuah band baru? dari mulai nama2 yg indonesia banget sampai yg kebarat2an muncul. tapi karena pengen indonesia banget akhirnya dipilihlah beberapa nama yang indonesia banget (bahkan pake bahasa jawa) ,seperti : terwelu , tujuh , dll (saya rada lupa). Sampai di tengah asiknya percakapan ada yg melontarkan nama band TUHAN. lho?

Sekejap aja semua pada tertawa mendengarnya,iya kita membayangkan seandainya di acara manggung tiba2 MC memanggil band kita ” … dan selanjutnya kita panggilkan TUHAN”  , bisa dibayangkan reaksi penonton seperti apa tentunya,hahahaha…

Nah ,sedikit tentang arti kata Tuhan itu sendiri,Tuhan itu sendiri menurut artinya sebenarnya banyak,Tuhan agama kristen ada  Yesus, Tuhan agama islam ada Allah,Tuhan agama2 lain ada Budha,ada juga dewa2 lainnya. kesemuanya itu adalah Tuhan2 bagi agamanya masing2.

Tuhan menurut definisi yg benar adalah sesuatu yg manusia bergantung kepadaNYA,artinya manusia mengakui ada suatu kekuatan,kekuasaan mutlak yg mengatur segala sesuatu yg berada di alam semesta ini.

intinya kalo ada yg bilang Tuhan itu banyak,anda harus setuju,selain Tuhan itu untuk setiap agama panggilannya berbeda2 (walaupun sebenarnya yg menciptakan kita itu satu Tuhan) ,banyak juga Tuhan2 yg lain seperti disaat orang berkata “saya tak bisa hidup tanpa uang” ,maka kalo kita kembali ke definisi Tuhan (sesuatu yg manusia bergantung kepadanya) orang itu telah menuhankan uang bagi dirinya.

benarkah  manusia tidak bisa hidup tanpa uang?? coba kita periksa statement ini ,jaman dulu sebelum ditemukan uang,manusia mengenal sistem barter,dan mereka bisa hidup kok tanpa uang? jadi udah jelas salah dong statement ini tentunya?

ada lagi yg bilang kalo dia tidak bisa hidup tanpa rokok,well berarti dia telah menuhankan rokok. Apakah faktanya benar2 seperti itu? saya dan jutaan orang lainnya bisa kok hidup tanpa rokok. jadi ini jelas juga statement yg salah dan tidak berdasar.

ada lagi yg bilang saya tak bisa hidup tanpa dirimu (ngomongnya sama kekasih yg lagi jatuh cinta ya:D ) ,nah ini juga gak bener deh. selama ini kemana aja waktu belum ketemu dia? baik2 aja kan hidupnya? yah wajarlah kalo orang jatuh cinta jadi rada lebay sih,hehehe..

Kalo menurut saya sih hanya satu statement yg paling benar, kita gak bisa hidup tanpa kasih sayang pencipta kita. bagi anda yg atheis silahkan anda tidak percaya Tuhan itu ada,tapi anda tidak akan ada tanpa kasih sayang Tuhan.  silahkan periksa keempat kitab suci utama agama monoteistik ,semuanya mengisahkan hal yg sama,tentang penciptaan alam semesta oleh Tuhan,tentang nabi adam manusia pertama,tentang iblis,tentang firaun. tapi terserah anda kalo mau percaya Tuhan itu tidak ada,karena secara fisik memang tidak bisa dibuktikan kalo Tuhan itu ada,hanya dapat dirasakan dengan hati ,terutama hati yg bersihlah kita bisa merasakan kehadiranNYA dalam kehidupan kita sehari2.

Btw sebelum saya tutup ,saya pernah ditanya seorang teman tentang Tuhan,kira2 demikian percakapannya :

teman : “Kalau Tuhan kamu itu maha kuasa dan maha kuat,pasti bisa dong dia mengangkat gunung yg berat? ”

saya :  “bisa dong tentu”

teman : ” kalau mengangkat mobil?”

saya : “gunung aja bisa apalagi mobil”

teman : “nah kalo gitu coba suruh DIA angkat kotak rokok ini… (sambil ngasih liat bungkus rokoknya) ”

saya : “ummm..” (baru mau jawab)

teman : nih ,gak usah angkat deh,tangkep aja (sambil ngelempar ke udara kotak rokoknya itu)

saya : …. (kotak rokoknya keburu jatuh sebelum saya bicara)

teman :  “gak bisa?  berarti bukan Tuhan dong?? ” (tersenyum kemenangan penuh arti)

(lanjutan ceritanya bersambung ah,biar pada penasaran:D)

nah ,ada yg bisa bantu jawab gak teman2 sekalian? kenapa kira2  Tuhan gak bisa ngangkat kotak rokok itu??

17 Komentar

  1. bisa aja…

    tapi Tuhan nggak mau ngurusin remeh temeh kayak gitu… Dia gak perlu menjawab tantangan dari seorang manusia. karena Tuhan tidak memerlukan pengakuan manusia. seandainya pun manusia tidak percaya akan keberadaanNya, tidak menyembahNya.. apakah akan mengurangi kekuatan dan kuasaNya? jawabnya tidak…

    yaa…kira2 begitu pendapat saya..🙂

    • anna : makasih pendapatnya,itu juga benar sih,tapi yang lebih tepat adalah kalo hidup ini adalah kehendakNYA bukan kehendak kita,kita hanya bisa mengikuti sejumlah takdir,yang ditentukan oleh seberapa besar ikhtiar dan niat kita menggapai perubahan dalam hidup ini.

      thanks udah mampir:)

  2. MAMPIRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR🙂

    • yessy : makasiiiiiiiiii:D

  3. mmmm…tuhan itu ada dalam iman seseorang…dan iman seseorang itu ada dalam hatinya…

    so biarin aja deh Tuhan mau berbuat apa ketika kita yakin kita jalanin aja mas…Tuhan itu kan maha melihat dan maha mendengar dari urusan remeh temeh sampai urusan yg sangat besar dia maha melihat🙂

    • betul,Tuhan itu berada di dalam hati,terutama hati orang yg ikhlas. suatu hal yg bahkan tidak sanggup dilakukan gunung ataupun lautan. karena zat Allah maha besar,maka gunung pun seakan hendak hancur,dan lautan hampir mengering,namun hati manusia yg lapang dan bersih sanggup melakukannya. semoga kita diberikan hati yg lapang dan luas:)

  4. Seperti kisah seorang atheis yang mempertanyakan keberadaan Tuhan, jawabannya adalah dengan ditampar, dengan “ditampar” Rasa sakit itu ada namun tidak terlihat… ehm nyambung gak yah dengan Kotak Rokok di atas ?:mrgreen: , namun apapun itu, saya yakin semua Kejadian apapun di Muka Bumi ini adalah kehendakNYA, jadi ketika kita yang mengangkat Kotak Rokok itu, itu juga adalah KuasaNYA, karena tidak mungkin kita mampu mengangkat otak Rokok itu tanpa kehendakNYA, dan juga kita diciptakan, lengkap dengan segala perangkatnya (kaki, tangan, dll..) bahkan diberikan akal pikiran, salahsatunya mungkin dipersiapkan Tuhan untuk mengangkat Kotak Rokok Itu…😀
    Kunjungan perdana tapi komennya kepanjangan….
    salam Kenal yah, baru di WP yah, tadi saya maen ke rumahnya yang lama dari tempatnya Om NH…

    • kita adalah kepanjangan Tuhan di bumi,seandainya Tuhan mau kita mengangkat sesuatu maka hati kita akan bergerak melakukannya,karena DIA yg maha merekayasa. namun keinginan kita belum tentu keinginanNYA. butuh kebijaksanaan untuk bertindak sesuai keinginanNYA itu:)

  5. Saya yakin …
    Sama dengan komentar Atma …
    Semua yang terjadi di dunia ini adalah kuasaNYA …

    Dan betul kata Didot …
    “…kita gak bisa hidup tanpa kasih sayang pencipta kita. …

    Salam saya

    • seperti kedua pendapat diatas,kita bertemu pun itu bukan kebetulan,tapi atas prakarsa dan izin Allah pula,semoga pertemuan dan pertemanan kita selanjutnya berlangsung juga karena Allah ya om

  6. Setuju sama Atma, setuju sama Didot, setuju sama Ria juga…

    *sampai susah komen, ngikut aja, dah.. hehehehe*

    • hahahaha… that’ll be enough dear;p

      just a simple “like this” such as on facebook,tee hee:D

  7. laa hawla wa laa quwwata illa billahilahil aliyil adziim.
    Tiada daya bagi manusia kalau bukan krn kasih sayangNYA.
    Apakah dgn begitu masih saja manusia ,ingin memperlihatkan ”kemampuannya” tanpa seizin NYA?
    KekuasaanNYA lah segala yg ada di langit dan di bumi dan yg ada diantaranya, Dia mengurus segalanya.
    Jadi, hanya dgn iman kepadaNYA lah utk semua jawaban dr segala pertanyaan.
    Salam.

  8. segala yg terjadi adalah kehendakNYA ,kita hanya bisa berusaha,Tuhan juga yg menentukan. kalo bahasa kerennya :we just do our best and let GOD take care of the rest:)

  9. Assml ana udh liat2 rmh antum yg baru ni bro, lanjutkaaaaaan..!!

    • hahaha…. thanks brother… sering2 aja mampir ya:D

  10. weitz…org kaya’ begitu bahaya tu….
    Tuhan sibuk ma urusan lebih penting daripada ngurusin org yg g pcy ama kekuasaan-Nya, jelas2 terpampang banyak kejadian yang menggambarkan kekuasaa-Nya, masih lom percaya? nunggu Tuhan yang turun tangan kali iaa, nunjukin sebenar2 kekuasaan Nya


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s